20.11.17

Masakan Padang, Masakan Super Lezat yang Selalu Memikat


Siapa yang tidak menyukai Nasi Padang? Masakan Padang yang satu ini memang begitu populer. Banyak yang tidak sungkan mengakui bahwa Nasi Padang merupakan makanan yang paling enak di Indonesia. Jangan mengaku bangga menjadi warga Indonesia jika Anda belum merasakan kelezatan dari Nasi Padang. Sebab Nasi Padang adalah makanan yang paling populer di Indonesia. Tak hanya disaikan di Kota Padang saja, Nasi Padang juga ada di rumah makan Padang yang ada di seluruh Indonesia. Tak heran bukan jika Nasi Padang ini memang terkenal?

Awalnya memang makanan ini dikenal sebagai Nasi Padang. Akan tetapi lama kelamaan, penyebutan beralih menjadi makanan Padang, karena masakan ini bukan hanya soal nasi saja, namun seluruh lauk pauknya. Dan tentu saja karena rasa masakan Padang yang terkenal kaya bumbu dan sangat khas di lidah.

Tahukah Anda apa yang membuat masakan Padang bercita rasa seperti itu? Hal tersebut jelas karena sebagian besar masakan Padang melibatkan bumbu cabai pedas dan juga santan. Sebuah perpaduan berbagai tradisi masakan Indonesia, Timur Tengah, dan juga India. Tak hanya masakan Padang saja sih, hampir sebagian besar wilayah di Sumatera seperti itu. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya hidangan saus kari dan juga santan.

Karena kebanyakan warga Minangkabau beragama Islam, Anda jangan ragu, Nasi Padang tentu merupakan makanan yang halal. Menggunakan bahan-bahan halal serta dimasak dengan cara yang halal pula.

Kandungan gizi makanan Padang juga sangat kaya. Terutama protein dan lemak, yang bersumber dari daging kambing, sapi, kerbau, ungags, domba, dan tentu saja santan kelapanya. Hampir seluruh bagian dari tubuh sapi, seperti lidah, tulang rusuk, daging, babat, hati, sumsum tulang, usus, limpa, dan masih banyak lagi digunakan untuk membuat Makanan Padang yang lezat ini.

Adapun cara masaknya bisa dipanggang atau digoreng dengan menggunakan saus cabai yang pedas serta saus kari. Berbagai macam ikan pun dimasak menggunakan cara yang sama. Untuk sayuran biasanya direbus, contohnya seperti nangka muda, singkong, hingga kubis.

Restoran Nasi Padang sekarang semakin banyak. Hal ini tentu terjadi karena prospeknya yang cerah, serta penggemarnya yang juga semakin banyak. Akan tetapi, Anda jangan sampai terkecoh dengan kemunculan restoran Nasi Padang abal-abal. Iya, popularnya rumah makan Padang membuat beberapa pihak mengambil keuntungan dengan jalan yang salah. Anda harus jeli memilih restoran Nasi Padang yang asli dan berkualitas. Bagaimana cara mengenali restoran Nasi Padang yang asli?

Berikut cara mengenali restoran masakan Padang yang asli.
  • Cara menyajikan rendang. Keaslian dari resto Padang bisa ditentukan dari cara penyajian rendang. Daging rendang merupakan primadona dari Nasi Padang. Orang Padang tidak akan menyajikan rendang dengan kuah yang manis. Rendang asli memiliki rasa pedas dan asin. Hal ini karena orang Minang tidak menggunakan gula sebagai bumbu. Dan rasa manis hanya ada pada minuman.
  • Adanya sambal merah dan sambal hijau. Nasi Padang terkenal dengan sambal hijau dan merah. Sambal ini dibuat dari cabai hijau yang dicampur dengan bawang. Keduanya dimasak bersama sehingga warnanya menjadi hijau. Karakter pedasnya lebih dominan walau pun menggunakan cabai hijau. Sambal merah biasanya menjadi campuran bumbu. Ditumis dengan bahan lain sampai mengering,
  • Kuah kental gulai. Bumbu Nasi Padang yang asli tidak pernah gagal menggoyang lidah siapa pun penikmatnya. Kuah gulainya kental karena kaya akan santan dan bumbu. Untuk soal rasa, restoran Nasi Padang yang asli tidak pernah kompromi. Takaran bumbunya selalu pas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan di dalam memilih resoran Nasi Padang yang asli. Selamat makan dan semoga bermanfaat!

5 komentar:

  1. mmm nyak aku jadi kepengen udah lama ga makan padang paling suka emang sambeli ijo sama rendang duh langsung terngiang rasana :D

    BalasHapus
  2. Kujadi laper, rendang emang the best food in da world ya Teh, untung di rumah ada Restoran padang ;)

    BalasHapus
  3. Masakan Padang emang lamak bana :D

    BalasHapus
  4. Walah.. aku langsung nelen ludah deh, masakan Padang itu emang sesuatu banget. Selalu nikmat memang, bikin pengen makan terus rasanya, dan porsi jumbo pun enggak masalah kalau makan masakan Padang..

    BalasHapus
  5. favoriit aku ni mba.. paling suka sambel ijo klo aku mba. Ibarat nggak malu sama yang punya warung...makan sama sambelnya aja aku udah lahap.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)