18.7.13

Tasikmalaya, Kota Resik dengan Segudang Daya Tarik

Masjid Itje Trisnawati
Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda saat mendengar kata Tasikmalaya? Bagi saya, Masjid Itje dan Bordiran Tasikmalaya adalah dua hal pertama yang saya ingat. Tentu saja karena dua hal ini begitu terkenal hingga ke tempat saya (Bandung). Bahkan yang belum pernah ke Tasikmalaya pun, sudah tahu tentangnya. Masjid Itje atau Masjid Baitul Amanah yang terletak di KM17 desa Sindangraja, Jamanis Tasikmalaya, terkenal karena dibangun oleh artis dangdut senior Itje Trisnawati. Adapun bordiran Tasikmalaya, sudah terkenal keindahannya hingga ke pelosok nusantara, bahkan dunia. Jadi tidak salah jika memang dua hal itu begitu melekat di dalam ingatan saya.

Hal yang menjadi daya tarik bagi kota Tasikmalaya bukan hanya Masjid Itje dan juga bordirannya saja. Ada segudang hal lain dari Tasikmalaya yang tidak dipunyai kota-kota lain di Indonesia. Karenanya, sangat pantas sekali jika kota yang satu ini dijuluki sebagai Sang Mutiara dari Priangan Timur. Tahukah Anda, apa saja ‘harta karun’ yang dimiliki kota Tasikmalaya?

Ya Benar, Tasikmalaya Adalah Kota Industri Kreatif
Jika saja setiap orang yang merasa susah mendapat pekerjaan, di kota-kota besar di Indonesia, datang ke kota Tasikmalaya, mereka pasti akan merasa sangat malu. Bagaimana tidak, sebab di Tasikmalaya, pekerjaan itu tidak selalu disediakan oleh pemerintah dan juga pihak-pihak bermodal besar. Rumah-rumah tangga kecil bahkan bisa menjadi lahan pekerjaan yang mampu menghidupi orang banyak.

Ya, berawal dengan modal awal yang kecil, dengan kesungguhan hati, dan dengan tekad yang kuat, usaha-usaha itu pun berkembang, sehingga akhirnya mampu menjadi tiang penyangga bagi perekonomian kota Tasikmalaya itu sendiri. Melalui industri kreatifnya, kini kota Tasikmalaya menjadi kota yang bisa disejajarkan dengan kota-kota besar lain di Indonesia. Apa saja industri kreatif yang ada Tasikmalaya?

  • Kerajinan Bordir Tasik yang fantastik
Bordir Tasik
Ini yang paling terkenal. Yupp! Bordir Tasik sudah sangat melekat di benak siapa pun. Dan sudah pasti dipakai oleh kalangan mana pun. Tentu saja karena bordir Tasik ini sangat unik dan fantastik. Berbagai motifnya teraplikasi dalam pakaian dan barang-barang berbahan dasar kain lainnya. Dari mulai mukena, pakaian muslim, pakaian anak, taplak meja, dan banyak lagi. Coba lihat koleksi pakaian Anda di lemari. Adakah yang menggunakan motif bordiran? Jika ya, bisa dipastikan, pakaian Anda tersebut menggunakan bordiran Tasik. Meski kini para pengusaha bordir Tasik sudah ada di mana-mana, Kecamatan Kawalu terkenal sebagai sentra industri bordir Tasikmalaya. Sempatkanlah berkunjung ke sana jika Anda sedang berada di Tasik. Sebab belanja langsung di sana pasti akan memberi pengalaman yang berbeda.

  • Batik Tasik yang tak kalah unik
Jika Anda berpikir batik hanya dimiliki kota Solo, Pekalongan, Cirebon, Aceh, Malang, Bali, Garut, dan Jepara, Anda salah. Tasikmalaya juga mempunyai batik. Motifnya pun tak kalah unik. Ada motif Buketen Kupu, motif Awi, motif Kangkung, motif Kembang Kecubung, Motif Batik Sukapura, Motif Batik Sawoan, dan masih banyak lagi. Untuk urusan warna batik, Anda tak usah khawatir. Berbagai pilihan tersedia untuk jenis batik Tasik ini. Mampir dan belanja batik Tasik di sentranya langsung, di Kecamatan Cipedes, pasti akan menambah lengkap koleksi batik Anda.

Batik Tasik

  • Berbagai jenis alas kaki yang menarik hati
Berkunjung ke Tasik tidaklah afdol jika Anda belum mampir dan berbelanja berbagai produk alas kaki di sentra industrinya langsung, di Kecamatan Mangkubumi. Ya, di sini aneka macam alas kaki yang menawan hati pasti akan menambah selera belanja Anda. Alas-alas kaki ini tak cuma nyaman di kaki, modelnya yang cantik dijamin akan membuat Anda semakin cantik. 

Kelom Geulis

Salah satu jenis alas kaki yang sangat terkenal, bahkan hingga ke luar negeri adalah produk Kelom Geulis. Produk yang berasal dari Kecamatan Taman Sari ini kini merambah dunia maya. Jadi jika Anda tak sempat belanja langsung ke sana, Anda tak usah kecewa. Melalui sistem online, Anda juga bisa mendapatkannya secara mudah dan cepat. Lihat saja model-modelnya, geulis-geulis, bukan?

  • Payung Geulis, aksesories untuk si geulis
Payung Geulis
Payung yang satu ini bukan untuk digunakan di saat hujan. Sesuai namanya, Payung Geulis yang berarti payung cantik dibuat khusus untuk aksesories penambah cantik. Mengapa tak bisa digunakan saat hujan sebab payung ini terbuat dari kertas. Namun jangan salah, meskipun fungsinya tidak terlalu maksimal, ke-geulis-an payung ini bisa menambah semarak ruangan Anda karena dihias si Payung Geulis. Yuk ah mampir langsung ke Kecamatan Indihiang jika Anda sedang ada di Tasik untuk berbelanja Payung Geulis. Dijamin deh, anak-anak perempuan Anda atau saudara-saudara perempuan Anda akan senang dengan oleh-oleh yang satu ini.

  • Anyaman mendong dan pandan, kerajinan yang membuat hati tertawan
Bukan orang Tasik namanya jika barang yang biasa tidak bisa diolah menjadi produk yang luar biasa. Contohnya kerajian anyaman mendong dan pandan ini. Mendong yang merupakan jenis tanaman rawa serta pandan yang biasa dipakai untuk kolak, pada akhirnya ‘disulap’ menjadi barang multiguna dengan harga yang membuat mulut menganga. Tas, tikar, dompet, taplak meja, sandal, boks tempat tisu, dan barang-barang lainnya banyak dihasilkan dari kerajinan anyaman mendong dan pandan ini. Penasaran dengan hasilnya yang luar biasa ini? Singgah saja di Kecamatan Cibeureum manakala Anda sedang berada di Tasikmalaya. Apa pun barang yang ada di sana, pasti akan membuat Anda tergoda untuk membelinya.

Anyaman-anyaman Mendong

Tasikmalaya, Kota Tujuan Wisata Alam
Memasuki kota Tasikmalaya, mata Anda pasti akan disejukkan dengan pemandangan yang indah. Pegunungan, pesawahan, hingga pantai membentang di sepanjang kota Tasikmalaya. Tak heran, karena hal inilah Tasikmalaya mempunyai banyak sekali tempat tujuan wisata. Apa sajakah tempat wisata di Tasikmalaya?

  • Pantai, tempat nyaman untuk bersantai
Anda yang terbiasa hidup di kota pasti sangat menyukai pantai. Jika pantai yang lain sudah pernah Anda kunjungi, kini saatnya Anda bersantai di pantai yang ada di Tasikmalaya. Sebab Tasikmalaya mempunyai banyak pantai yang indah. 

Pantai di Tasikmalaya
Pantai Cipatujah. Pantai yang satu ini sempat hancur saat tsunami di tahun 2006. Akan tetapi, kini, pantai Cipatujah sudah kembali cantik. Pantai ini menghubungkan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran dengan Pantai Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi. Saat Anda ke sini, Anda akan dimanjakan oleh barbagai macam hal. Dari ombak yang bergulung, makanan yang menggoda selera, hingga berbagai sarana hiburan anak-anak.  

Pantai Sindangkerta. Pantai ini letaknya dekat dengan Pantai Cipatujah, yaitu hanya sekitar empat kilometer ke arah timurnya. Di pantai tersebut terdapat sebuah taman laut yang bernama Taman Lengser. Dengan luas yang hanya 20 hektar, di taman laut tersebut terdapat aneka biota laut yang penuh pesona. Dari ikan, penyu, hingga karang laut. Fasilitas penginapan terdapat di pantai ini. Sehingga Anda bisa ke sana kapan pun Anda mau. Eh ya, setiap tahunnya di tanggal 1 Januari, di Pantai Sindangkerta diselenggarakan Hajat Lembur Mapag Taun. Jadi tak ada salahnya jika Anda menikmati pantai ini saat pergantian tahun baru. Sunrise dan sunset di pantai ini terkenal sangat indah.

Pantai Pamayangsari. Jika pantai Sindangkerta mempunyai ritual tahunan Hajat Lembur Mapag Taun, maka Pantai Pamayangsari mempunyai ritual Syukur Laut yang diadakan setiap awal bulan Muharam tahun Hijriyah. Nah di acara ini, meriahnya pantai ini sangat terasa. Sehari-hari, di pantai ini terlihat sekali deretan perahu nelayan. Sebab setiap pagi, aktivitas nelayan yang menurunkan ikan dan menjualnya di (tempat pelelangan ikan) TPI menjadi pemandangan yang sangat seru. 

Pantai Karangtawulan. Pantai ini mempunyai karang yang curam. Pada musim tertentu, pulau karang dihuni berbagai jenis burung. Lokasi pantai ini adanya di Kecamatan Cikalong, sekitar 97 kilometer dari Kota Tasikmalaya, atau sekitar 40 kilometer dari Pantai Pangandaran. Untuk Anda yang gemar dengan pemandangan alam yang indah, Pantai Karangtawulan wajib menjadi tempat tujuan wisata Anda.

  • Galunggung, tempat sejuk di atas gunung
Gunung Galunggung terkenal ke berbagai tempat. Hal ini karena letusan gunung Galunggung yang terakhir, di tahun 1982, sangatlah dahsyat. Bahkan hujan abunya berlangsung hingga 9 bulan. Abu vulkanik letusan gunung Galunggung malah konon sampai hingga ke Australia.

Gunung Galunggung

Kini Gunung Galunggung sudah kembali cantik. Kawah bekas letusan gunungnya membentuk kawah danau. Karena kecantikan alamnya, gunung Galunggung harus masuk ke dalam salah satu tempat berwisata jika Anda datang ke Tasikmalaya.

  • Situ, tempat indah penyejuk kalbu
Tasikmalaya juga mempunyai objek wisata alam yang berupa situ. Situ-situ ini di antaranya adalah Situ Sanghiyang dan juga Situ Gede. Situ Sanghiyang berlokasi di desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan, kecamatan Tanjungjaya. Daya tarik situ atau danau ini di antaranya adalah airnya yang tak pernah surut dan panorama alamnya yang sejuk dan rindang. Di lokasi ini juga terdapat situs Prabu Linggawastu. Jika Anda ke Tasikmalaya, mampirlah ke situ ini. Sebuah prasasti dan makan kuno yang ada di sana akan membuat Anda kembali mengingat pelajarah sejarah mengenai Kerajaan Galuh. Naik perahu, berenang, hingga berkemah bisa Anda lakukan di area situ ini.

Situ Gede dan Situ Sanghiyang

Adapun Situ Gede berada di kelurahan Linggajaya dan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi. Daya tarik situ ini di antaranya adalah adanya pulau kecil di tengah situ yang merupakan situs makam Eyang Prabudilaya serta lengkapnya sarana dan prasarana yang ada di sana. Letaknya yang tidak jauh dari kota membuat Anda kudu datang ke sana setiap kali liburan di kota Tasikmalaya.

  • Curug, tempat rekreasi penghibur hati
Anda yang gemar bermain air, jangan lupakan wisata air terjun atau wisata curug yang ada di Tasikmalaya. Curug-curug itu di antaranya adalah Curug Ciparay yang terletak di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang; Curug Dengdeng yang ada di Dusun Sangkali, desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Curug Tonjong yang ada di Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari; dan Curug Cikahuripan yang terletak di sebelah kanan kawah Gunung Galunggung.

Curug-curug di Tasikmalaya

Kampung Naga, Potret Nyata Budaya Tasikmalaya yang Masih Terjaga
Jika kota-kota besar lain mengalami kemunduran budaya lokal akibat adanya modernisasi, kota Tasikmalaya tidak. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya Kampung Naga yang terkenal hingga ke mancanegara. Ya, Kampung Naga merupakan sebuah bentuk kuatnya kearifan lokal dalam menjaga budaya bangsa. 

Kampung Naga

Masyarakat Kampung Naga masih sangat memegang adat istiadat nenek moyangnya. Mereka menolak segala bentuk modernisasi jika hal itu bisa mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut. Kampung Naga ada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya membuat Anda pasti tertarik untuk mengunjunginya. Dan tentu saja, kebudayaan yang ada di sana akan membuat Anda terpesona.

Tasikmalaya Si Kota Santri
Julukan ini juga menempel erat pada kota Tasikmalaya. Tentu saja semua karena di Tasikmalaya banyak sekali pondok pesantren tempat para satriwan dan santriwati menimba ilmu agama. Pondok pesantren itu misalnya saja adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Pondok Pesantren Kawalu, Pondok Pesantren Suryalaya, Pondok Pesantren Ma’had Ihya Assunah Cihideung, dan masih banyak lagi. Semuanya memberi andil dalam membuat kota Tasikmalaya sebagai kota religius. Anda ingin memperdalam ilmu agama? Ikut saja di salah satu pesantren yang ada di kota ini.

Pondok-pondok Pesantren di Tasikmalaya

Tasikmalaya, Pusat Pendidikan Ke-3 di Jawa Barat
Gelar yang satu ini pasti tidak banyak diketahui orang. Setelah Bandung dan Bogor, Tasikmalaya menduduki peringkat ketiga sebagai pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat. Hal ini bisa dilihat dari adanya banyak perguruan tinggi yang ada di sana. Sebut saja Politeknik Kesehatan Tasikmalaya, UPI Bandung yang bercabang di Tasikmalaya, BSI Tasikmalaya, Universitas Siliwangi, dan puluhan perguruan tinggi lainnya. Karena hal inilah, Tasikmalaya kini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Luar biasa!

Perguruan-perguruan Tinggi di Tasikmalaya

Tasikmalaya, Kota Pemanja Pencinta Kuliner
Berwisata tidak akan sempurna jika tidak dibarengi dengan sajian makanan yang menggugah selera. Tasikmalaya adalah tempat yang sempurna itu. Selain alamnya yang indah, aneka kerajinan yang beraneka ragam, dunia kulinernya pun akan memanjakan lidah Anda. 

Kuliner Khas Tasikmalaya

Ya benar. Di Tasikmalaya, berbagai macam jenis makanan ada. Yang paling khas dari kota ini adalah Baso Tasik dan juga Nasi Tutug Oncom. Anda pernah mencoba? Jika belum, coba Anda rasakan sendiri, Baso Tasik yang asli dan ada di sana sangat enak, gurih, dan lezat. Adapun Nasi Tutug Oncomnya, bersama-sama dengan sambal goang, sayuran (lalaban), tahu-tempe, dan ayam goreng atau ikan asin akan membuat santapan makan besar Anda tak terlupakan. Dijamin, Anda akan selalu merindukan Tasik dan ingin kembali terus ke Tasik. Jangan lupa, saat akan pulang, berbagai macam oleh-oleh khas Tasik juga tersedia. Anda bisa memborongnya di banyak tempat di Tasikmalaya.

Selain Itu…
Itu tadi adalah penjelasan mengenai berbagai macam hal yang unik dari Tasik. Bagaimana, Anda tertarik untuk datang ke Tasik? Tak usah ragu-ragu. Selain semua hal unik tadi, berbagai macam sarana dan prasarana yang ada di Tasik sangat mengakomodasi Anda untuk berlibur di sana. 
  • Hotelnya?
Tasik sekarang sangat modern. Hotel berbintang kini hadir di Kota Resik ini. Hotel Santika salah satunya. Di hotel yang berlokasi di jalan Yudanegara No. 57 ini, Anda akan dimanjakan laksana raja. Fasilitasnya lengkap. Makanannya nikmat. Dan palayanannya sangat memuaskan. Ada kamar-kamar yang mewah, kolam renang, gym, convetion hall, restaurant, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Yuk liburan ke Tasik dan menginap di Hotel Santika. Dijamin deh, segala kepenatan akibat rutinitas kota dan pekerjaan Anda, akan hilang. Sehingga saat pulang, Anda kembali segar dan semangat kembali.


Fasilitas-fasilitas Hotel Santika Tasikmalaya
  • Keamanannya?
Untuk urusan keamanan, Anda tidak usah takut. Kota Tasik sangatlah aman. Jajaran polisi hingga masyarakatnya yang ramah pasti akan membuat Anda semakin betah. Dengan jaminan keamanan ini, Anda bebas untuk liburan di Tasik kapan pun dan selama apa pun yang Anda mau. 

  • Tempat beribadah?
Ah, untuk urusan ini sih, tidak perlu dijelaskan lagi. Tasik kan kota santri. So, mesjid-mesjid megah yang ada di sana akan sangat ramah menyambut Anda untuk beribadah. Kegiatan wisata religi di tempat ini juga cukup terkenal. Misalnya saja Gua Pamijahan. Yuk berlibur atau berwisata religi ke Tasik!

Masjid Agung Manonjaya, Tasikmalaya
  • Rumah sakit?
Untuk keadaan darurat jika Anda sakit sedang berlibur di Tasikmalaya, Anda tidak usah takut. Beberapa rumah sakit siap menerima Anda dengan pelayanan yang prima. Dari rumah sakit umum daerah hingga rumah sakit swasta. Tapi meskipun begitu, menjaga kesehatan sebelum dan selama liburan tentu akan lebih baik sebab liburan di Tasik akan sangat berharga jika tubuh Anda sehat. Bukan begitu?

Jadi…
Semua hal mengenai Tasikmalaya rasanya sudah kita jelajahi bersama-sama. Semua tentu tak akan berarti apa-apa jika Anda hanya membaca dan membayangkannya saja. Jadi, agar semua keseruan, kehebohan, keindahan, kenyamanan, dan kenikmatan berlibur di Tasikmalaya bisa Anda rasakan, datang ke Tasik saat ini juga adalah pilihan yang paling nyata. Bagaimana, sudah siap untuk menjelajahi Kota Tasik yang memiliki slogan Ramah, Endah, Sehat, Iman dan Taqwa Kerta Raharja (RESIK)? Yuk ke sana sekarang juga.
***

Yuk update pengetahuan Anda seputar Tasikmalaya di website Hotel Santika 
di http://www.santika.com/santika-tasikmalaya, 
Fans Page Facebook Hotel Santika 
di https://www.facebook.com/HotelSantikaTasikmalaya 
dan di akun twitter Hotel Santika 
di https://twitter.com/santika_tasik.


Referensi
  1. http://www.santika.com/santika-tasikmalaya
  2. https://www.facebook.com/HotelSantikaTasikmalaya
  3. twitter.com/santika_tasik
  4. wikipedia.org
  5. imahtasik.com
  6. tasikmalayakota.go.id.
  7. kelomgeulis.com

4 komentar:

  1. Saya beberapa kali melintas Tasikmalaya baik berkendaraan mobil maupun kereta api.
    Tampaknya kini beberapa kali gempa melanda kota ini ya jeng
    Industri wisatanya juga bagus-bagus.
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pakde. Makasih sudah mampir. :)

      Hapus
  2. Terima kasih atas infonya, semoga bermanfaat artikelnya, sukses selalu, kami tunggu info selanjutnya :)

    BalasHapus
  3. Makin cinta deh sama Tasikmalaya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)