21.11.15

Cara (Ngawur) Menaikkan Angka Klout Score


Pagi tadi, saya cukup kaget ketika buka blog di laptop. Ritual setiap pagi yang saya lakukan untuk mengecek komentar di blog sebelum blog walking ini, tiba-tiba teralihkan pada nilai klout score yang terpampang di sidebar blog. Walah, segitu? Ucap hati saya tidak percaya. Tapi setelah F5 berkali-kali, si browser ternyata gak error. Dan jadilah, pagi ini lebih cerah dari biasanya. #lebay

Eits... tunggu, saya kasih disclaimer dulu, ya. Judul di atas mungkin seperti angin segar. Padahal, hehehehe… cuma sekadar curhat. Di postingan ini, teman-teman gak bakalan dapet kejutan wow tentang kaitan klout score saya dengan job yang bejibun. Iya, untuk para buzzer, blogger, atau selebtwit ternama, klout score memang berbanding lurus dengan rate card dan suburnya kerjaan. Tapi buat saya, klout score hanyalah sebatas angka untuk gaya-gayaan. Ya… sambil berharap ada yang mau ngelirik si emak blogger yang apalah-apalah ini, boleh-boleh aja kan? Hihihi.... So, siapkan hati dan mental untuk kuciwa, ya. Postingan ini mah murni curhat dari si saya, yang gak sengaja, di sepanjang umurnya, bisa dapet klout score sebesar itu. Iyalah, gak lagi bikin GA, gak abis menang lomba, eh tiba-tiba datang jurig tumpak kuda (hantu naik kuda yang artinya rezeki yang tidak disangka-sangka). *Tutup muka sambil ngintip para pembaca yang klout score-nya jauh lebih fantastis*

Kenapa sih, kok riweuh amat ngurusin klout score?

Begini, sebagaimana kita tahu, sebagai pekerja digital, siapa pun, termasuk saya, pasti sangat akrab dengan klout score. Standar yang dijadikan patokan besarnya 'pengaruh' si pekerja digital tersebut di dunia maya, terwakilkan dengan angka tersebut. Dan makanya, untuk para agensi, klout score sering dijadikan pertimbangan untuk memberi job. Semakin besar angkanya, semakin besar kemungkinan mendapat pekerjaan. Pun sebaliknya. Katanya sih, saya kurang tahu juga. Buat saya mah enggak. Atau semoga saja belum. Untuk saat ini, nilai klout score lebih berfungsi pada hal yang sifatnya gaya-gayaan. #tetep :))

Tapi, walopun cuma sebatas gaya-gayaan, boleh dong si saya yang apalah-apalah ini ngasih tip ke teman-teman untuk bisa dapet klout score yang lumayan? Berdasakan pengalaman saya sendiri. Mau gak saya kasih tip? Mau ya... mau ya... mau yaaa? *Maksa* Ini dia cara (ngawur) menaikkan angka klout score.

Buat akun media sosial yang dipakai klout untuk menilai skor. Dari mulai Facebook, Twitter, Blogger, Flickr, Foursquare, Google+, Instagram, Last.fm, Linkedin, Pinterest, tumblr, Wordpress, Youtube, hingga Yammer. Saya punya hampir semua akun itu, kecuali Yammer. 

Selalu ngapdet di semua akun media sosial tersebut akan lebih baik. Tapi saya tidak melakukannya. Saya hanya aktif di Facebook, Twitter, Instagram, Google+, Pinterest, Linkedin, dan Blogger saja. Selebihnya terakhir ngapdet mungkin 1 – 2 tahun yang lalu. Tapi gak apa-apa, skor yang tinggi bisa dicapai hanya dengan mengandalkan akun media sosial popular, asal kita rajin apdet dan mendapat tanggapan. Baik itu like, komen, RT, reply, share atau yang lainnya. 

Saya hanya aktif di 5 media sosial di atas

Saya mendapat nilai yang paling besar dari Facebook, yaitu sebesar 71%. Padahal saya jarang banget ngapdet status. Apdetan Facebook saya biasanya selalu dari tautan Instagram dan juga apdetan blog. Dan ternyata, itu berhasil. Nih contoh gambarnya ada di bawah. 

Apdetan blog di Facebook yang medapat score impact yang lumayan

Apdetan Instagram yang ditautkan ke Facebook, mendapat score impact yang lumayan

Apdetan Instagram juga tak hanya dihitung dari apdetan yang ditautkan ke Facebook, interaksi apdetan kita dengan teman-teman di Instagramnya sendiri dihitung. Dan Instagram adalah penyumbang nilai kedua bagi nilai klout score saya. Lumayanlah 16% juga. Dan selebihnya adalah Twitter, Linkedin, dan Google+. 

Apdetan Instagram yang secara umum stabil dalam hal score impact

Pada dasarnya, dua cara di atas sudah mewakili semua cara dalam usaha naikin klout score, yaitu membuat akun media sosial yang menjadi patokan penilaian Klout dan juga aktif ngapdet akun-akun media sosial tersebut. Yang jadi permasalahan adalah interaksi yang terjadi di dalam apdetan kita itu. Apakah banyak yang komen, banyak yang like, banyak share, banyak yang reply, banyak yang RT, atau tidak? Nah agar apdetan kita direspon, begini tip (yang tak kalah ngawur) dari saya.

Facebook tetaplah media sosial yang paling popular. Karenanya, manfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan cara berikut.
  • Rajin ngapdet dengan apdetan yang bikin orang sukarela memberikan jempol dan penasaran kalo tidak komen. Tahu lah ya seperti apa apdetan yang macam begini. Temen-temen blogger mah jago dalam urusan ngapdet. Kecuali saya tentunya. Saya mah, sering bingung kalo mau ngapdet teh. Makanya jarang ngapdet status Facebook. Wkwkwkwk…
  • Balas komen teman-teman di jam padat WIBF (Waktu Indonesia Bagian Facebook). Tujuannya supaya apdetan tersundul ke home atau beranda teman-teman Facebook kita. Jadinya kan memperbesar kemungkinan teman yang baru lihat untuk ikut komen.
  • Tautkan semua akun media sosial lain dengan Facebook. Misalnya Instagram, Twitter, Pinterest, dan lain-lain. Sebabnya udah dibahas di atas. Selain dihitung di akun-akunnya secara langsung, interaksinya di Facebook pun juga dihitung. Tapi tetep ya, apdetan yang ditautkan yang bikin orang penasaran untuk komen dan sukarela untuk like. 
  • Hati-hati dengan banyaknya tweet-tweet gak jelas (misalnya saya kalo lagi galau atau tanggal tua), kultwit, atau livetwit yang ditautkan ke Facebook. Sebab tak semua teman kita ngerti dengan hal ini. Jadinya mereka bisa nganggap itu spam, yang mungkin berujung pada di-unfollow-nya kita oleh mereka atau di-remove dari pertemanan. Solusi dari masalah ini bisa dengan cara kulonuwun atau permisi terlebih dahulu. Semoga saja, teman-teman kita menjadi maklum adanya.
  • Jangan pelit untuk memberi jempol, berkomen, me-reply, meng-RT, dan men-share apdetan-apdetan teman. Walopun di dunia maya, hubungan timbal balik masih berlaku di sini. Tapi jangan juga jadi spam like atau berharap terlalu banyak untuk dibalas. Melakukannya dengan ikhlas pasti akan memberikan hasil yang baik.
  • Untuk apdetan gambar atau video, mengapdetnya di Instagram akan lebih baik. Biar interaksi di kedua media sosial ini dihitung oleh Klout. 

Twitter juga tak kalah dengan Facebook. Bahkan malah, agensi-agensi pemberi job review lebih banyak ‘pasang mata’ di Twitter daripada di Facebook. So, gunakan Twitter sebaik-baiknya juga.
  • Rajinlah ngapdet Twitter dengan cuitan-cuitan yang (lagi-lagi) ‘menggoda’ untuk di-reply, di-RT, atau di-like. Sekali pun itu cuitan kegalauan. Banyak bukan selebtwit yang cuitan-cuitannya penuh kegalauan malah justru banyak di-RT dan bejibun followers-nya? *Untuk tip ini, saya masih belajar (a.k.a gagal terus). 
  • Untuk TwitPic, again, saya lebih suka apload di Instagram yang ditautkan ke Twitter. Dihitung dua kali lagi, dong. Di Instagram dan di Twitter. Tapi, itu pun kalo ada interaksi, ya teman-teman.
  • Agar cuitan banyak di-reply dan di-RT, mention teman-teman kita. Cepatnya arus TL Twitter membuat cuitan kita mudah tenggelam. Tapi dengan mention teman-teman, cuitan kita akan sangat mungkin di-reply dan di-RT. Dan bukan tidak mungkin, cuitan kita akan memanjang hingga besoknya, lusanya, besok lusanya, dan seterusnya.
  • Jangan terlalu banyak ngapdet juga. Ini bisa dianggap nyepam oleh teman-teman kita. Mungkin gak sampai di-unfollow, tapi dengan cara di-hide. Di-hide dari TL teman-teman Twitter juga cukup merugikan. Jadinya kan, peluang cuitan kita yang mungkin suatu saat bermutu untuk di-RT dan di-reply, menjadi hilang. 
  • Oh ya, agar bisa dapat follower banyak, jangan malu atau gengsi untuk follow duluan, ya. Pastikan juga kita sabar menunggu untuk difolbek. Kalo pengen cepet, mention aja orangnya dan minta folbek. 

Instagram adalah media sosial penyumbang kedua terbanyak untuk Klout Score saya. Untuk Instagram sih, saya percaya, teman-teman tahu harus bagaimana.
  • Pastikan foto yang kita aplod adalah foto yang bagus. *Tip yang ini saya gak menguasai. Saya mah aplod ya aplod aja. Dan Istagram lebih saya anggap sebagai album foto.
  • Buat caption yang menarik yang membuat orang komen dan love
  • Tambahkan hestek popular. Dengan begitu, foto kita masuk ke foto popular. Dan ini biasanya akan memancing orang lain yang bukan teman kita untuk ngasih love.
  • Ikutan #uploadkompakan, #setorbarengan, #jepretandshare, #uploadforfun, atau yang sejenisnya. Mengikuti kegiatan-kegiatan ini membuat foto yang kita aplod mendapat banyak tanda love, sejelek apa pun foto kita. Dan ini bagus untuk klout score.
  • Seperti Twitter, di sini juga kita jangan  malu atau gengsi untuk follow duluan. 
  • Jangan juga pelit ngasih tanda love dan komen. Di sini juga berlaku hubungan timbal baik.

Google+, Linkedin, Pinterest, dan akun media sosial lainnya juga jangan dianggurin. Meski saya tak terlalu banyak ngerti untuk media sosial-media sosial ini, saya berusaha memanfaatkannya.
  • Selalu share apa pun ke Google+, Linkedin, dan Pinterest. 
  • Jangan pelit untuk ngasih komen dan +1 pada postingan temen di G+; komen dan like pada Linkedin; serta tanda love untuk postingan temen. Tujuannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Jangan malu dan gengsi untuk add dan follow akun-akun temen kita.

Nah, seperti itulah kayaknya cara (ngawur) menaikkan angka klout score yang sudah saya lakukan. Gada yang istmewa, ya, apalagi pake bantuan tongkat sihir. Intinya mah, kita harus usaha dan memaksimalkan kesempatan yang ada. Oke, mungkin ada cara lain yang lebih jitu dari teman-teman? Yuk sharing, yuk….

69 komentar:

  1. Ga punya klout score aku mak, pusing banyak sosmednya hehe. Suka-suka aja aku ngeblog dan nyosmed mak, maklum emak rempong, belum profesional nih :D

    BalasHapus
  2. beugh, klout score udah di atas 70 mah udah bukan apalah apalah lagi, tapi apadeh apadeh :v
    aku jarang ngecek Klout sampe ke measurement-nya...mentok sampe liat score, abis itu, "Oh, oke..." wkwkwkwk....
    Emak Gaoel yang lagi siap2 Klout Score-nya terjun bebas....

    BalasHapus
  3. Aku masih 44 Mbk, gak tau juga pasang di blog hihihi makasih infonya Mbk :)

    BalasHapus
  4. Masih galau naik turun nilainya ahahahaha......
    Aku bookmark yaa, biar bisa dibaca-baca, makasih loh teehh tipsnya :)

    BalasHapus
  5. iya niiih saya juga jadi peduli sama klout score padahal saya tujuannya apa coba... gagayaan kitu hihi.... barangkali sama dengan teh Nia ..kali-kali aja ....hihi..

    BalasHapus
  6. makasih mak Nia..sekarang aku juga berusaha menaikkan score kloutku..eh nemu ini... :)

    BalasHapus
  7. wuih mantep tipsnya mak nia, aku mah apalah apalah apalahnya lebih panjanglah dr teh nia, ihiwww...komo klout score oge baru ngerti

    BalasHapus
  8. Aku salah satu org yg bingung kl mo update status bingung mp ngomong apa. Update status belum tentu sebulan sekali saking galaunya. Selama ini xuma buat sharing2 poatingan aja trs komen atau ngelike. Hiks..menyedihkan...
    Makaish infonya teh nambah ilmu.nih.moga2 bisa js blogger kerwn kaya teh nia :*

    BalasHapus
  9. Keren mak. Tapi dirimu memang lumayan interaksi di instagramnya mak..

    BalasHapus
  10. trims sharingnya..., sedikit demi sedikit akan saya pelajari...

    BalasHapus
  11. wah, keren banget bisa sampe 80 ke atas. Aku harus nyontek caranya nih.. :)
    Thanks ya, udah sharing :)

    BalasHapus
  12. Ok maak love love follow follow dan aku juga mw bilang love sm follow blogpost ini hihi

    BalasHapus
  13. Tengkyu, Teh Nia. Saya malah udah lama ga login Klout. :)) Belum cek lagi skornya.

    BalasHapus
  14. Punyaku masih 60 mbak. Oke deh, aku aktifin lagi twitter & linkedinnya. Kalo medsoc selain 2 itu dan fb-ig-g+, aduh... Nanti dulu deh. Kebanyakan...

    BalasHapus
  15. teu ngawur atuh teh, nanti aku ikutin tipsnya

    BalasHapus
  16. Kayanya saya yg paling cuek dg score-score an ..,riweuh ku budak hehe klo udah posting tulisan trus kabur ngurus budak yg penting udah nulis :p

    BalasHapus
  17. Masih new comer jd blm kepikiran ttng score. Tp nuhun pisan atuh infonya. Suka sy mah...

    BalasHapus
  18. pengen nyoba ah....
    thanks tips2nya..

    BalasHapus
  19. Wah habis ini harus sering nyetatus nid fb dan twitter nih, biasanya aku nggak pernah nyetatus kecuali share post di twitter aja. Kloutku 59 abis posting foto FunBlogging7 itu jadi naik 64. Masih jauh dari 70 :D

    BalasHapus
  20. Punya klout dan perhatiin klout score tapi gak sampe harus ngejar2 klout score yang tinggi. Berjalan sesuai apa adanya aja. Tapi emang twitter masih jadi tempat kita dilirik agensi2. Jadi sebaiknya jangan 'nyampah tsurhatttt' di twitter. Hehehe

    BalasHapus
  21. Klout score ku masih kisaran 40 an masih jauuhh... jarang berkicau seringnya hbs nulis langsung kabur hehe. jadi tahu cara "ngawur" tapi jitu menaikkannya. Makasih mbak untuk tipsnya.

    BalasHapus
  22. waah keren deh score kloutmu mak Nia, nembus angka 70 kayaknya udah keren banget hihi. Thanks sharingnya, sapa tahu bs praktkin. Ini seminggu lagi terpicu dan lumayan naik 6 digit. mudah2na gak obor baralak saya mah

    BalasHapus
  23. Iya, Teh. Hubungan timbal balik emang berlaku banget. Dan emang enggak susah kok kan menebar love dan jempol itu :D

    BalasHapus
  24. Terimakasih infonya Mak.. :) Skor klout aku masih jauuuh di bawahmu.. boleh ngejar kan? ^^

    BalasHapus
  25. Baru-baru ini guruku, Mas @FikryFatullah ngasih jawaban buat yg bingung mau update sttus di FB. Katanya kita hrs 'sadar Edge Rank'. coba googling aja Teh. Formatnya podcast. Aku jg blm dengerin sih. cuma aku suka ikutin infonya :D

    BalasHapus
  26. OO aku ngga pernah nge cek Klout Score ku nih, berapa yaa hiks

    BalasHapus
  27. Haduh pusingnya jadi blogger ya? Kadang aku lelah wkwkwkkk.... Tapi kalau ditautkan semua di facebook kadang aku kurang suka karena misalnya udah ketemu di twitter lg ngebuzz itu, eh masih lihat lagi di facebook, pdhl flow facebook nggak secepat twitter, ganggu banget.

    BalasHapus
  28. Kebetulan aku sedang mencari artikel ttg Klout Score...eh ternyata Mba Nia nulis ttg ini.. pas sekali nih soalnya aku belum mengerti banyak ttg Klout.. Konon katanya Klout menjadi acuan juga ya Mba agar blog kita dilirik agency? Makasih ya sdh berbagi info..

    BalasHapus
  29. Keren banget mbak tembus 70. Ini buktinya pengaruh mba Nia di sosmed tinggi, yg komen selalu banyak hihi

    BalasHapus
  30. Keren banget mbak tembus 70. Ini buktinya pengaruh mba Nia di sosmed tinggi, yg komen selalu banyak hihi

    BalasHapus
  31. Ah, ini mah bukan ngawur terbukti it's works... Daku masih berkutat diangka 56.

    BalasHapus
  32. Bener bgt mba nia.. fb tetep yg paling populer lalu di ikuti twitter

    BalasHapus
  33. Aiiih mb Nia ini rajiiin bgt elg kasi jempol, humble pisaaaan dan keknya baru ini ya saya mampir ke mari. Duh kemanaaaa aja saya mahvyg apalah-apalah ini hihihhi.
    Tfs mb Nia :)

    BalasHapus
  34. kalo ini sih bukan ngawur mbak
    tapi terstruktur :D
    lah aku aktifnya cuma di Facebook aja, Twitter anget2an :D
    apalagi G+ dan instagram, jarang banget
    Klout score saya cuma 42
    itu sih mending, sebelumnya malah cuma 23

    BalasHapus
  35. Eh sama sih, aku jg suka bingung mau apdet apa di fb. Haha... Tp gk sekeren dirimubyg score kloutnya bs gitu gede ih. Kece

    BalasHapus
  36. Aku rada malas ngejar klout tinggi..dulu pernah ngoyo sampe berhasil dapat 84..tapi lalu malas...hahhaa..

    BalasHapus
  37. Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  38. klout skoreku baru 42. bolejh nih diterapkan

    BalasHapus
  39. aku baru 50 mbak, siaaaap untuk menaikkan dah, thanks atas info keceh badainya yak

    BalasHapus
  40. Punya facebook, twitter dan instagram aja idah lieur..hihihi.. Katanya mesti nambah youtube juga ya? Walah..

    BalasHapus
  41. wuih keren... punya saya msh kpala 6 :D
    makasih ya teh tips2nya :)

    BalasHapus
  42. Twitter, IG, Zencircle aku tautkan sama FB, LInkedln aja yang enggak, beuh makin bingung aja jadi blogger. Udah ah, nulis aja dan share, hahaha... Makasih yo mbak, meski bingung jadi paham juga akhirnya napa klout bisa tinggi atau rendah :)

    BalasHapus
  43. Klout aku geje teh Nia, kadang naik kadang turun. Nyebelin tah ah jadi we lieur wkwkwk

    BalasHapus
  44. Kloutku naik turun kayak yoyo mbak..hehehe tapi biarin aja..siapa tau jadi surprised ^_^

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah naik Teh... Dari 51 jadi 63
    Semangat buat nyusul Teteh yg di atas 70 😊

    BalasHapus
  46. Akhir2 ini aku males banget update sosmedku Mba Nia, postinganmu ini sukses menggelitikku. Kudu lebih cerewet di sosmed lagi nih hihihii... Kloutku? TIDAAAAKKKK.... *udh lebay apa belom?hihihiiii

    BalasHapus
  47. Makasih share nya mak. Kalau soal foto, setuju sih, tapi samaa, aku pun ggak terlalu menguasai :p

    BalasHapus
  48. Saya sudah pernah nerapkan tapi malah buat blog berat mba. makanya tak lepas lagi..

    BalasHapus
  49. 70??? Wowww. Saya terakhir di 40 doang mbak. Makasih cara ngawurnya ya mbak

    BalasHapus
  50. makasi share nya teh :)

    BalasHapus
  51. Ini keren banget, skornya nyampe 70! Penggemarmu banyak, Mbak. :D

    Aku juga, paling banyak prosentase dr facebook.

    BalasHapus
  52. wahhh keren tips-tipsnya mba, makasihhh! aku udah ngelupain fesbuk karena banyak suka posting yg aneh2. Tapi ternyata justru dari situ yang paling populer ya

    BalasHapus
  53. Jadiiii,,,, baiklah mulai sekarang aku mau langsung rajin menautkan IG dg twitter dan FB hahhaa...Makasih infonya mba...ijin share yaaa hihihi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kita sekarang anak socmed nih mba Dede...hahahahah

      Hapus
  54. oke mbak mksh bgt infonyaaa...

    BalasHapus
  55. huwoooo.. kloutnya tinggi sekaliiii..
    sayangnya sy memang jarang aktif di medsos, dulu pernah nembus angka 70an krn memang tiap menit mainan fb dan twitter, skrng kok rada males hehe

    BalasHapus
  56. wih keren banget sampe 70, punya saya cuma 30an :)
    ternyata nambahin akun sosmed lainnya pengaruh toh, sy coba dulu deh mba sapa tau nambah tar skornya

    BalasHapus
  57. jadi ngerti, semoga nilai kloutku naik dooong,

    BalasHapus
  58. terimakasih tipsnya mbak.. kdg mmg agak malu juga narsis di IG, tp jd semangat deh kalo ada manfaatnya :-)

    BalasHapus
  59. selama ini updet nya lbh seneng di Twitter dan G+ :D... kalo FB suka eror sih, makanya udh ga sering lg update apapun di sana -__-

    BalasHapus
  60. klout aku malah naik turun

    BalasHapus
  61. Itu klout scorenya tinggi banget mbak o.O
    Saya baru 56 euy, susah bener nih naiknya :D

    BalasHapus
  62. wah? 73! keren euy.
    Sy baru melek yg namanya klout ini.
    Tadinya saya pikir klout ini sejenis makanan atau benda apa gitu? :D
    Nuhun Sharingnya, teh Nia.

    BalasHapus
  63. nah, nah, catet ah hihihi

    BalasHapus
  64. waah terima kasih mbak! jd semangat buat makin ngeksis di socmed hahaha salam kenal yaa

    BalasHapus
  65. Wah, skorenya tinggi banget. Waduh jadi pengen menaikkan skore, maksih ya mbak tips tokcernya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)