30.6.23

Persiapkan Dana Traveling saat Pensiun di Instrumen Obligasi

Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/liburan-orang-orang-paris-relaksasi-16848795/

Investasi obligasi saat ini cukup populer dilakukan oleh masyarakat. Apalagi bagi mereka yang ingin mempersiapkan dana pensiun. Jenis instrumen investasi ini memiliki prospek yang bagus untuk jangka panjang dan risikonya juga terbilang rendah. 

Bicara soal pensiun, setiap orang pasti punya rencana masing-masing ketika masa itu tiba. Ada sebagian orang yang ingin menikmati masa pensiun mereka dengan pergi jalan-jalan alias traveling ke tempat-tempat yang menyenangkan. Ini akan menjadi sebuah pilihan yang tepat apalagi kalau Anda punya persiapan dana yang memadai saat pensiun nanti. 

Tips Investasi Obligasi untuk Persiapan Dana Traveling

Obligasi adalah sebuah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyimpan dana untuk persiapan traveling saat pensiun tiba. Anda dapat memulainya dari sekarang sehingga target dananya terpenuhi sesuai ekspektasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan jika Anda ingin berinvestasi demi mempersiapkan dana traveling saat pensiun:

1. Buatlah Rencana Traveling yang Anda Inginkan

Pertama-tama, Anda perlu membuat rencana traveling terlebih dahulu. Meskipun mungkin masih lama karena akan dilakukan saat pensiun tiba, namun tidak ada salahnya membuat rencana dari sekarang. Tentukan kemana destinasi impian Anda saat sudah pensiun nanti. Buatlah rencana serinci mungkin agar Anda tahu berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan. 

Jika ingin mempersiapkan dana traveling, maka Anda harus punya rencana yang matang. Dari rencana ini Anda bisa tahu berapa banyak persiapan dana yang dibutuhkan jadi Anda bisa siap-siap mulai dari sekarang. Anda juga bisa memperhitungkan kapan harus mulai berinvestasi dan kapan target investasi tersebut akan tercapai. 

2. Tentukan Nominal Alokasi Dana Investasi

Selanjutnya Anda bisa menentukan berapa nominal alokasi dana yang harus diinvestasikan secara rutin. Salah satu kunci sukses investasi obligasi adalah konsistensi sehingga jumlah dananya bisa tercapai sesuai target Anda di masa depan. Itulah mengapa Anda perlu menyediakan alokasi dana khusus untuk bisa diinvestasikan. 

Sesuaikan nominal dana investasi ini dengan kemampuan finansial Anda. Anda harus menyesuaikan dengan jumlah pendapatan yang Anda miliki setiap bulan. Pastikan alokasi dana investasi tidak mengganggu porsi dana yang lain misalnya dana untuk kebutuhan utama dan kebutuhan darurat. 

3. Pilihlah Produk Investasi yang Menguntungkan

Selanjutnya Anda perlu memilih produk investasi yang dirasa paling menguntungkan. Saat ini ada banyak sekali pilihan produk obligasi yang bisa Anda jadikan instrumen investasi. Lakukan analisis dengan mengamati suku bunga dan kondisi pasar. Lihat juga track record dari penerbit surat utang tersebut untuk menganalisis prospek profitnya di masa depan. 

Obligasi adalah jenis instrumen investasi dengan risiko yang terbilang rendah. Namun tidak semua jenis surat utang bisa memberikan keuntungan yang memuaskan. Jadi Anda harus tetap berhati-hati dan memilih surat utang yang prospeknya bagus agar target finansial tercapai. 

Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/laut-pantai-liburan-orang-orang-12741148/

4. Lakukan secara Konsisten Sampai Tujuan Tercapai

Sangatlah penting untuk berinvestasi secara konsisten sampai tujuan Anda tercapai. Saat memulai investasi, Anda sudah punya tujuan yang jelas yaitu ingin mengumpulkan dana traveling saat masa pensiun tiba. Artinya, anda harus berinvestasi sampai total dananya tercapai dan lebih bagus lagi jika tetap dilanjutkan sampai tiba waktunya traveling. 

Banyak orang berani memulai investasi namun tidak konsisten menjalankannya. Pada akhirnya hal ini akan merusak strategi investasi dan membuat target finansial Anda tidak tercapai. Jangan sampai hal ini terjadi sehingga Anda tidak bisa mencapai target dana untuk traveling saat pensiun nanti. 

5. Gunakan Aplikasi Investasi yang Tepat

Tips selanjutnya yang juga harus Anda perhatikan adalah memilih aplikasi investasi yang tepat. Salah satu faktor yang berpengaruh pada keberhasilan investasi adalah aplikasi yang digunakan. Jika fasilitasnya lengkap, aman, dan mudah dijangkau pastinya Anda juga jadi lebih semangat untuk berinvestasi. 

Jangan mudah tergiur pada penawaran aplikasi investasi yang kurang realistis. Apalagi jika tidak berasal dari perusahaan yang kredibel dan belum terdaftar OJK. Lebih baik pilih langkah investasi yang aman dengan menggunakan aplikasi investasi terpercaya. Perhatikan juga kemudahan apa saja yang diberikan oleh aplikasi tersebut agar investasi jadi lebih menyenangkan. 

Investasi obligasi adalah sebuah pilihan tepat untuk mempersiapkan kebutuhan dana di masa depan khususnya untuk jangka panjang. Jika Anda punya rencana traveling sambil menikmati masa pensiun, maka persiapan dananya bisa dilakukan dari sekarang. Lakukan investasi secara konsisten dan fokus agar tujuan Anda tercapai. 

Investasi Obligasi Lebih Mudah dan Aman 

Jika Anda ingin menikmati masa pensiun dengan nyaman sambil bersenang-senang memang harus ada perjuangan di masa muda. Salah satunya dengan melakukan investasi sejak masih produktif. Investasi obligasi akan menjadi sebuah pilihan tepat apalagi jika Anda melakukannya di digibank by DBS yang memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  • Ada banyak pilihan produk di pasar perdana serta pasar sekunder. 
  • Modal investasi ringan bisa dari Rp1 juta atau $1000 USD
  • Ada aplikasi smartphone yang mempermudah berbagai jenis kebutuhan transaksi investasi. 

Investasi obligasi adalah sebuah cara yang tepat untuk mengumpulkan dana traveling saat masa pensiun tiba. Jika Anda punya cita-cita menikmati masa pensiun sambil traveling ke berbagai tempat, maka mulailah berinvestasi dari sekarang. Apalagi jika Anda berinvestasi lewat Aplikasi digibank by DBS yang terjamin aman. 

Semua orang bisa menikmati masa pensiun mereka dengan penuh rasa suka cita jika mempersiapkannya sebaik mungkin dari sekarang. Mulailah berinvestasi dalam bentuk obligasi bersama digibank by DBS agar tujuan tersebut bisa tercapai. Klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap. 


8 komentar:

  1. Kalau mau investasi memang gak bisa sembarangan ya Teh, kudu yang benar dan pas nih memilih aplikasinya. Karena investasi memang jadi instrumen keuangan yang patut dipertimbangkan buat masa depan

    BalasHapus
  2. Nah, nasabah Digibank pastinya senang banget ada fitur investasi di DBS ya mbak. Memang banyak beragam jenis investasi dan kita kalau mau inves harus belajar terlebih dahulu

    BalasHapus
  3. Bagus nih..investasi obligasi bisa jadi opsi tepat karena banyaknya manfaat. Apalagi kalau berinvestaso di digibank by DBS

    BalasHapus
  4. Udah lama pingin investasi obligasi untuk dana pensiun
    (sekaligus traveling hehehe)
    Ternyata bisa melalui digibank by DBS ya?
    Mudah dan aman pula

    BalasHapus
  5. Berinvestasi secara konsisten maupun rutin adalah cara yang sangat tepat. Karena jika menunggu terkumpul uang banyak dulu baru investasi mungkin akan sulit. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, ada banyak cara untuk berinvestasi dengan modal kecil saja.

    BalasHapus
  6. Investasi obligasi kini pilihannya bisa dengan mudah karena sudah difasilitasi dengan kecanggihan teknologi menggunakan Aplikasi Investasi digibank by DBS. Pilihan bijak ketika ingin memulai sebuah investasi.

    BalasHapus
  7. Wah, ambil obligasi bisa semudah itu. Dulu saat dijelaskan tentang obligasi sudah wegah duluan karena harus di pasar modal. Domisili kan jauh di daerah pojoknya Jawa pula. Sekarang bisa beli dari rumah melalui aplikasi HP. Bisa segera dipertimbangkan sebagai bentuk investasi, nih

    BalasHapus
  8. setuju sekali kak kita memang ya harus menyiapkan dana traveling pada saat pensiun nanti dengan berinvestasi di obligasi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)