23.9.18

Keuntungan Tabungan Multiguna secara Syariah


Tahukah kamu kalau sudah ada tabungan multiguna Syariah di Indonesia? Ya boleh juga disebut ini sebagai tabungan rencana sebab biasanya nasabah yang menabung di tabungan ini sudah memiliki tujuan tertentu terhadap tabungan tersebut. Mungkin tabungan tersebut ingin digunakan untuk biaya umroh atau haji. Atau bisa juga digunakan untuk biaya menikah, biaya pendidikan anak, atau mungkin juga untuk liburan ke tempat wisata impian.

Mungkin kemudian kamu bertanya berapa suku bunga bank Syariah Indonesia jika kita memilih menabung di sana? Sebetulnya istilah bunga itu kurang tepat. Sebab dalam tabungan di bank syariah itu tidak dikenal yang namanya bunga. Istilah yang dikenal adalah bagi hasil. Dengan begitu, nasabah yang menyimpan uangnya di bank syariah akan mendapatkan bagi hasil. Nah, yang lebih penting sebetulnya kalau kamu memilih tabungan multiguna Syariah adalah lebih merasa tenang. Sebab kamu tidak akan mendapatkan bunga yang masuk definisi riba dalam agama Islam.

Selain itu, ketenangan lainnya juga kamu rasakan karena dana yang kamu simpan ini nantinya dikelola dan diinvestasikan ke bidang yang memang sesuai dengan syariah. Artinya, uang yang kamu simpan ini tidak akan dipergunakan ke hal-hal yang haram. Ingin tahu apa lagi keuntungan lainnya? Biasanya untuk jenis rekening tabungan dengan akad wadiah tidak dikenakan biaya administrasi. Jadi kamu tak perlu khawatir saldo rekening tabunganmu ini akan habis.

Lalu yang lebih penting lagi, sifat tabungan di bank syariah itu adalah fokus. Misalnya saja, sejak awal kamu meniatkan tabungan ini untuk memberangkatkan orangtua untuk naik haji. Nah, tujuan itu perlu kamu sampaikan sejak awal ketika hendak membuka tabungan.

Dengan begitu, ini juga akan mempertajam fokus usahamu untuk bisa cepat mewujudkannya. Dengan tujuan yang jelas semacam ini, kamu pun akan lebih terpacu untuk bisa cepat mencapainnya.
Jadi tidak perlu lagi deh memikirkan apakah suku bunga bank syariah indonesia kalau kita menabung itu besar atau kecil. Sebab yang paling penting adalah kita bisa mencapai apa yang kita inginkan dengan menabung serta proses kita untuk mencapainya pun sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Nah itulah justru yang lebih penting sebagai motivasi kita dalam menabung di bank syariah. Kita mulai belajar untuk menerapkan tuntutan agama dalam segala kehidupan kita, termasuk saat menyimpan uang di bank. So, insyaAllah hidup kita akan merasa lebih tenang dan berkah dengan menabung secara syariah. 

11 komentar:

  1. Bener banget teh, nabung di bank syariah akan membat jiwa merasa aman dan tenang karena sudah sesuai dengansyariah Islam

    BalasHapus
  2. Saya juga nabung di bank syariah, bagi hasilnya kecil dibanding bunga bank konvensional tapi hati tenang ketika niat sudah sejalan dengan perintah Tuhan, kemudian tiap bulan juga dipotong zakat sedekah😁

    BalasHapus
  3. jadi bagi hasilnya berapa persen teh antara kedua belak pihaknya?

    BalasHapus
  4. Pakai tabungan syariah jadi lebih tenang

    BalasHapus
  5. aku nabung di bank syariah

    BalasHapus
  6. Untuk muslim lbh tenang ya kalau pakai tabungan syariah

    BalasHapus
  7. Memang mendingan syariah aja sih aman dunia khirat, jadi pertanggungjawaban di akhirat nanti gampang..alhamdulillah :) Sayang Yg buat transfer2 blm bisa syariah tuh, belum bisa segesit konvensional syariahnya...

    BalasHapus
  8. Emang mending syariah sih..lebih aman dunia akhirat nya hehe..walau kadang lebih kecil bagi hasilnya tapi tujuan nabung bukan ke profit sih ya..lebih ke buat nyimpen aja ..

    BalasHapus
  9. Iya ya... mesti difokusin untuk tujuan apa. Biar gak kepake juga.

    BalasHapus
  10. Nah ini, uang kita diputer di bidang2 syariah. Itu yang bikin hati tenteram.

    BalasHapus
  11. Tanpa biaya administrasi, ya. Senangnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)