11.10.15

#GoForIt, Internet Super Cepat dan Stabil yang Sangat Worth It


Suatu hari, sebuah sms masuk di ponsel saya.

“Bu, file-nya sudah dikirim? Artikel ibu harus tayang pagi ini.”

Dek! Jantung saya rasanya berhenti berdetak. Saya kaget bukan kepalang. Gimana enggak, file yang dimaksud si pengirim sms kan sudah saya kirim sejak jam 3 pagi di hari itu. Lha ini, 4 jam kemudian, ada sms semacam itu. Kok bisa?! Apa yang terjadi? 

Saya yang saat itu sedang cuci piring pun langsung beranjak ke dalam rumah. Saya buka laptop dan lalu nyalain modem. Begitu internetnya nyala, saya buka e-mail. OMG! Ternyata benar, file yang saya kirim statusnya masing SENDING dan belum SENT. Nongkrongnya pun masih di folder Draft, bukan di folder SENT. Dan ini artinya, saya memang belum mengirimkan hasil kerja saya. 

Beruntung hari itu hari Minggu. Dan rumah si pemberi kerjaan tidak terlalu jauh. Jadinya, saya diantar suami ke tempat si pemberi kerjaan untuk nyetor hasil kerjaan. Dalam bentuk CD. Sebab ketika saya kirim ulang via e-mail, si file tak mau juga di-apload dengan cepat. Mungkin karena ukurannya yang besar. Plus koneksi internetnya yang memang lagi lemot gak ketulungan. Beuh! Kayak tahun 90-an aja ya, kirim file masih dalam bentuk CD. Enggak banget deh!

Koneksi Internet Cepat = Kebutuhan Pokok!

Sebagai pekerja digital yang bekerja secara remote, saya memang selalu bersinggungan dengan internet. Lamaran pekerjaan, pengiriman file kerjaan, download materi kerjaan, pengiriman hasil kerjaan, berbagai informasi ini – itu mengenai kerjaan, hingga pengiriman invoice dan pengiriman fee kerjaan dilakukan via internet. Sangat jarang saya ketemu langsung dengan kolega atau klien pemberi pekerjaan di dunia nyata. Sebab via internet pun, semua bisa dilakukan, dengan mudah, cepat, dan praktis.

Tapi, saya termasuk ke dalam 98% pengguna internet di Indonesia yang selalu mengalami koneksi internet lambat dan tidak stabil. Tidak terkirimnya file kerjaan seperti certa saya di atas, hanya salah satu contoh kecil saja. Hampir setiap hari, apa pun yang saya lakukan dengan internet, ada saja waktu akses yang lambat dan tidak stabilnya. Baik internet di laptop maupun di ponsel. Untuk penggunaan sosial media, hiburan, atau pun kegiatan yang tidak terlalu urgent, akses internet yang lambat dan tidak stabil ini, mungkin bisa saya maklumi. Tapi untuk kebutuhan pekerjaan, jaringan internet yang seperti itu, sangat menyebalkan. Sebab jelas menghambat segala sesuatunya.

Hasil survey TNS Research
(Sumber via Smartfren)

Iya! Di zaman seperti sekarang, internet cepat sudah jadi kebutuhan pokok. Layaknya pangan, sandang, dan papan. Tak hanya untuk pekerja digital seperti saya. Bahkan ibu-ibu rumah tangga atau pun driver ojek online misalnya, membutuhkan internet ngebut untuk pekerjaan sehari-hari. 

Saya pernah punya pengalaman mengobati penyakit saya yang saat itu kambuh dengan seorang tenaga medis via chatting. Beruntung saat itu pagi-pagi buta sekali, yaitu sekitar jam 1 dini hari. Jadi koneksi internet masih bisa dibilang cepat. Coba kalau misalnya di siang atau sore hari saat internet sedang lemot-lemotnya. Saya yang kesakitan setengah mati, dengan suami yang belum pulang kerja, ditambah dua balita yang tidak bisa ditinggalkan jika saya harus ke dokter, bisa dipastikan tak bisa mengobati diri sendiri. Sebabnya tentu karena chatting yang lambat atau bahkan tidak terkirim sama sekali. Apa jadinya saya saat itu? Bisa dibayangkan juga kan bagaimana driver ojek online menunggu konsumen via ponselnya jika akses internet berjalan sangat lambat? Sudah pasti, gak ada tuh cerita-cerita gaji mereka yang mencapai sekian juta rupiah dalam setiap bulannya. Ya, kan?

Bye Bye Internet Lemot!

Internet cepat dan stabil kini bukan lagi impian. Teknologi 3G yang dulu kita anggap paling mutakhir, namun pada kenyataannya masih belum maksimal menghasilkan internet ngebut dan stabil, baik CDMA maupun GSM pada akhirnya berevolusi menjadi 4G LTE. Tak terkecuali dengan Smartfren. Bahkan Smartfren berinovasi meluncurkan teknologi terbaru ini dalam bentuk Smartfren 4G LTE Advanced. 

Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced mampu menciptakan kecepatan yang super ngebut dan stabil. Tak hanya itu saja, Smartfren 4G LTE Advanced menggabungkan kapasitas yang lebih besar dan jangkauan akses yang lebih luas. Jadi dengan begitu, para pelanggan Smartfren dapat merasakan kecepatan internet yang lebih kencang dan lebih stabil daripada yang lain. 

Dengan Smartfren 4G LTE Advanced, kita dapat selalu terhubung dengan siapa pun dan kapan pun dalam jangkauan luas Smartfren 4G LTE. Kita bisa menikmati apa pun kesukaan kita sepuas-puasnya. Download dan upload data berukuran besar dalam waktu yang sangat cepat; streaming video (misalnya pertandingan bola) berkualitas HD tanpa terputus, video call tanpa tersendat; main game online beresolusi tinggi yang tidak terganggu karena kehilangan koneksi; hingga kualitas suara yang jauh lebih jernih saat menelpon dengan VoLTE (Voice over LTE) sangat bisa dilakukan dengan Smartfren 4G LTE Advanced.

Smartfren 4G LTE Advanced: Jaringan Internet Ngebut

Jika kamu tanya apa itu definisi 4G LTE, apalagi 4G LTE Advanced, jujur saya tidak tahu dan tidak mengerti. Meski sudah membaca dan diterangkan berulang-ulang, otak saya tetap tidak bisa menerimanya dengan mudah. Tapi jika kamu tanya apa bedanya 4G LTE Advanced dengan 3G berdasarkan pengalaman menggunakannya, saya bisa menjawabnya. 

Begini, beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman Blogger Bandung berkesempatan mencicipi Network Drive Test Smartfren 4G LTE Advanced. Dengan berkeliling Bandung menggunakan bis, kami mencoba berinternetan di sepanjang jalur rute yang kami lalui. Dari mulai fesbukan, twitteran, instagraman, streaming Youtube, upload foto-foto, upload video, bahkan hingga periscope-an serta juga video call. Dan hasil Network Drive Test Smartfren 4G LTE Advanced ini sangat mengejutkan. 

Yupp! Dari titik awal kami berangkat, yakni Hotel Padma, hingga kembali ke hotel Padma lagi, akses internet dengan menggunakan 4G LTE Smartfren, secara umum memberikan hasil yang sangat bagus. Untuk video streaming saja, di semua titik di sepanjang jalur rute, tak ada buffering sedikit pun. Apalagi jika hanya sekadar update status dan upload foto. Bahkan video call pun berjalan mulus tanpa tersendat sedetik pun.

Agar kecepatan akses internet terukur, kami menggunakan aplikasi speed test. Baru deh di sini tergambar jelas perbedaan di tiap tempat yang kami lalui. Tempat yang memberikan akses internet cepat, memberikan hasil speed test yang tinggi. Dan sebaliknya, tempat dengan akses internet yang sedikit lambat, memberikan hasil speed test yang rendah. 

Beberapa hasil speed test yang bervariasi di berbagai titik

Tapi ada hal unik yang terjadi selama berkeliling Bandung. Serendah apa pun hasil speed test-nya, 4G LTE Smartfren tetap mampu mengakses internet dengan baik. Bahkan video streaming pun masih tanpa buffering

Oh ya, sepulang dari acara network drive test Smartfren 4G LTE Advanced, saya sempat mengecek speed test dari 4G LTE Smartfren ini. Hasilnya lumayan bagus, yaitu 14,13 Mbps untuk kecepatan download. Dan ini hampir menyamai hasil speed test tertinggi saya selama berkeliling Bandung, yaitu 15 Mbps untuk kecepatan download. Padahal, rumah saya letaknya di luar kota Bandung, tepatnya di Soreang, Kabupaten Bandung. Hebat bukan?

Hasil speed test di rumah

Dan berikut ini hasil speed test saya tadi sore di rumah. Hasilnya masih bagus. Dan untuk hasil seperti ini, saya masih bisa berinternetan dengan lancar, video streaming tanpa buffering, dan video calling tanpa tersendat.

Speed test tadi pagi di rumah

Cerita lengkap mengenai pengalaman Network Drive Test Smartfren 4G LTE Advanced saya bareng Blogger Bandung ada di postingan blog saya di link ini.

Saya Sudah #GoForIt, Kamu?

Sejak mengalami sendiri bagaimana cepatnya jaringan Smartfren 4G LTE Advanced, saya langsung menggunakannya. Saya optimis, Smartfren 4G LTE Advanced mampu memenuhi kebutuhan saya akan internet cepat. Gak bakal kejadian lagi deh, saya yang telat mengirim hasil kerjaan gara-gara internet lemot dalam mengirim file besar. Download - upload, chatting, video streaming berkualitas HD, video call, nonton tv online, bahkan main game online sangat bisa saya lakukan tanpa gangguan.

Nih lihat, 'alat tempur' saya untuk berinternetan yang super cepat sudah lengkap. Menukar yang lama dengan yang mutakhir. Let’s Go For It!

'Alat tempur' berinternetan super cepat

Nah gimana, kamu pengin berinternetan cepat juga, gak? Yuk segera beralih pada internet yang ngebut. Sudah saatnya kita tinggalkan si internet yang seperti siput. Sebab internet cepat itu punya banyak manfaat. Misalnya saja cepatnya waktu loading dalam membuka website; waktu internetan yang lebih efisien; mudahnya meng-update program-program komputer, laptop, dan ponsel; biaya komunikasi yang lebih murah karena ada aplikasi chatting, calling, dan video call; mudahnya mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia kapan saja dan di mana saja; mudahnya mendengarkan musik dan menonton video; mudahnya meng-upload foto dan video; awetnya peralatan (komputer, laptop, ponsel, modem) karena proses yang cepat yang tidak membuat peralatan tersebut menjadi panas; dan masih banyak lagi.

Are You Ready For #GoForIt?

Mengakses internet cepat Smartfren 4G LTE Advanced tidaklah susah. Kamu hanya perlu ponsel yang mendukung 4G LTE, menggunakan kartu yang juga sudah mendukung teknologi 4G LTE, serta adanya jaringan Smartfren 4G LTE di tempat kamu. 

Untuk ponsel, jaringan 4G LTE Advanced ini jelas harus diakses menggunakan ponsel-ponsel Smartfren, yaitu Smartfren Andromax 4G LTE series. Jika kamu belum punya, kamu bisa menggunakan ponsel 3G kamu tapi dengan tambahan modem MiFi 4G LTE dari Smartfren.


Untuk kartu, jika kamu sudah menggunakan kartu Smartfren sebelumnya, kamu tak perlu mengganti kartu baru yang sudah 4G. Dengan SMS, mengunjungi galeri Smartfren, atau mengakses situs www.smartfren.com, kamu tetap bisa menikmati akses 4G LTE Smartfren dengan kartu lamamu.

Untuk jaringan, kamu tak perlu cemas dengan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced. Smartfren menduduki peringkat I sebagai 4G LTE terluas. Subang, Pangandaran, Cirebon, Sukabumi, Cianjur, Garut, dan semua kota-kota kecil serta kabupaten di jalur utama Jawa Barat saja sudah ter-cover dengan jaringan 4G LTE Smartfren.

Artikel koran yang menyatakan Smartfren sebagai operator dengan jaringan 4G LTE terluas
(Sumber via @smartfrenworld)

Go For It Now!

Jika kamu menggunakan jaringan internet super cepat 4G LTE Smartfren sekarang juga, kamu bakal dapat tawaran yang sangat menggoda. Karena godaan itu, saya jadinya beli paket SmartPlan Limitles Silver seharga Rp60.000,- untuk 30 hari melalui MySmartfren.

Paket My SmartPlan Silver yang aku pakai 

Mahal? Enggak ah! Ini sangat worth it. Saya dapat kuota 2 MB yang kemudian jadi dua kali lipat menjadi 4 MB; saya tetap mendapat 100 SMS gratis, dan saya juga dapat waktu bicara selama 10 menit yang gratis pula. Bisa dibayangin dong bisa ngapain aja saya dengan kuota 4 MB? Wuih… mantap. Hayuk atuh kamu juga beralih pada internet super cepat! Pokoknya, Go For It, internet super cepat dan stabil yang sangat worth it….

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog 
"Gaya Hidup Digital di Era Internet Cepat"
Smartfren -BlogDetik

22 komentar:

  1. Ren keren ... komplit :)

    BalasHapus
  2. Mulai lelah dengan jaringan internet modem yang saya pakai saat ini mbak, mungkin juga sudah saatnya mencoba Smartfren 4G LTE Advanced ...

    BalasHapus
  3. dr 3G ke 4G, kerasa banget bedanya ya...

    BalasHapus
  4. waaah..., bila mbaca gini, saya juga kepengiiiin....
    kebutuhan internet yang cepat memang sudah keharusan dalam kerja di era ini :)

    BalasHapus
  5. Sehari tanpa mengakses internet rasanya memang tidak enak. Karena sekarang internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan setiap orang, apalagi remaja. :) Semoga inovasi yang diberikan smartfren dapat membantu kita sebagai pelajar. Kalau bisa harga paket internetnya dibuat sedikit lebih murah. hehehe

    BalasHapus
  6. wih keren mamak satu ini..keren udah go for it beneran deh...semuanya diganti....

    BalasHapus
  7. Aku udah pake smartfren. emang cepet banget

    BalasHapus
  8. seneng bgd dah pokoknya ya mbk, kalok si internet gk lola lagi alias cefeett..
    plus makin semangat donk pastinya yak..

    BalasHapus
  9. Ternyata jaringan 4G-nya udah sampe Subang ya..? Wah, menarik nih! terima kasih sharingnya Mak :)

    BalasHapus
  10. Owalaaah kerennya tho mbaak smartfrend 4G ini...sukses untuk kontesnya ya :)

    BalasHapus
  11. wiih senjatanya makk...go for it!

    BalasHapus
  12. Internet memang seperti makanan pokok ya Mbak apalagi buat ngeblog hehe

    BalasHapus
  13. "alat tempurnya' seragam, smart semua ya Mbak.
    Hsilnya juga smart.

    #Sukses ya Mbak:)

    BalasHapus
  14. bagussssssss banget reviewnya, goodluck mak!
    salam kenall ^_^

    BalasHapus
  15. Hihihi, ngirim pakai CD. Zaman aku MTs banget, ya :D

    Bersyukur ya Mbak,sekarang terbantu dg teknologi inet ini. Aplagi skrg makin canggih koneksinya.

    BalasHapus
  16. senjatanya bener-bener beda yak mak keren dan sudah canggih sekali heheheh

    BalasHapus
  17. review yang keren :)

    BalasHapus
  18. selamat mak keren aaah menang euy

    BalasHapus
  19. salam kenal, selamat ya atas menjadi pemenangnya :) salam hermanbagus :)

    BalasHapus
  20. "termasuk 98% pengguna internet lambat di Indonesia" ahahaha
    Prosentase nya besar banget ya, Bu?

    Selamat Bu Nia, jadi salah satu pemenang..
    Mau tanya juga, kalo nyari template blog kayak blog Bu Nia dimana ya? Simple and clean kelihatannya..

    BalasHapus
  21. dah niat banget mau beli modem smartfren, kayak nya haru sdisegerakan.Pake si kuning ini sekarangs ering putuss

    BalasHapus
  22. Selamat ya mbak, telah menjadi salah satu pemenang.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)