29.1.13

Walter ‘Walt Disney’ Elias Disney, Sang Legenda Kartunis Dunia



Siapa orang yang tak kenal dengan Mickey Mouse, atau Donald Duck ? rasanya dari anak-anak hingga orang dewasa tak asing lagi dengan tokoh-tokoh kartun ini. Dan tentu saja setelah itu pasti tak lupa dengan sang pembuatnya yang tak lain dan tak bukan, bapak kartunis dunia, Walt Disney.
            Walt Disney, si pencipta Snow White, Cinderella, Beauty and The Beast,serta Pinocchio ini bernama lengkap Walter Elias Disney. Lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 5 Desember 1901. Ayahnya Elias Disney, pria berketurunan Irlandia-Kanada, sedangkan ibunya, Flora Call Disney, berdarah campuran Jerman-Amerika. Walt adalah satu dari 5 bersaudara (4 laki-laki dan 1 perempuan).
            Sejak kecil, Walt sangat gemar menggambar. Semasa tinggal di tanah pertanian dekat Marceline, Missouri saja, Walt sering iseng-iseng menjual hasil karyanya kepada para tetangga. Padahal usianya baru 7 tahun saat itu. Di SMA Mc Kinley, Walt mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan fotografi yang dikontribusikannya pada majalah dinding sekolah. Sedangkan di malam hari, dia mengikuti sekolah ekstensi di Academy of Fine Arts.
            Pada saat terjadi perang dunia ke-1, di tahun 1918, Walt mendaftar sebagai prajurit militer. Tetapi karena usianya yang belum mencukupi Walt ditolak. Dengan mengaku lahir pada tahun 1900, Walt akhirnya dapat bergabung pada regu palang merah. Dengan kemampuan menggambarnya, ambulans yang dipakai dalam misi kemanusiaan dan pengobatan, ‘disulap’ menjadi mobil bergambar kartun, sehingga lolos dari kejaran dan sasaran pihak musuh.

Awal karier Walt Disney

            Setelah perang usai, Walt kembali ke kota Kansas, dan disinilah kariernya sebagai kartunis dimulai. Di tahun 1920, dia menciptakan dan mulai memasarkan kartun pertamanya yang kemudian dia juga menciptakan animasi kartun bergerak.
            Tiga tahun di Kansas tak membuat Walt sukses. Dengan berbekal beberapa gambar, film animasi kartun sederhana serta uang yang hanya 40 dolar saja, Walt nekad hijrah ke Hollywood. Dari saudaranya, Roy Oliver Disney, yang memang menetap di California, Walt diberi uang 250 dolar serta dukungan moril yang membuat Walt berani menantang dunia perfilman Hollywood. Dan dengan tambahan uang pinjaman sebesar 500 dolar, akhirnya Walt dapat membangun studio di garasi pamannya. Alice Comedy menjadi proyek orderannya yang pertama sesaat setelah studio itu dibangun.
            Pada 13 Juli tahun 1925, Walt menikah dengan salah satu pegawai pertamanya, Lilian Bounds di Lewiston, Idaho. Mereka dikaruniai 2 putri yaitu Diane yang menikah dengan Ron Miller (dikemudian hari menjadi presiden direktur dan chief eksekutif Walt Disney Productions) serta Sharon Disney Lund (direktur dari Disney Boardcasting prod.) yang meninggal pada tahun 1993. Walt mendapat 10 cucu dari dua puterinya ini.

‘Lahirnya’ Mickey Mouse

            Tokoh Mickey Mouse ‘lahir’ di tahun 1928. awalnya film ini muncul sebagai film animasi bisu (tak bersuara) karena pada saat itu gambar belum tersinkronisasikan dengan suara. Debut pertama Mickey Mouse ini berjudul Plane Crazy. Barulah pada 18 November 1928, tokoh ini muncul dengan suara pada pertunjukan perdananya Steamboat Willie di Colony Theatre, New York.
            Sejak itu, kemampuan menggambar dan film animasi kartun Walt semakin meningkat. Teknik pewarnaan film diperkenalkannya pada saat diproduksi Silly Symphonies di tahun 1932. Film yang berjudul Flower and Trees memberi Walt penghargaan pertamanya pada Academy Award, dari total 32 piala pribadi yang diperolehnya kelak pada ajang penghargaan serupa.
            Di tahun 1937, Walt meluncurkan The Old Mill, film pendek pertamanya yang menggunakan teknik kamera multiplane. Kesuksesannya semakin menanjak seiring inovasi-inovasi yang digunakan dalam setiap film yang dibuatnya.
            Di tahun yang sama, pada tanggal 21 Desember, film animasi musikal pertama Walt, Snow White and The Seven Dwarfs, diluncurkan di Carthay Circle Theatre, Los Angeles. Biaya produksinya mencapai 1,5 juta dolar. Meskipun dikabarkan film ini merugi, film tersebut diperhitungkan sebagai film besar sepanjang sejarah industri perfilman. Dalam 5 tahun kedepan setelah itu, Walt Disney mengeluarkan film klasik terkenal yaitu Pinocchio, Fantasia, Dumbo dan Bambi.
            Disney Burbank Studio sukses dibangun pada tahun 1940. Staff pegawainya lebih dari 1000 orang yang terbagi menjadi artis, animator, pembuat cerita hingga teknisi.
            Film perpaduan animasi dan live action dibuat Disney di tahun 1945. The Three Caballeros, Song of The South, dan Mary Poppins sukses besar dipasaran. Semasa hidupnya, Walt Disney membuat 81 film semacam ini.
            Selain untuk hiburan, Walt Disney juga membuat film edukasi baik itu tentang kemanusiaan, hingga konservasi alam, flora dan fauna, diluncurkannya. Dari karyanya itu beliau banyak diberi penghargaan.

Disneyland

            Mimpi Walt Disney ternyata tak hanya dalam film saja. Tempat impian yang menyajikan seluruh karya yang dibuatnya menjadi target realisasi berikutnya. Setelah bersusah payah, akhirnya di tahun 1955, disneyland pertama dibuka dengan dana yang menghabiskan 17 juta dolar. Benar saja tempat itu begitu menghibur banyak orang dari seluruh penjuru dunia.
            Awal tahun 1954, Walt Disney merambah dunia pertelevisian. Wonderful World of Colour menjadi tayangan penuh warna pertama. Tayangan Mickey Mouse juga akhirnya sukses di televisi.

EPCOT

            Disneyland yang ada tak mampu mewadahi mimpi Walt Disney. Proyek besar-besaran pun akhirnya dirancang dan disebut sebagai EPCOT ( Experimental Prototype Community of Tomorrow). Tanah seluas 43 mil persegi (2 kali lebih luas dari pulau Manhattan) di tempat yang disebutnya sebagai lahan ‘perawan’ , di tengah negara bagian Florida dibangun proyek realisasi EPCOT  ini.
Segala dunia Walt Disney dibangun. Mulai dari taman-taman bertema tertentu, motel, hotel, resort hingga semua jenis tempat hiburan ada disana. Proyek ini memakan waktu 7 tahun dalam perencanaan dan persiapan, serta 52 bulan dalam konstruksi pembangunannya. Tempat ini dibuka untuk umum pada 1 Oktober 1971 sedangkan EPCOT center dibuka pada 1 oktober 1982 (setelah sang penggagasnya, Walt Disney, wafat).

Regenerasi

Walt Disney turut andil dalam pembuatan California Institute of Arts yang merupakan sekolah dimana semua cabang seni pertunjukan ada disana. Walt ingin agar sekolah tersebut bisa menciptakan para profesional muda berbakat yang kelak bisa menjadi pengganti dan meneruskan mimpi-mimpinya. Lokasinya sendiri ada di kota Valencia, 32 mil sebelah timur laut Los Angeles. Dalam pengembangan kampus ini, Walt Disney akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 5 Desember 1966.
Sungguh, Walt Disney adalah sosok legenda dari abad 20. segala apa yang diimpikan, dilakukan, diperjuangkan, dan diraihnya, menjadi inspirasi dan menyentuh orang banyak. Tak heran, seorang kartunis Inggris menyebutnya sebagai tokoh berpengaruh besar dalam dunia menggambar, kedua setelah Leonardo da Vinci.

Kesusesan Walt Disney

Semasa hidupnya, Walt Disney menerima lebih dari 950 gelar kehormatan dari berbagai negara, termasuk di dalamnya 48 piala Academy Awards dan 7 piala Emmy Awards. Disneyland sendiri kini banyak dibangun dimana-mana tak hanya di Amerika Serikat tetapi juga di luar negeri. Disneyland terakhir ada di Hongkong yang resmi dibuka pada 12 September 2005. Di dunia TV, kini Disney menguasai banyak chanel seperti Disney chanel, Toon Disney, ABC Family, dan ESPN. Sedangkan di dunia filn Disney menguasai Buena Vista Motion Pictures Group, Walt Disney Pictures, Touchstone Pictures, Hollywood Pictures, Miramax Films, Dimensions Films, Pixar, Buena Vista Group.sedangkan dalam industri rekaman Disney menguasai Hollywood Records, Mammouth Record, Walt Disney Record, Lyrics Street Records. Dan dalam saham Disney memiliki 50% saham Lifetime, 37,5% saham A&E, dan 40 % saham E!. Sungguh sebuah kesuksesan yang sangat luar biasa untuk mimpi seorang Walt Disney.
Dimuat di HU Pikiran Rakyat, September 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)