31.10.18

Aturan Main yang Perlu Diperhatikan Saat di Lapangan Futsal


Pertandingan Futsal terdiri dari dua periode setiap 20 menit waktu bermain yang sebenarnya. Jam berhenti setiap kali bola keluar dari permainan dan dinyalakan kembali saat pemutaran dilanjutkan. Saat berada di lapangan futsal, pihak tim berhak atas satu menit time-out di setiap periode. Sebuah tim yang tidak meminta time-out di babak pertama pertandingan hanya berhak atas satu timeout selama babak kedua. Tidak ada waktu habis dalam waktu ekstra.

Tidak seperti sepakbola 11-sisi, gol mungkin tidak dicetak langsung dari kick-off di futsal dan tidak ada offside. Futsal adalah gim lima sisi, biasanya dimainkan di lapangan dalam ruangan datar dengan gol berukuran hoki dan bola empat ukuran dengan pantulan yang dikurangi. Ini dimainkan untuk touchline dan semua pemain bebas untuk memasuki area penalti dan memainkan bola di atas ketinggian kepala. Permainan adalah 20 menit per setengah, dimainkan dengan jam berhenti hal ini mirip dengan bola basket dengan waktu habis diizinkan.

Penggantian tidak terbatas
Sebuah pertandingan dimainkan oleh dua tim, masing-masing terdiri dari tidak lebih dari lima pemain (seorang penjaga gawang dan empat pemain outfield) dan sembilan pemain pengganti. Tidak ada batasan pada jumlah substitusi yang dapat dibuat selama pertandingan. Substitusi dapat dilakukan kapan saja, apakah bola dimainkan atau tidak, tetapi hanya di zona substitusi yang dibatasi secara khusus.

Penggantian pemain yang dikirim
Pemain pengganti dapat mengganti pemain yang dikirim dan memasuki lapangan dua menit penuh setelah pengiriman. Namun, mereka mungkin memasuki lapangan sebelum dua menit berlalu jika tim mereka mengakui gol saat pemain turun.

Para penjaga gawang
Penjaga gawang hanya memiliki waktu empat detik untuk bermain bola, dengan tangan atau kaki mereka, dan tidak boleh menyentuhnya lagi jika sengaja dimainkan oleh rekan satu tim tanpa lawan memainkan atau menyentuhnya. Penjaga gawang juga sekarang bebas bermain di mana saja di lapangan dan melempar bola melewati garis tengah, yang sebelumnya tidak diizinkan.

Akumulasi pelanggaran dan tanda penalti kedua
Akumulasi pelanggaran adalah mereka yang dihukum dengan tendangan bebas langsung atau tendangan penalti, terlepas dari apakah keuntungan telah dimainkan atau tidak. Jika tim melakukan pelanggaran akumulasi keenam, pihak lawan dapat mengambil tendangan bebas berikutnya diberikan kepada mereka tanpa dinding, baik dari tanda penalti kedua, yang diposisikan empat meter di belakang yang pertama, atau dari posisi yang lebih dekat ke area penalti jika pelanggaran dilakukan antara garis gawang dan tanda penalti kedua.

Ada sejumlah perbedaan dengan versi tradisional sepak bola sisi kecil tetapi elemen yang dominan adalah tidak adanya papan rebound dan amandemen dalam undang-undang yang mendorong dan menumbuhkan permainan kreatif yang kreatif di atas kontak fisik yang cenderung menjadi fitur lima sisi. Seperti sepakbola, saat berada di lapangan futsal hukum futsal terbuka untuk interpretasi dan sering berubah.

Itulah beberapa aturan main di lapangan futsal yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Anakku gemar banget futsal. Emaknya cuma antar dan nonton tapi tetep aja ga ngerti. Alhamdulillah baca ini jadi ada info yang bisa dimengerti

    BalasHapus
  2. Sempet ngelihat anakku tanding dr awal smp akhir jadi sedikit ngerti dengan aturannya teh...dan anakku juga suka cerita jd kangen ini anakny mondok skrng

    BalasHapus
  3. Adik saya yg cowo penggemar sepak bola banget, terlebih kehidupan dikota besar semakin sedikit lapangan bola akhirnya lebih sering beralih ke futsal. Sama2 seru tp lebih gereget sepak bola dilapangan :D

    BalasHapus
  4. Penggantian pemainnya seperti voli yah. Kapan aja time out, ganti pemain dah. selama ngblogger udah lama nggak main futsal, terakhir waktu kuliah aja, hahaha..

    BalasHapus
  5. Wah fusal ini hobi anakku yg keempat...kerjaannya di rumah main bola terus. Tp di dalam rumah..lampu euang tengah dah mpie copot tuh hahaha..dilarang main deui main deui.🤣🤣

    BalasHapus
  6. Makasih banget sharingnya, walau saya nggak main bola tapi suami saya hobi banget main bola...hehehe

    BalasHapus
  7. Cuma berani nonton saja aklau futsal mah. Trus jadi tim sorak sorai bergembira.n

    BalasHapus
  8. Hihii yang suka main futsal mah bapak suami, Fathan juga suka main bola tapi belum tahu futsal

    BalasHapus
  9. Futsal itu seru! Selain bagus untuk kesehatan, futsal juga melatih kita untuk mampu bekerja sama dengan orang lain.

    BalasHapus
  10. Anak ku ni lagi seneng ny main bola ...sampe minta sepatu SM kaos kaki bola yg panjang tuuu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)