19.11.20

BTS Sebuah Postingan di Blog Niaharyanto.com


Hola
manteman, apa kabar? Selalu baik kan? Alhamdulillah. Semoga selalu seperti itu seterusnya. Manteman, kali ini saya mau curhat tentang BTS sebuah postingan di blog ini. Iya, Behind The Scene sebuah postingan di blog niaharyanto.com

Kenapa saya mau nulis ini, sebab saya punya beberapa unek-unek yang saya rasakan saat sedang BW alias blog walking. Bukan menggurui lho ya, saya cuma mau berbagi pengalaman aja. Sesekali lah teman-teman dapet ilmu dari blog saya ini. Jangan hanya baca curhat geje doang. Toh selama ini, saya juga dapet banyak hal dari blog teman-teman semua. Yuk dimulai aja!

Dari Ide Turun ke Tulisan

Ini pasti ya, semua orang melakukan hal ini. Semua tulisan berawal dari sebuah ide. Ide yang entah didapat dari mana. Bisa dari mana pun. Kalau saya, ide seringnya datang ketika saya cuci piring. Hehe iya, saat cuci piring kan banyak diemnya. Pikiran yang terbang ke mana-mana membuat ide biasanya muncul, bahkan jatuh seperti hujan. Jika idenya bagus dan unik, saya bisa hentikan cuci piringnya dan lalu saya tulis idenya. Tapi jika idenya biasa-biasa aja, ya saya teruskan mendalami ide tersebut sambil cuci piring.

Pengembangan selanjutnya, setelah ide, saya biasanya pecah-pecah ide tersebut. Jadi subjudul-subjudul, yang nantinya, saat jadi postingan, subjudul ini akan jadi subheading. Pasti inget dong ya, subheading ini kan unsur yang sangat diperlukan dalam suatu tulisan. Yap benar, salah satu langkah SEO On Page. Membagi tulisan menjadi subjudul-subjudul alias subheading-subheading juga membantu pembaca biar gampang membaca tulisan kita dan mencegah kebosanan. Menggunakan kata-kata menarik dan dramatis sebagai subheading juga akan mengundang pembaca jadi penasaran.

Ah ya, dalam setiap tulisan, sesingkat apa pun, ide umum yang dibuat dibagi dalam 3 bagian: pembuka, isi, dan penutup.

Untuk pembuka, saya biasanya mengemukakan permasalahan, keheranan, dan juga kegelisahan. Isi biasanya berisi paparan, bukti, dan juga solusi atas apa yang diungkap di pembuka. Baru deh, jika pembuka sudah terjawab di bagian isi, saya akhiri dengan penutup.

Tambahkan Gambar atau Media Lain Biar Kece!

Ini juga pasti dilakukan semua blogger. Biar tulisan jadi terlihat menarik, dan gak bikin bosen, pasti ditambahkan foto, gambar, atau media lain yang sesuai dengan isi tulisan.

Saya pun begitu. Nambahin foto, gambar, atau media lain di dalam tulisan. Tapi sebelum ditambahkan, foto-foto dan gambar tersebut biasanya saya edit terlebih dahulu. Dari mulai cropping biar gambarnya pas; edit kecerahan; resize ukuran biar pas di ukuran blog; hingga jika dirasa perlu, saya nambahin watermark. Aplikasi yang saya pakai untuk edit foto ini semua biasanya Photoscape, Snapseed, dan juga Phonto.


Untuk gambar yang banyak, biar gak terlalu menuh-menuhin tulisan, saya biasanya bikin gambar dalam bentuk animasi GIF. Jadinya nanti foto-foto tersaji seperti sebuah slide. Saya juga gunakan Photoscape untuk membuat gambar animasi GIF ini.

Banyak foto bikin khawatir loading tulisan dan blog lama? Dikompres dulu dong fotonya. Saya sih biasa kompres foto-fotonya secara online. Di compressjpeg.com untuk file foto berformat jpg dan di compresspng.com untuk file foto berformat png. Lumayan banget lho, foto yang asalnya berukuran sekian MB jadi kurang dari 100 KB. 

Hati-hati Jebakan Plagiasi!

Tulisan serius sering kali membuat kita banyak mengutip data. Datanya biasanya diambil dari web lain. Jika yang kita kutip sedikit, dan kita tulis ulang dalam bahasa sendiri, mungkin tak akan bermasalah. Tapi ada kalanya kita butuh kutipan yang panjang, dan kata-katanya sulit untuk kita parafrasekan. Untuk hal tersebut, kita harus berhati-hati. Jika kita abai, tulisan kita nanti bisa kena jebakan plagiasi oleh Google. Dan jika keseringan, blog kita bisa dicap jelek oleh Google. Efeknya blog kita dianggap spam, tukang copas, bahkan kena banned. Sayang banget, kan!

Untuk mencegah hal ini, mengecek draft tulisan terlebih dahulu dengan Plagiarism Checker bisa jadi solusinya. Cari aja web-nya di Google dengan kata kunci yang sama. Nanti pasti ketemu. Setelah dicek, pastikan originalitas tulisan kita besar. Saya biasanya minimal 80%. Baru bisa di-publish. Jika kurang, saya pasti akan mengedit lagi draft-nya hingga dicapai originalitas tulisan yang besar. 

Plagiarism Checker juga saya gunakan saat mau publish article content placement (CP). Supaya artikel yang kita dapat dan kita publish di blog kita gak sama dengan yang sudah ada, dan bebas copas. Sering lho saya nolak CP karena artikelnya copas, beradasar dari hasil pengecekan Plagiarism Checker ini.

Yang harus dinget, karena gratis, web Plagiarism Checker ini, dalam sekali pengecekan biasanya mengakomodasi maksimal 1000 kata saja. Saran saya, jika tulisan kita lebih banyak dari 1000 kata, dua kali saja diceknya.

Plagiarism Checker ini dipakai untuk tulisan yang banyak ngutip data ya, manteman. Kalo untuk tulisan curhat mah gak perlu. Toh pasti kan, originalitasnya akan besar. Curhat masa iya kan copas dari tulisan orang lain?

Semua Percuma Jika Hosting Blognya Gak Bagus!

Ini yang paling penting. Udah capek nulis sekian ratus atau ribu kata; ditambah foto cakep yang udah diedit sedemikian rupa; lalu udah ribet compres dan cek plagiarisme; eh ternyata hosting-nya gak bagus. Sama aja bohong!

Iyalah, jika hostingnya gak bagus, akan membuat blog kita bisa lola (loading lama), males didatengi pembaca, terindeks Google lama, muncul di urutan jauh di mesin pencari, dll, dll. Memilih hosting yang bagus adalah koentji. So, saat kita hendak membeli layanan hosting, pastikan kita jeli memilihnya.

Gimana dong milihnya? Memilih web hosting yang bagus sebenernya susah-susah mudah. Kita bisa mencari referensinya melalui mesin pencari atau pengalaman teman. Tapi yang jelas, ingat selalu kriterianya. Pastikan web hosting yang kita pilih itu adalah web hosting berkualitas yang dicirikan dengan besarnya rata-rata uptime dari hosting tersebut. Uptime sendiri adalah waktu ketika server hosting berjalan dengan baik, memiliki realibilitas, stabilitas, tanpa menunjukkan gejala crash dan tanpa down. Kemudian juga Page Load Time. Page Load Time sendiri adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan pengunjung untuk membuka suatu halaman blog atau website. Semakin cepat page load time suatu hosting, semakin bagus pulalah kualitas web hosting tersebut.

Niagahoster adalah salah satu web hosting Indonesia yang berkualitas itu. Klaimnya atas uptime rata-rata sekitar 99.9%. Sebuah angka yang nyaris sempurna. Jadi jika dihitung-hitung, waktu down Niagahoster dalam setahun itu hanya sekitar 2 jam saja. Dan klaim ini diamini banyak penggunanya. Coba saja baca review para penggunanya di website Niagahoster.

Untuk Page Load Time, saya mendapat data dari penasihathosting.com. Di sana dikatakan bahwa Niagahoster menunjukkan hasil rata-rata page load time yang cukup tinggi, yaitu 0,770 detik. Nilai maksimal yang didapat adalah 1,01 detik, sedangkan nilai minimumnya 0,473 detik.

Yang Murah Namun Kualitas Wah

Ini yang disukai dari Niagahoster. Web hosting unlimited murah namun tetap mengedepankan kualitas. Selain berdasar pada klaim mereka, saya berkesimpulan demikian setelah membaca review para penggunanya. Niagahoster bisa diandalkan dari semua hal yang saya catat di atas. Data Center Tier-4; Server Uptime 99,9%; Disk Space & Bandwidth Unlimited; serta Garansi Uang Kembali 30 hari.

Di Niagahoster, ada yang namanya layanan Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting. Layanan shared hosting unlimited menawarkan layanan hosting unlimited murah terlaris di Niagahoster. Harganya sangat terjangkau. Bahkan untuk paket shared hosting, ada yang mulai dari Rp10.000,- per bulan. Kemudian VPS hosting. Virtual Private Server (VPS) untuk siapa pun yang ingin membangun website profesional. Di sini, Niagahoster memberi keleluasaan untuk mengatur konfigurasi hingga servernya. Paket ini bisa didapatkan mulai dari Rp104.000,- per bulan. Dan lalu ada Cloud Hosting. Layanan pilihan hosting terbaik untuk siapa pun yang membutuhkan sumber daya server besar dan kemudahan dalam mengelola website. Layanan Cloud Hosting didukung server yang selalu online dan bantuan teknis 24/7.

Mau tahu semurah apa paket layanan yang diberikan Niagahoster? Coba aja lihat di gambar berikut, ya.

Paket-paket layanan Niagahoster, lebih murah daripada layanan di tempat lain

That’s a Wrap!

Gimana nih web hosting yang teman-teman pake? Sudah bagus, kan? Jangan sampai deh ya salah pilih. Soalnya, ngaruhnya ke mana-mana. Jangan sampe nyesel gara-gara salah pilih, ya. Pastikan pilih yang bagus. Yang gak hanya murah tapi juga punya keunggulan yang bisa diandalkan. 

Oke, itu dia behind the scene alias BTS setiap postingan di blog saya. Sama gak kayak teman-teman? Pasti banyak samanya, ya, tapi jelas ada bedanya juga. Jadi kepengen tahu deh, kalau teman-teman gimana BTS setiap postingan di blognya? Cerita yuk!



31 komentar:

  1. Saya baru tau ada web untuk cek plagiat biar tulisan kita aman.
    Soalnya gak kepikiran sampai di situ sih.
    Jadi pengen cek juga deh... Kali aja ada plagiat yang copas tulisan2ku.

    BalasHapus
  2. Saya juga sering Nemu ide tulisan saat sedang diem tapi tangan bekerja. Misalnya sedang menyetrika. Emang kadang pas lagi diem gitu ide suka berdatangan.
    Btw, banyak banget emang temen-temen yang pake niagahoster ya Mba. Saya belum nyobain.
    Saya mau kepo ah promo apa yang lagi ada di niagahoster.

    BalasHapus
  3. aku mah ttp setia sama hosting sekarang.,,,abisnya free sih,,,,punya blog,,,templatenya bagus,,,harus diimbangi dengan konten dan tulisan yg menarik dan updte

    BalasHapus
  4. Meski tulisan content placement, saya selalu ubah dengan curhatan saya pribadi, atau pengalaman teman yang saya tulis ulang. Yaitu Teh, buat beda dari yg lain. Hehehe ...

    Yang bikin ilang feeling baca blog orang itu selain lola juga kalau banyak iklan. Makanya saya tidak pasang iklan di blog. Biar yg baca anteng. Soalnya saya juga merasa tenang kalau bisa baca serius tanpa dipengaruhi iklan...

    BalasHapus
  5. Teh Nia meni geulis, kangennn
    Kirain BTS yang dimaksud KPop
    Ternyata...
    Niagahoster emang recommend ya teh, Kemarin waktu ada teman blogger yang pingin tld saya sarankan ke niagahoster
    Saya sering baca artikel artikel nya, bagus pisan

    BalasHapus
  6. Bagus idenya mba. Ada Behind the Scene nya juga. Kan seru banget tuh bisa jadi bahan cerita yang gak akan habis kalo dibahas hehe..

    BalasHapus
  7. Photoscape ini juga andalan saya, Mbak Nia.
    Wah Niagahoster lagi promo hosting unlimited-nya ya ... mantap. Niagahoster ini termasuk yang terbaik ya untuk hosting.

    BalasHapus
  8. Niaga hoster kalau ga salah kantorny di jogja mba, deket sama rumah saya. Temen saya juga kerja disana dan merekomendasikan hosting ini. Emang sebagus itu sih😍😍

    BalasHapus
  9. Tadi pas aku baca judulnya BTS. Aku sangka tulisannya bakal ngebahas BTS grup idol korea itu. Ternyata bukan ya hihihi 😂. Ngomong-ngomong mba, aku foto juga suka dikompress juga. Cuma aku mah suka dikompress lewat dikirim ke WA suami. Trus kirim balik ke aku wkwkwk 😂. Cuma itu ukurannya masih gede sekitar 200 Kb. Cuma aku bngung pake aplikasi kompress apa yang bisa 100 Kb. Soalnya pernah beberapa kali pake aplikasi kompress di hp, tapi malah pecah hsil gambarnya. Sedih aku sampai sekarang belum nemu yang pas buat compress.

    Nah klo web ini compressjpeg.com bisa dibuka atau foto dicompressnya lewat hp mba? Atau kudu lwat laptop? Soalnya aku kebnyakan ngeblog lewat hp

    BalasHapus
  10. Daku buat kompres foto bukan cara onlen Teh, malah di aplikasi Paint yang ada di PC, hehe. Sekalian juga ngubah ekstensinya dari Png jadi Jpeg/jpg

    BalasHapus
  11. Ini ni mbak iya bener banget, plagiarism checker perlu juga ni, selama setahun saya juga takut kalau blogkku dianggap cuma tukang copast aja, huhuhu. Eh, anyway itu layanan niagahoster fasilitas OK, harga ramah dikantong ya mbak

    BalasHapus
  12. Jarang banget aku ngecek ke plagairism checker mba. Penting juga ya rasanya. Harus mulai ditambahkan dalam sesi posting kayanya nih.

    BalasHapus
  13. Aku pakai yang dari blogspot sih mba.. jadi ya so far lancar semua and no complaints

    BalasHapus
  14. Oh ternyata BTS itu behind the scene ya, hihihii.. kirain malah BTS menara seluler, bukan juga Kpop. Bener sih Teh, kalo mau publis harus cek plagiarisme dulu. Aku soalnya pernah loh dapat data untuk disisipkan di artikel job, ternyata banyak yang nulis. Jadi aku kasih keterangan kalo itu data diambil dari sumber blablablaa gituu

    BalasHapus
  15. Ishh, teh Nia kece buangeettt!
    Aku catet poin2nya supaya bisa aku terapkan juga kalo ngeblog.
    Semogaaaa makin berkah yaaa kegiatan blogging kitaaa

    BalasHapus
  16. Kirain tadi mau ngobrolin BTS yang mas2 itu hahaha
    Ngeblog tu yg awalnya cuek skrng mau gak mau kudu belajar jg ya mbak supaya tulisanya jd lbh baik, penampilan blognya jd lbh oke dll shg menarik minat pembaca utk selalu mau balik dan balik lagi :D
    Iya nih kalau ngeblog khususnya yang pakai WP kudu ada hosting yang oke, aku suka kalau harganya murah tapi pelayanannya bagus pastinyaaa huahahaha

    BalasHapus
  17. benar sekali ya mbak, banyak sekali manfaat saat blogwalking. .tapi yg paling penting biar ngeblognya makin lancar, pilihan hostingnya harus yg berkualitas ya mbak

    BalasHapus
  18. Paket hostingnya murah banget itu mbak. Tapi Blog ku nggak pakai hosting karena platformnya blogspot :D

    BTS setiap postingan di blog ku nggak beda jauh denganmu mbak :D

    BalasHapus
  19. Idolak emang si teteh satu ini.
    Aku masih suka lupa2 step-stepnya walau bertahun begitu. Paling sering lupa cek plagiasi. Udah mah pede boros bahwa bakal unik. Padahal ya gak selalu juga. Wkwkwkw

    BalasHapus
  20. Aku kalau di buru-buru klien suka copas seada-adanya artikel yang diberi klien teh...
    Palingan aku ubah sedikit-sedikit yang sekiranya gak nyaman kalimatnya.
    Tapi iya juga yaa...teh, perlu di cek lagi tuuh...banyak tulisan plagiatnya gak..?!?

    Haturnuhun teteh.

    BalasHapus
  21. Eh di penasihathosting.com nggak ada review provider hosting yang saya pakai hihihi. Oya, untuk kompres foto saya lagi suka pakai squoosh.app, Mbak. Enak dan kompresnya maksimal.

    BalasHapus
  22. Niaga hoster ini bagus ya pelayananya Teh jadi banyak pelanggannya...aku mau intip web kompres fotonya ah...

    BalasHapus
  23. sama nih aku juga kadang kalau misalnya lagi mau nulis sesuatu aku kadang diam dulu Itu tulisannya itu lewat diem dulu gitu

    BalasHapus
  24. Kalau aku suka muncul ide pas lagi mandi keramas, Mak. Hahaha. Makin sering aku shampoan, makin banyak pula ide yang didapat. Sayangnya aku paling malas cuci rambut, hahahaha. Btw, aku setuju banget untuk artikel content placement harus dicek dulu supaya nggak sama dengan artikel yang sudah pernah ada. Soalnya aku pernah kayak gini dan akhirnya aku bilang ke brand-nya, bahwa tulisan sudah pernah dipublish, jadi untuk bagian yang itu aku ganti dengan ideku sendiri. Untuknya pihak brand setuju.

    BalasHapus
  25. Kok pikiran saya sama dengan pikirannya Mbak Yeni, hahaha.
    Ternyata bukan. Soal kompress foto tuh saya paling tidak bisa. Pokoknya soal posting-posting foto di blog saya asal posting, sama sekali tidak mengerti. Untung baca postingan ini, dapatlah ilmunya sedikit. Makasih
    T

    BalasHapus
  26. Saya masih setia numpang hosting di blogger dot com nih.

    Banyak ya tantangan yang harus diselesaikan sampai satu artikel tayang di blog. Belum lagi setelahnya.

    BalasHapus
  27. Dari blogwalking saya suka nemu ide buat nulis juga lho Mak. Tapi kadang compress foto masih pecah, belum nemu yang pas nih but kompres fotonya. Btw Niagahoster kayaknya sering kasih promo menarik ya Mak.

    BalasHapus
  28. Kesannya ribet tapi emang BTS pembuatan satu postingan blog tuh relaitanya seperti itu. Saya pun juga masih kompres dan ngasih watermark juga ke foto, terlebih foto produk. Kalau nggak gitu, rugiii kalo dicolong olshop 🤣

    BalasHapus
  29. Aku juga suka pake photoscape Mak, hehe. Dan bener soal hosting, kudu pilih yang beneran bagus dan kalau bisa yang ngasih layanan konsul kalau ada masalah sama hostingnya, jadi ga pusing. BTS jadi inget boyband korea Mak, hehe :)

    BalasHapus
  30. Jaman dulu kalau nulis udah langsung nulis aja sih mba, baru-baru ini aja kepikiran pake heading dan sub heading. Setelah ngikutin beberapa saran dari teman sih, katanya biar lebih bagus di SERP. Entahlah efeknya untuk blogku udah bener apa belum. Yang penting semangat ngeblog aja dulu. :)

    BalasHapus
  31. ia ni salah satu pusat hosting terbaik. kunbal please

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)