badge

5.11.17

Nongkrong Seru dan Nambah Ilmu Baru di CBN Digital Nation


Mentemen, Hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017 lalu, saya berkesempatan mengikuti suatu acara yang sangat berfaedah banget. Namanya CBN Digital Nation Embracing The Future. Bertempat di 23 Paskal Shopping Center Bandung, acara yang dimulai sejak jam 10 pagi hingga malam hari itu benar-benar sangat seru dan membuka wawasan saya banget.

Ya, sebagai emak kudet alias kurang apdet, saya jarang banget menghadiri acara seperti ini. Acara kayak gimana? Acara yang menampilkan alat-alat berteknologi tinggi dan mutakhir, game-game kekinian yang lagi digandrungi banyak anak muda, hingga cosplay-cosplay tokoh game yang diidolakannya. Dari awal saya datang, dan hingga saya akan pulang, gak henti-hentinya saya melongo dan berdecak kagum atas semua yang saya lihat.

Opening CBN Digital Nation
Setelah registrasi, saya dan temen-temen blogger serta media massa dan para undangan duduk di tempat yang sudah disediakan, di sebuah ruangan besar indoor yang menghadap ke arah panggung megah. Tak lama kemudian seorang MC cantik membuka acara. Kami pun kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, karena hari itu bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Rampak kendang pembuka acara CBN Digital Nation

Sajian rampak kendang dari 4 mojang Bandung yang geulis dan dinamis memeriahkan suasana. Dan setelahnya, barulah Pak Dani Sumarsono, President Director CBN, naik ke panggung untuk memberikan sambutan. Ada yang menarik dari sambutan Pak Dani ini. Berikut ini saya petik ucapan beliau.

Pak Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN

“Penggunaan teknologi digital di Indonesia meningkat pesat dan akan semakin berkembang ke depannya. CBN sebagai salah satu pelopor perusahaan Internet Service Provider (ISP) telah meningkatkan kapasitas menjadi Digital Service Provider (DSP) agar bisa memberikan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.”

Ya, betul, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sudah semakin maju, CBN kini sudah beralih menjadi DSP dari yang asalnya ISP. Dalam implementasinya, CBN bekerjasama dengan FiberStar dan menargetkan penyediaan 500 ribu homepass atau jaringan internet dengan teknologi fiber optic up to 1Gbps di area perumahan di wilayah Jawa Barat.

Pak Dani juga menambahkan mengenai alasan Bandung yang menjadi tuan rumah kegiatan pertama CBN Digital Nation ini.

“Kami memilih Bandung sebagai tuan rumah kegiatan pertama kami karena Bandung telah sukses menerapkan smart city dalam pengelolaan kota, antara lain dengan berhasil membuat lebih dari 400 aplikasi yang sudah diimplementasikan. Di sini kami turut berperan dengan menyediakan infrastruktur seperti akses internet super cepat, cloud services, serta solusi lainnya yang bisa mendukung kemajuan kota Bandung mengaplikasikan smart city. Di Bandung sendiri, kami memiliki target 150 ribu homepass.”

Pak Marcellus Adiwinata

Selepas Pak Dani Sumarsono, kemudian naik ke panggung Pak Marcellus Adiwinata. Senada dengan Pak Dani, Pak Marcellus juga memberikan sambutan mengenai transformasi CBN yang semakin mutakhir guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Sayang sekali Pak Walikota Bandung, Pak Ridwan Kamil berhalangan hadir. Sambutan pun diwakili oleh Pak Mulyana, SE dari Diskominfo Pemda Kodya Bandung. CBN Digital Nation pun resmi dibuka. Dengan melakukan scanning barcode yang ada di panggung oleh Pak Mulyana dan Pak Dani.

Scanning barcode oleh Pak Dani dan Pak Mulyana

CBN Digital Nation resmi dibuka

Rangkaian program CBN Digital Nation sudah launching

Apa Sebenernya CBN Digital Nation?
CBN Digital Nation merupakan kegiatan awal (kick-off) dari semangat baru yang diusung oleh CBN. Program ini mengajak segenap warga Bandung untuk menyongsong kehidupan di era digital yang lebih baik. Sekaligus rangkaian kegiatan kampanye terbaru CBN untuk mendukung literasi digital di Indonesia.

Dalam memeriahkan pembukaan acara CBN Digital Nation hari itu, dilaksanakan banyak sekali kegiatan. Dari mulai opening ceremony, launching CBN Digital Nation, NVIDIA Gamers Event, Meet and Greet Esport Idol, Costreet Competition, JD.id Auctions, hingga pengumuman pemenang doorprize dan berbagai kompetisi lainnya. Meriah banget, sebab di samping menambah wawasan, di acara ini juga bertabur banyak banget hadiah dari sponsor.

Beberapa perusahaan yang ikut memeriahkan acara ini di antaranya adalah NVIDIA, MMP Solutions, JBL, Lenovo, JD.ID, Galax, Digital Alliance-Palit, Colorful, Cooler Master, TT Esport, MSI, Logitech, LG, DX Racers, Seagate, Fox Network Group, Hotel Citra Dream Bandung, Celestial Movies, KIX, Thrill, AXN, SONY Channel, ONE, Channel NewsAsia, Zee Bioskop, My Kids, My Cinema, serta AniPlus dan K-Plus. Banyak banget, ya?

Beberapa booth yang ikut mendukung acara CBN Digital Nation

Acara Itu Di Mata Saya
Sebagai blogger yang agak kudet dalam hal perteknologian seperti ini, jujur saya sangat terpukau dengan acara ini. Penjelasan CBN mengenai teknologi informasi yang mereka lakukan, sarana dan prasarana yang digunakan, hingga kecepatan internnet yang kini disediakan CBN. Wow banget!

Bayangkan saja, di acara itu dilakukan demo upload dan download file yang sangat besar. Dan tahu kayak gimana kecepatan download dan upload¬-nya? Cuma dalam hitungan detik saja. Iya, sambil ngedip, tahu-tahu file yang kita upload dan download sudah dilakukan. Iyalah, sebab kecepatannya up to 1 GBPS. Huhuhu… jauh banget deh jika dibandingin sama internet rumah saya. Yang kalo upload dan download itu mesti dilakukan tengah malam dan makan waktu sejam-dua jam. Padahal ukuran filenya gak seberapa.

Yang memukau tak cuma itu. Para gamers yang hadir juga bikin saya melongo. Mereka sungguh jago-jago. Dan katanya, mereka nanti akan diikutkan kompetisi serupa di Filipina. Hebat ya, gara-gara main game aja bisa bikin ke luar negeri. Saya mah, game 1 putaran aja gak kelar-kelar. Mati terus. Padahal cuma main game Zuma. Wkwkwkwk… gak ada bakat jadi gamer banget deh.

Eh ya, saat makan siang, mata saya dimanjakan dengan pemandangan lalu-lalangnya para bintang cosplay. Iya, di acara itu kan diselenggarakan Costreet Competition. Para anak muda berkostum aktor-aktor Final Fantasy dan game lainnya hadir di sana. Kreatif-kreatiflah mereka. Pada mirip bintang aslinya. Kalo saya ngajak anak saya yang kedua ke acara ini, dia pasti kesenengan lihatnya.

Ngintipin Layanan yang Ditawarkan CBN, Yuk!
Ini yang bikin mupeng. Layanan-layanan yang ditawarkan oleh CBN. Bukan cuma layanan internet aja, lho. Tapi banyak yang lainnya. Mau tahu apa saja itu? Nih saya kasih bocorannya.

1. CBN Fiber. Merupakan layanan koneksi internet dengan teknologi fiber optik yang dilengkapi dengan TV digital untuk pelanggan perorangan. CBN Fiber ini nih yang hadir sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Bisa dipilih speed-nya. Dari mulai up to 15Mbps hingga dengan up to 1Gbps.

2. Dens.TV. Merupakan one-stop digital entertainment IPTV interaktif yang dapat di akses melalui website www.dens.tv, mobile application android & IOS, dan interactive smartbox. Konten-konten unggulannya antara lain High Definition TV premium (TV channel terbaik berkualitas HD baik dari dalam maupun luar negeri), E-Classroom (Tayangan video-video e-learning yang menarik yang cocok untuk anak-anak sekolah), dan Blockbuster Video On Demand (akses menonton ratusan judul film berkualitas premium).

Dens.TV juga memberi fitur terbaru seperti sign up dan log in menggunakan akun media sosial; reminder untuk jadwal tayang TV favorit; menu my favorite channel dan my video playlist; catch up TV hingga 7 hari; menonton video secara offline; dan juga e-commerce (berbelanja sambil menonton TV tanpa harus berpindah tempat ataupun channel). Penasaran dengan Dens.TV? Download saja app-nya di PlayStore di link https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp.

3. diCBN apps. Merupakan virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS dan Android untuk mempermudah pelanggan memperoleh info layanannya. Informasi-informasi yang bisa dakses di apps ini antara lain jangkauan area, pendaftaran berlangganan, CBN WiFi, dan berbagai promosi-promosi terbaru dari CBN.

Ikut Lomba Blognya, Yuk!
Seperti itu singkatnya hal-hal baru yang saya dapatkan dari ikut acara CBN Digital Nation Sabtu lalu itu. Masih banyak sebenernya yang saya lewatkan. Sebab saya tak ikut acara malam. Kalo mau tahu seperti apa serunya, coba saja searching dengan hashtag #CBNDigitalNation di media sosial Instagram dan Twitter. Temen-temen pasti bakal banyak info mengenai itu. Lihat langsung ke akun medsos (Instagram dan Twitter) CBN @di_cbn juga bisa.

Oh ya, selain dapet banyak info, wawasan, dan pengetahuan buat diri pribadi, hasil searching tadi bisa banget lho ditulis di blog temen-temen. Dan lalu, tulisannya diikutin lomba blognya. Iyap, CBN juga bikin lomba blog terkait acara ini. Berikut ini detail lomba blognya.


Dalam rangka event #CBNDigitalNation tanggal 28 Oktober 2017 di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, akan ada blog competition dengan tema tulisan “The Breakthrough for Indonesian Digital Future.” So, kalau kamu blogger, kamu wajib banget ikutan, karena hadiahnya keren banget, lho, bisa buat ngeblog juga.

Syarat dan ketentuan
1. Menulis dengan tema “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”.
2. Panjang artikel minimal 1500 kata.
3. Isi tulisan tidak boleh menyinggung pihak lain, membandingkan dengan kompetitor, atau bernada negatif sehingga memicu pertikaian.
4. Tulisan harus orisinal karya pemilik blog. Tidak diperkenankan melakukan tindakan plagiat atau mencuri hak kekayaan intelektual pihak lain.
5. Tulisan belum pernah dilombakan di kompetisi blog mana pun.
6. Menyebutkan kata-kata ini di dalam artikel : CBN, CBN Digital Nation, Dens.TV, internet service provider, internet cepat.
7. Menyertakan link unduh aplikasi Dens TV yang tersedia di playstore atau klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp 
8. Menyertakan image CBN Digital Nation/CBN/Dens.TV.

Kriteria pemenang dinilai berdasarkan:
Orisinalitas artikel.
1. Sudut pandang yang unik.
2. Cara penulisan atau penyampaian yang menarik.
3. Penambahan image, infografis, atau video akan mendapatkan point tambahan.
4. Jumlah komentar organik akan diberikan point tambahan.

Hadiah TOTAL PRIZE 7.000.000 IDR
Pemenang Utama: Notebook Lenovo Indonesia
2 Pemenang Favorit: JD.id Voucher @1.000.000 IDR

Deadline 28 November 2017

Nah, Gimana?
Wow… hadiahnya bikin ngiler, euy! Saya jadi tergoda pengen ikutan lombanya juga. Semoga keburu bisa ikutan deh. Laptop di rumah kebetulan udah jelek. Barangkali saja ada rezeki laptop baru di lomba ini. Temen-temen pada ikutan juga, ya. Jangan khawatir karena gak sempet dateng ke acara CBN Digital Nation yang udah lewat lalu. Cari-cari informasinya di berbagai medsos dengan menggunakan hestek #CBNDigitalNation seperti yang saya bilang di atas, juga bisa dilakukan. Atau mungkin, menjadikan tulisan saya ini sebagai bahan referensi juga bisa. Pokoknya ingat, temanya “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”. Dan Deadline-nya 28 November 2017. Jangan sampai kelupaan. Sayang banget kan kalo ternyata nantinya si laptop malah jatuh ke tangan saya padahal temen-temen bisa bikin tulisan yang lebih bagus? Hehehehehe… yuk ngedraft dari sekarang. Saya juga mau mulai ngedraft.

Oke deh temen-temen, segitu dulu tulisan saya kali ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Hayuk ikutan lomba blognya! Yuk dadah, yuk bye bye….

Selfie dulu, ya. :)))

3 komentar:

  1. Seru bangetyah acaranya, emak-emak kayak saya pun dapat info menarik nih seputar internet

    BalasHapus
  2. Acaranya memangs eru banget ya mba Nia. Walau aku di Jakarta tapi aura kemeriananya nyampe di Jakarta. Hehhe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)