5.5.23

Ingin Otak-atik Pesawat? Berikut Pilihan Sekolah Terbaiknya!

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/person-controlling-flight-simulator-3862634/

Jika mendengar istilah dunia penerbangan atau pesawat, apa yang pertama kali kamu pikirkan? Mungkin hal pertama yang akan kamu pikirkan adalah pilot. Memang wajar jika kamu memikirkan hal tersebut, karena pilot menjadi salah satu pekerjaan yang cukup populer terutama di kalangan anak-anak muda. 

Namun perlu kamu ketahui bahwa sebetulnya dunia kedirgantaraan itu lebih luas dari yang kita bayangkan. Untuk dapat menjadi seorang pilot atau pramugari tentu perlu dipelajari di sekolah khusus yang disebut dengan jurusan Aeronautical atau Aerospace Engineering. 

Untuk bersekolah di jurusan tersebut memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun dengan pengajuan KTA kamu dapat mewujudkannya. 

Apa Itu Jurusan Aerospace & Wujudkan dengan Pengajuan KTA

Teknik dirgantara atau aerospace adalah ilmu yang yang mempelajari ilmu tentang segala sesuatu yang terkait dengan atmosfer atau luar angkasa. Seperti struktur & rancangan pesawat, teknik kendali terbang, navigasi, fisika terbang dan masih banyak lagi. 

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua orang dapat masuk ke jurusan yang satu ini. Dikarenakan jurusan tersebut merupakan jurusan yang dikategorikan sebagai jurusan prestige yang tingkat  kesulitannya tinggi. 

Tetapi jika kamu merasa memiliki ketelitian dan keingintahuan yang tinggi, jurusan ini mungkin cocok untukmu. 

Hal lain yang dapat mengindikasikan cocok atau tidaknya kamu untuk mengambil jurusan ini adalah jika kamu menyukai beberapa hal berikut ini.

Segala hal yang berkaitan dengan dunia pesawat

  • Astronomi
  • Sistem pemrograman komputer
  • Bidang design
  • Kreatifitas tinggi
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
  • Memiliki pola pikir yang kritis
  • Menyukai matematika
  • Daya imajinasi yang tinggi

Jurusan Aerospace Engineering ini untuk pertama kalinya diperkenalkan pada akhir abad ke 20. Dan tokoh yang berhasil membuat dunia penerbangan semakin meroket adalah George Cayley. Beliau adalah sosok dibalik munculnya metode lift dan drag yang digunakan dalam pembuatan pesawat terbang.

Apa Saja yang Dapat Kita Pelajari di Jurusan Ini?

Jika kamu berniat untuk memilih jurusan ini, sudah saatnya kamu mengetahui tentang apa saja yang nantinya akan dipelajari selama bersekolah di jurusan ini. Materi yang akan kamu dapatkan diantaranya adalah teknik pemesinan pesawat terbang, material pesawat hingga metode manufakturnya.

Terdapat beberapa materi yang cukup menantang di jurusan ini yaitu menguasai fisika & matematika hingga tahap lanjutan. Dari mata kuliah tersebut, kamu dapat belajar untuk merancang sebuat pesawat terbang dengan akurat. Karena dalam dunia pesawat terbang, akurasi merupakan hal yang sangat penting. 

Maka tidak perlu heran jika kamu menemukan lebih dari 50% mahasiswanya merupakan matematikawan. Itu karena mahasiswa di jurusan ini diharuskan dapat menghitung segala kemungkinan dengan tepat.

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/high-angle-view-of-a-man-256381/

Keuntungan Menjadi Aerospace Engineer

Menjadi seorang Aerospace Engineer memang menjadi pekerjaan yang dinilai sangat menguntungkan. Berikut ini keuntungan menjadi seorang Aerospace Engineer:

  • Tawaran Gaji dan Bonus yang Kompetitif

Rata-rata gaji seorang Aerospace Engineer sekitar $104.000 atau sekitar Rp1,5 Miliar per tahunnya. Besaran penghasilannya pun tidak selalu sama, karena dipengaruhi oleh lokasi geografis, tingkat pendidikan, penempatan divisi pekerjaan, hingga lamanya pengalaman bekerja. 

Untuk mendapatkan gaji yang lebih kompetitif, Aerospace Engineer juga bisa mendapatkan berbagai tunjangan lain tergantung peran dan status pekerjaannya. 

  • Dapat Menciptakan Teknologi Baru

Aerospace Engineer juga bertugas untuk merancang dan menguji teknologi yang inovatif. Dengan begitu, industri penerbangan dapat semakin berkembang.

  • Bekerja dengan Pesawat

Aerospace Engineer juga dapat membantu meningkatkan sistem transportasi udara untuk komersial maupun pemerintah. Merancang pesawat dengan tujuan tertentu.

  • Keamanan Bekerja

Prospek kerja bagi Aerospace Engineer diperkirakan akan semakin meningkat karena industri pesawat terbang juga yang diperkirakan meningkat. Ini karena pesawat menjadi jenis transportasi yang memiliki keamanan tertinggi.

  • Industri yang Berkembang Pesat

Aerospace menjadi salah satu industri yang dapat berkembang pesat di sektor transportasi komersial dan militer. Dengan berkembangnya industri ini tentu prospek kerja di bidang ini juga ikut meningkat.

  • Pekerjaan yang Konseptual dan Praktikal

Pekerjaan ini menjadi sebuah profesi yang menggabungkan antara teori, perhitungan matematis dan praktik kerja langsung. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu yang menyukai desain teoretis untuk mengaplikasikannya.

  • Fleksibilitas Tinggi

Tak hanya mempelajari mengenai pesawat saja, untuk profesi satu ini juga dituntut untuk mengerti bidang lain yang berkaitan seperti teknik material, listrik, juga komputer atau permesinan.

Mahasiswa dari jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan, diantaranya:

  1. Perusahaan Manufaktur
  2. Maintenance Facilities Company
  3. Maskapai Penerbangan
  4. Perusahaan Migas

Rekomendasi Jurusan Aerospace Engineering di Kampus Kelas Dunia

Dengan mengajukan KTA yang mudah disetujui, kamu dapat bersekolah di jurusan Aerospace Engineering. Ada beberapa rekomendasi kampus dunia berkualitas yang menyediakan jurusan satu ini. Berikut ini rekomendasinya:

  • Universitas Texas – Austin

Universitas ini menyediakan program gelar aeronautika mulai dari sarjana hingga Ph.D. Biaya kuliah yang perlu disiapkan sekitar 150 juta Rupiah.

  • Universitas Illinois

Kampus ini termasuk dalam 10 besar kampus terbaik di dunia untuk jurusan Aerospace Engineering. Biaya yang perlu disiapkan adalah sekitar 200 juta Rupiah.

  • Universitas Purdue – Indiana

Kampus satu ini juga menjadi salah satu kampus dengan jurusan Aerospace Engineering terbaik di dunia. Biaya kuliahnya yaitu sekitar 150 hingga 200 juta Rupiah.

Untuk bersekolah di luar negeri khususnya untuk jurusan Aerospace Engineering memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Itu mengapa, sebelum kamu memutuskan untuk belajar di luar negeri kamu perlu menyiapkan biaya terlebih dahulu. 

Salah satu solusi yang bisa kamu dapatkan adalah dengan pengajuan KTA di DBS KTA. Dengan limit yang mencapai 300 juta Rupiah, kamu bisa bersekolah di jurusan Aerospace Engineering. Untuk informasi selengkapnya, klik laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.


24 komentar:

  1. Waaah belajarnya kudu keluar negeri ya? Di Jakarta atau Bandung nggak ada ya universitas yang punya jurusan aerospace? Kali aja salah satu anakku ada yg jadi pilot.. Aamiin

    BalasHapus
  2. wah keren banget yaa jurusan aerospace. tempat menimba ilmunya juga nggak kalah bergengsi. siap-siap nabung yang banyak buat ortu yang anaknya minat bidang ini :)

    BalasHapus
  3. Cocok nih infonya, ada saudara yang pengen daftar Aerospace Engineering tapi ya itu tadi kendala biaya. Untung sekarang mengejar mimpi bisa lebih mudah dengan mengajukan KTA yang mudah disetujui.

    BalasHapus
  4. Wah jadi ingat anakku yang punya cita-cita berkecimpung dalam dunia penerbangan, bahkan memilih masuk SMK penerbangan, sayang pas masuk PTN malah yang lulus Teknik Material, ya sudah mungkin jalannya harus berbelok dulu baru menuju ke cita-citanya. Terima kasih mak atas informasinya, jadi tahu kalau ada jurusan dengan karir yang menjanjikan dalam dunia penerbangan tidak hanya sekadar pilot, pramugara/pramugari.

    BalasHapus
  5. Di indonesia belum ada ya sekolah teknik penerbangan yg bagus? Siapa tau biayanya juga lebih murah.

    BalasHapus
  6. Wah, luar biasa ya jurusan ini
    Peluanganya bagus
    Apalagi pilihan kampus di luar negerinya juga pasti recommended ya

    BalasHapus
  7. Jujur, aku sih awam banget ya soal Aerospace Engineer ini. Gak ada bayangan sama sekali. Well karena sekolahnya juga jauh, biaya tentu gak sedikit ya. Untung bisa ngajuin KTA

    BalasHapus
  8. Wah, cita-cita anak bungsuku nih bersekolah di luar negeri. Maunya sih dapat jalur beasiswa. Keren banget kalau bisa kuliah jurusan aerospace ya. Oh ya jika ga dapat beasiswa, ya harus merogoh kocek sendiri ya teh. Solusi banget kalau pakai kredit tanpa agunan dari Digibank by DBS ini.

    BalasHapus
  9. asik ya mba semua sekarang bisa diatasi atau ada solusinya, bisa lewat KTA ya kan. Caranya juga mudah dan prosesnya cepat. limitnya juga gede nih, mayan banget

    BalasHapus
  10. Mba...itu serius biaya kuliahnya "cuma" 150-200 juta? Kok macem kuliah di dalam negeri saja? Saya kira kuliah di LN (apalagi engineering) itu muahaal lho. Atau itu biaya sekolahnya aja? Karena biaya hidup di LN pasti jg lebih mahal kan ya..

    BalasHapus
  11. Anak-anak yang pintar matematika yang bisa kuliah di jurusan Aerospace Engineering. Tapi nantinya kalo kerja juga bakal gede sih. Kalo dana belum ada bisa ngajuin pinjaman ya mbak? Semoga bagi anak yang ingin sekolah di jurusan ini memiliki dana untuk biaya kuliahnya

    BalasHapus
  12. memang sekolah pilot itu kebanyakan di luar negeri ya teh yang bagus dan fasilitasnya memenuhi

    BalasHapus
  13. Bisa banget nih yang mau kuliah di luar negeri dengan biaya tinggi, bisa pengajuan KTA ke DBS. Syarat dan ketentuannya cukup mudah. Udah gitu plafonnya gede, bisa sampai 300 juta.

    BalasHapus
  14. Bisa banget nih yang mau kuliah di luar negeri dengan biaya tinggi, bisa pengajuan KTA ke DBS. Syarat dan ketentuannya cukup mudah. Udah gitu plafonnya gede, bisa sampai 300 juta.

    BalasHapus
  15. Ternyata untuk utak-atik pesawat terbang seperti Pak Habibie, ada jurusan aerospace ya.. Kukira Teknik Mesin malah, xixixi.. Ya Allah, kudet banget saya. Biayanya lumayan banget ya, Mak, pantas saja kalau jadi salah satu jurusan yang prestigious.

    BalasHapus
  16. Wow aku baru tau nih kalau ada jurusan aerospace. menarik banget untuk anak-anak yang hobi utak atik mesin. peluang kerja nya dimasa mendatang juga cukup besar ya mba

    BalasHapus
  17. Biaya kuliah sekarang emang mahal ya, tapi semoga dimudahkan urusan para orang tua demi pendidikan anak-anaknya ya.

    BalasHapus
  18. Aerospace Engineering itu terdengar keren dan mentereng banget bagi saya.
    Ilkmu ini secara langsung juga berhubungan dengan keselamatan manusia selain berhubungan dengan mesin. Biaya kuliahnya pun gak main2 ya.

    BalasHapus
  19. wow mantap banget bisa kuliah di jurusan aerospace ini yaa, apalagi kalau lihat gaji dari pekerjaan otak atik pesawat ini, hmm . berbanding lurus lah ya dengan usaha yang dilakukan untuk menjadi seorang enjinering di bidang ini

    BalasHapus
  20. Keren ya
    Bagi yang tidak takut ketinggian bisa nih sekolah di sini
    Apalagi kalau belajar banyak soal pesawat dan angkasa di luar sana

    BalasHapus
  21. Aku pikir Jurusan penerbangan biasa, teh..
    Ternyata Jurusan Aerospace Engineering.
    Kebayang serunya tapi juga mungkin paduan antara ilmiah empiris dan teoritis yaa..

    BalasHapus
  22. Wah gajinya gede juga yaa kerja sebagai aerospace engineering, kirain udah ada di Indonesia tempat kuliahnya...rupanya harus kuliah di luar

    BalasHapus
  23. Wahh keren banget ya cocok buat yang tidak takut pada ketinggian, apalagi setelah lulus mendapatkan tawaran gaji yang sangat menggiurkan.

    BalasHapus
  24. Seru ternyata jurusan aerospace. Senangnya kalau bisa andil untuk menerbangkan pesawat ke luar angkasa. Impian banyak anak muda nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)