24.10.18

Rencana Liburan ke Jogja


“Mah, pengen ke Jogja!” begitu ucap Zaudan, anak ke-3 saya saat melihat foto-foto yang dikirim bapaknya, ketika lagi field trip ke Jogja bareng teman-teman kantornya.
“Iya nanti. Kita ke Jogja sama-sama,” jawab saya.

Seperti itulah kira-kira percakapan saya dan dia. Tak cuma sekali, ucapan serupa sering kali terucap dari mulut mungilnya manakala dia melihat foto-foto saya, bapaknya, atau kakak-kakaknya ketika sedang berwisata. Dan dari banyak tempat wisata yang ada, Jogja sepertinya menjadi salah satu destinasi impiannya. Sebab dari sekian banyak ucapan yang ke luar, bisa dipastikan, Jogja adalah kota yang paling sering dia ucapkan.

Ya, saya, suami, dan 2 anak saya yang besar memang pernah ke Jogja. Kami pergi masing-masing. Saya bareng teman-teman ketika ada urusan pekerjaan; suami bareng teman-teman kantornya; ada pun 2 anak saya yang besar, ke Jogja bareng teman-teman sekolahnya, juga dalam rangka field trip. Jadi untuk pergi ke Jogja bersama sekeluarga, sekali pun, kami belum pernah melakukannya. Tak heran, anak ke-3, bahkan anak ke-4 saya, pada mupeng pengen ke Jogja.

Foto bapaknya anak-anak saat ke Merapi

Keinginan pergi ke Jogja sekeluarga memang sudah ada sejak lama. Tapinya selalu saja tertunda. Dulu sih karena si bungsu masih bayi. Saya masih belom berani bawa bayi jauh-jauh. Tapi sekarang, si bayi sudah berusia 4 tahun. Sudah gak masuk angin dan gak rewel lagi kalo diajak pergi-pergi. So sepertinya, sudah bisa deh saya dan suami merencakan jalan-jalan ke luar kota. Dan Jogja, jadi destinasi pilihan pertama.

Kenapa Jogja?
Buat saya, Jogja itu kota yang sangat unik. Budayanya, kulinernya, tempat-tempat wisatanya, orang-orangnya, hingga oleh-olehnya khas banget. Jika di Jakarta dan Bandung tempat wisatanya kebanyakan merupakan wisata indoor modern, maka Jogja dipilih karena ketradisionalannya. Dengan membawa berwisata ke Jogja, maka wawasan anak-anak akan semakin bertambah.

Ya, Malioboro sudah pasti merupakan tempat yang akan disambangi ketika ke Jogja. Tapi tak cuma ke sana saja, tempat-tempat berikut, yang begitu hits di Instagram, akan kami sambangi jika nanti jadi pergi ke Jogja.

1. Candi Prambanan
Ini nih tempat yang wajib didatengin untuk memberi wawasan kepada anak mengenai budaya kita. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini dijamin akan membuat anak-anak saya takjub dengan arsitekturnya. Terutama Zaudan yang memang sangat suka dengan arsitektur bangunan-bangunan bersejarah. Bisa dibayangin deh gimana excite-nya dia nanti saat di Candi Prambanan.

2. Tebing Breksi
Buat saya, Tebing Breksi ini keren. Anak-anak saya, terutama Zaudan, pasti bakal sangat suka. Lagi-lagi karena bentuk dan arsitekturnya. Saat saya tunjukin salah satu fotonya dari Instagram, Zaudan tak henti-hentinya menanyakan ini itu tentang Tebing Breksi.

Tebing Breksi
(Foto : Instagram @dolan_djogjakarta)

3. Rumah Hobbit Songgolangit
Kami sekeluarga sangat suka film. Film The Hobbit dan The Lord of The Rings adalah salah satu film favorit kami. Mengunjungi Rumah Hobbit Songgolangit sudah pasti akan membuat kami sekeluarga kesenengan.

4. Pantai Indrayanti
Anak-anak saya jarang sekali main ke pantai. Karena di Jogja ada Pantai Indrayanti, maka saat ke Jogja kami tak akan melewatkan untuk mengunjungi salah satu pantainya, misalnya saja Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti
(Foto: Instagram @jogjascenery)

5. Jeep Lava Tour Merapi
Foto bapaknya saat naik mobil Jeep di Merapi merupakan salah satu foto yang membuat anak saya Zaudan begitu pengen liburan ke Jogja. Seru katanya bisa naik mobil secara offroad seperti itu.

6. The Lost World Castle
Saat explore tempat wisata Jogja yang keren di Instagram, saya nemu tempat wisata ini. Tempat wisata kekinian yang namanya The Lost World Castle. Zaudan pun kesenengan saat dikasih tahu kalo nanti dia akan ke sana, saat liburan tiba. Lagi-lagi, arsitektur bangunan-bangunan di The Lost World Castle menjadi penyebabnya.

The Lost World Castle
(Foto: Instagram @thelostworldcastle)

7. Belanja Oleh-oleh
Nah kalo ini sudah pasti adalah favorit saya kalo berwisata. Belanja oleh-oleh, apalagi ke Jogja. Banyak banget makanan dan cindera mata yang harus dibeli kelo ke sana. Bapia Patok yang dibeli langsung di tempat bikinnya, cokelat asli Jogja, batik khas Jogja, pahatan, ukiran, kerajinan kulit, hingga perhiasan perak, adalah barang-barang yang rasanya wajib dibeli kalo ke Jojga.

Kapan Ya ke Jogja?
Ini nih yang selalu jadi hambatan untuk merealisasikan piknik ke Jogja bareng keluarga. Susah nyari waktu yang pas. Saat libur sekolah, pasti aja halangan. Dari mulai ketakutan terlalu banyaknya wisatawan yang ke Jogja, hingga ‘bentroknya’ budget untuk persiapan anak-anak sekolah lagi. Begitu juga saat libur akhir tahun atau libur Idul Fitri. Hal-hal serupa kerap kali menghambat semuanya.

Libur Idul Adha 2019 sepertinya memungkinkan untuk merealisasikan rencana tersebut. Hal ini karena Idul Adha jatuh tepat tanggal 11 Agustus 2019 di hari Minggu. Dan liburnya bisa mulai tanggal 10 di Hari sabtu, hingga tanggal 12 di Hari Seninnya. Jadinya kan, bisa 3 hari. Tanggal 10, 11, 12 Agustus 2019. Hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Semoga aja suami bisa ngambil cuti sebelum atau sesudahnya. Jadinya kan, liburan di Jogjanya bisa cukup.

Sesekali merayakan Idul Adha di tempat wisata kayaknya asyik. Mungkin gak akan terlalu penuh seperti saat liburan di momen lain. Seperti saat liburan akhir tahun atau saat liburan sekolah. Untuk berkurban, sesekali juga bisa aja nitip ke badan zakat. Toh sekarang sudah banyak kan pihak yang menerima kurban jarak jauh?

Pesan Tiket dari Sekarang!
Inilah enaknya di zaman sekarang, ya. Merencakan liburan jauh-jauh hari, tapi pesen tiketnya bisa dari sekarang. Gak hanya tiket pesawatnya saja, booking kamar hotelnya sekaligus juga bisa. Malah harganya bisa jadi lebih murah. Di Traveloka misalnya. Ada fitur pesan tiket yang bisa langsung booking kamar hotelnya.

Kenapa Traveloka, sebab uang yang kita bayarkan bisa refundable, dan waktunya pun bisa reschedule, jika misalnya ada halangan yang membuat rencana liburan kita batal. Baik untuk tiket pesawat mau pun kamar hotelnya. Baca saja secara detilnya supaya kita tahu semuanya.

Coba deh lihat rencana saya berlibur ke Jogja saat libur Idul Adha 2019 nanti di pemesanan tiket di bawah ini. Untuk 2 orang dewasa (saya dan suami), 2 anak abg (yang masuk kategori dewasa), serta 2 anak yang masih kecil, sehingga total 6 orang, untuk tiket bolak-balik Jakarta – Jojga, dengan menginap 2 malam di hotel di 2 kamar, biaya yang bakal saya keluarkan sekitar Rp12.654.764,00. Bisa dibilang murah, bukan? Hemat satu juta tujuh ratus delapan puluh ribu sekian rupiah lho karena pesan tiket dan booking kamarnya bersamaan.


Oke,
Duh, ngomongin liburan dari sekarang bikin saya kepengen segera ke Jogja. Yuk ah temen-temen kita rencanakan liburan dari sekarang kayak saya. Biar kita bisa tahu budget dan bisa cari waktu yang pas. Doain supaya rencana liburan saya sekeluarga ke Jogja bisa terwujud, ya. Dan semoga, saya bisa nabung banyak buat beli oleh-oleh. Hehehe… sampai jumpa!

35 komentar:

  1. Jogjaaaaaa! Ga pernah cukup jalan2 di sana, kayak pengen balik lagi mulu ga ada bosen heuheu

    Traveloka mah langganan buat booking hotel. Banyak promonya, lumayan hehehe

    BalasHapus
  2. Neng Marwah juga ini teh lagi ngajak wae ke Jogja teh, pengen jalan - jalan cenah. Nuhun teh referensinya, mudah2an jadi ke Jogjaaa biar anak - anak bahagia. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Naek pesawat ya teh. Klo naek kereta lebih murah lagi. :D
    Btw paketan traveloka itu murah banget, aq pernah ngitung ke karimun jawa juga lumayan hemat ampe 2jutaan. <3

    BalasHapus
  4. sekarang banyak wisata baru ya di jogjaa..

    BalasHapus
  5. dari sejak gadis udah janjian sama teman kerja mau ke Jogja tapi belum kesampaian

    BalasHapus
  6. Kemarin saya juga ngobrol sama suami, ingin ajak Gen ke Jogja, pengen ke Prambanan dan taman sari❤️

    BalasHapus
  7. Pengen ke The Lost world castle deh, seru kayaknya ya teh.

    BalasHapus
  8. Di antara itenerary di sini, aku baru sampe Malioboro aja. Heubeu... Paling penasaran pengen ikut Lava Tour Merapinya nih

    BalasHapus
  9. Gak pernah nggak, saya selalu berencana liburan ke Yogya, tiap ada waktu, hayang ke Yogya. Asik pisan atuda.

    BalasHapus
  10. Jogja buatku selalu menarik untuk dikunjungi. Walaupun sering ke Jogja akunya.

    BalasHapus
  11. Jogja selalu ngangenin buatku dan keluarga, dalam setahun bisa beberapa kali balik Jogja. Serunya lagi adalah beberapa kali aku juga dapet kerjaan moto di Jogja. Kehidupan disana itu enak banget ya, ramah pula orang-orang sana.

    BalasHapus
  12. Seneng deh kalau ada yang menawarkan paket bundling untuk liburan. Berasa banget murahnya soalnya, apalagi buat keluarga besar kayak kita ya, mak hihihi

    BalasHapus
  13. Seru ya di sana. Wisata impian yang belum kesampaian nie buat saya. Jogja.

    BalasHapus
  14. Jogja itu saya taunya pantai parangtritis doank, okelah kalo ada pantai secantik indrayanti,masuk list untuk di kunjungi

    BalasHapus
  15. Aku udah nyaris setiap bulan ke Jogja aja masih senang kalo diajakin lagi. Dan meski sering banget ke Jogja, aku belum pernah ke Tebing Breksi dan The lost world castle

    BalasHapus
  16. Pengen banget ke Jogja lagi. Penasaran dengan lava tour Merapinya. Dua kali ke sana nggak sempat ke Merapi.

    BalasHapus
  17. Dah lama penasaran dgn tebing breksi

    BalasHapus
  18. Udah beberapa kali ke jogja tp ada beberapa tempat dari daftar di atas yg belum saya coba... Jd pgn jg ke sana lagi...

    BalasHapus
  19. Beli tiket dari jauh hari dapatnya lebih murah. Apalagi kalau lagi ada diskonan.

    BalasHapus
  20. Wah banyak yg baru ya di jogja. Secara sy trahir ke jogja udh lama banget haha. Pengen banget bisa halan2 ke jogja lagih.

    BalasHapus
  21. Wah aku jadi kangen Jogja! Baru abis solo trip ke sana sebelum Ramadan lalu. Dan soal pilih-pilih tiket pesawat atau hotel, aku selalu pakai Traveloka, Mba. Udah terbiasa dan bisa sekalian ngumpulin poin. Hehehe :D.

    BalasHapus
  22. Waah mayan hematnya sampe sejutaan.. naik pesawat asiiik.. jadi ga sabar liburan jg tahun depan.. makasih infonya teh

    BalasHapus
  23. Yogya emang suryanya jalan-jalan wisata bahkan kulineran
    selalu bikin kangen dan bikin balik lagi dan lagiiii

    BalasHapus
  24. wah saya kalau jogja tahunya cuma malioboro sama borobudur. ternyata banyak banget nih yang saya nggak tahu wisatanya. semoga nanti bisa ke sana

    BalasHapus
  25. Tebing breksi sekrang makin bagus, pas aku ke sana belum sebagus itu

    BalasHapus
  26. Yogya selalu ada yang baru ya, aku penasaran sama Tebing Breksi dan Rumah Hobbit belum pernah ke sana huhu

    BalasHapus
  27. Hallo Zaudan, moga2 rencana liburannya segera terlaksana ya, apalagi kan Mama udah hunting di Traveloka :D
    Terakhir ke Breksi 3 bulan lalu Teh Nia, dan emang lumayan bagus. Tapi di beberapa titik masih renovasi

    BalasHapus
  28. Wah semoga jadi ya ke Yogyanya, biar kopdaran. Udah lama nggak ketemu Nia :)

    BalasHapus
  29. Whoaaa asyik tuh off-road ke sekitar Merapi. Suamiku sepertinya tertarik mencoba. Insya Allah bulan depan kami mau ke sana. Makasih rekomendasinya ya mbak.

    BalasHapus
  30. Mak Ayo ke Jogja. Biar kita bisa kopdar. Jogja banyak lo tempat wisata baru. Dan pasti suka kalo main ke Jogja

    BalasHapus
  31. Yogyakartaaaa selalu penuh kenangan ya mbak.
    Anak2 bisa belajar sejarah, budaya, bahkan hal2 modern jg di sana :D
    Wah mau jg donk liat lava merapi :D

    BalasHapus
  32. Jogjaa...
    Ga ada habisnya ngomongin kota ini yaa..

    Kesederhanaannya dan segala hal yang sangat memanjakan.
    Pingin ke Jogjaaa~

    BalasHapus
  33. Aku juga pengen ajakin kiddos ke JOgja teh apalagi skrg tmpt wisatanya nambah ya jdi kepengen kesana

    BalasHapus
  34. Semoga lancar dan menyenangkan liburannyaa. Jogja kota yg nggak pernah membosankan

    BalasHapus
  35. Waaah banyak tempat baru. Mudah-mudahan bisa ke jogja lagi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)