15.4.22

Pentingnya Menghitung Tarif Asuransi Mobil


Asuransi mobil merupakan perlindungan finansial dengan sistem pengalihan kerugian kepada pihak “penanggung” (perusahaan asuransi) dari tertanggung (pemilik polis asuransi). Saat ini banyak penawaran pilihan tarif asuransi mobil all risk yang ditawarkan oleh insurance company yang ada di tanah air.

Namun, sebelum memilih asuransi untuk mobil kesayangan Anda, alangkah baiknya untuk mengecek tarifnya terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan produknya dengan kebutuhan Anda karena masing-masing produk memiliki sistem perlindungan yang berbeda-beda.

Apa Itu Tarif Asuransi?

Tarif yang dimaksud di sini adalah nominal yang harus dibayar oleh tertanggung kepada penanggung setiap bulannya. Tarifnya biasanya berbeda-beda. Besaran tarif biasanya dipengaruhi oleh seberapa banyak dan besar perlindungannya.

Di sisi lain, semakin tinggi tarif yang harus dikeluarkan, maka pertanggungannya pun juga akan semakin besar. Artinya, tarif biasanya berbanding lurus dengan tanggung jawab atau perlindungan dari perusahaan terkait.

Tarif tersebut juga biasa dikenal dengan istilah premi atau biaya yang dibayarkan oleh nasabah dalam jangka waktu tertentu.

Cara Menghitung Tarif Asuransi Mobil

Ada dua cara untuk menghitung premi asuransi mobil. Pertama Anda bisa menghitungnya dengan cara manual dan kedua bisa langsung menggunakan kalkulator asuransi dengan proses dan hasil penghitungan yang instan.

Kalkulator asuransi sangat kami rekomendasikan untuk menghitung besaran premi asuransi. Pasalnya, kalkulator asuransi jauh lebih mudah digunakan dibandingkan harus menghitungnya secara manual.

Kalkulator asuransi bisa Anda temukan di internet. Silahkan search langsung melalui Google maka akan muncul banyak website yang menyediakannya.

Untuk menghitung premi asuransi mobil melalui kalkulator asuransi caranya sangat mudah. Proses penghitungan biasanya langsung pada kolom yang sudah tersedia. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Mengisi data merk, model, dan tipe mobil.
  • Mencantumkan data tahun mobil tersebut dikeluarkan.
  • Mengisi kode wilayah.
  • Memilih jenis jaminan pokok.
  • Lalu klik proses penghitungan yang biasanya ada di bagian bawah form kalkulator asuransi.

Agar hasilnya jauh lebih akurat, Anda bisa langsung menghitungnya via kalkulator asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih.

Manfaat Menghitung Premi Asuransi

Ternyata menghitung premi asuransi ini punya banyak manfaat, lho. Khususnya untuk Anda yang ingin mengasuransikan mobil kesayangan Anda. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja manfaat-manfaatnya.

1. Mengetahui Kemampuan Finansial

Menghitung premi asuransi akan membantu Anda untuk mempersiapkan finansial atau keuangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kemampuan finansial saat berencana membeli salah satu produk asuransi mobil.

Seperti yang kami jelaskan di atas, semakin besar preminya maka akan semakin besar juga pertanggungan yang bisa Anda dapatkan. Namun, besar kecilnya premi juga harus Anda imbangi dengan kemampuan keuangan Anda agar proses pembayaran premi bisa berjalan sesuai harapan.

2. Sebagai Perbandingan Produk Asuransi

Ada banyak sekali jenis produk asuransi mobil yang saat ini ditawarkan. Adapun produk-produknya meliputi total loss only untuk perlindungan finansial yang diakibatkan oleh kehilangan mobil. Selain itu ada juga all risk atau komprehensif yang perlindungannya tergolong banyak.

Asuransi komprehensif biasanya ditawarkan dengan premi yang lebih besar. Pasalnya, perlindungan produk komprehensif ini meliputi berbagai aspek mulai dari perlindungan kehilangan, kerusakan, hingga perlindungan jiwa kibat kecelakaan.

3. Memudahkan Anda Saat Memilih produk Asuransi

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah memudahkan Anda saat memilih produk asuransi. Pasalnya, premi biasanya sangat menentukan untuk para calon nasabah yang ingin mencari produk perlindungan finansial yang cocok untuk mobil kesayangannya.

Saat ini, perusahaan asuransi menyediakan ragam pilihan produk asuransi mobil dengan penawaran premi yang berbeda-beda. Tujuannya agar calon nasabah bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya masing-masing.

Tips Memilih Produk dan Premi Asuransi Mobil

Pertimbangkanlah produk asuransi mobil sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Pastikan asuransi yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contohnya, jika di tempat Anda rawan pencurian kendaraan, sebaiknya pilih produk asuransi total loss only saja. Produk ini akan melindungi keuangan Anda ketika kehilangan mobil. Selain itu biayanya pun tergolong lebih ringan.

Namun, jika Anda membutuhkan perlindungan ekstra, silahkan pilih produk yang lebih komprehensif seperti all risk. Sesuai namanya, perlindungan asuransi ini tergolong banyak mulai dari kehilangan mobil akibat pencurian, kerusakan akibat kebakaran, dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui Premi Asuransi Mobil

Saat ini tidak sulit untuk mengetahui premi dari asuransi mobil. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengunjungi official website perusahaan asuransi terkait yang menawarkan produk perlindungan tersebut. Namun sayangnya, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan informasi secara detail terutama dalam perbandingan biayanya.

Nah, ada salah satu solusi yang dapat memudahkan Anda selain cara di atas. Anda bisa langsung memasang aplikasi Qoala yang sudah tersedia untuk smartphone berbasis sistem operasi Android maupun iOS.

Qoala adalah aplikasi untuk mencari asuransi yang cocok untuk mobil Anda. Selain itu, melalui aplikasi tersebut Anda bisa melakukan perbandingan premi dari beberapa perusahaan sekaligus, pasalnya Qoala sudah memiliki mitra asuransi yang sangat besar.

Di sisi lain, mitra asuransi Qoala juga merupakan perusahaan-perusahaan asuransi yang kredibel. Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang saat ini sedang bingung mencari premi yang cocok untuk perlindungan kendaraan kesayangan Anda tersebut.

Selain untuk asuransi mobil, juga tersedia layanan perbandingan dan juga pencarian jenis asuransi lainnya.

Bingung menghitung tarif asuransi mobil all risk? Download Aplikasi Qoala sekarang juga! Temukan produk asuransi dan premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Yuk, bandingkan sekarang juga!




22 komentar:

  1. Baru tau nih ada aplikasi qoala yang bisa bantu itung tarif asuransi.

    BalasHapus
  2. naini masalah asuransi kendaraan kadang kan udah sepaket ya sama cicilan, dan suka gak terlalu fokus buat cek gitu

    BalasHapus
  3. Jadi kebutuhan untuk asuransi mobil kini bisa dihitung di Qoala ya. Makin simple aja, ga usah datang ke agent nya, lebih hemat waktu deh.

    BalasHapus
  4. aku nggak ngerti kalau ngitung asuransi mobil karena nggak punya hihi. Jadi ada ya apps yg membantu, aku bakal catet nih supaya nanti bisa pakai iniii teh. Karena nyari asuransi yg cocok memang penting. Nuhun teh

    BalasHapus
  5. Pas banget aku baca info aplikasi Qoala ini pas lagi butuh info asuransi buat mobil. Langsung kudownload nih mbak. Biar serba mudah ngitung tarif asuransinya.

    BalasHapus
  6. Nama aplikasinya lho unik dan mudah diingat Qoala...bisa jadi rekomendasi buat teman2 yg lagi nyari asuransi mobil ya. Sebenarnya dengan ikut mendaftar asuransi mobil ini maka kita akan diberi ketenangan lho saat berkendara. Karena segala kemungkinan terburuknya atas kendaraan roda 4 ini sudah bisa teratasi dengan asuransi Qoala ini

    BalasHapus
  7. Kalau menghitung manual bisa jadi lama dan ada kemungkinan terjadi kesalahan ya mbak, jadi mending menghitung pakai kalkulator asuransi saja.

    BalasHapus
  8. Meskipun tidak punya mobil, tapi ilmunya bermanfaat banget nih. Aplikasi ini bisa saya rekomendasikan ke mereka yang membutuhkannya. Secara saya sendiri batu tahu aplikasinya ini

    BalasHapus
  9. ooo ini bisa bandingin asuransi satu sama lainnya juga gak? duh kok cuma mobil ya, aku butuh yang asuransi jiwa, kesehatan dll. tapi keren ada alternatif daripadaa kita bingung mau asuransi apa

    BalasHapus
  10. Kalau punya kendaraan memang sebaiknya pertimbangkan buat asuransi juga. Tapi, tentunya harus dihitung denga cermat. Bagus juga aplikasi Qoala bisa membantu menghitung tarif asuransi

    BalasHapus
  11. Wah iya, aku juga baru rencana punya asuransi mobil mbak
    Makanya sebelumnya harus tahu cara menghitung tarif nya ya
    Oke cuss otw Qoala

    BalasHapus
  12. Ternyata sekarang urusan hitung menghitung tarif asuransi bisa lebih mudah pakai Qoala ya? sepertinya menarik ya, karena kadang kan sebagai orang awam masih belum banyak tau mengenai tarif pertanggungan dan lain lain.

    BalasHapus
  13. Wah canggih ya sekarang tarif asuransinya bisa diitung di Qoala
    jadi kita bisa itung2an dulu sebelum nantinya mau daftar asuransi mobil

    BalasHapus
  14. Segera manfaatkan aplikasi Qoala untuk bisa tepat memilih asuransi kendaraan juga alokasi dana yang dibutuhkan. Kalau kendaraannya lebih dari satu, hihi...butuh dana lebih juga tentunya.
    Tapi benar yaa, teh..
    Kudu diperhatikan keperluannya secara detil, sehingga bisa memaksimalkan asuransi yang diambil.

    BalasHapus
  15. Waduh, bentar lagi haru sudah bayar polis hihihi, dari sedini mungkin harus udah dihitung ya untuk bayar asuransi kendaraan ini. Tapi terabntu banget sih dengan adanya asuransi kendaraan ini

    BalasHapus
  16. Sekarang tuh apa aja yang kita butuhkan kayaknya selalu ada solusinya. Aplikasi-aplikasi dibuat untuk memberikan kemudahan, termasuk Aplikasi Qoala ini, biar kitanya gak repot lagi mikirin gimana sih menghitung tarif asuransi.

    BalasHapus
  17. Wah perlu banget nih ada aplikasi yg memudahkan perhitungan premi asuransi mobil gini. Bisa lebih mantab, ga meraba2 jadinya

    BalasHapus
  18. Penting nih kusampaikan ke pak suami untuk memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Sering keluar kota soalnya pake mobil, jadi sedapat mungkin mobilnya terlindungi dari berbagai resiko yang ada.

    BalasHapus
  19. Memiliki asuransi kendaraan mobil juga penting nih, karena kt gk pernah tau ap yg akan terjadi kedepannya.

    BalasHapus
  20. Wah aku harus siap-siap sih ini untuk download app qoala ini karena persiapan untuk cek asuransi mobil yg skrg ini sangat penting, preventif terjadi sesuatu hal ya

    BalasHapus
  21. Wah aku baru tau. Dan aku tuh ga punya asuransi mobil, padahal penting ya apalagi kalau lagi musim mudik begini atau pas cuaca lagi ekstrim

    BalasHapus
  22. Nama aplikasinya unik, Qoala. Nggak ribet lagi ya mau hitung premi asuransi mobil.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)