21.7.21

Menyiapkan Anak Masuk PTN dan Kampus Impian dengan Ikut Brain Academy


Orang tua mana yang gak ingin anaknya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? pelajar mana yang tak ingin masuk kampus perkuliahan impian? Sepertinya, semua orang tua dan semua pelajar menginginkannya. Di mata orang tua, PTN akan meringankan biaya kuliah. Apalagi di masa pandemi. Berkuliah di PTN tentu akan mengurangi beban keuangan. Sementara di mata pelajar, berkuliah di kampus favorit tentu akan sangat menyenangkan dan membanggakan.

Namun semua tak semudah membalikkan tangan. Menembus PTN dan kampus impian itu amat sangat susah. Selain dibutuhkan kemampuan pelajar yang bagus, juga diperlukan strategi yang tepat. Sebab kita semua tahu, yang ingin masuk PTN dan kampus favorit itu sangat banyak. Setiap tahun jumlahnya mungkin ada jutaan pelajar.

Salah Strategi!

Hal di atas sudah pernah saya rasakan. Tahun lalu, si sulung ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Di keduanya, si sulung gagal. Padahal nilai harian dia bagus. Ranking di kelasnya juga bagus. Akan tetapi karena di luar sana, ada banyak pelajar yang punya kemampuan yang jauh lebih bagus, sulung saya kalah berkompetisi.

Untuk kemampuan, sulung saya sebenarnya sudah punya modal. Nilai raport, ranking kelas, hingga seringnya dia ikut lomba Cerdas Cermat perwakilan dari sekolahnya, bisa jadi buktinya. Nah yang kurang itu adalah strategi. Pandemi yang tiba-tiba datang, yang kemudian membuat proses belajar mengajar menjadi online membuat sulung saya kebingungan. 

Kenapa Harus Bimbel?

Awalnya, saya dan suami punya rencana untuk memasukkan sulung saya ke bimbingan belajar (bimbel) intensif, yang khusus untuk menembus PTN. Supaya dia siap ikut SBMPTN. Baik siap secara kemampuan dia dalam menjawab soal, atau pun siap secara mental. Tapi ya, pandemi tiba-tiba datang. Strategi ini gagal kami lakukan. sehingga saat SBMPTN tiba, sulung saya hanya berbekal kemampuan yang dia punya saja. Tanpa pembekalan bimbel dan dorongan motivasi dari para guru bimbel.

Kenapa mengandalkan bimbel? Saya dan suami merupakan contoh dari orang yang bisa menembus PTN yang juga sekaligus kampus favorit karena bimbel. Yang saya dan suami rasakan dari ikut bimbel saat hendak ikut tes masuk PTN, yang saat itu namanya masih UMPTN, adalah diri yang siap, baik secara kemampuan maupun mental. 

Secara kemampuan, kami terbiasa dengan berbagai tipe soal yang mungkin akan keluar saat tes. Kami jadi bisa mengerjakan secara soal dengan cepat dan efektif. Nah secara mental, kami juga jadi lebih percaya diri. Guru-guru bimbel memberi banyak motivasi kepada kami. Semuanya inilah yang kemudian ingin agar sulung saya mempunyainya.

Tapi apa mau dikata. Rencana tinggal rencana. Pandemi mengubah semuanya. Dan mungkin memang sudah begitu juga jalannya. Sehingga akhirnya sulung saya pun masuk ke kampus perkuliahan swasta.

Tak Mau Gagal Strategi Lagi

Apa yang terjadi dengan si sulung memberikan pengalaman buat saya dan suami. Hal serupa tak boleh terjadi pada adiknya. Ya, anak kedua saya, yang sekarang duduk di kelas XI harus dipersiapkan sejak sekarang untuk bisa nembus ke PTN atau kampus impian dia. Strateginya ya itu tadi, dengan masuk bimbel. Supaya dia terbiasa dengan aneka jenis soal yang mungkin akan keluar dalam tes saringan PTN. Sekaligus juga menyiapkan mental dia agar siap dan percaya diri.

Tapi sekarang kan pandemi? Bagaimana bimbelnya? Ini yang pernah terbersit di pikiran saya dan suami. Sekolah saja, yang merupakan hal wajib, anak tidak boleh ke luar rumah. Apalagi bimbel dong, ya? Beruntung teknologi sudah sedemikian maju. Termasuk juga dalam hal bimbel. Anak-anak sekolah bisa bimbel dari rumah.

Gak Bisa Sembarang Bimbel

Ya, sekarang ini banyak pihak yang menawarkan bimbel online. Membimbing aneka pelajaran sekolah, dengan siswa cukup berdiam diri dari rumah. Berbekal internet, laptop, aplikasi, atau pun website, materi kemudian akan diberikan guru bimbel kepada para siswa.

Sekilas semua bimbel sama. Siswa di rumah, dan guru di tempat mengajarnya. Keduanya berinteraksi secara online. Akan tetapi jika diteliti lebih jauh, ada beberapa bimbel yang menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki bimbel lain.

Brain Academy dari Ruangguru adalah contohnya. Ya, Brain Academy merupakan tempat bimbingan belajar yang beda. Sebuah bimbel yang mengombinasikan bimbel secara offline dan juga online. Tentu saja, pengajarnya adalah guru-guru les terbaik. Tak hanya membimbing urusan materi pelajaran, Brain Academy juga memberi kelas pengembangan diri. Fasilitas-fasilitas yang diberikan Brain Academy juga cukup modern. Bisa dibilang, bimbel online terbaik Brain Academy online.

Fitur Unggul dan Menarik Brain Academy 

Sesuai namanya, bimbel ini berada di bawah naungan Ruangguru. Gak diragukan lagi kan keunggulan Ruangguru? Pasti, semua orang sudah tahu itu. Nah dengan tujuan meningkatkan efektivitas proses belajar siswa di era new normal, Brain Academy menyediakan beraneka macam fitur unggul yang tentu saja akan mendukung peningkatan semangat belajar siswa. Berikut ini beberapa fitur unggul yang dimiliki Brain Academy.

1. Klinik PR Intensif

Ini adalah fitur menarik pertama dari Brain Academy. Klinik PR Intensif. Nah di klinik PR ini, secara individu siswa bisa membuat jadwal sesi konsultasi 1 kali seminggu, yang bentuknya berupa diskusi secara online (video conference call). Sesi ini tentu saja bertujuan untuk membahas pekerjaan rumah (PR) dari sekolah atau juga membahas soal-soal persiapan ujian, bersama dengan Star Master Teachers via Google Meet.

2. Kelas Live Teaching Interaktif dan Klinik UTBK

Fitur menarik kedua adalah berkesempatannya siswa ikut webinar bersama Star Master Teacher yang akan membahas materi ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan mata pelajaran sekolah. Mata pelajarannya meliputi Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris atau yang lainnya. Metode yang digunakan dalam webinar ini yaitu live teaching via aplikasi Ruangguru.

Kelas Live Teaching Interaktif ini dilakukan sebanyak 3 hingga 16 kali dalam 1 minggu, yang durasinya berjalan selama 90 menit. 

Nah selain itu, dalam rangka mendukung serta menyukseskan para siswa dalam menghadapi UTBK 2021, Brain Academy pun punya Klinik UTBK. Sebuah klinik yang akan para siswa mendapatkan berbagai informasi mengenai persiapan UTBK, kemudian juga materi yang mungkin akan keluar, lalu juga sistem penilaian, tryout menjelang UTBK, serta tips dan strategi belajar untuk persiapan UTBK.

3. Konsultasi Belajar

Di Brain Academy ada juga fitur yang bisa dilakukan secara individu. Di fitur ini, siswa bisa dengan bebas menjadwalkan sesi konsultasi. Bentuknya biasanya berupa video conference call online. Baik itu mengenai strategi belajar, kemudian juga pemilihan jurusan, atau hal-hal lain bersama dengan Master Teachers, Guru Wali, atau konselor pendidikan Brain Academy. Kegiatan ini dilakukan melalui aplikasi chatting WhatsApp.

4. Kelas Pengembangan Diri

Ini yang paling saya suka. Yang sepertinya akan sangat bermanfaat untuk anak saya jika dia masuk dan hendak ikut SNMPTN. Di fitur itu siswa berkesempatan ikut webinar. Dalam 120 menit webinar tersebut, siswa akan mendapatkan berbagai soft skills. Dari mulai cara berbicara di depan umum, kemudian juga tips dan trik SNMPTN, mengenai karir, atau bahkan membuat konten kreatif yang kini sedang ngetren. Dalam fitur ini, siswa didampingi fasilitator dengan menggunaka aplikasi Zoom.

5. Modul Belajar

Dalam belajar, siswa biasanya akan lebih mudah belajar jika punya materi dalam bentuk hardcopy. Nah Brain Academy paham dengan hal ini. Jadinya siswa akan diberi modul yang berisi materi belajar selama 1 tahun. Modul ini dicetak serta dikirim ke rumah masing-masing siswa.

6. Bergabung dengan Komunitas Pelajar 

Fitur Brain Academy yang satu ini akan membuat seluruh peserta didik se-Indonesia saling terhubung. Nah grup ini, siswa-siswa bisa berdiskusi, saling bertanya, atau bahkan berbagi informasi mengenai hobi, minat, atau pun bakat. Yang jelas, aktif di grup ini akan menghilangkan jenuh serta memperluas berbagai pengetahuan.

Banyak juga ya fitur yang ada di Brain Academy. Dan pastinya, di samping fitur-fitur tersebut, siswa juga bisa mengakses ratusan ribu video belajar, kemudian juga bank soal, lalu rangkuman, atau infografis, serta quiz di fitur Ruangbelajar di aplikasi belajar Ruangguru.

Well…

Hmmm… menarik juga ya Brain Academy ini. Jadi kepengen banget deh masukin anak kedua saya ke sana. Supaya dia bisa dipersiapkan dari sekarang untuk bisa nembus di PTN sekaligus kampus favorit dia. 

Teman-teman gimana, punya strategi khusus biar anak masuk ke PTN atau kampus impian juga? Atau malah ada yang sudah masuk ke Brain Academy? Sharing yuk di kolom komentar. Mana tahu ada teman-teman lain yang butuh informasi. Dan siapa tahu juga saya semakin yakin untuk masukin anak ke Brain Academy. 

Untuk teman-teman yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai Brain Academy, teman-teman bisa mengakses link-link di bawah ini.

  • Website Brain Academy: https://www.brainacademy.id/
  • Website produk Brain Academy Online: https://www.brainacademy.id/online
  • Instagram Brain Academy: https://www.instagram.com/brainacademy.id/
  • Youtube Ruangguru: https://www.youtube.com/channel/UCYDgV-au37olh5X74T7Jewg
  • Blog Brain Academy: https://www.brainacademy.id/blog



25 komentar:

  1. Wah Brain Academy ini bisa digunakan semua tingkatan sekolah ya. Keren banget nih ruang guru. Punya program-program yang bisa sangat membanntu sekali disaat semua menjalani PJJ.

    BalasHapus
  2. Semoga si Adik yang kelas XI lebih siap nanti ya, mbak sehingga bisa tembus PTN yang diimpikan.
    Anak kita sebaya nih, anakku juga kelas XI...aku kepoin Brain Academy kalau gitu

    BalasHapus
  3. Yes menarik banget... Kalo dulu selepas SMA aku jauh-jauh ikut bimbingan tes sampe ke Jogja hahaha..Sekarang bisa dari mana saja euy...asal ada sinyal.

    BalasHapus
  4. menarik ya mbak Nia. jadi menurut mbak Nia apakah bimbel seperti ini lebih tepat diikutkan oleh anak yg sudah jenjang tinggi? atau yg mau naik ke jenjang berikut saja kah?

    BalasHapus
  5. Fitur2 Brain Academy ini keren banget. Ga hanya soal belajar aja tapi ada santainya juga, seperti kelas pengembangan diri. Jadi ga stres deh belajar online. Apalagi ada live teaching dan klinik pr segala. Mantap donk. Persiapan anak masuk PTN ya ikutan Brain Academy by Ruangguru aja :)

    BalasHapus
  6. RuangGuru selalu inovatif dengan produk Brain Academy-nya. Bisa konsul secara offline juga ya. Makin mantap persiapan anak masuk PTN dengan belajar di Brain Academy

    BalasHapus
  7. Live teaching dan klinik PR nya itu keren banget. 2 fitur Brain Academy yang menurut aku jadi solusi jitu saat anak kesulitan menyelesaikan soal atau tugas2.

    BalasHapus
  8. Ruangguru inovatif ya mam. Ternyata Brain Academy ngga hanya online ya, mereka juga ada bimbel offline di 29 kota? wah, keren banget deh. Anak-anak bisa makin terfasilitasi ya.

    BalasHapus
  9. Ruangguru inovatif ya mam... Ternyata Brain Academy ngga hanya online ya, mereka juga ada bimbel offline di 29 kota? wah, keren banget deh. Anak-anak bisa makin terfasilitasi ya.

    BalasHapus
  10. Betul, Teh, sekarang bimbel online itu sudah banyak. Tapi kualitasnya yang tidak sama. Untungnya sekarang ada Brain Academy yang bisa mendukung anak-anak belajar saat PJJ, membantu dengan fitur-fiturnya yang bagus, ya.

    BalasHapus
  11. Pembedanya memang yang fitur Klinik PR Intensif

    Buatku ini yang paling menarik dari Brain Academy. Jadi anak anak bisa membuat jadwal sesi konsultasi untuk membahas pekerjaan rumah (PR) dari sekolah atau juga membahas soal-soal persiapan ujian, bersama dengan Star Master Teachers via Google Meet.

    BalasHapus
  12. Brain Academy bagus, Mbak. Anak saya udah ikutan dari kelas X. Sekarang di kelas XII semakin privat belajarnya. Ya mudah-mudahan aja cita-citanya tercapai. InsyaAllah. Aamiin Allahumma aamiin

    BalasHapus
  13. walau anakku masih imut-imut, aku kepikiran kasih fasilitas belajar daring dengan bimbel aja nanti kalau ia mau tes masuk PTN. Ingat pengalamanku ikutan bimbel jadinya banyak dapat latihan soal yang mirip-mirip saat tes masuk.

    BalasHapus
  14. Andai zamanku dulu udah ada Brain Academy ya, hahaha. Seneng aku tuh sama bimbingan belajar online ini. Yang offline tempatnya keren. Onlinenya tetap menarik dan interaktif

    BalasHapus
  15. Iya ya walaupun pandemi tetap bisa belajar di bimbel online yang terjamin kualitasnya termasuk guru yang mumpuni, Brain Academy nih menarik fiturnya ada klinik PR hingga konsultasi pendidikan..

    BalasHapus
  16. persiapan masuk PTN memang harus dilakukan dengan sungguh sungguh ya mbak
    serius belajar, salah satunya dengan ikut bimbel online seperti Brain Academy ini
    selain bisa tanya langsung ke pengajarnya, juga ada modul yang makin bisa membantu memahami materi pelajaran

    BalasHapus
  17. DEngan perkembangan waktu dan teknologi, Brain Academy memang memudahkan sekali . Apalagi saat pandemi seperti sekarang ada banyak fitur yang ditawarkan Brain Academy jadinya ngebantu sekali

    BalasHapus
  18. iya mbak, sekarang banyak pilihan untuk bimbel sevara online ya. karena itu harus bener bener jeli memasukan anak ke tempat bimbel, brain academy bagus ya mbak. fiturnya banyak yang lengkap, pas dengan kebutuhan belajar anak yang akan lanjut PTN

    BalasHapus
  19. Aku juga udah mulai mikirin bimbel buat PTN nih teh, padahal baru masuk SMA. Jadi makin mikir lagi setelah baca pengalaman anaknya teh Nia. Waktu SMA sih udah pakai Ruangguru, kayanya kalau Brain Academy lebih fokus lagi ya nanti untuk ke PTN juga

    BalasHapus
  20. Ternyata bimbel punya pengaruh besar ya Mbak kalau mau masuk PTN atau kampus-kampus impian. Anak bisa lebih siap dari sisi akademik maupun mental.
    Brain Academy ini kalau dilihat dari profilnya memang bagus sekali ya. Selain materi pelajaran yang diberikan, juga ada tambahan-tambahan lain sebagai bekal anak untuk berkembang lebih baik.
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  21. Aku jadi ingat zaman sekolah dulu.
    Ikut bimbel kalau anaknya sudah pinter bukan untuk mencari soal atau cara cepat dalam menghadapi soal tertentu, tapi untuk mendapatkan tantangan dan saingan baru yang bisa memicu semangat belajar.

    Salut yang bisa tetap memacu semangat belajar di Brain Academy.
    Semangat untuk menggapai impian masuk ke PTN pilihan.

    BalasHapus
  22. Ruang guru udah banyak fiturnya..dari tingkat sd sampai perguruan tinggi. Benar2 keren. Swbagai persiapan masuk perguruan tinggi ini emang pilihan tepat.

    BalasHapus
  23. Kalau melihat fiturnya saya sangat tertarik untuk mendaftarkan Najwa, tapi dia baru kelas 5, menurut Mbak Nia, cocok gak ya untuk jenjang SD seperti anak saya?

    BalasHapus
  24. Jadi brain academy ini lebih lengkap dari paket Ruang Belajar ya mba. Lebih mahal tapi jelas lebih lengkap dan emang worthy untuk menunjang pembelajaran sepanjang tahun. Siiip lah pokoknya

    BalasHapus
  25. Aku selalu suka platform belajar yang minta kita untuk tes dulu, baru deh direkomendasiin materi apa yang cocok dengan hasil tes kita. Kan suka bingung ya Mak kalau misal masuk nyobain, lah, materinya macem-macem dan kita jadi overwhelm sendiri harus mulai dari mana. Brain Academy udah ngasih alur yang tepat untuk user experience-nya :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)