9.5.18

Berbeda Itu Seru!


“Ma, pernah bosen gak sih sama bapak?” tanya saya ke mama, saatu kali.
“Bosen? Bosen gimana?” mama malah balik nanya.
“Ya bosen gitu. Tiap hari ketemu sama orang yang sama. Udah mah beda sifat, trus udah tahu pula semua keburukannya. Bikin bosen kan itu?” tanya saya lagi.
“Hehehe… enggak. Kalo udah nikah lama mah gak ada kata bosen. Malah kalo gak ketemu, sehari aja, pasti berasa ada yang hilang.”

Seperti itulah kira-kira percakapan saya dan mama, suatu kali saat saya masih SMA. Saya tiba-tiba kepikiran begitu gara-gara cowok yang saya suka, saat itu ‘kelihatan belangnya’. Dan dari situ saya jadi ilfeel. So, saya tarik kembali deh rasa sukanya. Beruntung, si dia bukanlah pacar saya. Jadinya gak susah bagi saya untuk bisa segera move on. Hehehehehe….

Sekarang saya mengerti apa yang diucapkan mama saat itu. Entah mulainya sejak kapan, tapi sekarang, di usia pernikahan saya dan suami yang 17 tahun, saya mencapai titik itu. Tak merasa bosan kepada bapaknya anak-anak, meskipun sifatnya berbeda, dan saya tahu semua keburukannya. Malahan, saya rasanya kehilangan sesuatu jika dia tidak ada. Dan setiap hari, kalo dia ke luar rumah, hati saya rasanya seperti selalu menunggu kepulangannya. *Semoga dia gak baca postingan ini* :))))

Kalo ditanya kenapa, saya juga gak tahu alasannya. Sepertinya sih, karena cinta dan karena terbiasa. Terbiasa ada dia, jadinya saat dia tidak ada, berasa kehilangan. Ada pun cinta, di usia pernikahan kami ini, cintanya bukanlah bentuk cinta yang menggebu-gebu layaknya anak muda atau pasangan yang baru menikah. Ah gimana ya, susah jelasin dan gambarinnya.

Kalo soal berbeda, ini juga mungkin karena cinta dan sayang yang sudah sangat besar. Jadinya, apa pun keburukan kita atau pun keburukan pasangan, masing-masing dari kita sudah bisa menerimanya. Tentu asalkan keburukannya bukan sesuatu yang salah atau melanggar norma, seperti selingkuh atau apalah itu. Kalo cuma tidur ngorok, kentut sembarangan, atau kelupaan bawa pulang Tupperware mah, ya biasa aja gak sampe dimasukin ke hati. Omelin sesuka hati sampe puas. Abis itu ya sudah, ketawa-ketawa lagi deh.

Buat saya dan suami, berbeda itu justru seru. Dia tidak banyak omong untuk hal-hal sepele, saya bawel banget. Dia yang suka berbicara di depan umum, saya lebih suka menulis. Dia sukanya makanan asin, saya sukanya makanan manis. Dia yang pelupa, saya yang selalu ingat. Dia yang sabar, saya yang emosian. Dan masih banyak lagi hal berbeda lainnya. Yang mungkin jika diperhatikan lebih detil, perbedaannya cukup jauh. Tapi ya gitu, kami tak pernah mempermasalahkannya. Kami justru saling melengkapi.

Apakah pernah terjadi keributan akibat perbedaan? Tentu saja. Kami juga sering ribut. Eh, bukan rebut sih. Kalo ada masalah, dia banyaknya diam. Saya yang banyak omong. Tapi ributnya kami jarang lama-lama. Saya orangnya gak bisa tenang kalo masalah belom beres. Jadi sebisa mungkin, saya ngomelnya saat itu saja. Sekali, tapi mungkin lama. Atau kalo nangis, ya saat itu saja. Sesudahnya, apalagi besoknya, sudah harus selesai.

Di awal-awal pernikahan mungkin kebosanan sering terjadi. Ada juga, atau pernah juga sih sedikit terbersit rasa menyesal sudah menikah. Tapi, melihat dia yang selalu sabar, hati jadi luluh. Apalagi setelah ada anak. Kebosanan sepertinya hilang. Keinginan untuk selalu menjadi keluarga yang utuh dan bisa membesarkan anak-anak hingga mereka mandiri, mengalahkan segalanya.

Hmmm… ngomong apa lagi, ya? Hehehehe… jujur deh, ngomomgin pernikahan kok susah, ya? Lebih gampang ngomongin anak-anak ternyata. Oke deh. Sampe ketemu di curhatan saya yang lainnya. Bye!

*Tulisan ini adalah tanggapan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Mira Lesmana yang ditulis oleh Anis Khoir. Link-nya bisa dilihat di --> Menyikapi Perbedaan dalam Pernikahan.


16 komentar:

  1. Iya Teh, kalau kebiasaan kecil seperti ngorok, kentut sembarang, dll, anggap aja recehan. Gak perlu ditanggapin serius. Kecuali kalau udah berhubungan dengan agama dan kesehatan, wah..kudu ngomel-ngomel deh...hihihi

    BalasHapus
  2. Huuhu...teteh...
    Aku jadi mau nangis baca tulisan teteh.

    Iya yaa teh...
    Allah selalu tahu apa yang hambaNya butuhkan, bukan inginkan.

    Kalau ingin, pasti semuanya pingin yang sempurna.
    Tapi Allah memberikan apa yang setangkup dengan diri kita.

    MashaAllah...

    BalasHapus
  3. Lebih seru kalau berbeda, kalau sama semuanya hidup datar2 aja ya mak, gak ada tantangannya

    BalasHapus
  4. Wah serunya untuk yang sudah nikah. Namanya juga beda ya harus disikapi dengan bijak, bener kan mbak? jujur nih, sepertinya sifat suaminya mbak sama dengan saya cuman yang beda, saya suka nulis dan traveling. hehe..
    semoga langgeng terus ya mbak, semangat.

    BalasHapus
  5. Aku kadang bosan mbak sm suami. Supaya ga bosan aku kadang suka pergi keluar sekedar makan berdua atau nonton film sebulan sekali

    BalasHapus
  6. Perbedaan itu juga indah ya

    BalasHapus
  7. Ributnya itu kalau nggak pake acara lama ngambek sih nggak apa. Tapi kalu lama, lanjut besok aja yaak, hahaha kayak sinetron 😁

    BalasHapus
  8. Masya Allah, saling mengisi saling melengkapi dan saling berbagi ya kak.Inspiratif.akan saya bawa pulang tulisan ini tuk dibaca bareng istri.

    BalasHapus
  9. Hehehe... jadi pengen ketawa bacanya... aku masih suka kesel kalau suami kentut sembarangan wkwkwk... Tapi memang semua hal yg sembarangan itu ketutup oleh kebaikannya yg segudang :D

    BalasHapus
  10. Udah nikah itu kalau marah ga bisa lama2, soalnya ketemu terus & banyak hal yg hrs diurus... Beda sm pacaran hihihi...

    BalasHapus
  11. Karna berbeda jadi tau plus dan minusya malah kadang perbedaan saling melengkapi

    BalasHapus
  12. Hehehe pernikahan itu emang sarana belajar sabar yang paling oke. Saya dan suami jg beda karakternya tapi alhamdulillah ada aja celah buat kompromi hehehehe :D

    BalasHapus
  13. Yah, mba kayak aku dan suami
    Kalo Sam ya ga asik dong

    BalasHapus
  14. Justru perbedaan jadi menimbulkan toleransi ya teh..Thanks sharingnya ya.

    BalasHapus
  15. Langgeng terus yaa Mba Nia dan suami 😇😇

    Saya dan suami juga banyak banget perbedaannya tapi Alhamdulillah perbedaan itu justru membuat kami lebih saling menghormati satu sama lain

    BalasHapus
  16. Berbeda itu indah.
    Kita bisa belajar memahami kelebihan dan kekurangan orang lain.
    Ntar kalo sama, ngga ada perbedaan ... hidup tak akan berwarna.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)