30.11.20

Kenali Timmyness Jika Ingin Kerja di IDN Media

Manteman, pernah masuk ke dalam dunia kerja, kan? Pasti pernah. Nah, di tiap kantor, atau di tiap perusahaan, itu pasti pada punya aturan serta visi dan misi yang wajib dketahui dan dikenali sebelum kita bekerja di sana, kan? Di tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai Timmyness. Yaitu 10 Nilai yang wajib dimiliki oleh para karyawan di IDN Media. Buat yang kepengen kerja di sana, teman-teman sebelumnya harus mengetahui 10 nilai tersebut. Biar teman-teman semua bisa betah dan jadi karyawan teladan. Mau tahu apa saja nilai yang masuk ke dalam Timmyness ini? Yuk simak terus tulisan saya!

Nilai pertama yang masuk ke dalam Timmyness adalah membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja. Sebagaimana kita ketahui, di dalam dunia kerja, apalagi di IDN Media, kreativitas itu merupakan hal utama bagi karyawannya di dalam berkarya. Jelas, hal tersebut demikian adanya karena kreativitas mencerminkan orang yang banyak ide dan inovatif. Dan banyak ide serta inovatif itu sendiri adalah hasil dari proses yang panjang. Mulai dari membaca, berbagi pengalaman, hingga keikutsertaan di dalam latihan-latihan. 

Akan tetapi kreatif dan inovatif saja tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan ketulusan. Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media sendiri mengatakan, “Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.”

Timmyness yang kedua adalah berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis. Hal ini berangkat dari pemikiran adanya perbedaan dari tiap karyawan. Jika komunikasi dan interaksi tak terjalin dengan baik, maka konflik yang terjadi di antaranya bisa membuat risiko yang merugikan. Timmyness ini juga menekankan kepada semua karyawan IDDN Media untuk bisa respek kepada siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis masuk ke dalam Timmyness nomor 3. Karyawan IDN Media harus mampu beradaptasi. Sebab dari waktu ke waktu, apalagi di dunia media, perubahan itu sangat cepat terjadi. Tertinggal sedikit saja maka media tersebut mungkin tak akan bisa survive. 

Intinya, menjadi karyawan IDN Media itu harus selalu siap dengan perubahan, mampu berinovasi, serta berani mengambil risiko. Tentu saja, semuanya dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Timmyness selanjutnya adalah bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif. Nilai yang satu ini sebenernya sudah sering saya dengar. Zaman sekarang, kompetisi sudah tidak berlaku lagi untuk bisa maju. Hal tersebut hanya akan membuat persaingan yang buruk. Di mana setiap pihak pada ujungnya akan mencari cara untuk saling mengalahkan. Dan bukan fokus pada value kelebihan. Akan tetapi jika saling berkolaborasi, hal sebaliknya justru akan terjadi. Nah di IDN Media, kolaborasi antara karyawan yang memiliki ide yang berbeda akan memberikan hasil yang lengkap. Satu sama lain akan menjadi saling mendukung. 

Menghargai perbedaan masuk juga ke dalam salah satu nilai Timmyness di IDN Media. Jelas banget, hal ini haruslah masuk, sebab di Indonesia, kita tahu sendiri, ras, etnis, agama, perspektif, dan daerah asal dari para karyawan itu pasti sangat beragam. Jika nilai ini tidak masuk, bisa dibayangkan bukan akan bagaimana keadaan tim? Setuju banget deh saya dengan apa yang diucapkan Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media. “Diversity is beautiful, it always is. IDN Media terus berupaya agar dapat menjadi workplace yang ramah bagi siapa saja, apapun latar belakangnya: dari mana asalmu, apa warna kulitmu, agamamu. Namun, bagaimana pun, diversity saja tak cukup. Ini harus diimbangi dengan keterlibatan, kultur yang inklusif.” Begitu katanya.

Buat saya ini nilai yang sangat bagus dan penting di dalam suatu lingkungan kerja. Saya seringkali mengalami patah hati dan lalu pesimis ketika apa yang saya percayai akan berhasil tiba-tiba tak seperti yang diharapkan. Nah nilai Timmyness yang satu ini mencegah hal tersebut. Yaitu tetap mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan. Sikap positif dalam keadaan apa pun mutlak diperlukan. Dengan begitu, positive vibe akan menular ke lingkungan kerja. Sehingga optimis dan semangat kerja akan selalu tetap terjaga.

Tujuan tim tak akan tercapai dengan baik dan cepat jika para anggota tim bekerja sendiri-sendiri sesuai dengan bagiannya. Dibutuhkan kerja sama di antara anggota tim tersebut. Satu sama lain saling membantu. Sekali pun misalnya pekerjaan tersebut bukan bagian dari jobdesc-nya. Bahu membahu demi kepentingan kelompok harus lebih diutamakan. 

Pernah merasakan bahagianya mendapat apresiasi saat kita bisa mencapai goal yang sudah ditargetkan? Dan lalu apa yang terjadi setelahnya? Sudah pasti kita menjadi sangat bahagia dan akhirnya menjadi lebih semangat untuk bekerja lebih bak lagi, bukan? Nah ini salah satu nilai yang dimasukkan ke dalam Timmyness. Memuji rekan kerja saat mereka sukses. Dan tak berhenti sampai di situ saja, karyawan juga harus membantu yang lainnya saat mereka membutuhkan.

Jadi dengan begitu, saat tujuan tercapai, si karyawan tidak merasa sia-sia melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Dan saat dia butuh bantuan, atau dalam keadaan terpuruk, dia juga mendapatkan uluran tangan. Lingkungan kerja yang seperti ini sudah pasti akan membuat semua karyawan tetap semangat dalam bekerja.

Di dalam dunia kerja mana pun, integritas sudah pasti merupakan nilai penting yang harus ditanamkan. Semua karyawan harus selalu melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat. Sebenarnya, nilai-nilai kejujuran ini sudah harus ada bahkan tanpa ada di dalam salah satu Timmyness. Akan tetapi, ada kalanya karyawan bisa khilaf. Toh memasukkannya ke dalam salah satu nilai Timmyness itu juga akan menjadi reminder untuk selalu memprioritaskan kejujuran.

Pernah merasa bangga saat kantor kita mendapatkan penghargaan atas pencapaian tertentu? Pasti sering! Nah, nilai inilah yang jadi nilai ke-10 di dalam Timmyness IDN Media. Semua karyawan melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri. Semua karyawan memiliki Sense of belonging yang tinggi akan apa pun capaian perusahaan. Toh capaian tersebut tak akan terjadi jika tanpa peran para karyawan. 

Itu dia nilai-nilai yang ada di dalam Timmynes IDN Media. Jika dilihat, kesemua nilai perusahaan tersebut sangatlah bagus. Tak ada satu pun nilai yang merugikan karyawan. Sebaliknya, jika dipatuhi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, akan membuat karyawan dan perusahaan sama-sama maju. 

Jadi gimana, sudah siap untuk bergabung dengan IDN Media? Ingat, patuhi, dan laksanakan Timmyness tersebut, ya. Semoga bermanfaat!


51 komentar:

  1. Nilai-nilai ini bukan cuma brlaku buat para Timmy ya, Teh. Yang kerja di tempat lain juga bisa aplikasiin ini. Kayak rivalitas sesama atau senior - junior, adaptasi dan kooperatif juga harus segera dilakukan. Ga ada sekat-sekat anak lama atau anak baru. Coba kalau aku masih muda 15 tahun, mau deh ngelamar di sini hihihi

    BalasHapus
  2. SetujueSetuju banget sama sifat aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif. Hal ini bahkan saya tanamkan ke anak2, sekolah aja pikiran mereka lebih ke persaingan nyari nilai, bukan menanamkan mencari ilmu bermanfaat dan mensupport kawan2 yg belum ngerti.

    BalasHapus
  3. setiap perusahaan memang punya visi dan misi yang berbeda ya teh. Jadi punya standar yang berbeda juga untuk karyawan yang bekerja disana. Makasih infonya ya teh. aku kasih tau saudara yang butuh :)

    BalasHapus
  4. Oh siap teh laksanakan. Dari kemarinan udah liat yang sliweran tapi aku masih bingung sama IDN Media.

    BalasHapus
  5. Harus bisa bekerja dalam kelompok ya kalau mau bergabung. Dan tentunya juga menghargai setiap perbedaan

    BalasHapus
  6. Wahh, kredo perusahaan yg mantabbb banget!
    Pantesan IDN Times terus berkembaaaanggg, kontennya juga mantap
    engagement dgn komunitas cihuyy abis
    BRAVO!

    BalasHapus
  7. Doing the right thing when no one is watching, itu yang paling penting yaa Nia..
    aku pernah kerja di retail company, dan .. subhanallaah, yang melakukan hal itu di level manajemen hanya sekitar 30-40 %
    berbeda dengan level karyawan yang berkisar 80 %

    BalasHapus
  8. Timmyness yang diangkat oleh IDN Media sangat memanusiakan karyawan banget ini.
    Karyawan maju bersama-sama dengan perusahaan.
    Pengen jadi bagiannya mba, tapi udah ga masuk kualifikasi sepertinya.
    Untuk yg muda jangan sampai ketinggalan ini.

    BalasHapus
  9. Nilai-nilai yang ditanamkan ini karakter-karakter positif yang seharusnya di mana pun bekerjanya diterapkan. Keren ya IDN Media.

    BalasHapus
  10. Akub sama sekali belum pernah kerja mbak huhuhu...
    Tapi emang bener, oerasaan ikut memiliki itu bisa jadi penyemangat kerja ya mbak..

    BalasHapus
  11. wah bagus banget nih 10 nilai yang wajib diketahui dan dilaksanakan oleh karyawan IDN Media. Kesepuluh nilai ini bukan hanya untuk kesuksesan IDN media, tapi juga membuat karyawan merasa nyaman bekerja di sana.

    BalasHapus
  12. Asik nih dikasih kisi-kisi, yang mau gabung IDN jadi bisa lebih prepare ya. Kesepuluh poin Timmyness-nya bagus banget memang untuk pengembangan baik Karyawan maupun Perusahaan, bisa diaplikasikan di berbagai bidang pekerjaan lainnya juga.

    BalasHapus
  13. Wah bagus ya kak IDN punya nilai nilai wajib yg dimiliki karyawan, jadi punya pride gitu kalau sampai bisa kerja di sana dan bawa nilai nilai ini, kereen!

    BalasHapus
  14. Ternyata tiap poinnya berat buat diterapkan, ya. Pantas aja para pegawainya berdedikasi tinggi.

    BalasHapus
  15. Wow..bagus sekali nilai2 yg ada pada Timmyness IDN Media ini. Kurasa nilai2 itu universal dan tepat juga diterapkan di manapun..

    BalasHapus
  16. IDN Media ini setahuku start up yg bermula dari Surabaaya
    Bangga bangett dgn kiprahnya yg go national.
    keren yahh timmyness ala IDN Media

    BalasHapus
  17. wah ternyata ini toh yang membuat IDN media menjadi media rujukan banyak orang ya. Intinya memang kesuksesan itu bukan sukses pribadi semata ya, tetapi sukses untuk semuanya sehingga semua bisa saling support satu sama lain.

    BalasHapus
  18. Wah semua filosofinya kereeen banget, terutama yang menghargai perbedaaan nih karena hari gini banyak banget yang kepancing cuma karena masalah perbedaan. Aku kayaknya betah nih kalo kerja di IDN

    BalasHapus
  19. IDN Media tu salah satu media online yang sukses loh teh, ga mudah masuk IDN tuh karena orgnya kreatif semua :) aku ada teman kerja di sana soalnya hehee

    BalasHapus
  20. Wow cakep bener nih timmyness nya IDN, pantesan bisa sekeren ini. Suka banget dari poin pertama mengenai nilai yang ditanamkan di sana yakni kreativitas, ketulusan dan semangat bekerja.

    BalasHapus
  21. Nilai nilai yang ditanamkan utk menjadi timmyness adalah nilai-nilai yang baik yg sebenarnya bermanfaat utk diri agar lebih berkembang ya...

    BalasHapus
  22. Bergabung di IDN Media? Menarik. Kudu siap banyak hal nih karena aku agak kurang bagus dalam kerja sama tim. Mari banyak belajar dan bekerja dengan cinta

    BalasHapus
  23. oh jadi Timmyness ini semacam budaya kerja di IDN Times ya mbak
    budaya kerja yg baik pasti bisa mendukung performa perusahaan ya mbak

    BalasHapus
  24. dulu perusahaan menerapkan konflik internal untuk melihat seberapa tangguh karyawannya, sampai2 jiwa kompetitifnya itu muncul supaya giat melakukan terbaik biar perusahaan untung. tapi lama-lama ngga bagus juga karena jadi ngga sehat, jadisikut2an, menarik banget pint collaborative dari IDN media ini, lebih penting daripada berkompetisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belajar hal ini juga pas kuliah :D
      Tapi masih bingung cara penerapannya kalau di kantor gimana. Pas ngantor hampir gak pernah ada konflik kyk gini sih yang dimunculkan.
      Tapi pas kuliah, mainin role modelnya kek asyik gtu, saling menyelesaikan masalah :D

      Hapus
  25. Nice culture yaa ternyata di IDN media, aku baru tau soal timmy dan timmyness ini loh, nilai2nya bisa kita jadiin prinsip jg buat profesionalitas kita

    BalasHapus
  26. IDN buka lamaran kerja kah? pingin aku kasih tahu ke sodaraku yang kayaknya punya ke 10 karakter di atas tapi dia baru lulus kuliah jadi masih ngelamar kerja kemana-mana nih.

    BalasHapus
  27. sebenarnya semua nilai-nilai yang disebutkan ini harus dimiliki oleh setiap karyawan ya Mbak, apapun itu perusahaannya karena kesuksesan perusahaan juga tidak luput dari sikap dan sifat karyawan yang loyal, jujur dan juga punya rasa tanggung jawab sekaligus rasa memiliki yang tinggi demi kemajuan perusahaannya.
    kerjasama juga penting biar semakin solid :)

    BalasHapus
  28. Bener banget mbak. Semua dedikasi punya, kreatif inovatif dan segala macem tapi kalau nggak punya skill ketulusan repot juga. Bawaannya perhitungan pekerjaan mulu yang akhirnya berantem deh sama teman yang lain. Jaman kerja dulu hal-hal kayak gini sudah saya temui dan jelas bikin makan hati banget

    BalasHapus
  29. Hampir semua tentang akhlak dan soft skill ya. Itu yang nggak kalah penting selain akademis dan keahlian yang sifatnya teknis

    BalasHapus
  30. Kayaknya seru juga ya bisa kerja di media kayak gini, startup media online skrg keren keren

    BalasHapus
  31. IDN Media ini emang luar biasa, beritanya tentang drakor dan artis Korea yang sering aku samperin mbak. Komplit hehehe

    BalasHapus
  32. Looks like some great principles that you share here with us. It takes more than just intelligence to actually work successfully at the office

    BalasHapus
  33. Yang nomer 9 nih mba banyak orang yang belum melakukannya ketika bekerja. Seringnya kalau pas enggak ada yang ngelihat ya sudah seenaknya dewek. :)

    BalasHapus
  34. Waah...menarik banget yaa..teh.
    Kalau gak salah kemarin ada temen yang masukin tulisan ke IDN Times.
    Jadi harus mengenali kinerja Timmyness dulu niih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solid dalam sebuah tim ini ternyata kunci sukses dari IDN media.
      Dan sikap-sikap di atas yang ditanamkan oleh Timmyness memang perlu mendarah daging.

      Hapus
  35. Wah ini informasinya bermanfaat sekali nih buat para para lulusan baru :D
    Semua itu kyknya emang idealnya seorang karyawan di perusahaan manapun keknya yaa.
    Pertanyaannya emak2 kek kita bisa jg gak gabung di IDN media? hehehe

    BalasHapus
  36. Beru ngerti nih mbak ada 10 timmyness buat yang mau berkecimpung di dunia IDN media. Para milenial yang berminat gabung IDN media harus banget ya belajar soal ini ya?

    BalasHapus
  37. Wah, menarik sekali ini, di Timmyness IDN Media. jika semua karyawan melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri, maka mereka memiliki sense of belonging yang tinggi akan apa pun capaian perusahaan. Kesemua nilai perusahaan yang sangat bagus yaaaa.

    BalasHapus
  38. Setuju banget soal pint lbh ke kolaboratif bukan kompetisi ya. Dimanapun ini noted banget ya mba. Pernah denger yg mampu beradaptasi didunia yg sesungguhnya itu bkn yg terkuat tp yg bs bekerja sama n menyesuaikan diri

    BalasHapus
  39. Dimana mana, kreativitas nomor satu ya mak. Selain itu, komunikasi ternyata nggak hanya dalam urusan rumah tangga aja ya, dalam dunia kerja juga harus ada komunikasi yang baik

    BalasHapus
  40. IDN media baru tau Mak, perusahaan media kah itu? Memang dimana saja karyawan harus punya mindset yang bisa membawa perusahaan terus berkembang ya

    BalasHapus
  41. ke sepuluhnya ini bener bangeet yaa.. dan kayaknya hampir semua tempat kerja ada baiknya menerapkan hal yang sama.

    aku pernah sih kerja dalam team tp ada yg gak pernah mau dan susah bgt diajak kerja bareng. jadi lagi2 kerjain sendiri, dan pas udah selesai orangnya nongol. wow gemesnya dua tahun 🤪

    BalasHapus
  42. IDN Media emang keren ya ada nilai-nilai wajib. Di mana pun karyawan mestinya punya komitmen seperti ini. Semangat yuk!

    BalasHapus
  43. Duuh pengen kerja di startup media online kayak gini tapi usia sudah ga muda lagi hahaha

    BalasHapus
  44. Kayaknya bisa diterapkan nih Timmyness di kantorku. Keren sih IDN udah berkembang pesat banget, aku kayaknya cocok kerja di sana teh, pindah apa yaa hahaha

    BalasHapus
  45. Gak heran deh kalau lihat berita di IDN Media tuh beda dari yang lainnya, kualitasnya mantap. Gak asal viral. Ternyata memang banyak nilai yang ditanamkan pada mereka yang bekerja di sana.

    BalasHapus
  46. siap dong kakak, siap join juga, karena emang udah zamnnya kek gini dan butuh yang begini kan, i am agree with you mak

    BalasHapus
  47. Waw klo ke 10 nilai ini bs diterapkan di dunia kwrja aku Bakalan betah dna selalu semangat buat ngantor ketemu, teman, bos dan tim kerja

    BalasHapus
  48. pembahasannya menarik banget deh ini teh hihhi, ilmu baru buat aku teh, aku baru tau nih soal 10 timmyness ini hehhe

    BalasHapus
  49. Kalau masih muda saya minat banget kerja di IDN. Lha sekarang udah Emak-emak begini. Btw nilai-nilai di IDN ini bisa juga diterapkan di tempat lain. Bahkan di tempat kerja saya dulu sudah menerapkan nilai-nilai sejenis. Gak sama persis sih, tapi mirip.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)