22.7.21

Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur


Manteman, sering merasa cemas berlebihan saat mau tidur? Itu bisa menjadi indikasi bahwa teman-teman dalam keadaan overthinking. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi overthinking sebelum tidur?

Sebelumnya, perlu untuk teman-teman pahami dulu. Overthinking di sini lebih dimaksudkan bahwa kondisi pikiran seseorang yang secara berlebihan memikirkan sesuatu.

Nah umumnya, pikiran tersebut muncul saat kondisi seseorang hendak tidur. Hal ini lantas membuat gejala susah tidur yang ujung-ujungnya menjadi insomnia. Oleh karena itu, jika teman-teman mungkin seringkali mengalami hal serupa, seperti merasa cemas berlebih atau muncul pikiran-pikiran negatif, misalnya berupa kekhawatiran, tentu teman-teman harus cepat-cepat mengatasinya.

Sebab bila tidak dicegah maka akan membuat stres yang kemudian membuat teman-teman merasa sulit tidur. Padahal kita semua tahu, tidur merupakan aktivitas istirahat manusia yang harus terpenuhi dalam kesehariannya.

Sebagai solusi, berikut ini beberapa langkah efektif yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi overthinking saat menjelang tidur. 

1. Hindari Kebiasaan Bermain Gadget Sebelum Tidur

Perlu untuk teman-teman ketahui, kebiasaan bermain smartphone atau gadget menjelang tidur, secara tak langsung akan mempengaruhi otak. Apalagi, jika teman-teman membuka media sosial dengan berbagai narasi atau berita. Sudah pasti, secara tak langsung, berbagai berita atau status orang akan berpengaruh dan direspon oleh gerak otak. Belum lagi dengan sinar dari layar hp. Dampaknya mata akan menjadi sangat lelah.

 2. Terapi Napas

Untuk memudahkan teman-teman tidur, ketika overthinking muncul, teman-teman bisa mencoba untuk mengatur napas secara teratur. Caranya, coba tarik napas perlahan dan dalam melalui hidung. Kemudian, tahan sebentar selama 3 detik. Lalu, embuskan perlahan melalui mulut dengan posisi lidah ditekuk ke atas. Tahan sebentar selama 3 detik, lalu kembali lagi tarik napas perlahan.

Cara ini dilakukan untuk memberikan suplai oksigen di dalam darah agar nantinya bisa tersuplai di dalam otak. Otak yang disuplai oksigen cukup, biasanya akan membuat kita lebih merasa tenang dan nyaman. Jadinya, dengan melakukan terapi napas, secara otomatis nantinya  akan membuat teman-teman tenang dan mudah tidur.

Tertarik membaca informasi seputar gaya hidup, game, dan pengetahuan umum? Kunjungi semuatahu.web.id.

3. Hindari Makan Sebelum Tidur

Perut yang kenyang memang bisa membuat kita gampang tidur. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika kondisi kita sedang dalam keadaan overthinking. Dan lagian, makan sebelum tidur itu tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, hal ini bisa berpengaruh buruk pada metabolisme tubuh.

So, hindari makan yang terlalu dekat dengan jam tidur, ya! Bagusnya sih, teman-teman minum air putih hangat  saja. Sebab air putih hangat akan  menghidrasi tubuh.

4. Minum Jahe Merah

Selain hal-hal di atas, teman-teman juga bisa memilih alternatif lain untuk menjaga kondisi pikiran  tetap tenang. Yaitu dengan mengonsumsi minuman hangat seperti jahe merah. Selain memberikan efek hangat di tubuh, jahe merah juga akan memperlancar peredaran darah. Termasuk stimulasi darah yang membawa oksigen ke otak.

5. Banyak Beraktivitas di Siang Hari

Overthinkking memang membuat kita susah tidur. Begitu pula sebaliknya. Saat kita susah tidur, kita jadinya bisa overthinking. Nah untuk mencegah hal tersebut, jangan buat diri kita tak bisa tidur. Melakukan banyak aktivitas di siang hari bisa mencegahnya. Sebab nantinya, saat malam datang, tubuh kita akan merasa capek. Dengan sendirinya, tubuh pun akan meminta haknya untuk beristirahat. Dan tidur merupakan cara beristirahat yang paling bagus. 

Selain disarankan untuk banyak beraktivitas di siang hari, agar kita mudah tidur di malam hari juga bisa dilakukan dengan menghindari banyak tidur siang. Tidur siang selama 1 jam saja itu sudah lebih dari cukup. 

Itu dia 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi overthinking sebelum tidur. Tak hanya mengatasi, cara-cara di atas juga ada yang bisa mencegah overthinking. Teman-teman punya cara lain selain cara di atas dalam mengatasi overthinking? Sharing yuk!


Baca Juga:

Hidup Sehat dan Produktif diawali dengan Tidur yang Berkualitas 

23 komentar:

  1. Wah, ini yang sering saya alami saat mau tidur, mata tidak bisa segera terlelap. Ternyata salah satunya karena Overthinking ya. Sampai kadang saya menggunakan point 5, banyak beraktifitas supaya berasa capek dan cepat tidur, eh ternyata belum bisa juga. Berbagai cara sudah saya coba, mulai main gadget dulu, bersepeda malam, langsung berselimut, tetap saja tidak bisa segera tidur. Akhirnya saya coba minum susu segar di 1 jam sebelum tidur, ternyata membuat saya ngantuk dan segera terlelap. Nah itu resep saya, minum susu sebelum tidur, susu yang non gula, yang plain. semoga bermanfaat, salam sehat.

    BalasHapus
  2. Aku nih suka overthinking sebelum tidur. Pikiran ke mana-mana mulu dan akhirnya lama buat tidur. Yang paling konsisten kuhindari itu ya soal makan sebelum tidur. Kadang malah milih lapar aja dan dibawa tidur. Soalnya habis makan gak boleh langsung tidur dan emang jadi gak bisa tidur di aku

    BalasHapus
  3. Kalau saya cukup bersyukur dengan kemampuan tidur yang pellor alias nempel molor mam. Entah bagaimana situasi, begitu menyentuh bantal dan memejamkan mata bisa langsung terbang ke alam mimpi.

    BalasHapus
  4. tambah 1 mba berdoa bagi yang beragama. Kebiasaan berdoa menenangkan pikiran kita. Minimal baca almasurat. Kalau rasulullah menyarankan baca surat al mulk

    BalasHapus
  5. Sepakat, Teh. Aku pukul 8 malam udah simpan HP. Kadang pakai HP kalau memang ada yang penting tapi jangan scrolling sampai ketiduran deh. Apalagi pandemi gini isi linimasa itu kabar kurang sedap malah jadi kepikiran terus, kan.

    Matikan HP, matikan lampu, minum air putih, berdoa sebelum tidur, trus zzz ....

    BalasHapus
  6. Nah, yang aku baru tau adalah minum jahe merah sebelum bobo hihihi :) Salahnya lagi, aku kadang suka ngopi jam 9 atau 10 malam wkwkwkwkwk makin susah deh :( Kecuali kalau aku olahraga jalan pagi dan ngerasa elah karena itu, eh jadi lekas ngantuk deh. Emang kuncinya kudu rajin berolahraga ya ga boleh mager hahah :D

    BalasHapus
  7. Lah kalau aku malah kalau pagi - siang kurang gerak aku malah susah bobok.

    Ada satu yang sekarang suka kulakukan, pulling oil (diffuse dengan eucalyptus) dan seringnya gosok punggung ke kursi hahaaha berasa dipijetin

    BalasHapus
  8. Tips yang oke banget nih, buat mereka yang over thinnking. Simple tips kalo dijalannin dan konsisten, pasti bisa. Ga jauh beda yg aku lakukan juga.
    Intinya kasih jeda buat diri sendiri hanya menyadari nafas. Kadang cape berpikir terus, apalagi mikirin orang lain dan yang enggga2, kasian .
    Saatnya jeda,sejenak istirahat kosongin pikiran lebih enak. Ajak ngobrol bodynya, ajak istirahat.

    BalasHapus
  9. nah aku tim overthinking kelas kakap sampai bikin anxiety juga, pernah saking overthinking-nya aku gak bisa tidur dan badan sakit semua trus nafas sesak

    BalasHapus
  10. Kalau saya lebih ke berdoa dan berserah diri teh, perbanyak istighfar dan solawat. Tapi tentu + tips dari teh Nia juga tambah jos ❤️

    BalasHapus
  11. Iya jahe merah membantu banget
    kadang aku jajan jahe merah kalo berasa badan ga enak, dan pas menjelang bobok aku prepare oiling diffuse dengan eucalyptus juga sangat membantu

    BalasHapus
  12. Wah nomer 1 nih aku terlalu sering, hampir tiap malam saat akan beranjak tidur. Sepertinya harus mulai dikurangi nih

    BalasHapus
  13. Bener tu aku baru bisa bobo nyenyak kalau pagi siangnya capek beraktivitas apa aja.
    Eh tapi soal gadget tu mbak aku tu kadnag kalau baca buku atau nonton film pakai hape suka ngantuk gtu jadinya, asall gak buka medsos aja berhasil bikin aku ngantuk hehe
    Eh ternyata gak bagus buat otak ya heuheu, noted deh :D

    BalasHapus
  14. Noted nih, aku kalau mau tidur suka main smartphone dulu...
    kalau mau tidur emang seing sih mikir yang neko2, eh malah jadi enggak bisa tidur

    BalasHapus
  15. Iya betul, kadang kalo sebelum tidur lihat berita yang nggak nggak jadinya kepikiran. Paling seneng itu sibuk seharian, jadi pas malam udah capek, tinggal tidur aja

    BalasHapus
  16. Kok pas banget ini suamiku lagi siapin jahe merah. Suka sih aku jahe merah karena aromanya juga enak dan di badan sehat

    BalasHapus
  17. wahh alu nih, suka overthinking tiap mau tidur
    klo mau tidur ada saja yang dipikirin, makanya suka sulit tidur
    kayaknya karena kurang olahraga nih

    BalasHapus
  18. Aku sejak banyak kerjaan akhir-akhir ini bisa tidur cepet teh, capek mereun ya. Padahal biasanya overthinking wkwk. Minum jahe merah kayaknya bikin segar ya, mau ah ntar dicoba.

    BalasHapus
  19. Kalau fisik lelah, biasanya emang jadi lebih mudah tertidur mba. Yang nomer 5 itu bener banget hehehe... tapi pandemi gini kan jarang ya bergerak ke tempat yang jauh2. Kayaknya latihan napas bagus nih untuk diterapkan.

    BalasHapus
  20. Kalau aku cara yang paling ampuh adalah baca 3Qul dan baca dzikir petang plus segelas cokelat hangat cenderung panas sih kalau saya

    BalasHapus
  21. Ini penting banget buat overthinker kek saya, Mbak. Makasih tipsnya. Yang paling susah kayanya berhenti main gadget sebelum tidur, karena gadget buat saya adalah pengantar tidur hehehe.

    BalasHapus
  22. Terlalu lama dan banyak membaca berita buruk juga jadi overthinking yaa, teh..
    Aku jadi gak pengen kepo kalau ada masalah. Kecuali masalah yang aku anggap "menarik" dan itupun hanya sekilas aja.

    Kalau sudah overthinking, suka sakit kepala...
    Akibatnya ke masalah kesehatan.

    BalasHapus
  23. Beberapa minggu ini, aku juga merasa jadi overhinking secara anakku baru masuk kelas 1 MI dan itu butuh penyesuaian luar biasa dari yg suka main ke belajar.

    Akhirnya, ngefek ke mamanya yg stress dan suka kebangun di malam hari karena kebanyakan mikir yg nggak-nggak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)