14.11.15

Ilmu Menyimak Tangis


Kemarin pagi, di grup WA alumni kuliah, seorang teman mengirim sebuah video. Layaknya video-video yang biasa dikirim teman lainnya, saya pun memutuskan untuk skip dan tidak membukanya.

Ah, paling-paling juga video ajakan berbisnis mlm, video dubsmash, atau video lucu-lucuan lainnya. Buang-buang waktu aja. Begitu kata saya dalam hati.

Tapi, begitu hendak saya hapus, tangan kok rasanya berat banget ya. Kenapa harus di-delete langsung, gak ada salahnya kan kalo dilihat dulu. Barangkali saja berguna. Sisi hati yang yang lain berbicara.

Saya pun menuruti bisikan hati yang kedua. Saya buka dan menunggu beberapa saat hingga video ter-download sempurna.

Benar saja, bersyukur saya tidak men-delete video tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu. Sebab video tersebut SANGAT PENTING. Penting banget malah. Sehingga saking pentingnya, saya langsung forward video tersebut ke suami saya. :D

Mau tahu video apa yang saya tonton? Nih dia! Tonton sampai akhir, ya. :))


Bagaimana? Isinya penting banget, bukan, ibu-ibu? Tentu saja, sebab jika inti dari video itu diabaikan, seperti Ustadz Salim A. Fillah bilang di video itu, "bisa menyebabkab Perang Dunia Ke-3."

Sungguh, sebagai perempuan, saya merasa terwakili isi hati oleh video itu. Apalagi saya sebagai perempuan yang supercengeng. Jangankan untuk masalah besar, nonton film sedih aja nangisnya bisa seharian. Hehehehee...

Tapi setuju ya, ibu-ibu, perempuan itu memang butuh pria yang banyak mendengar. Mendengar segala keluh kesah keseharian yang heboh dengan anak-anak, kerjaan rumah atau kantor, dompet yang lagi tipis, hingga curhat ketika kalah lomba *yang terakhir mah itu saya banget*. Tanpa didengarkan, niscaya, rumah bakal selalu berantakan, pakaian selalu kotor dan kusut, makanan asin semua, dan anak-anak kucel tak terurus. Perang Dunia Ke-3 pun bisa terjadi kalo kata ustadz Salim mah. :D

Buat bapak-bapak, ayooo sediakan selalu telinga untuk mendengar segala keluh kesah istri Anda, ya. Ga mau kan kalo nanti istri Anda mencari telinga yang lain, seperti yang Ustadz Salim bilang? Hehehe… jangan sampai! Gak susah-susah kok. Cuma dengerin aja. Mau sekali, dua kali, atau bahkan seratus kali istri Anda cerita masalah yang sama, dengerin aja layaknya itu adalah yang pertama. 

“When a woman stops crying over you,
that means someone else is making her smile.”


Sebenernya, para perempuan kalo lagi nangis tahu kok bahwa nangis itu gak menyelesaikan masalah. Para perempuan juga tahu seperti apa jalan ke luar dari masalah-masalahnya. Bahkan tanpa menangis sekali pun. Tapi ya gimana, kalo hati sedang sedih, rasanya belum puas kalo nggak nangis.

Tapi, secara ilmiah, katanya nih ya, menangis itu memang sangat diperlukan. Tak cuma buat perempuan lho, laki-laki juga. Sebab menangis yang melibatkan perasaan (emosi) itu konon melepaskan hormon stres, yaitu endorfin. Ya, mungkin benar menangis itu tidak menyelesaikan masalah, tapi dengan dilepaskannya hormon stres, maka setelah menangis, kita, terutama perempuan akan menjadi lega. Selain saat menangis, hormon endorfin juga dihasilkan tubuh ketika olahraga. Itu sebabnya, meskipun tubuh kita kelelahan, sehabis olahraga tubuh kita juga merasakan kelegaan.

Katanya juga nih ya, alasan yang membuat perempuan menangis lebih sering daripada laki-laki itu karena hormon biologisnya. Perempuan memiliki 60% lebih banyak hormon prolaktin di dalam tubuhnya  daripada pria. Dan prolaktin sendiri merupakan protein yang mempengaruhi sistem endokrin, yang salah satunya dapat menyebabkan perempuan menangis lebih sering daripada pria. Perempuan juga memiliki saluran air mata yang lebih kecil dibandingkan laki-laki. Hal ini mengakibatkan air mata perempuan lebih mudah tumpah lebih terlihat daripada air mata laki-laki.

Nah… tuh! Bapak-bapak pada mau lihat istrinya terbebas dari stres? Ayo siapkan sandaran dan bahu yang nyaman buat istrinya untuk menangis sampai tuntas. Jangan bilang kalo menangis itu gak menyelesaikan masalah lagi, ya? Yuk praktikan ilmu menyimak tangis seperti yang diceritakan ustadz Salim A. Fillah di atas. Biar rumah tangga selalu rukun dan harmonis. Setuju?

Referensi: http://www.storypick.com/facts-about-tears/

24 komentar:

  1. Aku liat video ini di fb. Banyak temen2 yg share. Setuju banget sama isi video ini. Tapi sih, kalo suami ternyata gak punya skill ini ya gak usah kecewa, masih ada yg Maha Mendengar kok #sokbijak

    BalasHapus
  2. Istri nangis suami malah menghindar tuch sakitnya di sini *nunjuk mata yg makin bengkak gara2 nangisnya lebih lama* hihi

    BalasHapus
  3. Wah. Makasih banget ya Mbak Nia sudah dishare ini postingan... Bermanfaat banget Mbak :)

    BalasHapus
  4. Kayaknya semua uneg2 aku ceritain ke suami, baik yg maha dahsyat maupun yg gak penting2 banget, termasuk perang nyinyir ibu2 hihihiii.... Tapi entah masuk ke pikiran suami atau cuman lewat. Saya sih nggak peduli responnya, yg penting persoalan udah dimuntahin semua kesitu wkwkkk... Aku termasuk jarang nangis, paling sering nangis waktu sholat atau tidur. Jadi suami aman. Halagh

    BalasHapus
  5. saya termasuk pendengar yang baik, sebab saya juga ingin di dengarkan. Bukan yang di dengar tapi gak peduli. Sering banget nih T_T)

    BalasHapus
  6. Harusnya dibaca bapak2 nih :D kalau saya sih gak nangis, tapi cerewet :D

    BalasHapus
  7. duh suamiku pendiem nech...bisa ga ya?

    BalasHapus
  8. Teh, aku malah dapat video ini dari suamiku. Beliau emang selalu menyediakan waktu, telinga, dan bahunya untukkku. Makanya aku selalu memujanya. :)

    BalasHapus
  9. aku lbh sering nangis pas waktu abis sholat maak *eyak, di dpn suami jg pernah, cm dibiarin aja, soalnya kalok ditanyain percuma jg sih, aku gk mau jawb, jd biasanya keesokan harinya baru ditanyain dan langsung aq jwb.

    BalasHapus
  10. ak dah liat tuh videonya, lumayan viral, emang bagus

    BalasHapus
  11. Aku kalo nangis biasanya diem-diem, ngumpet di kamar atau kamar mandi :D

    BalasHapus
  12. Iya..aku juga suka langsung pingin delete video yg dikirim ke group whats app... video salim fillah ini belum pernah dapat kayaknya aku

    BalasHapus
  13. Makasih Mak Nia Video yg dilampirkan dalam postingan, saya baru liat. Mantap yah Ustadz Salim A Fillah ini. Semoga mengetuk hati jiwa2 yg belum peka, eh terbuka :)

    Amin :D

    BalasHapus
  14. Hahahahaha mencari telinga yg lain berarti cari selingkuhan yaaaa :3

    BalasHapus
  15. Saya jd ingat kalimat dr sesobek koran tempo dl, " menangis menangislah, tak perlu takut utk menangis. ..

    Eniwei, saya termasuk org yg susah utk nangis di depan orang lain, bhkn di depan suami

    BalasHapus
  16. Wah, ternyata begitu ya. Hehehe.
    Saya kalau nangis sering malu di depan orang- orang, makanya kalau nangis dipundaknya bantal :D

    BalasHapus
  17. Saya juga dapat video ini dari grup wa. Trus suamiku tak suruh nonton. Aku jadi melow sendiri deh...

    BalasHapus
  18. nah tuh suami, sediakan sandaran untuk para istrinya.

    BalasHapus
  19. Mbak Nia, aku share ya...terima kasih banyak

    BalasHapus
  20. bearti kita bener-bener menjadi sandaran bagi istri kita walaupun berkeluh kesah terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iya dong ah. Hihihihiii
      Maaf, nunut di sini komentarnya.
      Komunikasi itu kunci utama berkelompok (termasuk membina keluarga). Kalau tdk tersedia waktu dan telinga di rumah, tak heran jika curhat di kantor, di facebook... Krn itu CARA penyampaian yg bisa dilakukan. Dari berbagi telinga ini, lama2 berbagi bibir, trus berbagi hati. Selingkuh deh.... Mau diselingkuhi pasangan? ;)

      Hapus
  21. saya pernah dapat video tersebut mba, dan memang ya mungkin wanita terlahir, kalo ada masalah pasti nangis... wong saya mah dibentak suami aja nangis hehehe...

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, aku sama suami terbuka banget mulai dari hal gak penting bgt sama yg top secret. Rasanya lebih aman dan nyaman krn gak ada yg disembunyikan dr pasangan. Jd udah gak kepikiran bwt curhat sm orang lain, apalagi nangis pasti sama suami :))

    BalasHapus
  23. videonya belum bisa di tonton nih, nanti balik lagi deh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)