5.11.22

Menebar Manfaat di Sekolah untuk Bekal Masa Depan Para Siswa


Manteman, dulu waktu kecil, cita-citanya kepengen jadi apa sih? Kalo saya, dulu karena pengetahuan saya tentang profesi sangat sedikit, cita-citanya kepengen jadi dokter. Hehehe… sebuah cita-cita yang pasaran buat anak-anak jadul. Ya gimana, dulu tahunya cuma dokter, guru, astronot, artis, pedagang, petani, dan… udah, kayaknya segitu. Maklumlah di kampung, gak banyak bidang pekerjaan yang digeluti orang-orangnya.

Itu juga saya gak tahu banyak. Yang saya tahu, jadi dokter ya ngobatin orang sakit. Perkara gimana-gimananya, ya blank, gak tahu. Andai saja dulu sudah ada pengenalan profesi kayak anak-anak sekarang, pasti cita-cita saya akan lain. Dan mungkin, saya kini bekerja di bidang lain. Yang mungkin juga, berbeda dari apa yang saya kerjakan sekarang.

Ikut Kelas Inspirasi

Nah ini program yang bertujuan seperti itu. Pada tahu kan Kelas Inspirasi? Ya, sebuah program yang memperkenalkan dunia pekerjaan kepada anak-anak sekolah dasar. Program ini mengajak para profesional dari berbagai bidang pekerjaan. Mereka nanti diajak ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan pekerjaan-pekerjaan mereka.

Saya pernah ikutan Kelas Inspirasi. Tepatnya Kelas Inspirasi Bandung, di tahun 2016. Jadi waktu itu, saya masuk ke salah satu kelas di SD Pasir Kaliki, Bandung. Saya mengajar di kelas mengenai pekerjaan saya sebagai penulis, sekaligus juga blogger. Mana tahu kan, kalo salah satu dari murid sekolah tersebut yang sudah punya passion di bidang menulis jadi termotivasi untuk jadi penulis juga.

Begitu juga teman-teman saya yang lain. Yang jadi dokter, mereka memperkenalkan profesi mereka. Yang jadi penyiar radio pun begitu. Dan yang lain-lainnya juga. Alhamdulillah, anak-anak sekolah sangat antusias dengan apa yang diperkenalkan kami saat itu.


Apa sih tujuan dari program yang dilakukan seperti Kelas Inspirasi? Salah satunya ya memperkenalkan dunia pekerjaan. Supaya anak-anak sekolah mengetahui bahwa jenis pekerjaan itu banyak. Mereka bisa menjadi apa pun yang mereka mau sesuai dengan minat dan bakat mereka. Jadinya, apa yang terjadi pada saya dulu waktu kecil, yang pengetahuan mengenai profesi sangat terbatas, bisa dihindari. Dan tentunya, dengan mereka tahu macam-macam profesi, mereka yang termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, karena mereka jadi terpacu untuk mencapainya.

JNE Goes To School

Ngomong-ngomong tentang Kelas Inspirasi yang mendatangi sekolah-sekolah, JNE juga melakukan hal yang sama. Namanya JNE Goes to School. Sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) dari JNE yang sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu.

Di tahun ini, JNE Medan yang melakukannya. Tidak hanya di Kota Medan, program JNE Goes to School ini juga sudah di lakukan di berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Utara. Dan ya, di program ini, JNE Medan mendatangi para pelajar di berbagai sekolah, guna memberikan motivasi.

JNE Goes to School di Medan beberapa waktu yang lalu, berlangsung pada Kamis, 27 Oktober 2022. JNE Medan menyambangi Pondok Pesantren Darularafah Raya, yang beralamat di Jl. Berdikari No. 1 A Desa Lau Bakeri, Sampe Cita, kec. Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan JNE Goes to School dibuka oleh Misdan, yang merupakan Musyrif Pesantren Darularafah Raya

“Saya mewakili Pesantren Darularafah Raya, mengucapkan banyak terimakasih kepada JNE Medan. Semoga ada kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat kita adakan bersama. Santri-santri kami begitu bersemangat mengikuti kegiatan ini, semoga apa yang disampaikan oleh pemateri dari JNE dapat memotivasi mereka untuk lebih giat lagi belajar dan mengembangkan diri." 

Motivasi untuk Para Santri

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari pihak JNE, yakni Pak Fikri Alhaq Fachryana, yang merupakan Kepala Cabang JNE Medan menyinggung mengenai siswa kelas 3 yang sudah harus menetapkan visi, menyusun misi, dan juga membangun target-target dalam hidup. Menurut beliau, hal tersebut supaya para siswa bisa menjalani kehidupan yang bahagia.

Pemateri lainnya, yakni Pak Muhammad Arif Taufik, yang merupakan Human Capital JNE Medan, menjelaskan mengenai siswa yang bahagia tersebut. Menurutnya, siswa yang bahagia itu adalah mereka yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan juga kecerdasan emosi (EQ) yang baik dan seimbang. Jadinya mereka tak hanya pintar, tetapi juga punya sikap dan tingkah laku yang baik.


Program-program CSR JNE Medan Lainnya

Selain CSR JNE Goes to School beberapa waktu yang lalu, JNE Medan juga punya banyak kegiatan CSR yang lainnya. Kesemua yang dilakukan tentu saja memberi manfaat banyak untuk para pihak yang terkait. Terutama pihak yang disasar program CSR tersebut. Seperti apa yang diungkap Pak Fikri Alhaq.

Ya, Pak Fikri berharap bahwa semua kegiatan CSR yang dilakukan JNE bisa memberi manfaat dan membawa keberkahan. Baik itu untuk keluarga besar JNE, maupun masyarakat sebagai penerima manfaat. 

  • Program-program CSR J|NE Medan tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Program Rumah Tahfidz JNE-DT Peduli Sumut
  • Program 12 Sanggar Genius JNE – Yatim Mandiri bagi yatim dan dhuafa,
  • Program Pelatihan Design Grafis JNE – IZI Sumut
  • Program Tanggap Bencana Tagana JNE Medan
  • Program Sekolah Bisnis UMKM
  • Program JNE Goes to School dan Campus

“Sesuai dengan tagline Connecting Happiness yang berarti mengantarkan kebahagiaan, yang memiliki arti dan makna yang luas bukan hanya tentang pengiriman paket saja, namun JNE dalam berbagai aspek di setiap kehidupan masyarakat.” 

~ Fikri Alhaq Fachryana, Kepala Cabang JNE Medan

Keren, Ya!

Hmmm… apa yang dilakukan JNE di program CSR, JNE Goes to School ini sangat bagus. Memberi manfaat yang banyak bagi para siswa di sekolah-sekolah yang didatanginya. Sebab selain memberi motivasi, JNE juga memberikan pelatihan-pelatihan yang bisa menambah skill dan wawasan siswa. Dan ini bisa jadi modal  bagi para siswa tersebut yang jika dikembangkan mungkin bisa jadi sumber mata pencaharian di masa depannya.

Semoga deh, CSR yang seperti ini akan semakin banyak. Semakin banyak sekolah dan siswa yang didatangi, akan semakin banyak pula manfaat yang diberikan. Dan semoga juga, CSR yang seperti ini bisa dicontoh corporat atau berbagai pihak lain. Toh jika para siswa mendapat manfaatnya, kita semua juga terkena imbasnya. Para siswa ini merupakan generasi penerus bangsa.

Salut untuk JNE. Semoga semakin berkah, semakin memberi manfaat, dan semakin bisa melakukan Connecting Happiness di berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Aamiin!


24 komentar:

  1. Aku pernah ikut kelas inspirasi juga loh Teh, tahun 2017 lalu. MasyaAllah banget JNE ini, CSR nya ada di segala bidang dan aspek

    BalasHapus
  2. Waah sepertinya seru sekali ya ikut mengajar di kelas inspirasi. By the way program JNE Goes To School ini tak kalah seru. Banyak sekali manfaat yang diberikan melalui program CSR ini

    BalasHapus
  3. Keren sekali program JNE Kelas Inspirasi Goes to School ini :) Sebagai perusahaan logistik terkemuka yang menjadi panutan, ternyata JNE juga memiliki berbagai CSR untuk memberikan manfaat, berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat di sekitarnya. Semoga berkesinambungan dan jaya selalu JNE aamiin.

    BalasHapus
  4. Saya pernah ikut kelas inspirasi juga mbak, 2014.
    Salut sama JNE yang salah satu CSR nya menyasar ke dunia pendidikan, dan terutama pesantren. Semoga makin berkah usahanya

    BalasHapus
  5. JNE ini selalu inspiratifff bgt.
    Bisa memberikan insight yg meaningfull buat oara siswa pastinya ya
    Supaya bs gapai masa depan yg gemilang 😍

    BalasHapus
  6. Wah, seru banget ya mbk Kelas Inspirasi ini. Anak abak di sekolah jadi makin tahu banyak profesi di Indonesia khususnya.
    Keren banget program JNE.. Sukses selalu untuk JNE

    BalasHapus
  7. Banyak cara untuk menginspirasi ya, saya salut dengan JNE yang mau terjun langsung memberdayakan siswa dan masyarakat binaan, semuanya saling membantu untuk bermanfaat dan membuat kehidupan masyarakat yang lebih baik...

    BalasHapus
  8. Profesi sekarang memang beragam banget ya mbaak, jadi bermanfaat banget sih adanya kelas inspirasi ini. JNE mantep banget ya, bermanfaat di segala bidang deh CSRnya :D

    BalasHapus
  9. Kayak mba Ika, aku juga ikutan Kelas Inspirasi tahun 2017, kangen jadinya pengen ikut lagi kalo ada.

    CSR JNE dengan program Goes to School seperti di pesantren ini semoga memberikan banyak manfaat. Bisa jadi bekal ya sharingnya, apalagi siswa kelas 3 yang udah mau lulus mesti menyiapkan diri.

    BalasHapus
  10. Bener² the real connecting happiness yah JNE INIIII
    SUPER LOVE dgn semua programnya
    Keren sangaattt

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah ikut inspirasi nih mba. Jadi ingin. Bagus juga apa yang dilakukan JNE memberikan motivasi ya mba untuk siswa siswa yang ada. Jadi semangat bersekolah

    BalasHapus
  12. Aku jadi salut nih sama JNE ternyata program CSRnya beragam & bermanfaat sekali untuk masyarakat. Semoga JNE goes to school ini bisa berkesinambungan ya kegiatannya supaya makin banyak siswa siswi yang terbantu.

    BalasHapus
  13. Aku pernah ikutan semacam kelas Inspirasi ini, saat pandemi mengisi kelas anak SD secara online tapi..seru banget. Memang kita bisa berkontribusi sekecil apapun untuk memajukan dunia pendidikan ya. Seperti JNE Goes to School. Sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) dari JNE yang sudah dilakukan sejak 5 tahun ini

    BalasHapus
  14. keren ya JNE ini programnya bukan cuma untuk UMKM tapi juga meluas ke pendidikan memberi motivasi untuk selalu menjadi siswa yang bahagia.

    BalasHapus
  15. Wah keren bisa ikut kelas inspirasi seperti ini
    Bisa menebarkan manfaat bagi generasi penerus bangsa ya mbak
    Salut dengan JNE

    BalasHapus
  16. Masya Allah keren ya JNE. CSR menyeluruh dan aku sangat setuju terlebih untuk pendidikan.. semoga sukses selalu

    BalasHapus
  17. wah sekarang kemeriahan kelas inspirasi udah ga kayak dulu ya mak Nia. senangnya kalau banyak korporat kayak JNE nih peduli dengan pendidikan Indonesia bahkan ke seluruh pelosok Indonesia

    BalasHapus
  18. Gak hanya keas inspirasi yaa.. tapi juga JNE Goes To School memberikan semangat bagi para santri untuk semangat menuntut ilmu dan semoga bisa menjadi manfaat untuk semua.

    BalasHapus
  19. Wah kelas inspirasi ini memang keren banget.
    Salut dengan program CSR JNE yang banyak banget dan membawa banyak manfaat untuk masyarakat luas. Semoga makin sukses dan berkah dunia akhirat untuk JNE.

    BalasHapus
  20. Waah kereen banget, emang bener cita2 waktu kita kecil standart banget perlu nih anak sekarang ikut kelas inspirasi supaya bisa prepare....gerakan JNE kereen semogaa makin jaya JNe.

    BalasHapus
  21. Bagus banget lho program JNE goes to school jadi memberi gambaran apa yang perlu siswa persiapkan selepas lulus nanti.
    membangun visi, misi, target kehidupan sejak awal bakal lebih baik. Tak hanya go with the flow

    BalasHapus
  22. Inget banget dulu banyak teman yang ikut kelas inspirasi. JNE emang mantul deh CSR-nya. Di dunia pendidikan juga menebar connecting happiness ya.

    BalasHapus
  23. Kelas inspirasi ini keren banget. Ya konsepnya, ya programnya, ya impaknya bagi anak. Mereka jadi punya pandangan lain tentang masa depan dan terpantik untuk menjadi sosok yang ia kagumi.

    BalasHapus
  24. Seru banget loh bisa begini. Bisa memberi banyak ilmu ke siswa siswi Indonesia. Siapa tau kan ilmunya terpakai dan bisa menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah terputus

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)