6.7.13

Artikelku di Chipversity

Artikel ini ada di sini. Artikel ini juga menang dalam lomba artikel Lomba Artikel #SmartphonediMataku yang di buat Chipversity. Di Majalah Chip edisi Juni 2013, artikel ini juga ada.
***

Smartphone, Sahabat Karib Ibu Rumah Tangga Aktif
Siapa bilang smartphone hanya diperuntukkan bagi orang-orang kantoran, mahasiswa, atau pebisnis saja? Ibu-ibu rumah tangga juga membutuhkannya. Rutinitas keseharian yang 24 jam nonstop justru membuat para ibu membutuhkan asisten ekstra. Tak hanya memberikan bantuan tenaga saja, bantuan manajemen waktu dan juga ilmu bahkan lebih utama.

Smartphone adalah jawabannya. Meski tanpa bantuan tenaga, smartphone bisa membuat pekerjaan ibu-ibu rumah tangga lebih efektif dan juga efisien. Seperti apa si ponsel pintar ini membantu ibu rumah tangga?

Manajemen waktu
Semua orang tahu, ibu rumah tangga tugasnya sangat banyak. Dari menyiapkan makanan, pakaian rapi, membersihkan rumah, pengantar-jemput anak-anak, hingga guru les bagi anak-anaknya. Di sini, aplikasi smartphone yang bisa dipakai misalnya adalah Checklist Wrangler, Shopper, RemindYou, Things, atau OmniFocus. Dengan aplikasi-aplikasi ini, dijamin ibu rumah tangga takkan melewatkan satu pun jadwal harian, mingguan, bulanan, atau pun tahunannya.

Update pengetahuan
Seorang ibu adalah tempat bertanya anak-anaknya. Karenanya, seorang ibu harus tahu banyak hal. Untuk bisa memenuhi kebutuhan yang satu ini, smartphone menyediakannya. Mulai dari layanan internet standar melalui mesin pencari (Google, Yahoo, Ask, dan lain-lain) hingga ke aplikasi khusus yang berbasis ilmu pengetahuan. Aplikasi khusus smartphone yang isinya mengenaiilmu pengetahuan misalnya saja The Elements: A Visual Exploration, Pocket Universe: Virtual Sky Astronomy, Video Science, The Ultimate Dinopedia, dan juga Britannica Kids: Volcanoes.

Update kemampuan memasak
Ibu rumah tangga yang baik pasti senang memasak guna memenuhi kebutuhan makanan bagi anggota keluarganya. Untuk meningkatkan kemampuan memasaknya, ibu rumah tangga bisa menggunakan smartphone. Jika mesin pencari masih terlalu umum dalam memenuhi kebutuhan ini maka aplikasi seperti Cook’s Illustrated, Epicurious Recipes  Shoppin List, Allrecipes.com Dinner Spinner, Evernote, Whole Foods Market Recipes, dan juga How to Cook Everything bisa menjadi alternatif pilihan.

Update fashion
Ibu rumah tangga modern kebanyakan merupakan fashionista. Maka dari itu, mereka akan selalu mengikuti kabar teranyar dari dunia fashion. Aplikasi smartphone yang bisa dipilih guna memenuhi kebutuhan akan update fashion bisa didapat dari Cloth, My Style Fashion Assistant, Snapette, Stylish Girl, dan juga The Cut on the Runway.

Update fitness
Ibu rumah tangga harus selalu sehat, bugar, dan fit untuk bisa mengurus rumah tangganya. Untuk itu, dia membutuhkan media yang bisa mendukungnya untuk mewujudkan hal itu. Aplikasi di dalam smartphone menyediakannya. Misalnya saja MyFitnessPal, MyWod – All-in-One WOD Log for CrossFit, Azumio Instant Heart Rate, RunKeeper, dan juga Livestrong.com MyPlate Calorie Tracker.

Kebutuhan shopping
Ibu rumah tangga sangat jago dalam hal shopping. Tak terkecuali dengan online shopping. Dengan smartphone, shopping akan semakin mudah. Makanan, pakaian, perhiasan, aksesories, kosmetika, hingga barang elektronika, hanya dengan satu klik/sentuh, barang yang diinginkan sudah bisa menjadi hak milik yang siap dikirimkan si pemilik toko online kapan saja.

Eksistensi dan aktualisasi diri
Berdiam diri terus di rumah bukan berarti seorang ibu rumah tangga tidak ‘bergaul’. Bersama smartphone, dia masih bisa eksis, narsis, bahkan mengaktualisasikan dirinya di dalam komunitas virtual. Facebook, Twitter, Foursquare, Path, Instagram, BBM, Line, WeChat, Kakao Talk, dan berbagai macam jejaring sosial bisa digunakan untuk kebutuhan yang satu ini.

Nah, masih berpikir bahwa smartphone itu tak dibutuhkan ibu rumah tangga? Lihatlah kenyataan yang ada di sekitar Anda. (@niaharyanto)
***

Mau eksis di Chipversity? Yuk gabung di sana dan nulis artikel. Ikut lomba artikelnya juga bisa. Tiap bulan selalu ada lombanya. Tinggal daftar, menulis sesuai tema, dan posting di sana. Hadiahnya lumayan. Rajin-rajin aja nengok ke sana. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)