2.3.22

Hadiah, Apresiasi Terhadap Prestasi


Siapa sih yang gak suka hadiah? Kayaknya, semua orang menyukainya. Entah itu anak-anak, tua, muda, laki-laki, atau pun perempuan. Apa pun bentuknya. Dan berapa pun harganya. Sebab hadiah membuat kita merasa istimewa. Membuat kita merasa berharga. Dan membuat kita merasa berarti di mata si pemberi hadiah. Baik saat ada momen tertentu, atau pun tidak ada. Ketika diberi hadiah, kita selalu merasa senang.

Ada Prestasi, Ada Hadiah

Demikian juga anak-anak saya. Saat diberi hadiah, mereka pasti kegirangan. Buat mereka, diberi hadiah itu suatu kebanggaan. Karena saya dan suami, memberi hadiah kepada anak-anak itu dilakukan ketika terjadi pencapaian. Baik itu prestasi akademik, atau pun prestasi lainnya yang mungkin terlihat sepele di mata orang lain.

Untuk prestasi akademik, standarnya jelas. Misalnya ketika anak-anak mendapat ranking atau nilai-nilai raport yang bagus. Saya dan suami pasti ngasih hadiah. Nah untuk hal yang di luar prestasi akademik, itu gak ada standarnya. Pokoknya saat mereka melakukan pencapaian, maka mereka harus dikasih hadiah.

Hadiah Membuat Anak Jadi Pamrih?

Ya, memberi hadiah, atau menjanjikan hadiah kepada anak agar mereka berprestasi, mungkin akan membuat anak jadi pamrih. Segala sesuatunya jadi mereka maksimalkan karena ada iming-iming hadiah. 

Saya setuju dengan hal tersebut. Tapi tidak sepenuhnya setuju juga. Terutama untuk anak-anak usia dini yang masih banyak membutuhkan dorongan. Toh hadiah yang saya maksud juga tidak selalu hal yang berwujud fisik dan mahal. Bahkan doa-doa yang baik, yang diucapkan di depan anak-anak, atau mungkin hanya sebuah permen cokelat saja, itu juga termasuk hadiah.

Dua anak saya dengan hadiahnya saat sembuh dari Covid-19

Buat saya dan suami, memberi hadiah ini lumayan efektif. Dalam menerapkan kedisiplinan anak, dalam membiasakan kemandirian, serta memupuk kebiasaan mereka untuk berprestasi. Tak perlu jauh-jauh, misalnya saja ketika mereka kesusahan dalam menghafal doa, surat, atau pelajaran. Ketika saya atau bapaknya menjanjikan hadiah, dalam 1 – 2 hari, mereka jadi hafal. Dan hadiahnya juga gak yang wah gimana. Sepotong es krim yang harganya 10 ribu rupiah saja sudah cukup buat mereka.

Iming-iming Hadiah Sampai Kapan?

Mengiming-imingi anak dengan hadiah agar mereka berprestasi, sudah sejak lama saya terapkan bersama suami. Sejak anak pertama, hingga anak keempat. Dilakukan sejak mereka mengerti, mungkin sekitar usia 3 tahunan.

Sampai kapan? Sampai mereka mengerti juga bahwa dalam melakukan apa pun, sebenarnya tidak boleh mengharapkan hadiah. Semua memang sudah sepatutnya dilakukan dengan kemampuan terbaik yang dimiliki. Dua anak saya yang besar sih, sejak usia 10 – 11 tahun, sudah tak pernah lagi minta hadiah. Jika pun ada pencapaian khusus, saya yang inisiatif memberi.

Ah ya, dalam menerapkan pemberian hadiah, saya dan suami sangat menekankan kepada anak-anak, bahwa mereka hanya boleh mengharapkan hadiah itu dari kami saja. Tidak boleh dari orang lain. Bahkan dari kakek-neneknya, saudara yang lain, atau siapa pun itu.

Hadiah Motor Yamaha All NMAX 155

Ngomong-ngomong soal hadiah, saya ikut seneng deh dengan pemenang lucky draw di program JNE Loyalty Card (JLC) 2021. Namanya Mas Wahyu Abdillah. Seorang pemilik usaha Minyak Karo (minyak tradisional) yang berbahan dasar jahe dan rempah-rempah. Kebayang deh senengnya beliau gimana. Dapet 1 unit Motor Yamaha All NMAX 155, lho. Kalo beli sendiri, berapa tuh uang yang harus dikeluarkan? Puluhan juta!

Ya benar, Mas Wahyu Abdillah merupakan salah satu pelanggan JNE yang beruntung itu. Dalam mengirimkan produk bisnisnya, beliau selalu memercayakannya kepada JNE. Bahkan sejak awal beliau mulai merintis bisnisnya di tahun 2018, beliau langsung menjadi member JLC.

Program JLC Lucky Draw

JNE Loyalty Card (JLC) pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Saat ini membernya sudah lebih dari 400.000 member. Guna menarik member baru dan juga mengapresiasi semua membernya, JLC melakukan berbagai program. Misalnya saja penukaran poin dengan beraneka ragam hadiah menarik. Dari mulai exclusive trip menggunakan helicopter; hadiah gadget, voucher belanja, tiket nonton, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. 

November 2020 lalu, JLC juga mengeluarkan jenis hadiah baru. Hadiah ini berupa penyediaan penukaran poin dengan e-voucher untuk ongkos kirim. Hal ini jelas menarik. Sebab banyak mitra JNE yang tak perlu mengeluarkan ongkos kirim dalam pendistribusian produknya hingga ke tangan pelanggan.

Di tahun 2014 lalu, JLC mengeluarkan program lucky draw. Nah di sini, member JLC dapat menukarkan 10 poinnya dengan satu kupon undian lucky draw. Periode penukaran poin ini berlangsung dari 10 November hingga 31 Desember. Lewat dari periode itu, poin akan kembali menjadi 0.

Tak kalah menarik, program lucky draw ini membuat para member JLC berkesempatan meraih berbagai macam hadiah keren. Dari mulai 1 unit Motor Yamaha All NMAX 155, 2 unit Ipad Air Gen 4, 2 unit Samsung Galaxy S20+, 5 unit Sepeda Lipat United Plasm Matic, 20 Voucher Belanja MAP @500 ribu, sampai 20 E-voucher Ongkir JNE @250 ribu


JLC Lucky Draw 2021

Pengundian program JLC Lucky Draw 2021 sudah dilakukan pada tanggal 14 Januari 2022 lalu. Nah Mas Wahyu Abdillah inilah salah satu member JNE yang beruntung itu. Baginya, menjadi member JLC ini saja sudah sangat menguntungkan. Beliau bisa mengirimkan produk usahanya dengan lancar, mendapat banyak poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai jenis kebutuhan pokok, dan sekarang, beliau pun dapat hadiah yang keren. Dobel-dobel ya untungnya Mas Wahyu ini.

Terkait hal tersebut, Pak Eri Palgunadi, yang merupakan VP of Marketing JNE mengatakan bahwa JNE terus melakukan pengembangan terhadap JLC. Dari mulai perubahan dari kartu fisik hingga menjadi kartu elektronik. Kemudian juga kemudahan dalam proses registrasinya, pemberian informasi penggunaan poinnya, kemudahan proses penukaran poinnya, transaksi cashless-nya, hingga kemudahan bertransaksi dengan menggunakan kartu JLC ini di hampir seluruh titik layanan JNE. 


Mau Seperti Mas Wahyu?

Apa yang JNE lakukan dalam pengembangan JLC sangat mencerminkan tagline-nya yang selama ini diusung selama 31 tahun,  “Connecting Happiness”.  JNE mampu memberikan kebahagiaan. Para member mendapatkan manfaat dan keuntungan, para pelanggannya pun demikian.

Teman-teman sudah pada pake JNE dalam urusaan pengiriman paket? Pastinya dong ya. Nah, buat teman-teman yang merupakan para pelaku usaha, entah itu UMKM atau pun yang lainnya, baik yang sudah rutin pake JNE atau pun yang belum, bisa banget deh seperti Mas Wahyu. Berkesempatan mendapatkan hadiah keren dari penukaran poin di program JLC Lucky Draw dan juga mendapatkan berbagai manfaat di dalam setiap kali melakukan pengiriman.

Caranya gampang banget, teman-teman hanya tinggal bergabung saja menjadi member JLC. Teman-teman bisa mendaftarkan diri di website https://jlc.jne.co.id/. Di sana nanti teman-teman tinggal melengkapi persyaratannya. Nantinya, teman-teman akan mendapat poin setiap kali transaksi dengan menggunakan JLC tersebut. Poin inilah yang bisa ditukarkan dengan beaneka ragam pilihan hadiah. Atau dikumpulkan untuk ditukarkan dengan kupon lucky draw. Siapa tahu, ada rezeki teman-teman di sana, dan dapat hadiah motor juga.

Oke!

Baiklah teman-teman, sampai di sini tulisan saya tentang hadiah. Seperti halnya saya yang sering ngasih hadiah kepada anak-anak, JNE pun demikian. Memberi hadiah sebagai apresiasi terhadap prestasi pelanggannya. 

Eh btw, saya ngiri deh dengan Mas Wahyu. Kepengen juga rasanya dapat hadiah motor. Teman-teman juga begitu, kan? Hehehe. Sampai jumpa!


Baca Juga
Cerita Baik Bersama JNE Itu Bernama "Berbagi Kebahagiaan"

MyJNE, Aplikasi Sederhana yang Banyak Manfaatnya


25 komentar:

  1. Ahhh, Teh Niaa aku juga mauu atulah kalo dikasih hadiah motor Nmax mah, pastinya bikin bahagiaa kalo menang luckydraw diprogramnya JNE JLC. Salut sama JNE yang selalu memahami dan memberi hadiah sebagai tanda apresiasi terhadap prestasi pelanggannya.

    BalasHapus
  2. wah senangnya, mas Wahyu dapat hadiah motor ya dari program JLC JNE. Iya bener mbak, saya juga suka deh hadiah
    asyik juga ya bagi member JLC JNE bakalan dapat hadiah yang gak disangka nih. dari dulu saya juga langganan pakai paket JNE kalau kirim paket, tapi baru tahu ada program JLC. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  3. Wah ternyata pemenang lomba JNE kemarin namanya mas wahyu. Beliau pasti seneng banget dapet hadiah motor dan produk yang beliau jual unik juga menurutku. Aku juga ngerti mengapa beliau pilih JNE untuk bantu bisnisnya soalnya udah tahu kualitasny JNE. Aku juga pengguna JNE juga soalnya 😍

    BalasHapus
  4. Mau banget atuh Teh. Secara motor kekinian pula itu dapatnya. Keberuntungan memang tidak bisa kita duga ya. Tapi setidaknya kita harus berusaha dan ikhtiar dulu ya
    Keren nih JNE bagi Bahia hadiah nya semoga terus berlanjut...

    BalasHapus
  5. Duh dapet hadiah motor aku mau juga nih..Tapi kudu punya prestasi yaa biar mudah dapet hadiah... semangat..semangat..

    BalasHapus
  6. Hadiah dari JNE ngga main-main ya… beneran lucky deh kalau dapat lucky draw-nya. Btw sehat selalu ya 2 jagoan…

    BalasHapus
  7. Memang betul sih, iming-iming hadiah bisa menjadi pelecut semangat untuk menghasilkan semaksimal kemampuan yang ada. Apaalgi kalau dapat hadiah tak terduga berupa motor..wow..siapa yang nolak ya kan..Pasti seneng banget rasanya..rejeki nomplok..Keren JNE..

    BalasHapus
  8. Rejeki memang tidak kemana ya mom,selamat untuk Pak Wahyu yang mendapatkan motor dari undian JLC.Aku beberapakali pakai jasa pengiriman dengan JNE.Cuma memang belum mendaftar sebagai member.Coba ya siapa tahu bisa nasibnya sama dengan Pak Wahyu,he he he

    BalasHapus
  9. Soal hadiah untuk anak-anak memang perlu ya, sampai anak usia 3 tahunan. Biar melatih disiplin merek.

    Wah, itu Mas Wahyu seneng banget dapat motor keren.

    BalasHapus
  10. Wah, beruntungnya Pak Wahyu ya, member asal Medan ini keren deh. Memperoleh hadiah JLC lucky draw berupa motor Yamaha. Kepengen juga deh daftar jadi membernya. Aku juga mengandalkan JNE sejak lama untuk urusan pengiriman barang lho. Puas dengan layanannya :)

    BalasHapus
  11. Hadiah dari JNE ngga main-main ya… beneran lucky deh kalau dapat lucky draw-nya. Btw sehat selalu ya 2 jagoan…

    BalasHapus
  12. Hadian itu bisa jadi motivasi eksternal buat seseorang mbak. Ada lomba ngeblog aja, antusiasme peserta juga besar kalau hadiahnya banyak dan bernilai besar.

    Selamat buat pak Wahyu, duh seneng banget pastinya dapat hadiah NMAX dari JNE. Jadi makin setia nih pakai layanan JNE

    BalasHapus
  13. seneng banget dapat hadiah motor pastinya. selamat untuk mas wahyu semoga hadiahnya selalu berkah dan bermanfaat untuk usahanya

    BalasHapus
  14. Wuaaa keren banget ini JNE.. hadiah salah satu bentuk apresiasi akan kerja keras. Keren... Selamat mas Wahyu

    BalasHapus
  15. Tentu Teh, aku juga mau hadiah motornya. Keren nih, nggak kebayang kerja kerasnya seperti apa hingga dapa reward motor.

    BalasHapus
  16. anakku jadi gesit kalau dijanjikan hadiah, mbak. Dia maunya mainan atau uang buat beli makanan. Aku yang kadang maju mundur, kasih gak yah, khawatir jadi nagih gitu.

    BalasHapus
  17. Ahh mantap banget ya, apa yang dilakukan oleh JNE Ini
    Pasti pelanggan makin puas menggunakan jasa dari JNE Ini

    BalasHapus
  18. Beruntung banget ini pemenangnya dapat hadiah motor. Eh btw anak-anak juga sering ta semangatin dengan dikasih hadiah jika melakukan sesuatu yang baik. Kayak puasa sebulan penuh

    BalasHapus
  19. Dalam agama islam ada hadist nya untuk saling memberi hadiah. Jadi kalo saya memberi hadiah atas prestasi anak bukanlah upah atau ngajarin pabrik sebab dia udah usaha. Kalo pabrik itu semisal kalo udah bersin mainan dikasih hadiah atau uang. Nah, ini menurut saya salah.

    BalasHapus
  20. Aku pake ini jlc dah lama tapi jrg diapdet di poin. Padahal ya jlc ini ternyata dapat hadiah banyak ya. Pake ah rajin2 dari sekarang

    BalasHapus
  21. Seneng aku sama perusahaan yang tetap memberikan apresiasi terhadap customernya meski lagi pandemi. Kan bisa jadi penghiburan juga buat mereka.

    BalasHapus
  22. JNE emang selalu mantabs nih, banyak apresiasi jadi bikin semangat berprestasi ya teh Nia?

    BalasHapus
  23. Iya nih...teh,
    Sering juga membayangkan mendapatkan hadiah dari sebuah even yang kita ikuti. Karena biasanya zaman sekarang tuh suka dibikin zonk sama yang namanya hadiah.

    Tapi beda banget dengan pemegang JLC.
    Terpercaya dan hadiahnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  24. Wah selamat buat pemenang. Kalau di rumah, anak-anak termotivasi sekali ada hadiah. Saya nggak masalah sih artinya mereka punya goals. Dan itu bekal buat masa depan juga mesti tau target hidupnya

    BalasHapus
  25. Senang banget yah dapat hadiah motor gitu semoga makin berkah hadiahnya. Aamiin

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)