20.2.17

Beli Perlengkapan untuk Bayi? Pertimbangkan Ini Dulu Deh!


Minggu kemaren, di beranda Facebook saya wara-wiri foto teman-teman yang melahirkan. Foto bayi-bayi nan lucu itu, mau gak mau mengingatkan saya pada anak-anak saya saat mereka masih bayi. Enggak tahu kenapa, saya biasanya jadi senyum-senyum sendiri. Iyalah, 4 kali melahirkan dan punya bayi, jelas memiliki banyak sekali kenangan tentang mereka. Saat-saat hamil mereka, saat-saat melahirkan mereka, saat-saat mereka bisa ini itu, bahkan hingga saat-saat mereka sakit. Lihat mereka yang sudah bukan bayi lagi, masa-masa mereka bayi rasanya baru kemaren saja.

Salah satu hal yang bikin excited saat punya bayi adalah saat belanja keperluan bayi. Iya, berburu baju bayi baru lahir memberi kesenangan tersendiri. Meskipun sudah tahu jenis kelaminnya setelah di-USG, dalam membeli baju bayi, saya tetap tidak memilih warna tertentu yang cocok dengan jenis kelamin yang dikasih tahu dokter. Saya biasanya membeli semua warna. Alias membeli warna-warna baju bayi yang bisa dipakai semua jenis kelamin. Tidak hanya pink yang cocok untuk bayi perempuan, atau pun warna biru yang cocok untuk bayi laki-laki saja, saya juga memilih warna kuning, warna hijau, dan juga warna-warna lainnya. Bukan apa-apa, takutnya kan, ketika sudah beli warna tertentu, eh tahunya pas brojol, jenis kelamin si bayi berbeda dari yang sudah diperkirakan dokter. Banyak kan kejadian yang seperti itu? Tapi tetap ya, baju bayi warna apa pun yang dipilih, warna baju bayi mah, pasti nuansa pastel-pastel gitu. Lembut namun menggemaskan.

Berburu baju bayi yang paling seru tentu adalah saat pertama kali akan punya anak. Betul, membeli baju bayi anak pertama masih keingetan banget di memori saya. Karena belom punya pengalaman, saya jadinya beli gak pake kira-kira. Beli gurita bayi satu lusin, padahal yang kepake cuma 2-3 biji itu pun gak lama dipakenya. Beli popok 5 lusin, padahal yang kepake cuma 1-2 lusin saja sebab si bayi keburu pake diapers. Dan banyak lagi beli pakaian-pakaian bayi yang akhirnya gak kepake. Beruntung, teteh saya gak lama kemudian melahirkan juga. Jadinya, pakaian-pakaian yang gak kepake itu bisa dikasihkan untuk bayi teteh saya.

Baru deh, pas melahirkan anak kedua dan seterusnya, beli baju cuma seperlunya saja. Selain karena berkaca dari pengalaman melahirkan anak pertama, juga karena pengiritan. Hehehehe… iya lah ya, mubazir banget kan beli-beli yang gak perlu. Mending uangnya dipake buat syukuran bayi, jajan emaknya setelah melahirkan yang rampus karena menyusui *alesan*, atau juga buat ditabung saja. 

Beli keperluan bayi kedua dan seterusnya dilakukan seperlunya juga karena pengalaman dapat banyak kado. Yap, kado baju, kosmetik bayi, mainan bayi, atau keperluan bayi lainnya membuat saya menempatkan barang-barang keperluan bayi yang gak urgent dibeli belakangan setelah bayi lahir saja. Sebab biasanya, barang-barang yang gak urgent ini banyak didapat dari kado. Lagi-lagi, mubazir kan kalo jadinya dobel-dobel. Hehehehehe….

Duh, malah ngelantur. Lihat foto-foto bayi jadi malah ngebahas keperluan bayi. Gapapa lah ya. Barangkali saja ada temen-temen yang sedang hamil dan berencana membeli barang kebutuhan bayi. Pokoknya, beli seperlunya aja. Yang gak urgent, belinya nanti aja pas bayi sudah lahir. Siapa tahu kan dapet dari kado kayak saya. Iya, gak? Iya dong. :))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)