20.3.22

SehatQ, Aplikasi Layanan Kesehatan Aman dan Dapat Diandalkan


Halo manteman, apa kabar? Semoga selalu sehat, ya. Alhamdulillah, saya dan keluarga, setelah ‘isoman gak resmi’ bulan lalu, sekarang kami semua sehat wal afiat. Iya, bulan lalu kami serumah, yakni saya, suami, dan 4 anak, mengalami gangguan batuk pilek dan sakit tenggorokan. Karena gangguan tersebut gak terasa parah, dan masih bisa kami toleransi, akhirnya kami memutuskan untuk isoman saja. 

Betul, diem di rumah selama hampir 2 minggu, dan gak ke mana-mana. Itu sebabnya, kami menyebutnya ‘isoman gak resmi’. Sebab memang kami gak ngecek positif atau enggaknya kami kena Covid-19. Namun di akhir masa isoman tersebut, setelah semua gejala yang terasa hilang, suami berkesempatan tes antigen. Alhamdulillah hasilnya negatif. So, kami pun sekeluarga menganggapnya ‘kami serumah sudah sembuh’.

Yang ‘Merepotkan’ Saat Isoman

Isoman beberapa waktu yang lalu tak terlalu berat. Selain karena gejala yang kami rasakan memang sangat ringan dan jauh dari saat isoman tahun lalu, juga karena kami sudah tahu triknya. Trik ini dan itu di dalam menyikapinya. 

Dulu, tahun lalu, saat kami serumah kena Covid-19 varian Delta, gejala masing-masing orang lumayan berat. Apalagi saya, semua ciri-ciri gejala varian Delta yang ada di Google, saya merasakannya. Ditambah rasa panik, semua terasa begitu merepotkan. Baik saya, suami, mama, bahkan ke anak-anak.

Ya benar, yang kami rasa merepotkan itu adalah memenuhi berbagai macam kebutuhan yang tidak ada di rumah. Makanan, minuman, dan juga obat-obatan. Untuk makanan dan minuman, beruntung kami bisa memanfaatkan aplikasi ojek online. Kapan pun butuh, kami tinggal order.

Nah kebutuhan obat yang susah. Tahun lalu kami tidak tahu dengan adanya aplikasi kesehatan. Jadinya, untuk beli obat-obatan, saya hanya bisa menitip ke kakak ipar. Padahal rumahnya jauh. Ya gimana lagi, kami butuh dengan obat-obatan tersebut. Beli sendiri kan gak bisa. Walopun suami tidak bergejala karena OTG, tapi sebagai warga negara, kami harus bertanggung jawab mencegah risiko penularan sekecil apa pun.

SehatQ, Aplikasi Kesehatan yang Bisa Diandalkan

Ini yang baru saya ketahui belakangan. Aplikasi SehatQ ternyata bisa memenuhi kebutuhan saya akan berbagai macam produk dan layanan kesehatan. Dulu saya tahunya website SehatQ. Dan itu juga tahunya SehatQ bisa untuk konsultasi kesehatan saja. Nah sekarang, di SehatQ juga bisa membeli obat. Andaikan saat isoman dulu tahu hal ini, saya pasti gakkan repot-repot nyuruh kakak ipar yang jauh untuk beliin segala keperluan obat.

Aplikasi SehatQ

Iyes, di SehatQ berbagai macam obat tersedia. Kita bisa order langsung di sana. Kita bisa memilih sendiri toko yang paling dekat dengan rumah kita. Supaya pengantarannya bisa cepat. Itu makanya, saat kita bikin akun, SehatQ meminta akses lokasi kita. Ya ini tujuannya, supaya kita bisa dicarikan berbagai layanan dan produk SehatQ dengan yang paling dekat dengan rumah kita.

Selain bisa beli obat, di SehatQ juga kita bisa mendapatkan banyak layanan kesehatan. Bisa chat dengan dokter serta bisa cari info berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Mau konsultasi dengan dokter umum atau dengan dokter spesialis, bahkan dengan psikolog, bisa banget. Realtime, dengan harga yang beragam. Bahkan ada yang mulai dari harga Rp5 ribu rupiah saja. Dan itu tadi, kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan juga dekatnya lokasi kita.

Beneran deh, SehatQ ini bisa jadi andalan kita banget. Apalagi di masa kayak sekarang yang menuntut kita untuk tak banyak ke luar rumah. Tak hanya dalam mengefektifkan waktu, tetapi juga supaya kita lebih aman dan nyaman, serta terhindar dari risiko penularan covid-19. Toh pandemi masih belum berakhir. Kita tidak tahu juga seperti apa ancaman yang merongrong kita saat ke luar rumah. Jika pun ke luar rumah, dan harus menemui dokter via SehatQ, kita sudah booking waktu juga. Semua jadi lebih praktis, lebih efisien, dan lebih aman.

Beneran Aman?

Ini yang sempat kepikiran. Apakah bertransaksi layanan dan produk di SehatQ aman? Misalnya nih, saya berkonsultasi tentang penyakit yang mungkin menurut saya ‘aib’ dan ‘memalukan’. Apakah kerahasiaannya terjaga? Terusnya, kalo saya belanja melalui SehatQ, apa data-data pribadi dan data keuangan saya aman? Dan apakah produk yang saya beli sudah pasti saya dapatkan?

Untuk pertanyaan-pertanyaan seperti itu, saya mencoba bersikap logis saja. Mengenai kerahasiaan informasi kesehatan kita saat berkonsultasi, saya kira pasti aman. Tempat kita berkonsultasi kan dokter-dokter yang sudah profesional. Mereka sudah berpengalaman dan juga sudah disumpah sebagai dokter. Salah satu etikanya ya tidak sembarangan mengumbar informasi mengenai pasiennya ke pihak lain yang tidak ada hubungannya dengan pasien tersebut. 

Salah satu dokter di SehatQ

Ada pun untuk keamanan data-data pribadi, misalnya nomor KTP atau data keuangan, ada baiknya kita yang lebih berhati-hati. Misalnya dengan selalu waspada saat memasukkan nomor-nomor tersebut. Pastikan kita inputnya langsung di website SehatQ.com atau aplikasinya. Dan bukan melalui link pihak ketiga. Sebagai contoh, arahan yang menggiring kita untuk klik link tertentu yang mungkin mencoba masuk untuk membajak data-data kita. Langsung di aplikasi SehatQ jauh lebih aman.

Selain di aplikasinya, cara yang bisa dilakukan juga dengan memilih cara pembayaran yang membuat kita nyaman. Misalnya jika kita takut membayar dengan kartu kredit, ya pilih saja pembayaran melalui e-wallet atau virtual akun. Toh nanti saat pembayarannya, akan ada konfirmasi lagi. 

Kemudian untuk barangnya bagaimana? Apakah benar-benar akan sampai ke tangan kita? Ini sih mudah sekali untuk mengetahuinya. Cari saja orang-orang di sekitar kita yang sudah pernah bertransaksi. Saya sih, kebetulan sudah banyak teman yang mencobanya. Bahkan sudah berlangganan. Atau juga bisa lihat testimoni dari yang sudah pernah membelinya. Bisa dicari di Google atau di aplikasinya. Ah iya, di sana juga ada tokonya. Bisa dilacak juga kan pemesanannya?

Kudu Dicoba!

Pemanfaatan kecanggihan teknologi sudah bukan lagi pilihan alternatif. Sebab dari hari ke hari, ada saja kemajuannya. Satu demi satu tergeser fungsinya oleh yang baru. Karena kepraktisan, keefektivan, dan keefisienannya. Itu sebabnya, inovasi seperti penggunaan aplikasi sudah harus mulai kita pakai. Salah satunya ya aplikasi pelayanan kesehatan seperti SehatQ.

Jangankan sekarang ketika terjadi masa pandemi yang membatasi segala langkah kita. Ke depannya pun, saat pandemi sudah hilang, penggunaan aplikasi SehatQ rasanya akan tetap perlu. Bahkan bisa jadi andalan. Ya itu tadi, karena kepraktisan, keefektivan, dan keefisienannya. 

Benar, saya dan teman-teman harus mencobanya. Supaya ke depannya, saat ada teknologi yang lebih mutakhir, kita tidak gaptek. Toh nanti, saat semua sudah beralih ke dunia metaverse, aplikasi seperti ini sudah bukan lagi barang yang baru. Semua akan jadi ‘santapan’ kita sehari-hari.

Well…

Aduh, kok aku malah jadi ngomongin ke mana-mana. Dari yang asalnya ngomongin susah dapat obat saat isoman, malah ke dunia metaverse. Hehehehe, maaf. Tapi ya memang begitu ya, hidup kita sekarang memang harus sudah serba praktis. Semua harus bisa diselesaikan dengan kecanggihan teknologi. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Teman-teman sudah pada nyoba SehatQ? Untuk yang belum, yuk dicoba. Langkah awalnya, dengan install aplikasinya di Play Store atau Google Store. Setelah itu buka akun di sana. Gampang kok buka akunnya. Nanti teman-teman aku dipandu langkah demi langkahnya. Tak hanya saat buka akun, saat akan booking layanan kesehatan atau beli obat juga begitu. Mudah dan praktis. Ikuti saja alur dan panduan yang diberikan di aplikasinya.

Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat dan sehat-sehat selalu!

24 komentar:

  1. Kalau badan udah sehat ngomong ke mana-mana yuk aja mbak, termasuk bahas metaverse hehehe... Nah kalau sakit harus berupaya untuk sehat kembali, upayanya bisa lewat sehatQ, konsultasi dokter maupun beli obat di sana

    BalasHapus
  2. aplikasi kesehatan SehatQ muncul di saat yang sangat tepat banget yah Teh,
    Ketika kita lagi butuh kepraktisan karena harus di rumah aja, jadi pengen cobain nih Teh.

    Semoga Teteh sekeluarga sehat terus yah Teeeh!

    BalasHapus
  3. Membantu banget ya mba aplikasi SehatQ ini..jadi misal darurat nggak bisa kemana-mana, tinggal pegang hp dan order-order atau konsultasi dari rumah. Eh, ini hemat juga ya karena konsultasi dokternya cukup murah.

    BalasHapus
  4. Rejekinya kita ya mba, yang hidup dengan segala kemudahan dan semua bisa dihandle dengan aplikasi. Pastinya keberadaan aplikasi kesehatan seperti SehatQ ini membantu banget, terutama pas kondisi darurat

    BalasHapus
  5. Super bahagia karena banyak banget aplikasi berbasis digital yg bisa kita manfaatkan dgn baik, ya.
    kayak SehatQ ini, sangat berfaedah sekaliiii

    BalasHapus
  6. Kemarin juga saat kedua anakku mengalami Covid aku konsultasi dengan dokter yang ada di SehatQ. Wah,terbantu sekali.Apalagi kondisiku panik harus melakukan apa ya. Berbagai petunjuk dan resep obat aku dapatkan

    BalasHapus
  7. Masya Allah sekarang tuh kemudahan beneran ada dalam genggaman ya teh, kita bisa manfaatkan aplikasi ini untuk pantau kesehatan dan juga kalau lagi ada dalam keadaan darurat.

    BalasHapus
  8. Semenjak ada teknologi, sekarang apa-apa lebih mudah. Kaya pas isikan, dah paling bener pakai aplikasi layanan kesehatan buat tanya-tanya dulu sama dokter. Jadi bisa tetap tertangani

    BalasHapus
  9. Aplikasi semacam SehatQ ini memang dibutuhkan banget disaat kayak sekarang teh. Jujur, aku itu mager banget kalau lagi nggak enak badan. Kalau ada aplikasi SehatQ gini bisa konsul sama dokter tanpa harus keluar rumah, udah gitu bisa langsung tau obatnya apa. Bener-bener praktis.

    BalasHapus
  10. Pas isoman kita ga bisa leluasa keluar, terus butuh obat dan vitamin yang terbaik, melalui sehatq semua itu bisa dengan mudah kita dapat ya

    BalasHapus
  11. Wah ini sih aplikasi layanan kesehatan yang bener2 aman dan nyaman, ga perlu khawatir lagi keaslian kalo beli obat, dokternya dll.
    Trus dipermudah juga metode pembayarannya banyak pilihan bisa pake dommpet digital . Hidup makin simple.

    BalasHapus
  12. Sekarang gak perlu repot lagi ya kalau mencari informasi tentang kesehatan, tinggal download appsnya dan bisa cari informasinya dengan cepat. Orang kitakan lebih sering menggenggam handphonenya jadi bisa mencari info dimana saja ya.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ikut senang kak Nia sekeluarga sudah sehat kembali. Semoga sehat selalu ya kak. Memang aplikasi SehatQ sangat membantu di saat sakit atau membelikan obat untuk keluarga atau teman yang rumahnya jauh dari kita.

    BalasHapus
  14. Aplikasi SehatQ ngebantu banget saat pandemi, karena ketika musibah sakit datang dan seluruh anggota keluarga terdampak, bakal susah kalo mesti ke klinik. Dengan kemudahan digital sekarang ini, aplikasi untuk pesan obat atau konsultasi dokter bisa membantu untuk menentukan obat

    BalasHapus
  15. Waah lumayan banget ya mbak aplikasi sehatku ini. Bisa untuk beli obat tidak hanya konsultasi dokter saja. Obat pun diantar ke rumah. Bermanfaat banget buat kita yang lagi isoman, saudara jauh tapi butuh beli obat

    BalasHapus
  16. Belanja kebutuhan medis atu kecantikanmelalui SehatQ aman ya kak. Bisa chat dengan dokter juga untuk konsultasi kesehatan.

    BalasHapus
  17. Dimasa pandemi ini, aplikasi kesehatan seperti ini bermanfaat banget deh. Apalagi kalau tiba-tiba ga enak badan dan butuh konsultasi dokter. Terutama pas isoman kemarin duh beneran membantu

    BalasHapus
  18. Teh, kemarin aku pun demam dan gak enak banget buat ngapa-ngapain. Tapi ciri lain gak ada, jadi akupun isoman gak resmi kaya teteh.
    Alhamdulillah, sangat terbantu sekali ketika membeli dan melihat rekomendasi vitamin dari aplikasi SehatQ.

    BalasHapus
  19. iya mbak, sama deh, saya juga pengguna aplikasi Sehatq karena informasi kesehatanya banyak dan bermanfaat banget buat saya yang belum bisa kemana-mana, ketika anak sakit, biasanya saya membaca seputar kesehatan dan info obatnya.

    BalasHapus
  20. Jadi terbantu ya Mak dengan aplikasi SehatQ
    Bikin ga khawatir kalau misal ada keluhan apapun di rumah

    BalasHapus
  21. Waktu isoman kemarin saya full konsultasi melalui sehatQ, kemudian tebus obat juga langsung dari sana. Kalau dipikir-pikir, jaman sekarang fasilitas kesehatan makin beragam, yang online gini pun semakin komplit fitur-fiturnya dan sangat membantu pasien.

    BalasHapus
  22. Sehat selalu Teh Nia dan keluarga...lewat sudah masa isomannya ya
    Sepakat jika hidup kita sekarang memang harus sudah serba praktis ya, berkat kecanggihan teknologi. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan bisa memanfaatkan SehatQ aplikasi kesehatan aman dan dapat diandalkan:)

    BalasHapus
  23. Benar sekali pas isoman jadi ribet kalau mau ke dokter atau nyari obat. Untung ada layanan kesehatan online kayak SehatQ ya mbak. Alhamdulillah

    BalasHapus
  24. Kalau ada aplikasi seperti sangat memudahkan mba, terutama ini pandemi ya, ketika menjalani masa isoman kita butuh banget fasilitas di aplikasi SehatQ. terima kasih infonya ya mba

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)