29.10.17

Curhat Mantan Pemabuk


Mentemen, saya mau jujur nih. Hehehe... begini, saya ini sebenernya adalah mantan pemabuk, lho. Apa, pemabuk? Betul, pemabuk. Bukan pemabuk karena minuman keras, tapi orang yang sering mabuk di perjalanan. Terutama saat naik mobil jarak jauh. Apalagi kalo jalannya belok-belok. Udah deh, baru beberapa menit naik, kalo jalannya belok-belok gitu, saya pasti langsung jackpot. :D

Keadaan saya yang begitu, dulu bisa dibilang parah. Sejak kecil sampe abg, tepatnya sampe duduk di bangku SMA, gelar pemabuk di perjalanan ini menempel di diri saya. Sedih banget rasanya sering diolok-olok gara-gara hal itu. Kakak-kakak dan adik saya tuh yang begitu. Hobi banget ngolok-ngolok saya. Andai dulu sudah tahu tempat melapor pem-bully-an, udah saya adukan deh mereka ke sana. Abisnya sebel banget, tiap mau pergi-pergi, pasti aja saya disuruh bawa ember. Buat nampung jackpot. Gitu katanya. Jahat banget, kan? 

Cerita Tragis
Ada cerita lucu soal mabuk di perjalanan ini. Suatu kali, saat duduk di kelas 2 SMP, saya kepilih jadi wakil sekolah untuk ikut lomba cerdas cermat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang dulu masih bernama IKIP Bandung, bersama teman-teman yang lain. Nah, karena perjalanan Soreang - UPI itu lumayan jauh, dan saya udah parno bakal mabuk di perjalanan, saya berusaha untuk menolak ikut. Tapi apalah daya seorang murid saat guru sudah menunjuk. Dengan berat hati, saya pun akhirnya ikut. 

Selama perjalanan menuju UPI, saya mencoba menahan mual. Segala pusing yang kerasa, saya coba abaikan. Alhamdulillah, saya selamat tiba di UPI tanpa mabuk. Selain karena malu sama temen-temen, juga karena takut sama guru. Belom lagi ada... kakak kelas 3 yang... ehem, cakep banget dan idola se-SMP. Jadinya, kuat deh saya jaim di sepanjang perjalanan. :))))

Tapi gawat, saat lomba mau dimulai, saya malah pusing. Dan akhirnya gak kuat. Saya pun masuk toilet dan melepaskan semuanya. Saya sampe lemes dibuatnya. Jadilah, begitu lomba cerdas cermat berlangsung, saya gak bisa konsentrasi. Buyarlah semua yang sudah dipelajari dan dihafal selama masa persiapan ikut lomba. Dan iya, tim saya pun kalah. Huhuhuhu... maafkan saya, teman-teman. :'(

Kebiasaan Pun Menurun
Kebiasaan mabuk di perjalanan ini berakhir ketika saya masuk SMA yang jauh dari rumah. SMA 4 Bandung. Nah, karena tiap hari kudu naik angkot, pulang - pergi Bandung -  Soreang, jadilah akhirnya saya kuat dan gak mabuk di perjalanan. Iya, ternyata bener kata orang-orang, kalo udah biasa mah, sifat mabuk di perjalanan itu bisa hilang. Alah bisa karena biasa. Coba ya kalo dulu saat kecil saya gak sering nolak untuk dibawa ke mana-mana, saya pasti gak punya sejarah jadi tukang mabuk. Gak kena bully-an sodara-sodara juga. Huah…. Menyenangkan kayaknya.

Ngomong-ngomong soal mabuk di perjalanan, anak saya yang nomor 3, yaitu Zaudan, juga begitu. Dia sering mabuk di perjalanan. Beda banget sama adiknya, Rayyan. Gak tahu kenapa, Zaudan bisa mirip kayak saya dulu. Padahal sih, Zaudan sering naik mobil. Gak kayak saya zaman dulu yang memang jarang pergi-pergi.

Etapi, Zaudan mabuknya itu kalo jalan berbelok-belok. Kalo jalan lurus mah, kayak jalan (rel) kereta, dia jarang mabuk. Kudu banyak naik kereta kayaknya dia mah. Jadi mikir, kayaknya Soreang Bandung kudu dibangun kereta deh. Selain Zaudan, saya dan orang-orang yang bosen macet di jalan, pasti akan senang dengan adanya kereta ini. :)))) 

Zaudan yang enjoy naik mobil kalo jalannya lurus :D

Ah, jangankan Zaudan, saya aja naik kereta itu jarang. Paling-paling kalo ke luar kota aja. Kayak ke Jakarta atau Jogja. Itu pun di loket yang jual tiket kereta api promo. Heheheh... biasalah, biar irit. Lumayan kan budget transportnya bisa dialihkan buat beli oleh-oleh. *Emak-emak banget deh*

Eh btw, selain di loket kayak gitu, saya juga beberapa kali beli tiket kereta di minimarket. Selain lebih deket, hal ini juga praktis. Gak makan waktu. Sekarang kan banyak toko-toko online dan marketplace yang menyediakan jasa ini dan berafiliasi dengan minimarket. 

Yang suka nonton konser pun demikian. Beli tiket konser bisa di sini. Ya, di toko-toko online atau pun di marketplace yang bisa diakses dengan ponsel pintar. Tinggal klik ini itu, dan lalu transfer uangnya, tiket konser apa pun yang kita inginkan, dalam sekejap menjadi milik kita. Simpel banget! 

Oke,
Duh, kok jadi ngelantur ke kereta dan konser, ya. Hehehe... biasalah emak-emak, apa pun bisa nyambung.  Oke deh temen-temen, sampe sini dulu curhat saya. Share yuk siapa di antara teman-teman yang mantan pemabuk juga? Atau malah masih jadi pemabuk sampe sekarang? Heheheh..  gapapa lah. Semua akan menjadi mantan pada waktunya. :D Sampai jumpa di tulisan berikutnya! 

5 komentar:

  1. Saya mantan pemabuk (darat, laut dan udara), wakakakaak

    BalasHapus
  2. Teh Nia meni bodor :D aku jadi inget temen SMP persis kayak teh NIa karena dia mabokan satu moment kita study tour ke Yogyakarta dan sebelum bis jalan dia nelen antimo 4 biji alhasil dy kebluk banget sampe2 bis lewatin jalan berlubang dan kepala dia kena jendela kenceng dia tetep tidur ga tau pingsan :D

    BalasHapus
  3. Aku pas TK kayaknya yang gampang mabuk Mba, kalau pas udha gede pas masuk angin aja rawan mual pusing perjalanannya. Nah pas tugas di SUmatera sendiri setelah kuliah malah ga mabukan, padahal di sana transportnya kan mobil . Gatau kenapa ilang sendiri, hehe

    BalasHapus
  4. Haha.. saya juga mabok wae. Apalagi kalau jalan jauh. Udah itu mah, segala peralatan anti mabok mulai dari kayu putih, antimo, sampe keresek dibekel 😂

    BalasHapus
  5. Saya mantan pemabuk, Kalau naik bis/mobil harus selalu sedia kresek. Sekarang juga saya kadang masih mabuk, biasanya kalau kondisi badan kurang fit saat melakukan perjalanan. Anak-anak juga menuruni kebiasaan emaknya, mabuk darat. Tapi kalau AC dimatikan, anak-anak nggak mabuk.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)