26.7.21

4 Ruang Digital yang Harus Dibersihkan Rutin


Beberes sepertinya akan selalu dilakukan kita manusia, yang secara sadar tidak sadar suka 'menumpuk' barang. Sehari-hari kita mengkonsumsi, mengakses, memproduksi, dan beraktivitas dengan barang. Tentunya kegiatan kita ini bukannya tanpa meninggalkan 'jejak'. 

Jika kegiatan beberes tidak kita lakukan, maka tumpukan barang bisa 'meledak' dan kita kehabisan ruang untuk menyimpannya. Belum lagi rasa kewalahan yang kita dapat jika melihat tumpukan sampah alias barang-barang yang tidak terpakai ini.

Banyak orang menganggap kegiatan beres-beres cukup dilakukan di rumah atau lebih ke barang-barang fisik. Tapi kini, kita pun hidup di era digital, di mana kita juga menggunakan item-item digital. Benda-benda ini ternyata ada di mana-mana, tentu tergantung kita sering memakai yang mana. 

Yuk kita telusuri di mana saja item-item digital yang harus dibersihkan.

File di Komputer, Laptop, atau Harddisk

Jika punya komputer atau laptop di rumah, maka ada harddisk tempat menaruh file-file kita. Dari foto, file tulisan, video, software, dan lain sebagainya. 

Banyak dari kita yang 'menimbun' file di harddisk komputer. Mungkin awalnya tak masalah, tapi seiring waktu, ruang penyimpanan bisa habis. Berat di memory bisa mempengaruhi kinerja mesin komputer dan bisa mengganggu pemakaian. 

Maka, luangkanlah waktu untuk menghapus file tidak terpakai. Terutama file-file dengan ukuran besar yang memakan space, seperti file video. Jika sudah tak mungkin lagi menghapus dokumen di komputer, mungkin kita harus pertimbangkan membeli harddisk tambahan. Atau menyimpannya ke storage dunia maya seperti Cloud Storage

File Handphone atau Gadget

Karena sering dipakai, sangat mungkin handphone atau gadget kita berisi file-file yang tidak lagi kita gunakan. Seringnya karena kesibukan, kita lupa sudah mengunduh file besar atau file banyak. 

Mengacuhkan notifikasi ponsel yang bilang memori sudah low bisa berakibat fatal kemudian hari, terutama saat genting. Saat kita sedang butuh-butuhnya, tidak bisa menyimpan file.

Rutin menghapus file tidak perlu, atau gunakan fitur optimasi memory handphone bisa meminimalisir kejadian ini. 

Social Media 

Bagi kita yang sering menggunakan media sosial, sering kali berbagi foto atau video untuk dilihat teman atau follower. Tapi kadang seiring waktu, ada foto, status atau video yang tidak lagi pas dipajang di timeline kita.

Misalnya foto lama yang tidak berjilbab buat yang berhijab, status yang mengandung kemarahan atau menyinggung pihak lain, dan sebagainya. Kita bisa mengontrol ini dengan menghapus status-status tersebut, atau mengatur privasi status menjadi privat. 

Beberes social media bisa juga dengan menghias halaman profil kita dengan desain template, seperti template Instagram feed. Tak hanya rapih, tapi secara visual menjadi lebih cantik.

Inbox E-mail

Tahukah kamu bahwa e-mail yang masuk ke inbox kita juga memakan space memory? Saya kaget ketika ada notifikasi storage e-mail Gmail saya hampir habis. Ternyata semua 'seruangan' dengan file Google Photos saya. 

Sampah elektronik ini benar-benar ada. Ada orang yang peduli dengan lingkungan tidak luput selalu menghapus e-mail dalam inbox. Nggak lucu kan, kalau ada tawaran kerjaan nggak jadi masuk inbox kita karena tidak cukup ruang? 

Nah, itu dia 4 ruang digital yang harus kita bereskan. Terlihat sepele dan malah terasa 'tidak terlihat', tapi sampah elektronik ini ada. Untuk beres-beres dan menghapus file ini juga perlu dilakukan rutin. 

Sudahkah kamu meluangkan waktu melakukannya? Semoga artikel ini membantu. 

***


Tentang Penulis Guest Post

Andina adalah blogger gaya hidup yang menulis di blog www.sunglowmama.my.id. Mantan pembuat konten lepas dan pekerja media, kini sehari-hari ia mengurus keluarga dan membuat konten di blog juga social media-nya. 

24 komentar:

  1. Baru aja kemarin bersih bersih file di hp, apalagi kebanyakan filenya berupa video huhu jadi bener-bener memakan tempat. Kalau bersih bersih email aku lumayan rajin mak hehe.

    BalasHapus
  2. Saya yang jarang kesentuh itu yang teakhir, Mba membersihkan email. kadang sampai ratusan baru deh bersihin. padahalan kalau udah ga penting mah ya hapus aja ya. Terutama yang dari social media tuh.

    BalasHapus
  3. Aku kayaknya belum paham banget deh cara beberes sampah di laptop. DI hp iya kadang aku clear2in, hapus dokumen yang udah ga dipakai lagi atau foto2 sekalian. Memang ya memori full, kita jadi pusing. Maaksih sharingnya teh Nia. Nanti aku coba2 deh.

    BalasHapus
  4. Aku baru aja beberes memori di HP. Gila banget Teh, dari sisa kapasitas 2 giga abis diberesin jadi lega hampir 8 giga. banyak file foto lama, unduhan, share foto/video dari WAG dan cookies aplikasi. Belum chat lama di hp yang belum dihapus. Nah file lama di laptop belum diberesin nih. Harus nyiapin waktu lebih lama dan pas santai buat beberesnya

    BalasHapus
  5. Aku masih kadang males hapusin inbox email saking malas milah2nya kalau dihapus terus kan sayang banget nantiada yang penting kelewat :p

    BalasHapus
  6. Kegiatan diatas udah rutin dan auto ku lakukan, rasanya berasa space kembali besar setelah beberes tuuh. Dan tambah semangat lagi kerjanyaa.
    Kecuali yang menghapus poto2 di sosmed yg belom berhijab aku ga pernah, biarkanlah menjadi memori, bahwa pernah melwati masa2 sebelom hijrah , ya menikmati proses kehidupan.

    BalasHapus
  7. Soal hapus foto lama di medsos yang mungkin ada foto saat belum berjilbab, itu juga dilakukan oleh anak saya yang cewek. Meski tidak saya minta, ternyata dia udah ngerti hal semacam itu harus dihapus.

    Hapus-hapus di Gmail nih aku yang males. Banyak banget soalnya. Nyortirnya perlu waktu banget :D

    BalasHapus
  8. Nah ini tips yang bermanfaat dan seringkali terlupa atau tidak dilakukan. Email yang menumpuk sampai bingung mana yang penting dan mana yang sampah. Sudah kelamaan tidak dibuka. Kalau file masih bisa disimpan terpisah seperti tips no 1. tapi email dan notifikasi medsos yang terkadang sampai membuat hp panas. Salam sehat Bu.

    BalasHapus
  9. Aduuh, ketampol banget eikeh
    jarang bersih2 euyy
    soalnya aku sering lupa password gt mak
    jadinya jarang clear cache

    BalasHapus
  10. Nah iya, sampah digital ini nggak kelihatan bikin kotor perangkat, tapi membuat kinerjanya jadi terganggu. Jadi emang penting juga bersih-bersih ruang digital ini

    BalasHapus
  11. Ini semua kulakukan setiap hari mbak, hahahahahaa... dikala senggang aku selalu mengecek email-email dan social media tapi kalau aku bebersih konten-konten yang gak memberikan inspirasi dan hal positif. Kalau kayak file di laptop atau external disk biasanya dua minggu sekali atau kalau rajin seminggu sekali.

    BalasHapus
  12. Nah, itu yang terkadang belum banyak orang tau. Saya pernah cek hp mamah. Banyak banget sampah elektroniknya. Makanya saya bersihin aja. Supaya gak kepenuhan memorinya

    BalasHapus
  13. Betul banget. Ruangan-ruangan digital ini kudu rutin dibersihkan biar gak numpuk sampah di mana-mana. Kaya e-mail, itu kan banyak yang gak kita gunakan

    BalasHapus
  14. wah iya ya, aku kadang suka lupa beberes ruang digital ini
    tapi sih yg lebih sering beresin yg ada di hp
    yg di pc masih pr bgt ni

    BalasHapus
  15. Kalau saya paling sering membersihkan file di handphone, Teh. Karena memang sering digunakan. Nah PR banget itu ngehapusin inbox email, masih jarang tersentuh kalau mau beres-beres.

    BalasHapus
  16. Huaaa teh ini menohok banget :(( karena saya dari kemarin pengin bersihin file-file terus sampai di niat saja. Paling sering sih bersihin di HP,nah pe-er sekali di media sosial dan di laptop. Apalagi laptop nih, mau pindah-pindah sama hapus emang butuh waktu khusus. Plus yang media sosial mesti dicek satu-satu ya untuk yang udah diunggah.

    BalasHapus
  17. Hehe iya ya dunia digital dan online juga kadang harus beberes dan bersih-bersih. PR saya tuh buat membersihkan foto-foto anak di facebook.

    BalasHapus
  18. Beberes ruang digital ini sudah sering terlintas di pikiran tapi masih sulit dilaksanakan. Baru terasa kalau storage sudah penuh. Padahal ternyata ya penting banget yaaa.

    BalasHapus
  19. Bener tuh soal inbox gmail. Sy tuh tipikal yg males ngapus email. Bahkan tawaran2 lama pun msh nongkrong manis. Semacam jd pencapaian kali ya. Akhirnya kena remind. XD. Jadilah semuanya diapuss krn emg sampe yg receh bgt pun msh ada. Sebangsa reminder n notifikasi sosmed. Ya ampun.. XD

    BalasHapus
  20. bersih2 sosmed ini yang susah huhuhu
    aku banyak banget foto ga pake krudung :(
    pengen bersih2 belum sempet atau kelewat males saking banyaknya

    BalasHapus
  21. Paling sering sih bersih-bersih di HP.. secara kerasa banget kalau udah ada notif memori penuh..hehhe

    BalasHapus
  22. Wah, auto lihatin email nih. Banyak banget yang harus dibersihkan ternyata. Kalau handphone, saya sering ngecek, soalnya sering dapat notifikasi kalau storage-nya udah hampir penuh. Huhu.. Trus untuk sosmed, kalau ada waktu senggang saya suka ngecek timeline IG, atau kalau FB saya lihat dari fitur memories FB. Begitu kelihatan ada yang udah ngga sesuai, langsung hapus.

    BalasHapus
  23. Baru nyadar email-ku udah ribuan, heuheu. Bener sih, kayaknya sepele, padahal penting banget buat bebersih ruang digital. Minimal biar gak pusing nyari-nyari ata.

    BalasHapus
  24. kalau email aku sering bersih-bersih, tapi google photo nih yang enggak pernah. semua foto2 di hp langsung terhubung ke google jadinya spacenya hampir habis. file laptop dan harddisk juga. kacau nih. harus bersih-bersih juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)