24.7.22

JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 di Kota Sorong


Siapa yang gak kenal dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)? Hari gini, semua pasti tahu dengan UMKM. Ya, karena sekarang, UMKM dan produk-produknya sudah banyak kita temui di mana-mana. Bahkan dalam keseharian, hampir dari setengah barang kebutuhan kita, sepertinya menggunakan produk UMKM. Dari mulai kebutuhan pangan, sandang, hingga papan. Bahkan tak hanya kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder dan tersier, kini juga kita dapatkan dari hasil para pelaku UMKM ini. 

UMKM Pilar Penting Perekonomian Negara 

Benar, UMKM kini memang sedang naik. Berbagai macam produk kebutuhan masyarakat banyak disuplai UMKM. Tak sedikit dari para ahli ekonomi yang menyebutkan, bahwa UMKM ini adalah pilar penting perekonomian negara. Salah satu penyangga ekonomi negara. Apalagi di masa resesi ekonomi akibat pandemi selama 2 tahun ke belakang. Tanpa UMKM, perekonomian negara dan rakyat bisa collapse. 

Bisa kita lihat sendiri, di masa pandemi 2 tahun ke belakang, banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang gulung tikar. Dan hanya sedikit saja, dari perusahaan besar yang kuat, yang bisa bertahan. Menurunnya daya beli masyarakat menjadi penyebab terbesarnya. Di samping memang, persentase dari rakyat Indonesia, sebagian besarnya kan menengah ke bawah. Jadinya, berbagai aneka kebutuhan sebagian besar rakyat, beralih disuplai produk UMKM.

Dukungan untuk UMKM

Fakta pentingnya peran UMKM dalam perekonomian negara tidak terbantahkan. Karenanya, untuk bisa semakin ‘naik kelas’ UMKM perlu dukungan. Perlu pendampingan. Supaya bisa survive di dalam menghadapi pasar global. Negara dan swasta wajib turun tangan. 

Kementerian Koperasi dan UMKM sendiri menargetkan, di tahun 2024, 30 juta UMKM di Indonesia harus mampu digitalisasi. Nah untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya kemitraan strategis antar-pelaku usaha lintas sektoral.

JNE adalah contoh pihak swasta yang memberi dukungan terhadap para pelaku UMKM. Perusahaan penyedia jasa logistik ini berperan besar sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital melalui berbagai pelatihan. Salah satu programnya, yakni JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022, sudah melibatkan banyak sekali UMKM. Hingga pertengahan bulan Juli 2022, JNE sudah mengajak lebih dari 100 UMKM dari 60 kota se-Indonesia di program ini. Tujuannya tiada lain dan tiada bukan, yakni mendukung UMKM untuk lebih berkembang, terutama di pasar global. UMKM Go Digital supaya bisa naik kelas.

JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Bersama UMKM Kota Sorong

Baru-baru ini, JNE Sorong yang membuat program ini. JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 bersama para pelaku UMKM di sana. Ada lebih dari 100 UMKM setempat yang ikut hadir. Untuk acara serupa, Kota Sorong ini merupakan kota ke-28 setelah kota-kota lainnya.

Narasumber di acara tersebut adalah Fredi Luhukay, yang merupakan Branch Manager JNE Sorong. Di kesempatan tersebut hadir pula Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan juga Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

Teguh Hidayat Iskandar, yang merupakan CMO Mooipapua membuka diskusi di acara tersebut. UMKM yang bergerak di bidang skincare tersebut, ternyata saat pandemi mengalami peningkatan omset. Hal ini terjadi karena pada saat pandemi, kebiasaan masyarakat yang jadi banyak di rumah. Peningkatannya omzetnya bahkan mencapai 280%, atau hampir tiga kali lipatnya. 

Mooipapua sendiri sudah berdiri sejak 2018. UMKM ini memasarkan produk yang punya 2 value, yakni eco-friendly dan social conscious. Jadinya, meskipun tidak banyak mengeluarkan cost untuk iklan, tapi karena value-nya bagus, jadinya banyak disuka. Apalagi bahan baku dari produknya yang alami dan merupakan bahan setempat, seperti buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya. Semakin cocok sajalah produk ini bagi para pelanggannya. 

Dukungan JNE bagi para pelaku UMKM diungkapkan Fredi Luhukay yang merupakan Branch Manager JNE Sorong. 

Setelah Teguh, Ratna Sari yang merupakan Owner Nami Craft ikut berbicara. Dia mengatakan bahwa dalam membangun bisnisnya di sektor kriya, itu sangat penting mengoptimalkan media sosial. Terutama untuk memasarkan produk. Ya, produksi konten yang menariknya dioptimalkan. Baik itu dari foto, hashtag, atau pun juga tagar pada copywriting yang digunakan.

Ratna juga menambahkan akan pentingnya diferensiasi di dalam memasarkan produk. 


Zamannya Kolaborasi!

Dari apa yang disampaikan di dalam acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022, entah itu di Kota Sorong atau pun kota-kota sebelumnya, tersiratkan dengan jelas bahwa kolaborasi itu penting. Masing-masing pihak yang berkolaborasi akan mendapatkan manfaatnya.

Sebagai contohnya ya JNE dengan para pelaku UMKM ini. UMKM bisa terdistribusi dengan baik aneka produknya hingga ke tangan konsumen. Sementara untuk JNE, UMKM ini bisa jadi pelanggan yang loyal. 

Dalam JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong, Fredi menyampaikan bahwa JNE Sorong sangat bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. 

Fredi juga menyampaikan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM. Misalnya saja promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Keren!

Ya, satu kata saja yang pantas diucapkan untuk acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 ini. Keren. Semua pihak mendapatkan benefit yang tak sedikit. Semoga saja, ke depannya, akan semakin banyak lagi UMKM yang berkolaborasi dan terlibat di acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022. Ah ya, setelah Kota Sorong, gelaran roadshow JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 kembali hadir di Kota Manado, yaitu pada 18 Juli 2022.

Teman-teman punya usaha atau bisnis juga? Sudah kolaborasi dengan JNE belum? Ayo berkolaborasi. Supaya UMKM yang teman-teman punya bisa semakin berkembang dan naik kelas. Yuk yuk!


24 komentar:

  1. JNE memang keren ya, nggak cuma jadi partner logistik bagi pelaku UMKM, tapi juga memberikan dukungan nyata bagi perkembangan dan kemajuan UMKM.

    btw penasaran sama produk skincare dari Mooipapua, apalagi menggunakan bahan lokal dari alam papua

    BalasHapus
  2. Dengan dukungan berbagai pihak termasuk salah satunya JNE ini, semoga pelaku UMKM go digital dan usahanya bisa berkembang sukses ke depannya. Sukses terus JNE dengan program2nya.

    BalasHapus
  3. Salut banget sama JNE yang selalu mendukung UMKM dengan cara mengadakan berbagai program kolaborasi yang bisa membantu para pemilik usaha untuk mengembangkan potensinya

    BalasHapus
  4. Salut aku mba ama JNE ini. Soalnya program mereka banyak ya. Dari waktu itu kasih ongkir gratis ke pelanggan waktu mereka ultah, penghargaan pada karyawannya terus sekarang ngajak UMKM berkolaborasi biar UMKMnya mkin meningkat dan berkembang. Sukses terus ya buat JNE ama program kecenya

    BalasHapus
  5. Dinamic Duo banget Kolaborasi JNE dengan UMKM ini, keduanya dapat saling support, sehingga UMKM pun dapat semakin berkembang dan lebih luas mengembangkan sayapnya di dunia usaha. JNE makin kereeen dengan semua program positifnya.

    BalasHapus
  6. Setuju banget ini, UMKM adalah pilar penting perekonomian negara. Buktinya di sekitarku pun UMKM yang mampu bertahan dari tsunami pandemi. Dan itu pasti berkat peran serta semua pihak termasuk dukungan dari jasa ekspedisi seperti JNE ini. Keren!

    BalasHapus
  7. Semoga dengan dukungan JNE omzet penjualan dari para UMKM lebih meningkat ya keuntungannya.Salud untuk JNE

    BalasHapus
  8. Jangkauan JNE udah luas banget. Menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Saya pun jadi bisa beli produk UMKM dari Papua. Dikirimnya pakai JNE biar aman

    BalasHapus
  9. Saya punya bisnis online juga Teh, bisnis kuliner jadi tertarik buat kolaborasi dengan JNE. Dulu waktu saya masih jualan online daster ama batik pekalongan suka pakai JNE buat ekspedisinya

    BalasHapus
  10. Hebat sekali kiprah JNE sebagai perusahaan jasa ekspedisi andal terus mendukung UMKM terutama kini di Kota Sorong, Papua Barat. Layanan dan berbagai promo terutama bagi member JLC memang yang terbaik nih. Semoga berkesinambungan dilakukan program2nya ya, sukses terus JNE dan UMKM di Sorong.

    BalasHapus
  11. JNE ini emang jadi salah satu pendukung perekonomian bangsa ya mbak
    Nggak hanya sebagai patner logistik saja
    Tapi juga ikut mengembangkan UMKM agar tetap eksis di era digital seperti ini

    BalasHapus
  12. JNE lagiii ...
    Setelah umrohin gratis, berbagi hewan Qurban, mendukung olah raga nasional kita dkk...

    Semoga JNE berkah dan makin jaya usahanya karena di barengi dengan banyak berbagi

    BalasHapus
  13. Ini JNE emang keren banget ya.. dia sudah merambah sampai Papua. Luas banget berarti kan jaringannya. Makin mempermudah UMKM untuk mengembangkan usaha nih namanya

    BalasHapus
  14. Pengen banget bisa diajakin JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 ini.

    Masih meraba ke mana akan dibawa bisnis saya ini teh Nia hehehe tapi baca ini kok jadi semangat membara lagi ya .. Semoga saja, ke depannya, akan semakin banyak lagi UMKM yang berkolaborasi dan terlibat di acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022.

    BalasHapus
  15. Sejak dulu JNE selalu peduli dengan memberikan dukungan pada UMKM. Salut banget loh, bahkan masa pandemi juga bikin event online untuk saling berbagi inspirasi dari UMKM untuk UMKM juga.

    BalasHapus
  16. JNE dari dulu deh paling komitmen membantu UMKM. Keren ya programnya tu bisa kece2 gitu dan manfaatnya berasa bgt buat masyarakat. Pantas lah kalo pada cinta sama JNE ya

    BalasHapus
  17. Semoga terus majunih UMKM.Sorong atau dimanapun berkat JNE jadi wadah untuk berkembang..

    Apalgi jadi penghantar agar produk bisa sampai ke daerah manapun y mba agar lbih dikenal via JNE

    BalasHapus
  18. Wah, Goll Aborasi Bisnis dah sampai Sorong ya, cepet juga nih kayaknya waktu itu masih di Jawa lho. Terobosan JNE untuk mengembangkan UMKM sangat menginspirasi dan tentunya berperan besar dlm pertumbuhan ekonomi mikro

    BalasHapus
  19. Acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 ini sangat menginspirasi. Dari idenya yang berkolaborasi hingga banyak UMKM yang mungkin belum berkesempatan iku acara JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 pun bisa mendapatkan manfaat dari setiap kebaikan JNE.

    BalasHapus
  20. Makin cinta sama JNE karena inovasinya selalu saja keren
    Apalagi saat ini fokus membantu UMKM
    Jadi tak sekadar jasa ekspedisi biasa saja

    BalasHapus
  21. Baca ini jadi semakin sadar kalau antara UMKM dan usaha pengiriman seperti JNE tuh simbiosis mutualisme ya. Sama-sama saling membutuhkan dan menguntungkan. Makannya, keren banget nih kolaborasi dari JNE

    BalasHapus
  22. Bener banget sekarang zamannya kolaborasi dan diferensiasi. Para umkm juga harus terus berinovasi nih supaya makin berkembang usahanya. Jne keren ya mau ngadain acara kayak di atas

    BalasHapus
  23. Salut banget deh sama JNE ini selalu ada hal-hal positif yang diciptakan. Nggak hanya partner logistik saja tapi JNE juga membantu UMKM untuk terus berkembang. Sukses selalu untuk JNE

    BalasHapus
  24. Suka banget jasa ekspedisi satu ini selalu memberikan pelayanan terbaik dan inovasi tiada henti. Sukses buat umkm Sorong

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)