16.2.17

Sarapan dengan Pancake, Yuk!


Temen-temen, sarapan pagi biasanya makan apa? Saya sih, yang gampang-gampang aja. Nasi kuning atau gorengan yang dibeli dari tetangga; bubur ayam dari si mamang yang nongkrong di pengkolan; kupat tahu di depan pasar; atau roti tawar dengan aneka olesan selai. Hehehe.. iya, saya mah gitu. Pemales banget untuk urusan bikin sarapan. Bukan apa-apa sih, habisnya riweuh kalo pagi-pagi teh. Suami mau kerja; dua abege mau sekolah; dan dua bocah kecil heboh dengan ini-itu. So, cara yang paling praktis itu tentu adalah beli. *Alesan*

Tapi, beli sarapan saya lakuin cuma kalo weekdays aja. Kalo weekend, sebisa mungkin saya bikin sendiri. Lumayan lah, adanya suami di rumah sangat membantu ngurusin dua bocah cilik. Jadi saya bisa konsentrasi bikin sarapan. *Halah*

Dari sekian menu sarapan yang biasa saya buat, pancake adalah makanan sarapan favorit keluarga. Selain karena saya jarang bikinnya, juga karena katanya pancake buatan saya enak. Heheheh... kayaknya, alasan terakhir mah modus aja, ya, biar saya rajin bikin. Kalo saya bikin pancake, deuh... dijamin deh gak bersisa. Sekali bikin adonan, seisi rumah kenyang sampe siang. :)))

Teman-teman pada suka bikin pancake juga, gak? Pasti sering, ya? Selain karena gampang, pancake juga pasti disukai siapa saja. Eh btw, ada yang belom tahu resep bikin pancake? Kalo belom tahu, nih, saya kasih bocoran resep pancake yang biasa saya buat. Ayo dicatat, ya. *Deuh, belagu banget* :p

Alat dan Bahan-bahannya
  1. 250 gram tepung terigu protein sedang (saya biasa pakai terigu merek Segitiga Biru).
  2. 225 ml susu cair (saya biasa pake susu uht tawar merek Ultra).
  3. 25 gram mentega tawar, lelehkan.
  4. 2 butir telur, kocok.
  5. 1 sendok makan gula pasir.
  6. 1/4 sendok teh garam.
  7. 1 sendok teh baking powder.
  8. Wajan teflon yang antilengket.

Cara membuatnya
  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk hingga rata.
  2. Campurkan campuran telur dan susu cair. Aduk hingga adonan tercampur rata dan lembut. Tambahkan mentega cair, lalu aduk lagi sampai rata. Diamkan adonan sekitar 5 menit, lalu aduk adonan ketika akan dimasak.
  3. Panaskan wajan dengan api sedang. Tuang perlahan sekitar 1-2 sendok adonan pancake ke dalam wajan. Biarkan hingga pancake terlihat mengembang, atau hingga bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Balik sisi pancake yang lainnya dan biarkan sampai kecokelatan juga. Angkat. 
  4. Lakukan langkah 3 hingga adonan habis.
  5. Pancake siap dihidangkan dengan olesan madu, taburan gula halus, cokelat cair, selai, buah-buahan, atau dengan apa pun sesuai selera kita. 

Nah, gimana, gampang kan bikinnya? Yuk dicoba. Sarapan dengan pancake pasti disukai semua anggota keluarga. :)

3 komentar:

  1. Wah enak nih. Strawberrynya bikin seger.

    BalasHapus
  2. Dear, teh Nia....kalo bikin pancake ini teflonnya ukuran berapa cm supaya bentuknya bagus? Aku bikin kok jadi melebar gitu yach hihihi :) tq

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)