27.9.18

6 Jenis Penyakit Jantung, Penyebab, dan Gejalanya


Jantung merupakan organ penting yang sangat dibutuhkan manusia untuk tetap hidup. Ketika terjadi sesuatu pada jantung, permasalahannya biasanya tidak akan bisa disembuhkan. Kecuali jika penyakit tersebut dideteksi dari awal.  Penyakit yang menyerang jantung itu ada banyak macamnya. Satu sama lain bisa dibedakan dari jenis dan gejalanya. Berikut ini macam dari penyakit jantung dan gejalanya.

1. Penyakit Kantung Koroner
Jenis pertama dari penyakit yang dapat menyerang jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di dunia, sehingga menjadi momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Penyakit ini merupakan kondisi saat tersumbatnya aliran darah pada pembuluh darah utama.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak tersebut akan membuat plak yang disebut dengan aterosklerosis. Dan inilah yang kemudian akan menghambat sirkulasi darah. Jika sudah demikian, maka akan tercipta kurangnya pasokan darah yang kaya oksigen.

Gejala dari penyakit jantung koroner di antaranya saja adalah nyeri dada, sesak nafas, bengkak, sakit kepala, dan juga nafsu makan yang menurun.

2. Penyakit Gagal Jantung
Jenis penyakit selanjutnya yang dapat menyerang jantung adalah gagal jantung. Penyakit ini adalah kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya, sehingga membuat kerja jantung terganggu. Kurangnya pasokan darah jelas akan membuat organ lain terhambat dan tidak bekerja dengan baik.

Penyakit gagal jantung bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja karena penyakit jantung koroner, kargiomiopati, hipertensi, anemia, diabetes cacat jantung, dan juga kerusakan katup jantung. Sedangkan gejala yang terjadi biasanya adalah sesak nafas, lelah sepanjang waktu, dan terjadi pembengkakan di sekitar kaki.

3. Penyakit Jantung Bocor
Penyakit jantung selanjutnya adalah jantung bocor. Penyakit jantung bocor ini merupakan penyakit yang terjadi karena jantung yang tidak bekerja secara normal, sehingga membuat gangguan kerja jantung.

Penyakit jantung bocor sendiri biasanya terjadi sejak dari bayi. Penyakit ini juga dapat dideteksi selama masa kehamilan di perut ibunya, karena pertumbuhan jantung janin yang tidak sempurna. Gejala yang bisa dialami penderita penyakit ini adalah sering sesak nafas, bayi rewel dan sering pingsan, mudah lelah, dan tumbuh kembang bayi yang terhambat.

4. Penyakit Katup Jantung
Jenis penyakit jantung lainnya adalah katup jantung yang tidak normal. Jantung normal mempunyai empat katup yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Tetapi pada penderita penyakit katup jantung yang tidak normal akan terjadi pengembangan atau pengecilan yang tidak sempurna. Gejala yang dapat dialami penderita penyakit ini adalah sering pusing, lelah, mudah pingsan, dan juga muncul pembengkakan, serta sesak nafas.

5. Penyakit Jantung Bengkak
Jenis penyakit jantung bengkak dikenal juga dengan nama kardiomegali. Jenis penyakit ini disebabkan karena adanya penebalan otot jantung, sehingga ukurannya akan jadi lebih besar dari ukuran normal. Gejala dari penyakit ini adalah sesak nafas, berat badan yang naik, pembengkakan di area perut dan kaki, jantung berdebar tidak teratur, serta nyeri dada.

6. Penyakit Jantung Bawaan
Penyakit jantung yang terakhir adalah penyakit jantung bawaan. Penyakit ini terjadi karena ketidaksempurnaan bentuk jantung sejak di penderita masih dalam bentuk janin di perut ibunya. Gejala yang ditunjukkan dari penyakit ini biasanya adalah nafsu makan yang menurun, berat badan yang menurun, cepat lelah, keringat berlebihan, kulit menjadi biru, dan juga dada sering sakit.

Itu dia beberapa macam penyakit jantung, beserta penyebab, dan gejalanya. Yuk kita jaga kesehatan jantung kita dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat!

13 komentar:

  1. Wahh ternyata jantung punya banyak jenis penyakitnya ya. Taunya cuma kena serangan jantung doang.

    BalasHapus
  2. Woah baru tahu. ternyata ada berbagai jenis penyakit jantung ya. Untuk terhindar dari penyakit jantung kuncinya adalah yakni menjaga kesehatan dengan mengatur pola hiduo dan tentu saja berdoa. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan dijauhkan dari berbagai penyakit ya kak.

    BalasHapus
  3. Wajib tahu ini. Ternyata kita familiarnya dengan serangan jantung aja. Btw kabarnya kalau orang sakit jantung itu indikasinya udah dirasain tapi nggak ngeh atau peduli. Benar nggak sih?

    BalasHapus
  4. Saya baru tau, ternyata ada beberapa macam penyakit jantung. Taunya cuman cardiac arrest saja yang sering muncul di drakor. Semoga kita semua dijauhkan dari segala macam penyakit

    BalasHapus
  5. Dari jenis2nya berarti kebanyakan penyakit jantung itu bawaan dari lahirya kak? Atau adakah penyakit jantung yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat?

    BalasHapus
  6. Astaghfirullah. Semoga kita terhindar dari penyakit jantung ini yaa. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

    Kuy, jalani gaya hidup sehat*

    BalasHapus
  7. Wah ini harus tau apa saja penyebab dan tandanya biar bisa antisipasi ya teh

    BalasHapus
  8. denger penyakit ini suka sedih aku mba.. jangan sampeeee. amit2..skrg aku mulai nurunin berat badan neh

    BalasHapus
  9. Rata2 ada gejala dada sesak n sesak napas ya. Harus sering2 kardio nih

    BalasHapus
  10. Jadi takut nich, mulai saat ini saya harus blajar hidup sehat

    BalasHapus
  11. Duh kok baca ini in langsung ingat diri sendiri. Wajib cek kesehatan Dan olahraga deh

    BalasHapus
  12. Penyakit jantung bawaan (PJB) juga sama berbahayanya dgn penyakit jantung lainnya. Suka sedih klo liat anak kecil tp sdh hrs menderita sakit yg serius spt sakit jantung ini. Smoga kita sll sehat ya. Amiin

    BalasHapus
  13. Ooo penyakit yg pembuluh darah tersumbat dan harus palai ring itu masuknya jantung koroner ya. Ternyata itu yg paling menakutkan ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)