26.2.17

Berdamai dengan Diabetes


Siapa bilang penderita diabetes gak bisa hidup normal layaknya orang yang tidak menderita diabetes? Bisa kok! Penderita diabetes bisa sehat, segar, dan bugar seperti bukan penderita diabetes. Buktinya adalah kakak saya. Iya, meski kadar gulanya berada di atas kadar gula orang normal, akan tetapi dia segar bugar seperti orang kebanyakan. 

Tapi, apa yang dilakukan kakak saya agar bisa seperti orang normal tidaklah mudah. Dia harus kerja keras untuk berdisiplin. Dari disiplin menjaga asupan makanan, disiplin menjaga gaya hidup, dan disiplin berolahraga. Namun meskipun terlihat susah, jika sudah dilakukan, semua biasa-biasa saja katanya. Tentu saja sebab yang terpenting adalah sehat dan bugar. Jika hanya mengikuti nafsu, tentu semuanya berbeda. Yang ada, kadar gulu semakin tinggi, dan risiko terkena komplikasi penyakit berat lainnya sangat besar terjadi.

Dalam hal asupan makanan, kakak saya saya mengurangi nasi. Terutama nasi putih. Sebab kadar gulanya sangat tinggi. Jika tidak makan nasi merah, beliau makan umbi-umbian. Ada pun lauk pauknya adalah sayuran yang tinggi serat. Selain supaya kadar gulanya rendah, sayuran kaya serat juga membuat perut tidak cepat lapar. Buah-buahan juga demikian. Yang dimakannya adalah buah-buahan yang indeks glikemiknya rendah. Bisa dikatakan sebagai buah-buahan yang kurang manis. Kemudian minuman, jelas pilihannya harus air putih. Bukan minuman lain apalagi minuman manis.

Untuk olahraga, kakak saya tidak berolahraga secara berat. Setiap pagi belia hanya berjalan kaki selama 30 menit saja. Dan di hari Minggu, beliau ikut senam aerobik  ringan di lapangan dekat rumah. Sebisa mungkin, jika ada urusan (dalam jarak dekat), juga ditempuh dengan berjalan kaki. Serta menghindari naik angkot atau pun sepeda motor. Cara ini juga bisa dimasukkan sebagai cara mengobati diabetes dengan aktivitas fisik.

Karena gula darahnya tidak terlalu tinggi, setelah dicek oleh dokter, kakak saya tidak menjalani minum obat-obatan kimia. Dia setiap hari sekali minum ramuan herbal penjaga kadar gula darah. Dengan penjagaan asupan makanan yang ketat, olahraga yang teratur, serta obat herbal yang juga dikonsumsi secara disiplin, kakak saya pun bisa berdamai dengan diabetes. Gak ada tuh dia merasakan letih lesu, pusing berlebihan, tidak bersemangat, buang air kecil yang sering, atau apa pun yang menjadi gejala-gejala diabetes. Malah sebaliknya, dia merasa sehat dan tak kekurangan sesuatu apa pun.

Ok teman-teman, baik penderita diabetes atau pun tidak, yuk kita jaga kesehatan kita baik-baik. Menjaga asupan makanan sehat, berolahraga teratur, serta menjaga gaya hidup sehat bukan hanya wajib dilakukan penderita diabetes saja. Yang sudah sehat dan baik-baik saja pun kudu melakukannya. Sebab kita kan tidak tahu ada apa di dalam tubuh kita. Melakukan semuanya yang baik-baik jelas akan membuat kita terhindar dari kondisi yang buruk. Sehat-sehat selalu!

3 komentar:

  1. Ternyata bisa ya, penderita diabetes bisa 'hidup normal'. Salut buat kakaknya yang konsisten menjalani hidup sehat :)

    BalasHapus
  2. Ayahku juga penderita diabetes, minum obat-obatan herbal.

    BalasHapus
  3. harus disiplin ya mba..itu kuncinya. Keluarga besar aku juga banyak yang menderita diabetes

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)