27.8.21

Tips Mendampingi Persalinan Kucing di Rumah Sendiri


Kebanyakan kucing betina rumahan yang suka berkeliaran di sekitar lingkungan, seringkali hamil tanpa diduga. Terkadang, pemilik baru menyadari kucing hamil bahkan ketika sudah memasuki tahap bersalin. Hal ini jelas membuat pemilik kucing bingung harus berbuat apa lagi jika kucing tersebut bersalin di rumah sendiri.

Oleh sebab itu, apabila kucing Anda sedang hamil dan memasuki tahap untuk bersalin, penting bagi pemilik untuk memahami bagaimana mengatasi hal tersebut. Pengetahuan mengenai bagaimana mendampingi kucing bersalin di rumah sangat penting supaya proses bersalin kucing bisa berjalan dengan baik. Hal ini bisa Anda lakukan apabila tidak mau membawanya ke dokter hewan.

Lalu seperti apa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendampingi kucing bersalin di rumah sendiri? Simak beberapa poin berikut ini.

Melihat Tanda-tanda Persalinan Si Kucing

Pemilik harus cermat untuk melihat tanda persalinan sudah mulai tiba. Walau terkadang tanda-tanda itu tidak nampak dan bahkan sudah melahirkan, namun pemilik harus bisa siap. Perhatikan tanda-tanda seperti gerak gerik kucing. Dan apabila dirasa perlu didampingi, coba untuk mempersiapkan peralatan. 

Walau memahami tanda persalinan kucing dan menemani kucing itu penting, namun terkadang kucing tidak perlu diperlakukan khusus. Misalnya saja ketika tanda-tanda terjadi di waktu pagi, si kucing akan melahirkan sendiri di waktu malam. Bahkan tanpa disadari kucing sudah melakukan tindakan menyusui anak-anaknya. Walau hal seperti ini wajar, namun pemilik harus siap sedia apabila tanda-tanda itu datang untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Mempersiapkan Peralatan dan Kebutuhan Persalinan Kucing

Walau kadang kucing melakukan persalinan tanpa diketahui, namun pemilik bisa mempersiapkan beberapa hal berikut agar persalinan berjalan baik. 
  • Pemilik kucing dapat mempersiapkan tempat khusus untuk bersalin. 
  • Tempatnya cukup kardus atau keranjang yang dilapisi kain selimut atau handuk. Pemilik harus melatih agar kucing mau berada di tempat itu beberapa waktu sebelumnya.
  • Memberi ruangan sendiri bagi kucing sebelum persalinan. 
  • Selain tempat sederhana, memberi ruangan khusus juga bisa dilakukan kehamilannya. Beri ruangan khusus yang jauh dari anak Anda selama masa kehamilan mamasuki dua minggu terakhir. Ruangan kecil yang hangat bisa dicoba supaya menjaga si kucing hangat termasuk anak-anaknya.

Selain memberi tempat dan ruangan seperti itu, pemilik juga bisa memberi peralatan berikut untuk mendampingi kucing bersalin.
  • Handuk. Digunakan untuk membersihkan area persalinan dan selama persalinan.
  • Bantalan penyerap. Spons atau bahan lainnya dapat digunakan di area persalinan.
  • Kotak bersarang. Kotak ini bisa digunakan untuk menampung anak kucing yang akan dilahirkan. Biasanya hal ini bisa dilakukan apabila sudah membawa kucing anda ke dokter hewan. Kotak bersarang usahakan jumlahnya cukup besar untuk menampung induk dan anak-anaknya. 
  • Bantalan pemanas Untuk mencegah hipotermia kucing dapat digunakan bantal pemanas di bawah kotak area persalinan. Pastikan meletakkannya di bawah lapisan handuk dan selimut agar tidak terlalu panas namun menghangatkan kucing. 
  • Tempat sampah. Pastikan juga menyediakan tempat sampah berupa kantong plastik atau kotak sendiri untuk membuang sampah sisa persalinan.
  • Benang gigi dan gunting. Benang gigi diperlukan untuk melepaskan tali pusar apabila induk kucing tidak melepaskannya. Gunting diperlukan untuk memotong tali pusar tersebut.

Tindakan Pendampingan Lainnya

Selain melihat tanda dan menyiapkan peralatan, perhatikan pula untuk melihat proses persalinan. Biasanya kucing betina bersalin selama setengah hari sampai semua anaknya selesai lahir. Kebanyakan anak pertama si kucing lahir setelah proses persalinan berlangsung satu jam.

Pemilik harus memastikan kucing dapat beristirahat di sela persalinan dan dapat melakukan pengasuhan serta pembersihan anak kucing yang baru lahir. Anda bisa membantu anak kucing untuk tetap bersama ibunya ,atau meletakkannya dekat dengan puting induknya untuk menyusui. 

Jangan lupa berikan makanan selama istirahat persalinan kucing. Berikan makanan kucing bernutrisi lengkap untuk induk kucing karena induk kucing membutuhkan nutrisi yang besar setelah melahirkan. Pemilik dapat mendapatkan makanan kucing bernutrisi lengkap di Sukapets, petshop online yang menjual makanan kucing original dan lengkap.

Hal ini untuk mencegah si kucing sakit dan lemah dalam prosesnya. Jika dirasa Anda bisa melakukan itu semua, silahkan dicoba untuk melakukan persalinan kucing di rumah. Namun jika masih ragu, tidak ada salahnya pergi ke dokter hewan. 

Semoga bermanfaat!

Pict: Unsplash


17 komentar:

  1. Astaga wkwkw. Pernah punya 6 kucing di luar Jawa. Sekarang di Jawa gak punya kucing krn rumah kecil, takut bau. Tapi ada kucing liat yg rutin datang minta makan, minum & numpang tidur. Tapi selama itu belum pernah ada yg beranak di rumah. Baca ini dulu buat jaga2.

    BalasHapus
  2. Adik aku pernah liat kucing melahirkan di rumah. Kalau aku sih geli ya, tapi di rumah juga ada kucing, paling aku kasih makan aja sih.. dan kalau mau melahirkan, aku kasih kardus sama kain aja...

    BalasHapus
  3. Bahas persalinan kucing, jadi inget dulu di rumah mama aku shock kucing lahiran di dalem lemari baju. Ahaha aku sampe teriak karena kaget

    BalasHapus
  4. aku jadi inget almarhum ping si kucing anggora kesayangan keponakan. jadi 2x melahirkan kebetulan aku yg kedapetan jatah buat nungguin. Kasihan sih mbak, ngeden-ngeden gitu dan aku auto ngeden juga coba. hahahaha.. coba deh ini nanti aku praktekin di anaknya ping.

    BalasHapus
  5. Aaahhh, mba Niaa, aku jadi inget meong kesayanganku Mathyaaa yg udah 3 kali bersalin di dapur rumah kamiii :D
    Lucu banget dia dan bayi2nyaaa
    tapi sayang bgt Mathyaa dan anak2nya udah pada meninggal, ada bayi2nya yg diambil orang juga hiks hiks.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah lihat kucing melahirkan. Baca artikel ini jadi tahu ternyata banyak juga peralatan yang dibutuhkan, ya, Mbak. Terus kucing-kucing liar itu gimana coba melahirkannya? Kan nggak ada yang dampingi wkwk.

    BalasHapus
  7. Saya belummpernah lihat persalinan kucing. Tetapi, beberapa kali induk kucing yang baru melahirkan bawa anak-anaknya ke halaman belakang rumah. Di taro di belakang pot-pot tanaman

    BalasHapus
  8. huaa aku belum pernah mendampingi kucing bersalin mba. cuma pernah ada pengalaman tiba2 aja tuh kucing udah beranak, jadi darahnya mbleber kemana2. yang lucu, pas pertama kali itu terjadi, kucing itu milih lahiran di kasur di salah satu kamar kami yang kosong.. wkwk

    BalasHapus
  9. Di rumahku ada kucing yang udah berasa itu rumahnya deh. Hahha. Padahal aku pribadi takut kucing, mba. Tapi kayaknya itu kucing jantan jadi ga kuatir hamil. Hehehe. Baru tahu nih mba tentang kucing hamil dan melahirkan gimana. Termasuk soal harus istirahat setelah kucing melahirkan

    BalasHapus
  10. Anakku yang bungsu dan ketiga nih yang suka jadi bidan untuk kucingnya... mereka akhirnya bisa mendampingi kucing2 itu lahiran. Aku mah ngeri lihatnya..hehe...

    BalasHapus
  11. Aku ga ngerti soal kucing nih Teh Nia. Kalau pemilik kucing harus tau banget ya tanda-tanda kucing mau bersalin apalagi kalau meliharanya kucing betina. Aku suka oenasaran pengen lihat dalamnay petshop deh

    BalasHapus
  12. Idah Ceris11.22

    Kucing kalau hamil emang kadang ngga keliatan ya, mbakk. Seneng nih kalau ada yang pelihara, ada yang merhatikan. Termasuk tempat khusus persalinannya. Enggak kebayang tuh kucing liar, pada kayak apa lahirin di luar sana, ya.

    BalasHapus
  13. Deg-degan mendampingi kucing yang mau bersalin. Kasian juga liat ekspresinya pas lagi ngeden. Biasanya aku cuma bisa ngasih semangat sambil elus-elus tipis.

    BalasHapus
  14. MashaAllah~
    AKu dari tadi mencermati dengan seksama tulisan teteh.
    Karena yang kebayang adalah bagaimana kita sebagai manusia bisa membantu proses melahirkan si kucing-kucing cantik nan lusu.

    Yang mudah memang membawanya ke petshop yaa..
    Agar mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan tepat.

    BalasHapus
  15. Belum pernah lihat kucing melahirkan, cuma tahu bayi2 kucing langsung nongol. Nah, infomarsinya ini pastinya bermanfaat buat pecinta kucing dan suka memelihara kucing di rumahnya..

    BalasHapus
  16. Baru aja kucing di rumah melahirkan. Disediakan tempat nyaman dia malah lebih memilih melahirkan di bawah pogon salam mbak. Dan bersarang di sana. Ya gaapa sih alhamdulillah anaknya sehat hihi lucuu

    BalasHapus
  17. Seumur2 aku punya kucing dari SMP, tapi ga pernah ada yg lahiran pengen ditungguin. Tau2 pada pulang sambil bawa anaknya hahahahah. Kalo kucing yg milik skr mah, udh aku steril JD ga pernah lahiran. Kucing kampung yg suka numpang makan nih, tau2 hamil, lahiran tempat lain, besoknya udh DTG bareng si krucils wkwkwkkw.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)