29.12.23

Ingin Pasang CCTV di Dalam dan Luar Rumah? Ketahui Perbedaannya!

Foto : https://unsplash.com/photos/white-security-camera-at-daytime-z1uDmJx3ZEQ

Peningkatan keamanan dan perlindungan rumah serta lingkungan menggunakan kamera keamanan merupakan pilihan yang sangat bijak. Ketika memilih perangkat dari rekomendasi CCTV, Anda perlu mengetahui perbedaan fungsi perangkat berdasarkan lokasi penempatannya agar tidak salah pilih atau salah pasang. 

Kamera CCTV terbagi menjadi dua jenis berdasarkan fungsi dan lokasi penempatannya, yaitu CCTV untuk di luar ruangan dan untuk di dalam ruangan. Jika Anda memilih AI camera untuk dipasang di dalam dan luar rumah Anda, maka Anda perlu mengetahui perbedaan signifikan antara kedua jenis kamera tersebut. 

Perbedaan CCTV di Dalam dan Luar Rumah

Pemilihan CCTV yang tepat untuk di dalam atau luar rumah sangat penting agar perangkat bekerja sesuai fungsi dan mencapai tingkat keamanan yang optimal. Berikut ini beberapa perbedaan kamera CCTV di dalam dan luar rumah.

1. Daya Tahan

CCTV untuk di dalam rumah umumnya tidak dilengkapi dengan kemampuan daya tahan terhadap cuaca sekuat kamera CCTV untuk luar rumah. Kamera ini lebih terfokus pada fungsionalitas dalam kondisi lingkungan rumah yang lebih terkontrol. Sedangkan untuk penempatan di luar rumah, Anda bisa menggunakan rekomendasi CCTV outdoor yang memiliki konstruksi material serta memiliki sertifikasi IP 67 sehingga tahan terhadap cuaca ekstrim seperti hujan, debu, dan panas. 

2. Ukuran dan Desain

Kamera luar rumah dirancang dengan ukuran dan desain yang lebih besar dibanding kamera dalam ruangan, atas pertimbangan fungsi kamera sebagai alat pencegah bahaya kejahatan. Desain CCTV dibuat dengan pertimbangan material yang kuat dan tahan terhadap cuaca luar rumah yang bisa menjadi sangat ekstrim. Sedangkan pada AI camera CCTV yang terpasang di dalam rumah cenderung memiliki desain dengan pertimbangan estetika. Jenis ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil, bobot lebih ringan, dan ringkas. 

3. Instalasi dan Konfigurasi Pemasangan

Pemasangan CCTV indoor lebih sederhana dan Anda bisa melakukan konfigurasi sendiri. Sedangkan pemasangan kamera keamanan luar ruangan cenderung lebih rumit dan membutuhkan teknik khusus, seperti melindungi kabel agar terpasang dengan tepat dan meminimalisir orang yang berniat memotongnya.

4. Fitur yang Tersemat

Meski fungsi kamera keamanan secara umum sama, yaitu sebagai perangkat keamanan di lingkungan tertentu, namun fitur yang tersemat dalam kedua jenis kamera tersebut berbeda. CCTV outdoor bekerja di area yang lebih luas dan terbuka dengan kondisi pencahayaan yang berubah-ubah. Biasanya jenis CCTV outdoor dilengkapi dengan teknologi infra merah dan fitur night vision sehingga mampu melakukan perekaman dengan hasil lebih baik meski dalam kondisi minim cahaya di malam hari. AI camera CCTV indoor biasanya menggunakan kamera fisheye untuk menghasilkan cakupan gambaran lebih lebar. Beberapa jenis CCTV indoor juga dilengkapi dengan ventilasi udara untuk membuang suhu panas pada bagian chipset.

5. Lokasi Penempatan

Perbedaan paling mencolok dari kedua jenis CCTV tersebut adalah lokasi penempatannya. Kamera keamanan jenis luar ruangan dipasang di area luar bangunan rumah atau tempat bisnis Anda sebagai sistem keamanan terhadap lingkungan properti. Sedangkan kamera keamanan indoor digunakan sebagai perangkat yang ditempatkan di dalam rumah atau properti Anda. Biasanya rekomendasi CCTV ini ditempatkan di ruang tamu, koridor kamar tidur, ruang makan, garasi, atau ruang penyimpanan barang berharga.

Tips Memilih CCTV Berkualitas untuk Dipasang di Dalam dan Luar Rumah

Foto : https://unsplash.com/photos/white-security-camera-on-post-zBTYRFCeaS0

Memilih CCTV yang tepat untuk penggunaan di dalam dan luar rumah memerlukan pemahaman mendalam akan kebutuhan spesifik dan karakteristik lingkungan. Agar Anda tidak salah memilih jenis CCTV yang akan digunakan, berikut ini beberapa tips memilih CCTV berkualitas yang Anda butuhkan.

1. Pertimbangkan Resolusi Kamera

Pilih kamera CCTV dengan resolusi tinggi untuk mendapatkan gambar yang jelas dan tajam. Resolusi yang tinggi memungkinkan identifikasi detail yang penting, terutama pada jarak pandang yang lebih jauh. Kini tersedia AI camera yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan dan dukungan fitur canggih seperti kamera beresolusi tinggi.

2. Siapkan Lokasi dan Titik Pemasangan

Tentukan jenis kamera yang dibutuhkan, dalam atau luar rumah. Selanjutnya Anda perlu mengidentifikasi titik pemasangan yang strategis dan prioritas, agar kamera keamanan mampu bekerja secara optimal sesuai fungsinya. Perhatikan area pandang dan kemungkinan adanya blind spot yang memberi kesempatan oknum kejahatan melakukan aksinya.

3. Fitur Canggih

Pilih rekomendasi CCTV dari kedua jenis yang Anda butuhkan yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dengan fitur-fitur seperti kemampuan perekaman di malam hari atau kondisi minim cahaya. Fitur ini akan menghasilkan gambar yang tajam, jelas, dan tidak noise. Selain itu, dibutuhkan pula fitur yang mampu melakukan deteksi gerakan mencurigakan dengan akurat, sistem alarm, serta notifikasi kejadian mencurigakan yang terhubung ke perangkat seluler Anda. Fitur canggih tersebut memungkinkan Anda melakukan respon cepat dan upaya pencegahan jika terjadi kondisi yang mencurigakan. 

4. Terintegrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya

Pastikan Anda memilih AI camera CCTV yang dapat terintegrasi dengan sistem keamanan lain yang juga terpasang di rumah Anda, seperti alarm dan sensor penguncian pintu. Melalui beberapa perangkat keamanan yang terintegrasi dan digunakan sekaligus, sistem keamanan rumah Anda semakin meningkat.

5. Kapasitas Penyimpanan dan Cloud

Pastikan rekomendasi CCTV yang Anda pilih memiliki kapasitas penyimpanan hasil rekaman yang memadai dan memiliki opsi untuk penyimpanan di cloud. Penyimpanan cloud digunakan sebagai cadangan penyimpanan yang dapat Anda atur secara otomatis untuk meminimalisir risiko kehilangan hasil rekaman.

Rekomendasi CCTV Terbaik untuk Dipasang di Dalam dan Luar Rumah

Memilih CCTV yang tepat untuk di dalam dan luar rumah memerlukan pertimbangan cermat terhadap kebutuhan spesifik dan lokasi penggunaan. Kini tersedia rekomendasi CCTV dari Hikvision AcuSense yang bisa Anda pasang di luar rumah untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan rumah Anda.

Hikvision AcuSense dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan terbaik, salah satunya adalah memiliki sistem penyimpanan yang sangat efisien karena punya sistem kategori hasil rekaman. Anda bisa bekerja lebih cepat ketika melakukan analisa dan pemeriksaan hasil rekaman CCTV.

Sekarang saatnya Anda memilih jenis yang tepat sesuai rekomendasi CCTV di atas. Hikvision AcuSense merupakan perangkat keamanan canggih sesuai kebutuhan perlindungan dan sistem keamanan masa kini. Anda bisa mendapatkan informasi produk terkait selengkapnya di sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)