5.7.20

PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, Produk Asuransi Kesehatan Murni Terbaru dari Prudential


“Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih.”

Seperti itulah kiranya pepatah yang mampu mewakili keadaan seorang kerabat, beberapa waktu yang lalu. Setelah ayahnya wafat karena sakit, keluarganya harus menjual banyak aset untuk biaya perawatan rumah sakit. Bagaimana tidak, sebulan dirawat rumah sakit elit karena koma, tentu harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena tak mempunyai proteksi dari asuransi, jelas, untuk menutupi semua, mencairkan investasi adalah hal yang paling mungkin dilakukan. Dari tabungan, hingga harta benda tak bergerak. Rumah dan tanah.

Berkaca dari kejadian tersebut, saya semakin yakin, tak ada di kehidupan ini yang bisa diprediksi. Apalagi di masa seperti sekarang. Siapa coba yang akhir tahun lalu tahu jika hari ini kita menghadapi masa pandemi? Berbagai sisi kehidupan berubah; finansial semua kalangan mengalami penurunan; dan kesehatan serta keamanan kita pun terancam oleh wabah yang namanya Covid 19. Lebih buruknya lagi, kita juga tidak tahu kapan semuanya akan berakhir. Karenanya, untuk bisa sedikit tenang di dalam menghadapi semua itu, kita wajib memiliki proteksi.

Finansial Terpuruk, Harus Sakit Juga?

Saya baru tahu, dari tahun ke tahun, pengeluaran katastropik di negara kita, itu cenderung mengalami peningkatan. Sudah tahu apa itu pengeluaran katastropik? Menurut penjelasan Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPM, PhD, yang merupakan pakar ekonomi dan asuransi kesehatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, pengeluaran katastropik itu adalah keadaan ketika rumah tangga membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka (diukur dari tingkat konsumsi) untuk biaya perawatan kesehatan.

Dalam kesempatan peluncuran 2 produk baru Prudential, yaitu PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, melalui webinar Selasa 30 Juni 2020 yang lalu, Prof Budi mengatakan bahwa peluang kejadian belanja katastropik rumah tangga ini makin tinggi, ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan rawat inap.

Menurutnya, di 2017, kejadian belanja katastropik akibat risiko sakit di antara pasien yang butuh layanan rawat inap itu mencapai 27,9% (3,1 juta jiwa). Hal ini sangat bahaya jika tidak disiasati dengan baik. Pengeluaran katastropik bisa merapuhkan kondisi finansial keluarga. Dan ini bisa terjadi pada siapa saja, tanpa pandang bulu. Hmmm… kerabat saya yang saya ceritakan di atas, masuk ke salah satu contoh kasus ini ya. Kondisi keuangan goyah pasca membayar biaya rumah sakit almarhum ayahnya.

Gak sedikit ternyata yang senasib dengan kerabat saya. Dari data riset pada 2015 yang ditujukan bagi para peserta asuransi yang baru saja keluar dari rumah sakit di 6 provinsi (Jakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara), menunjukkan bahwa 18% dari 2.728 pasien masih membayar biaya pengobatan dengan uang pribadi mereka.

Jika ada data terbaru, saya yakin sekarang jumlahnya semakin banyak. Kondisi ekonomi global yang cenderung menurun, tentu saja akibat pandemi yang belum selesai ini, jelas membuat risiko pembelanjaan katastropik meningkat.

Asuransi kesehatan dengan harga terjangkau dan memiliki manfaat komplit sudah pasti menjadi jawaban dari semua persoalan ini. Supaya kestabilan finansial tetap terjaga. Jangan salah, faktanya di tahun 2019, kenaikan biaya rumah sakit di Indonesia diperkirakan meningkat 10,8% dari tahun 2018. Keadaan ini jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa negara Asia lainnya. So, membayar biaya perawatan rumah sakit tentu akan lebih baik dengan menggunakan asuransi.

Apa Itu PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah?

Keadaan yang serba tak pasti di masa seperti sekarang, serta fakta yang memperlihatkan kondisi semakin meningkatnya jumlah biaya perawatan kesehatan dari tahun ke tahun menjadi alasan di balik peluncuran dua produk baru asuransi dari Prudential. PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah.

Dua produk baru ini bisa menjadi solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan. Nantinya, nasabah bisa meng-upgrade polis mereka ini untuk mendapatkan tambahan manfaat yang semakin luas. Bahkan termasuk investasi.

Menurut Prof. Budi, dengan tantangan kesehatan yang kini semakin kompleks, yang melahirkan banyak risiko sakit, perencanaan keuangan yang tepat, misalnya dengan memanfaatkan dua produk baru Prudential ini, menjadi sangat krusial. Supaya kita semua bisa terhindar dari keterpurukan ekonomi keluarga.


Apa Saja Keunggulan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah?

Dalam webinar Selasa lalu itu, Pak Himawan Purnama, yang merupakan Head of Product Development Prudential Indonesia menjelaskan mengenai keunggulan dua produk yang diluncurkan hari itu. Berikut ini 8 keunggulan dari PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah.
  1. Fleksibilitas dalam memilih satu dari delapan plan wilayah pertanggungan, tipe kamar, dan batas harga kamar
  2. Perlindungan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah mencakup hingga ke seluruh dunia berdasarkan plan yang dipilih
  3. Batas Manfaat hingga Rp65 miliar dengan fasilitas PRUSolusi Sehat Limit Booster berdasarkan plan yang dipilih
  4. Manfaat perawatan selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery)
  5. Masa Pertanggungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun
  6. Manfaat rawat jalan kanker dan cuci darah sesuai tagihan, tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya
  7. Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta sub spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari
  8. Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu, mengacu ketentuan pada Polis

Selain 8 keunggulan tersebut, Pak Himawan juga menyebutkan adanya no claim bonus untuk PRUSolusi Sehat dan fasilitas manfaat berkembang untuk PRUSolusi Sehat Syariah, berupa 10% dari batas Manfaat Tahunan awal.

Jelas sekali ya jika kedua produk baru ini merupakan asuransi kesehatan murni yang harganya terjangkau tetapi memiliki fleksibilitas tinggi pada pilihan perlindungan kesehatan. Solusi proteksi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang komplit.

Para panelis di webinar Prudential, Selasa 30 Juni 2020 lalu

Well…

Mengikuti seluruh rangkaian acara webinar, sekaligus peluncuran produk baru Preudential Indonesia membuat saya seuju dengan apa yang dibilang Pak Jens Reisch, yang merupakan President Director Prudential Indonesia. Beliau bilang, “Pandemi COVID-19 mengajarkan kita bahwa risiko kesehatan bisa menyerang kapan saja tanpa diprediksi, dan dapat berdampak pada finansial keluarga.”

Ya, demikian memang adanya ya. Sudah banyak kejadian di sekitar kita yang membuktikannya. Banyak karyawan yang di-PHK, ada perusahaan yang gulung tikar, dan lain sebagainya. Dan jelas, ini akan jauh lebih buruk jika mereka harus membayar biaya kesehatan. Karenanya, ucapan Pak Jens selanjutnya bisa menjadi solusinya. “Untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia di tengah situasi yang menantang saat ini, Prudential Indonesia kembali berinovasi melalui PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah sebagai solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan. Di masa mendatang, nasabah juga dapat meng-upgrade polis mereka guna mendapatkan tambahan manfaat yang makin menyeluruh, termasuk investasi.”

Menarik banget deh PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah ini. Akan sangat membantu nasabah yang ingin mendapatkan kemudahan fasilitas asuransi kesehatan. Mudah dan lengkap. Untuk teman-teman yang tertarik lebih jauh dengan produk PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, bisa langsung menghubungi agen Prudential terdekat ya. Atau bisa juga baca-baca langsung di website-nya.

Oke deh teman-teman, semoga tulisan saya bermanfaat. Selalu jaga kesehatan, ya!

Webinar Prudential, Selasa 30 Juni 2020 lalu, saya mana coba? :D

40 komentar:

  1. Layanan PRUSolusi sehat dan PRUSolusi sehat syariah ini jelas banget manfaatnya ya Teh,aplagi melihat kondisi saat ini yang miris banget ditambah sakit2an. Resiko sakit yang ga bisa diajak kompromi kehadirannya, mau ga mau kita yang harus mempersiapkan diri buat proteksi.

    Makin keren aja inovasi dari Prudential ini, sukses selalu.

    BalasHapus
  2. Aku kebetulan salah satu pengguna produknya PRU loh teh, dari jaman masih gadis dan anakku pun aku proteksi dengan menggunakan PRU.

    BalasHapus
  3. Memang kita semua butuh proteksi yah Teh, karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Apalagi di masa pandemi kayak gini, kerasa banget betapa kita butuh jaring pengaman

    wah, Alhamdulillah sekarang Prudential udah ada syariahnya juga yah.

    BalasHapus
  4. Produktif banget Mak ikutan webbinar nambah ilmu tentang asuransi pas masa pandemi gini. Dari post ini aku baru tahu kalau kenaikan tarif layanan kesehatan tinggi sekali ya, di atas inflasi banget sampe di angka 10 koma gitu. Udah urgent banget hukumnya nih untuk mengalokasikan dana kesehatan

    BalasHapus
  5. Jaman now punya asuransi harus jd bagian dr rencana keuangan ya, ada pos nya biar tenang . Lebih tenang krn ada asuransi syariah

    BalasHapus
  6. Jaman now punya asuransi sdh harus jd bagian rencana keuangan keluarga ya biar tenang. Dan sekarang ada pilihan asuransi syariah jd lbh tenang

    BalasHapus
  7. Prudential memahami banget ya kebutuhan terkini dari banyaknya penduduk Indonesia. Sekarang ini memang harus pinter milih back up yang pas buat kita ya Mba..

    BalasHapus
  8. bener banget! kejadian kemarin pas lebaran, keluarga ga punya asuransi. Adik tiba tiba tumbang dan harus rawat inap. Ditambah lagi rumah sakit gabisa gesek Kartu kredit 😅🤣.

    Dari situ jadi pelajaran besar untuk harus segera ngurus asuransi. Lebih karena ingin hidup tenang kalo kalo ada force major. huhu.

    BalasHapus
  9. kalau udah sakit dan ga ada asuransi emang bingung juga sih, apalagi kalau opsinya sampai jual aset, bener2 sakit juga kehilangan tabungan juga

    BalasHapus
  10. Wah manfaatnya banyak ya mba. Penting asuransi kesehatan apalagi d masa pandemi seperti ini. Kami saat ini masih difasilitasi kantor suami askes nya tp harus jg memikirkan opsi lain kelak jika pensiun

    BalasHapus
  11. Asuransi ProSolusi Sehat ini benar2 melindungi nasabahnya ya. Sampai ke seluruh dunia loh untuk urusan kesehatannya. Malah bisa dua kali sehari kunjungan dokter umum dan spesialisnya. Sepertinya bisa menjadi pilihan bagi yg membutuhkan. TFS teh Nia.

    BalasHapus
  12. Prudential termasuk asuransi yang sudah lama di Indonesia, bisa eksis sampai sekarang sudah pasti jadi nilai plus!

    Seru dan manfaat sekali webinarnya Mbak..
    terima kasih sudah berbagi ^^

    BalasHapus
  13. Mempunyai proteksi kesehatan memang sangat penting untuk berjaga-jaga seperti saat pandemi sekarang ini..

    BalasHapus
  14. Waah akhirnya prudential punya asuransi yang tanpa unit link. Preminya tetap disesuaikan dengan usia ya mba?

    BalasHapus
  15. Bagus programnya ya Teh harga terjangkau dan banyak pilihan plan pertanggungan, penderita sakit kritis juga bisa daftar

    BalasHapus
  16. Memang kita harus sedia payung sebelum hujan ya. Prusolusi ini memang bisa jadi salah satu solusi masalah kesehatan kita. Apalgi 8 manfaatnya mantul banget itu, Mba

    BalasHapus
  17. Menarik banget ini askes dari PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, bakal sangat membantu nasabah yang ingin mendapatkan kemudahan fasilitas asuransi kesehatan ya, Mba. Meski udah ada askes juga, tp tertarik sama yg Syariah nih

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya mba. Bisa ada perlindungan yang baik dari Prudential ini mba. Jadi tenang juga ya

    BalasHapus
  19. waw prudensial sekarang ada syariahnya juga kayaknya perlu nyoba nyoba nie karena memang dimasa pandemi gini asuransi menurutku sangat penting

    BalasHapus
  20. I just know about katastropik spending. So as long as accidentally we've been doing this for a long time. Thanks for you sharing

    BalasHapus
  21. Masa pandemi gini mengajarkan kita banyak hal yaa mbak. Salah satunya ya jadi lebih ngeh betapa pentingnya punya asuransi, investasi, maupun dana darurat. Ya setidaknya sudah tenang untuk urusan finansial.

    BalasHapus
  22. Wah sekarang semakin banyak yang memperhatikan syariah dalam setiap lini bisnisnya ya termasuk asuransi.. Kita jadi gak khawatir lagi ..Semoga menjadi berkah dan selalu sehat ...

    BalasHapus
  23. Jauh sebelum pandemicovid-19 menyerang, aku dan suami sudah menyiapkan proteksi kesehatan dan investasi, tapi tetap saja dengan keadaan sekarang ini membuat was-was dan merasakan banget betapa pentingnya kita menyiapkan segala hal biar hidup nggak morat marit.

    BalasHapus
  24. wah ada lagi nih ya teh PRU Solusi dan Syariah mantap deh yah makin berinovasi demi mengakomodir kebutuhan yah

    BalasHapus
  25. biaya kesehatan itu mahal banget ya kalau gak punya proteksi bisa habis-habisan apalagi sejak pandemi ini. Betul banget sakit bisa menyerang siapa aja dan bisa bikin habis tabungan

    BalasHapus
  26. Benar juga ya mba, serasa jatuh tertimpa tangga deh. Ketika ekonomi terpuruk, jatuh sakit, maka rasanya pasti nyesek gimana caranya membayar pengobatan tersebut kalau tidak punya proteksi.

    BalasHapus
  27. PRU sekarang semakin banyak produknya ya mbak, jadi kita juga bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya.

    BalasHapus
  28. Keren sekali Prudential sekarang ada syariahnya. Bisa dijadikan pilihan sebagai solusi untuk kesehatan keluarga ua

    BalasHapus
  29. Mencari dan menetapkan sebuah asuransi untuk keluarga ini penting banget.
    Karena asuransi bagaikan payung yang kita sediakan untuk keluarga.
    Semoga sehat-sehat selalu.

    BalasHapus
  30. Prudential Syariah ternyata udah ada ya, aku baru tahu infonya dari sini. Untuk asuransi kesehatan memang saat ini penting untuk perlindungan tambahan

    BalasHapus
  31. Hiks iya mbak, udah orgnya sakit, finansial jg terpuruk, gak tambah bisa sembuh krn selain penyakit ya mikirin bayar2.
    Krn itulah asuransi khususnya asuransi kesehatan sangat bermanfaat supaya gak kejadian yg kyk gtu ya.

    BalasHapus
  32. Kayaknya aku cocok nih. Lebih suka ama asuransi kesehatan murni gini karena manfaatnya lebih terasa sih menurutku. Btw, untuk PRUSolusi Sehat ini modelnya reimburse atau cashless ya mbak?

    BalasHapus
  33. Benar mbak, kesehatan adalah harga yg paling berharga..
    Harus selalu dijaga dgn hidup sehat dan punya asuransi kesehatan

    BalasHapus
  34. Asuransi kesehatan memang diperlukan untuk Proteksi keluarga apalagi di masa pandemi kaya sekarang

    BalasHapus
  35. Prudential udah ada syariahnya juga ya bikin penasaran ceki-ceki dulu Kali ya😃

    BalasHapus
  36. berasa banget ya Mbak kalau kita punya asuransi kesehatan, apalagi saat pandemi sekarang ini was-was pastinya di saat sakit.

    BalasHapus
  37. Untuk asuransi ini saya masih bingung mengenai cara klaim, apalagi kalau punya lebih dari satu asuransi. Saat ini sih masih bertahan di BPJS Kesehatan buat jaga-jaga

    BalasHapus
  38. Zaman pandemi begini jadi makin terasa bila memiliki asuransi.
    Tapi apakah setiap asuransi menerima klaim untuk Covid, teh?

    BalasHapus
  39. Asuransi ini penting banget ya teh. Apalagi dikondisi saat ini, yang lagi pandemi.

    BalasHapus
  40. Jadi ingat kemarin ibuku juga harus rawat inap di rumah sakit, mbak. Sayangnya asuransi yang dimiliki ibu cuma menanggung biaya kamar dan nggak menanggung biaya obat. Padahal biaya obatnya lebih mahal ketimbang kamarnya. Heu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)