20.8.21

Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju


Hai Bunda semua, apa kabar? Sehat-sehat selalu kan, ya? Gimana nih, masih pada semangat kan nemenin anak-anak belajar online setiap hari? Atau malah bete dan gemes? Hehehe, sama dong dengan saya. Setiap hari, saat dampingi anak-anak belajar online, pasti aja ada dramanya. Dari anak yang bangun males-malesan hingga ngerjain tugas yang ditunda-tunda. Kalo gak kasihan ke mereka, kepengen deh rasanya ngomel-ngomel terus.

Ngomongin soal gemesnya nemenin anak-anak belajar online, apa yang kita rasakan ini ternyata gak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan para orang tua yang lain. Sementara kita tantangannya hanya sebatas menahan sabar, nah orang tua yang lain, pusingnya justru dengan penyediaan akses untuk belajar online anak-anaknya. Dari ketersediaan gadget, jaringan internet, hingga alat-alat penunjang belajar lainnya. 

Setali tiga uang dengan urusan keterbatasan akses pendidikan, akses pemenuhan nutrisi kebanyakan anak-anak Indonesia ini juga nasibnya serupa. Pandemi yang sudah berlangsung hampir 1,5 tahun, membuat kondisi ekonomi banyak keluarga semakin terpuruk. Akibatnya, asupan nutrisi anak-anak menurun kualitasnya.

9 dari 10 Anak Indonesia Menghadapi Tantangan dalam Pemenuhan Akses Nutrisi dan Pendidikan

Apa yang saya ceritakan di atas hanya beberapa point yang saya ambil, dari sekian banyak insight baru, yang saya dapatkan di acara Konferensi Pers Virtual “Peluncuran Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan, Dukung Kemajuan Anak Indonesia”. Dalam kesempatan tersebut hadir Astrid Prasetyo yang merupakan Marketing Manager SGM Eksplor; Kak Seto Mulyadi yang merupakan pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI); Reza Rahadian yang merupakan aktor dan aktivis sosial; serta Alyssa Soebandono yang merupakan aktris dan ibu dari dua anak. Pemandu acaranya sendiri adalah Novita Angie.

Para pengisi acara webinar Peluncuran Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan, Dukung Kemajuan Anak Indonesia

Di awal acara, sempat hadir melalui rekaman video, Vera Galuh Sugijanto yang merupakan VP General Secretary Danone Indonesia. Dari apa yang diutarakan beliau, ada satu hal yang mengusik saya. Katanya, menurut data UNICEF: 9 dari 10 anak Indonesia masih ‘berjuang’ atau ‘berperang’ menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan

Wow! Sembilan dari sepuluh anak? Bukan angka yang sedikit kan, itu?! Beneran deh, masalah saya dan masalah Bunda semuanya dalam menahan sabar ketika menemani anak belajar online, tidaklah seujung kukunya. Pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan tentu adalah hal yang serius, yang jika diabaikan terus-terusan, bisa menjadi bom waktu. Anak-anak yang diharapkan menjadi generasi maju di masa yang akan datang tentu tidak bisa terwujud. Dan ini bukan hanya tanggung jawab para orang tuanya saja. Kita semua masyarakat Indonesia punya kewajiban mencegah hal tersebut.

Ini Lho Bun, Hak-hak Anak!

Ini kemudian yang menarik perhatian saya. Kak Seto mengemukakan mengenai Hak Anak, yakni hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi. Sebagai manusia utuh layaknya kita orang dewasa, anak-anak juga harus bisa dipenuhi segala hak-haknya itu. 


Menyambungkan fakta yang diungkap UNICEF mengenai 9 dari 10 anak Indonesia masih ‘berjuang’ atau ‘berperang’ menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan, sepertinya 3 hak anak yang disebutkan Kak Seto, terkait di sini. Hak hidup, hak tumbuh kembang, dan hak perlindungan.

Anak-anak berhak untuk hidup yang layak; anak-anak berhak untuk tumbuh kembang maksimal ; dan anak-anak juga berhak mendapatkan perlindungan akan semuanya itu. Tak hanya menjadi kewajiban orang tuanya saja di dalam memenuhi hak-hak anak. Itu tentu kewajiban kita juga sebagai masyarakat dan orang dewasa di sekitarnya. Toh secara umum, yang akan menjadi generasi penerus bangsa, yang kita harapkan merupakan generasi yang maju, tentu adalah anak-anak secara umum. Jika 9 dari 10 anak menghadapi tantangan tersebut, dan kita semua mengabaikannya, tentu masa depan bangsa yang maju tak akan bisa terwujud.

Gerakan #AyoTunjukTangan

Sebelum ikut webinar yang juga sekaligus “Peluncuran Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan, Dukung Kemajuan Anak Indonesia”, saya tidak terlalu ngeh dengan makna dari iklan SGM Eksplor yang ada di tv. Padahal saya sering bertanya-tanya, kenapa banyak anak yang tunjuk tangan? 

Barulah, setelah ikut acara ini, setelah berulang-ulang saya putar video iklannya, saya paham. Bahkan saya sampai terharu. Saya seperti disadarkan bahwa anak-anak juga punya hak seperti apa yang dikemukakan Kak Seto. Anak-anak berhak hidup layak, anak-anak berhak untuk tumbuh dan berkembang optimal hingga bisa menggapai cita-citanya, anak-anak berhak untuk mendapat perlindungan, dan anak-anak juga berhak untuk berpartisipasi.

Nah SGM Eksplor menyadari akan hal ini. Sejalan dengan visi pemerintah di dalam hal mempersiapkan serta membangun SDM unggul, SGM Eksplor sangat percaya bahwa setiap anak itu punya hak yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Jadinya, dalam menyikapi fakta 9 dari 10 anak Indonesia menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan, SGM Eksplor ingin agar hal tersebut tidak terjadi secara berlarut-larut. Seluruh anak Indonesia tidak boleh ada yang tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses nutrisi serta akses pendidikan. 

Tentu seja demikian, sebab kemajuan bangsa dan juga SDM Indonesia di masa depan itu sangat bergantung pada perkembangan anak-anak di masa sekarang. So, Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia merupakan salah satu solusinya. Tak ada yang mustahil jika banyak pihak yang mendukung. Bukankah sebuah hal yang besar itu berawal dari satu langkah kecil?

Mekanismenya Seperti Apa?

Jadi begini, dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, setiap bunda akan diminta untuk berpartisipasi. Bunda tinggal mengunjungi website http://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan dan langsung memilih jenis donasi yang ingin didukung. 


Setelah itu, nanti dukungan akan dikonversi menjadi bentuk donasi. Donasinya sendiri ada yang dalam bentuk paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, paket  beasiswa pendidikan online, serta donasi perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Donasi ini akan diberikan oleh SGM Eksplor dan juga partner. Sungguh sebuah gerakan keren dengan cara berpartisipasi yang mudah banget, bukan? 

Ini Kata Mereka!

Gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini tentu saja merupakan sebuah gerakan yang bagus. Kak Seto juga ikut mengamini hal tersebut. “Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dapat menjadi momentum yang tepat untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta jaminan kemerdekaan terhadap hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, karena anak merupakan sebuah aset kemajuan bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju kedepannya. Dukungan kolektif masyarakat untuk tumbuh kembang anak seperti pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mendukung kemajuan anak-anak Indonesia dengan perannya masing-masing untuk mewujudkan Indonesia maju di masa depan.” Begitu ungkap beliau.

Nada yang sama juga dipaparkan Reza Rahadian. Beliau bilang, “Kesuksesan anak-anak Indonesia, bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk turut berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak-anak Indonesia agar bisa berprestasi dan mencapai impian mereka. Kita bisa mulai aksi dukungan kita melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan dimana setiap partisipasi kita akan disalurkan langsung untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia demi kemajuan masa depan mereka.”

Lalu bagaimana kata Alyssa Soebandono? Tak jauh berbeda, menurutnya, “Seorang Ibu pastinya selalu memperhatikan asupan nutrisi dan pendidikan yang terbaik bagi anak agar tumbuh kembangnya maksimal. Saya percaya bahwa gerakan sosial #AyoTunjukTangan, yang merupakan dukungan kolektif dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dari para ibu untuk dapat membantu para Ibu lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi demi kemajuan dalam setiap tahapan kehidupannya. Oleh karena itu, mari bersama-sama berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan demi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tentang Kepedulian SGM Eksplor

Apa yang dilakukan SGM Eksplor kali ini dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan bukanlah bentuk kepeduliannya yang pertama. SGM Eksplor sangat meyakini bahwa pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan harus dilakukan secara beriringan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak agar siap tumbuh menjadi generasi maju

Nah, dalam upaya pemenuhan akses nutrisi ini sendiri, SGM Eksplor sudah melakukan berbagai inovasi produk susu pertumbuhan di awal tahun 2021. Tujuannya tentu supaya mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang untuk anak berusia di atas 1 tahun, dengan menambahkan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3 & 6, serta nutrisi penting lainnya


Adapun dalam akses pendidikan, SGM Eksplor pun sudah melakukan berbagai inisiatif bantuan pendidikan. Ada yang namanya Program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju, serta Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku bagi anak usia 4-6 tahun. Upaya kolaborasi bersama dengan berbagai pihak ini bertujuan memberikan dukungan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia di berbagai daerah.

Untuk gerakan sosial kali ini, SGM Eksplor tak hanya berkolaborasi dengan masyarakat saja, tetapi juga bersinergi dengan pelaku industri lain yang punya komitmen sama dalam mewujudkan kemajuan anak Indonesia. Misalnya Telkomsel, sebuah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dan juga CAKAP. Sebuah platform pembelajaran online. CAKAP ini melakukan interaksi dua arah antara murid dengan pengajar profesional melalui video call dan percakapan teks. SGM Eksplor juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan retail dan e-commerce. 

Saya Sudah Ikutan!

Iyes, saya sudah ikutan gerakan #AyoTunjukTangan ini. Bener-bener mudah. Saya tinggal buka websitenya, kemudian mengisi data, dan beres. Saya terdaftar berpartisipasi di dalam gerakan sosial tersebut. 

Bun, yuk ikutan gerakan ini! Siapa lagi yang akan peduli dengan kemajuan generasi penerus bangsa kalau bukan kita orang-orang dewasa. Kita tentu sangat ingin jika anak-anak kita kelak hidup di zaman yang lebih baik dari kita. Nah untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan, anak-anak kita dan anak-anak lain seangkatannya tentu harus jadi generasi yang maju. Dan jadi generasi maju, ditentukan dengan keadaan saat ini. 

Untuk Indonesia yang lebih maju di masa depan, tentu tak boleh ada lagi fakta anak-anak yang menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Dan sekaranglah saatnya kita mengubah itu. Sebuah aksi kecil yang mudah dan sederhana, namun memberi impact yang besar di masa depan. Asal dilakukan oleh banyak orang. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh


#AyoTunjukTangan #GenerasiMaju #SGMEksplor


47 komentar:

  1. Ayo tunjuk tangan, terima kasih sharingnya Bu

    BalasHapus
  2. Aq juga mau berpartisipasi dalam gerakan ayo tunjuk tangan ini kak, apalagi anak2 juga minun susu SGM jadi pas ya

    BalasHapus
  3. Wah ternyata banyak juga anak Indonesia yang tidak terpenuhi kebutuhan gizi dan pendidikan

    BalasHapus
  4. sedih banget baca datanya

    9 dari 10 anak Indonesia masih berjuang mengakses nutrisi

    terkadang penyebabnya literasi ortu yang kurang

    sehingga jajanan anak banyak, bisa puluhan ribu tapi gak bergizi

    BalasHapus
  5. Produk2 susu SGM ini sudah lama beredar di Indonesia dan memang menjadi tumpuan para ibu rumah tangga untuk memberikan asupan nutrisi harian bagi si kecil supaya tumbuh kembangnya jadi lebih optimal. Namun, nutrisi bergizi juga penting ya kak diimbangi dengan makanan bernutrisi dan aktivitas gerak aktif supaya si kecil/anak-anak tetap sehat dan bugar.

    BalasHapus
  6. Luar biasa programnya. Dengan kita berpartisipasi dalam program ini berarti kita menyatakan sikap peduli akan hak anak, kesempatan mereka untuk berkembang dan menyambut masa depan yang lebih baik. Konsentrasi program bukan hanya fokus di gizi tapi juga pemenuhan hak-hak mereka yang lain. Salut untuk SGM Eksplor. Semoga program-program seperti ini semakin banyak diadakan dan dicontoh oleh pihak-pihak lain

    BalasHapus
  7. Gerakan yang inspiratif, saya mau ikuta dukung demi Indonesia yang lebih maju di masa depan, agar tidak ada lagi fakta anak-anak yang menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan.

    BalasHapus
  8. Salut banget sama SGM. Brand legend yang selalu peduli pada pemenuhan nutrisi dan edukasi. Kedua hal ini penting banget agar tumbuh kembang anak bisa maksimal.

    BalasHapus
  9. Aku juga sudah ikutan kak, semoga makin banyak yang terbantu ya, agar akses edukasi dan nutrisi semakin lancar untuk generasi selanjutnya

    BalasHapus
  10. Gerakan tunjuk tangan ini menginspirasi sekali ya mbak terutama untuk pertumbuhan anak2 sebagai generasi penerus jadi ortu hrs perhatikan kecukupan nutrisi dan gizi juga

    BalasHapus
  11. Hiks baru tahu kalau selama ini banyak anak Indonesia yang belum terpenuhi hak nutrisinya ya kak. Untung Ada sgm ini ya

    BalasHapus
  12. Produk susu SGM, susu anak anakku waktu kecil hehehhe
    nutrisi penting dan optimal buat asupan harian ya mbak Nia

    Seneng deh ada gerakan ayo tunjuk tangan ini, mengingatkan para ibu untuk selalu care pada anak anak

    BalasHapus
  13. Kepedulian SGM Eksplor memang tidak diragukan lagi ya mbak. banyak sekali program-program bagus untuk membantu anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. salah satunya tentang nutrisi dan beasiswa pendidikan.

    BalasHapus
  14. Ayo ikut gerakan tunjuk 1 tangan. Anak memang wajib mendapatkan haknya ya, Teh. Hak untuk bahagia. Baik dalam berupa fisik ataupun psikis.

    BalasHapus
  15. Acara yang digagas SGM dgn gerakan ayo ayo tunjuk tangan cukup memberikan edukasi dan kekompakan Bunda dan anak dalam meraih cita-cita demi Indonesia maju

    BalasHapus
  16. 9 dari 10 anak masih berjuang, artinya anak-anak Indonesia blm sepenuhnya merdeka atas hak yang harus didapatkannya ya. Prihatin si, tapi untungnya ada pihak-pihak yang peduli akan hal ini ya, dan SGM selalu menjadi pelopor untuk peduli terhadap pemenuhan hak-hak anak ya

    BalasHapus
  17. Kak setto keren banget..dari dulu tetap fokus buat tumbuh kembang anak..semoga SGM ..bisa memenuhi nutri anak..apalagi dalam masa pertumbuhan..

    BalasHapus
  18. Mantab... SGM ini kampanye yang diusung sangat variatif ya. Kalau ngga salah belum lama ini mencanangkan jam makan serat. Sekarang gerakan tunjuk tangan.

    BalasHapus
  19. Seneng deh kalau banyak yang peduli dengan gizi dan pendidikan anak begini

    BalasHapus
  20. Saya pikir pandemi juga turut memperbesar angka anak-anak yg berjuang mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan karena banyak anak kehilangan orangtua krn pandemi. Semoga gerakan ayo tunjuk tangan bisa menjangkau mereka. Siap turut serta dalam gerakan positif ini.

    BalasHapus
  21. Sedih banget mengingat hak hak anak seringkali diabaikan, padahal mereka adalah amanah

    BalasHapus
  22. acara yang menarik dan edukasi banget buat para bunda. Aku salfok sama kak Seto yang paripurnaaaa

    BalasHapus
  23. Keren ya SGM Eksplor, programnya juga kolaborasi dengan Telkomsel. Saling sinergi untuk memenuhi nutrisi anak-anak Indonesia semoga mengurangi angka yang sembilan itu. Sedih banget baca artikelnya kalo 9 dari 10 anak Indonesia kekurangan nutrisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhoo ternyata masih banyak ya anak Indonesia yang kekurangan nutrisi dan terhambat pendidikannya. Sedih banget ya mbaa... Semoga habis ini makin membaik deh semua fasilitas untuk anak Indonesia.

      Hapus
  24. 9 dari 10 itu angka yang lumayan besar. Butuk kerja keras dan kekompakan kita semua. Supaya semakin banyak anak yang haknya terpenuhi

    BalasHapus
  25. Oh, jadi gerakan ayo tunjuk tangan ini adalah dukungan orang tua dan generasi muda untuk bersama2 meningkatkan tumbuh kembang dan hak anak2 ya teh, dan masih banyak lagi. By the way, program2 SGM Eksplor bagus sekali, semoga dapat berkesinambungan ya. Mengingat 9 dari 10 anak masih kekurangan nutrisinya.

    BalasHapus
  26. Bagus banget programnya, salut untuk SGM yang mengadakan kegiatan sosial di masa sulit ini. Memang sekarang saat yang tepat untuk kita untuk saling membantu sesama warga masyarakat ya...

    BalasHapus
  27. Semoga dengan gerakan Tunjuk Tangan ini akan banyak anak-anak Indonesia terbantu. Karena pendidikan dan makanan bernutrisi adalah hak mereka

    BalasHapus
  28. Ada harapan buat anak-anak Indonesia yg kekurangan akses pendidikan dan nutrisi ya. Semoga bisa menjadikan mereka generasi maju

    BalasHapus
  29. Hak untuk berpartisipasi. Ini yang sering dilupakan oleh orang tua kebanyakan, ya.. Kadang keinginan anak-anak untuk berpartisipasi, terhalang oleh kepercayaan diri. Biasanya kalau nutrisinya terpenuhi, anak jadi PD dengan kemampuannya juga. Jadi memang kebutuhan nutrisi untuk anak ngga boleh dianggap remeh sih.

    BalasHapus
  30. Menarik sekali ya ajakan gerakan #AyoTunjukTangan ini tentunya makin teredukasi dengan info menarik tentang kesehatan. Semoga anak-anak Indonesia kebutuhan nutrisinya merata.

    BalasHapus
  31. Terasa sekali ya, teh..
    Meski Pandemi, jadi banyak bersyukur. Ada yang dimakan dan bisa belajar setiap hari.

    Kalo inget ini, ga jadi darting.

    Ayo ikut mensukseskan program Ayo Tunjuk Tangan sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi Indonesia.

    BalasHapus
  32. Iya ya kalau lihat anak-anak Indonesia tuh masih ada loh yang mengalami tantangan dalam akses nutrisi dan pendidikan. Makanya kita harus terus menggaungkan 4 hak anak ini agar semua lapisan masyarakat Indonesia sadar akan hak anak.

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah program sgm ini bagus banget ya mbak. Gerakan ayo tunjuk tangan mudah banget cara ikutan nya dan pastinya bermanfaat buat anak Indonesia

    BalasHapus
  34. Nemenin anak daring itu bener2 menguras tenaga, jam masuk kadang anaknya malah mainan... Oh ya, mau juga dong berpartisipasi gerakan ayo tunjuk tangan, biar semakin banyak anak2 yang terbantu

    BalasHapus
  35. Ternyata tantangan menuju generasi emas itu luar biasa ya mbak. Semoga dengan gerakan tunjuk tangan yang diinisiasi oleh SGM dapat memberikan akses nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang masih belum bisa mengaksesnya saat ini. Semangat terus tunjukan tangan.

    BalasHapus
  36. SGM keren ya teh Nia?
    Bikin acara untuk bunda, dari bunda dan oleh bunda
    Karena masih banyak orang tua yang "asal anak kenyang" tanpa peduli nutrisinya

    BalasHapus
  37. Bagus banget nih gerakan tunjuk tangan. Jadi makin banyak anak-anak Indonesia yang terbantu

    BalasHapus
  38. Wah bagus banget gerakan dari SGM ini, harus didukung. SGM dari dulu memang selalu memberikan yang terbaik untuk anak Indonesia, para orang tua juga pastinya

    BalasHapus
  39. Mantep bener nih program SGM. Hayu ah kita dukung dengan ikut ayo tunjuk tangan ya teh. Semoga generasi Indonesia makin maju. Amin

    BalasHapus
  40. Masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan akses pendidikan dan nutrisi yang tepat ya. Menarik sekali gerakan ayo tunjuk tangan dari SGM ini. Sungguh kita harus ikut support ya agar semua anak Indonesia bisa sehat dan cerdas.

    BalasHapus
  41. Yuk ah ikutan...karena caranya emang mudah banget ya dan aku pun sangat mendukung gerakan semacam ini...

    BalasHapus
  42. SGM nggak hanya memerhatikan inovasi produk ya, tapi juga rutin menyelenggarakan gerakan sosial. Seperti gerakan #AyoTunjukTangan ini yang juga sangat bermanfaat untuk pendidikan anak.

    BalasHapus
  43. Mantap bun.inovasi dari SGM ini emang layak diapresiasi.

    Aku suka sekali dg iklan2nya yg edukatif dan menggugah semangat. Paling ingat itu "aku anak SGM" Terus tunjk tangan ke atas

    Wah sekrg ada gerakan tangannya. Sebuah program sosial yg oke punya.

    Membaca slogannya selaras pula dg tagline hari anak nasional kmrin.
    "Anak terlindungi indonesia maju"

    BalasHapus
  44. mbak ini dukungannya nggak ada dalam bentuk beli produk gitu ya? Misalnya beli susu SGM sekian kotak bisa berdonasi sekalian

    BalasHapus
  45. SGM memang konsern nij dengan urusan tumbuh kembang anak. Programnya juga bagus-bagus. Aku udah ikutan donasi nih mak semoga anak Indonesia bisa belajar lebih baik di masa pandemi ini ya. Aamiin

    BalasHapus
  46. Miris juga dengan ketimpangan akses nutrisi dan pendidikan yang dialami anak2 Indonesia untungnya SGM Eksplor punya gerakan sosial buat dukung anak Indonesia dan saya juga sudah dong ikut tunjuk tangan. Yuk bunda-bunda yang lainnya juga :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)