26.3.22

Arti Sebuah Penghargaan


Hola manteman, apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya, ya. Aamiin ya robbal alamin. Manteman, gimana nih anak-anak, lancar kan sekolahnya? Sudah PTM 100% atau masih 50-50? Apa pun itu, semoga lancar-lancar aja, ya. Alhamdulillah, anak-anak saya masih 50-50 nih sekolahnya. Jadinya saya gak terlalu khawatir.

Ketakutan yang Berlebihan

Ngomong-ngomong soal khawatir dan sekolah, di awal tahun ajaran 2021-2022 ini, saya sempat punya kekhawatiran yang besar, lho. Gimana enggak, anak saya yang bontot masuk SD. Sebab usianya sudah hampir 7 tahun. Nah yang jadi kekhawatirannya, dia ini gak masuk TK terlebih dahulu kayak kakak-kakaknya. Alasannya, karena pandemi.

Betul, saya gak masukin anak bungsu saya ke TK karena pandemi. Saya pikir, buat apa masuk TK juga. Toh belajarnya secara online. Bisa aja sih belajar dengan cara tatap muka, tapi saya gak mau. Masih khawatir, saat itu kasus Covid-19 masih tinggi. Mana belum semua divaksin pula. Berisiko banget, kan?!

Saya kira pandemi gak akan lama. Jadinya saya tak banyak ngajarin anak saya mengenal huruf, angka, apalagi menulis – membaca – dan berhitung. So saat waktunya tiba untuk masuk SD, saya parno sendiri. Apa anak saya bisa ngejar ketertinggalan dari teman-temannya yang masuk TK terlebih dahulu?

Berartinya Sebuah Penghargaan

Alhamdulillah keparnoan saya lenyap seketika, di hari pertama anak saya masuk sekolah. Meskipun saat itu masih online, anak saya yang diminta untuk membaca kalimat per kalimat oleh gurunya via videocall, ternyata lancar membaca. Saya bahkan surprise dibuatnya. Kapan dia belajar baca? Saya beneran gak ngajarin, lho. Dia juga sedikit pun gak pernah cerita ke saya mengenai dia yang sudah membaca. 

Usut punya usut, dia ternyata tahu cara membaca dari Youtube. Melalui video unboxing mainan-mainan gitu. Katanya, di sana kan suka ada judul dan subtitle-nya. Sebab memang, anak-anak yang unboxing tersebut, ucapan-ucapannya gak terlalu jelas. Jadinya di video tersebut pake subtitle. Nah karena terbiasa lihat, jadinya tahu dan bisa membacanya sendiri.

Rayyan, anak bungsu saya

Waktu saya tanya, awalnya dia juga takut. Takut salah baca dan juga gugup. Tapi saat gurunya mampu membujuk, dan memberi pujian saat anak saya bisa baca, jadinya dia bersemangat. Percaya dirinya pun menjadi naik. Katanya, semua kalimat yang harus dibacanya mendadak bersahabat.

Wow, bisa begitu ya ternyata efek dari sebuah pujian. Terlihat sepele namun bisa membangkitkan semangat dan energi untuk lebih baik. Sekalipun saya sudah punya 3 anak, dan hal serupa sering kali terjadi, namun hal ini semakin membuat saya tersadarkan: sekecil apa pun sebuah pencapaian, kita wajib memberikan penghargaan.

Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM”

Mumpung lagi ngomongin penghargaan, saya jadi teringat pada prestasi yang baru-baru ini diraih JNE. Prestasi tersebut berupa apresiasi dari Briefer – IGICO Advisory dan Rumah Perubahan. Dalam kesempatan tersebut, JNE meraih penghargaan sebagai “Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik. Award Ceremony dari penghargaan ini sudah dilangsungkan pada 11 Maret 2022 lalu, yang langsung diberikan oleh Prof Rhenald Khasali, Founder Rumah Perubahan, kepada Presiden Direktur JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto. 

Awarding ceremony yang diterima JNE

“Brand Pemberdaya UKM” sendiri merupakan sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan yang aktif berkontribusi, mendukung, dan memberdayakan UKM. Perusahaan-perusahaan ini banyak menopang langsung ekosistem UKM, di dalam kebangkitan ekonomi Indonesia. Perusahaan-perusahaannya meliputi berbagai macam kategori. Bahkan melibatkan pemerintah daerah juga.

Pak M. Feriadi Soeprapto., yang merupakan Presiden Direktur JNE, mengungkapkan rasa syukur atas apresiasi istimewa yang diberikan Briefer – IGICO Advisory dan Rumah Perubahan ini.

Pak Feriadi kemudian mengungkapkan bahwa tujuan utama didirikannya JNE adalah untuk memberi banyak manfaat untuk banyak orang. Baik internal para karyawannya mau pun eksternal perusahaan. Sejalan dengan tagline JNE “Connecting Happiness”. Jadi tentu, penghargaan yang diraih  tersebut sangat memotivasi  seluruh manajemen dan karyawan untuk terus bekerja secara maksimal. Melanjutkan komitme dengan terus berinovasi mengembangkan bisnis. 

Komitmen JNE di Dalam Memberdayakan UKM

JNE memang merupakan perusahaan ekspres dan logistik nasional. Akan tetapi tujuannya tak hanya memberi manfaat untuk para karyawannya saja. Lebih jauh dari itu, JNE juga punya komitmen di dalam berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa dan Negara. Dengan tagline “Connecting happiness”, perwujudannya itu memberikan manfaat seluas-luasnya, serta bisa menjadi peluang bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satunya yaitu pelaku UKM yang kini sudah berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. 

Dalam pembuktian komitmen ini, JNE punya banyak program. Bahkan ketika perekonomian kita dihantam pandemi Covid-19. Dari mulai edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia; kolaborasi berbagai program bersama UKM lokal dan brand artisan ternama guna meningkatkan daya saing dan daya jual; serta pengembangkan UKM Fulfillment Center oleh JNE yang diharapkan mampu mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha, termasuk UKM. Berbagai fasilitasnya pun disediakan. Ada warehousing, order fulfillment, technology development, dan juga shipping management dan delivery

Selamat, JNE!

Keren ya JNE. Gak hanya mementingkan manfaat untuk para karyawannya saja, tapi juga banyak berkontribusi ke luar. UKM salah satunya. Dengan berbagai program yang diberikan JNE, UKM sangat potensial sekali untuk bisa naik kelas. 

Dan atas bukti nyata dari komitmen tersebut, gak heran jika JNE diberi apresiasi yang setimpal. Salah satunya ya penghargaan yang diberikan Briefer – IGICO Advisory dan Rumah Perubahan. Sangat pantas JNE meraih penghargaan sebagai “Brand Pemberdaya UKM” di kategori Ekspedisi Logistik ini.

Sebagai pelanggan JNE, saya jelas ikut seneng. Perusahaan pilihan saya dalam mengantar barang saya mendapatkan penghargaan. Saya sendiri merasa puas dengan pelayanan yang diberikan JNE. Pengirimannya cepat, harganya terjangkau, barang tiba dengan selamat, kurirnya ramah-ramah, dan gak ada nyasar-nyasarnya.

Oke deh, selamat JNE. Semoga semua penghargaan yang diraih bisa semakin memotivasi semua pihak. Ya pihak JNE, ya para pelaku UKM. Dengan niat baik dari semua pihak, kita bisa bangkit dan maju bersama-sama. Bukan begitu?

Pak Feriadi dengan award yang diperoleh JNE

42 komentar:

  1. Salut sih sama komitmen JNE yang selama ini benar-benar mendukung para pelaku UMKM. Ini saya rasakan sendiri setelah beberapa kali mengikuti kegiatan yang ada di Lombok, tiap ada kegiatan JNE, pasti deh fokusnya gak bakalan jauh dari gimana memberdayakan para UMKM agar lebih baik lagi.

    BalasHapus
  2. Betul mbak penghargaan itu penting banget untuk meningkatkan semangat juga sebagai bentuk apresiasi.
    Hal senada juga dilakukan oleh JNE ya untuk mendukung UMKM
    keren deh JNE semoga makin banyak kegiatan positif yang dilakukan

    BalasHapus
  3. Setujuu, sekecil apapun pencapaian tetap anak-anak wajib diberikan penghargaan. Meski tidak berupa barang, sebuah pujian pun juga bikin anak-anak senang loh.
    Oya selamat nih buat JNE atas penghargaan yang diraihnya, terus mendukung UMKM dan berbagi kebaikan bagi masyarakat.

    BalasHapus
  4. Komitmen JNE untuk mengembangkan dan peduli terhadap UMKM ini sangat aku dukung dan senang. Ini menunjukkan bahwa memang JNE selalu memperhatikan UMKM. DUkung selaluu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang JNE ini tuh sahabatnya para pelaku UMKM sejak dulu. Kemarin pas ulangtahunnya kan, sempat ada promo gratis ongkir juga untuk para pelaku UMKM. Aiih bener-bener deh kepeduliannya JNE~

      Hapus
  5. Penghargaan/ reward memang berarti banget ya Mba
    Baik utk individu maupun korporasi.
    Salut bgt ama JNE.
    Kiprah dan kontribusinya luar biasa dalam ikut memajukan UMKM Indonesia

    BalasHapus
  6. Mulai senin besok kalau di sini mulau PTM 100%nya tapi kepulangan gak selama seperti sebelum pandemi.
    Efek pujian walaupun kecil tapi sangat membekas sekali. Begitu juga dengan penghargaan yang diberikan pada suatu perusahaan seperti JNE, bisa lebih meningkatkan lagi kualitasnya khususnya untuk pembnerdaya UKM

    BalasHapus
  7. Wah keren ih udah bisa baca sendiri dari lihat unboxing di YT. Selamat masuk SD ya dekk.
    Btw, emang JNE keren banget apresiasinya buat mendukung UMKM, jadi emang layak banget dapet penghargaan tersebut. Selamat JNE!

    BalasHapus
  8. Duh, Dek Rayyan baru pertama kali masuk sekolah maalah harus online yaaaah,
    gak papa tetep semangat yaaaah. Ternyata bisa belajar baca sendiri via youtube yah, keren banget dek Rayyan

    Selalu kagum sama JNE yang selalu mendukung para UKM dengan berbagai programnya nih

    BalasHapus
  9. Bener mba anak itu mudah sekali belajar membaca dari hal yang ia sukai. Termasuk dari tontonan ya 😊. Ngomong ngomong selamat ya buat JNE. Aku pengguna JNE dan udah ngerasain kualitas pelayanan mereka. Pantesan menang

    BalasHapus
  10. Penghargaan memang penting yah kak, klu kita dapat penghargaan yah pastinya jadi lebih bersemangat lagi salut deh sama program JNE

    BalasHapus
  11. Selamat untuk JNE yang mendapat penghargaan Brand Pemberdaya UKM kategori Ekspedisi Logistik yang diwakili oleh direktur JNE bapak Feriadi Soeprapto.Angkat 2 jempol untuk dukungan JNE pada UKM.Sukses ya JNE

    BalasHapus
  12. Setuju, pemghargaan terhadap sebuah pencapaian perlu diberikan. Salut buat putranya, semoga makin semangat belajar ya
    Ikut bangga pada JNE yang mendapat penghargaan keren ini, Memang pas banget karena memang kontribusinya pada pengembangan UKM di Indonesia nyata!

    BalasHapus
  13. Bener banget mbak mau sekecil apapun usaha atau pencapaian anak-anak kita wajib memberinya apresiasi atau penghargaan. Meskipun bukan dalam bentuk barang cukup diberi pujian pun mereka juga udah senang dan itu ampuh untuk meningkatkan percaya diri anak-anak untuk terus belajar hal-hal baru

    BalasHapus
  14. Sepertinya saya ketinggalan informasih nih.. Baru tau ada event seperti ini.. Keren sekali ya JNE bisa memberdayakan UMKM di Indonesia menjadi lebih baik lagi.. Sukses terus deh buat JNE..

    BalasHapus
  15. Masyaallah. Pinter ya putranya bisa belajar sendiri. Video unboxing ternyata sangat menarik dan membantu anak lancar membaca 🥰

    BalasHapus
  16. Kalau dapat penghargaan berarti emang JNE memiliki kualitas dalam bidang ekspedisi ya mbak, sukses selalu, saya pun sering pilih JNE untuk pengiriman barang

    BalasHapus
  17. JNE masif banget ya pergerakannya, wajar sih ya karena memang merupakan salah satu pelopor jasa kurir di Indonesia. Kalau mau kirim paket memang paling aman JNE sih, bisa sampai pelosok.

    BalasHapus
  18. Wah selamat ya untuk JNE. Penerimaan penghargaan ini tak perlu diragukan lagi. Selama ini memang sudah terbukti JNE peduli terhadap UMKM

    BalasHapus
  19. Masya Allah keren banget JNE, semoga tujuan utama untuk memberi banyak manfaat pada banyak orang akan selalu tercapai, dari waktu ke waktu tanpa batas waktu. Turut mengucapkan selamat atas diraihnya penghargaan sebagai “Brand Pemberdaya UKM” di kategori Ekspedisi Logistik. Memang layak dapat perhargaan.

    BalasHapus
  20. memberikan apresiasi itu penting sekali kalau menurutku, apalagi untuk keberlangsungan orang banyak ya. Seperti halnya penghargaan yang diterima oleh JNE ini ya mak.

    BalasHapus
  21. Setuju banget, penghargaan ini penting banget apalagi untuk si kecil. Tujuannya agar memotivasi mereka tidak lebih.
    Salut banget sama JNE, program programnya keren banget. Selamat JNE

    BalasHapus
  22. Memberikan pujian buat anak memberikan dampak yang positif akan tetapi memberi masukan ketika mereka salah juga bagus supaya mereka tahu mana yang benar mana yang salah.

    Salut untuk JNE ekspedisi langganan saya semoga tambah bagus kedepannya ya

    BalasHapus
  23. JNE ini banyak memiliki program-program yang banyak memberi manfaat untuk masyarakat luas ya, Mbak. Aku suka belanja online dengan memilih JNE sebagai jasa pengiriman barang.

    BalasHapus
  24. Aku merasakan sekali bahwa penghargaan kepada anak ini penting diberikan dan sungguh setiap anak ini memiliki keunikannya masing-masing yaa, teh..
    Tapi, siapapun, pasti senang sekali mendapatkan pujian dan penghargaan.

    Selamat untuk JNE yang setia menemani tumbuh dan berkembangnya UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  25. Selamat buat JNE dengan prestsi yang sudah diraih..Semoga terus lebih baik dalam melayani pengiriman di seantero nyuantara yaaa

    BalasHapus
  26. selamat buat JNE yang barusan dapetin penghargaan Brand Pemberdaya UKM pada kategori Ekspedisi Logistik. Emang layak banget. Semoga program JNE makin meluas manfaatnya bagi masyarakat :)

    BalasHapus
  27. Sekecil apapun prestasi anak sebaiknya diberikan penghargaan.Hal ini tentunya sebagai penyemangat anak agar lebih berprestasi lagi.Selamat untuk prestasi penghargaan JNE

    BalasHapus
  28. Selamat untuk jne, keren banget deh, memang pantas sih dapat penghargaan... Semoga semakin sukses dan berkah...

    BalasHapus
  29. wah selamat ya JNE, alhamdulillah memang JNE ini keren banget ya mbak, patutlah JNE mendapatkan penghargaan karena telah emnemani berkembangnya UMKM di Indonesia.

    BalasHapus
  30. Wahyuindah05.51

    Penghargaan memang perlu diapresiasi agar semakin maju dan berkembang. Selamat ya JNE

    BalasHapus
  31. penghargaan sekecil apapun memang berharga banget sih apalagi kepada anak. Berbagai penghargaan yang diterima JNE pun tentu begitu berarti untuk membuatnya semakin profesional dan terpercaya

    BalasHapus
  32. Selamat untuk JNE yang selalu berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Semoga semakin banyak dan dikembangkan lagi untuk progam2 pemberdayaannya. Salut.

    BalasHapus
  33. Iya anak zaman now cepat belajarnya ya anakku juga belajar bahasa Inggris dari game hehe, selamat buat JNE yang sejak dulu berkomitmen menggandeng UMKM keren banget dedikasinya!

    BalasHapus
  34. Keren ya JNE peduli juga mendukung ukm semoga bisa seterusnya ya, biar UKM bisa semakin maju

    BalasHapus
  35. Kalau ada apresiasi seperti ini, kerja sama dan produktivitas aku yakin pasti bertambah karena secara manusiawi kita butuh pengakuan dan penghargaan untuk berkarya ^^ Good job, JNE!

    BalasHapus
  36. Salut banget dengan komitmen JNE untuk senantiasa membersamai tumbuh kembang UKM di Indonesia.
    Semoga senantiasa maju bersama dan mendapatkan lebih banyak lagi penghargaan terkait kerjasama yang baik.

    BalasHapus
  37. JNE keren banget ya, mbak selalu merangkul UKM yang pastinya membantu para pengusaha kecil ini dalam melebarkan sayapnya.

    BalasHapus
  38. Keren banget JNE selalu memberdayakan UMKM, selamat ya atas penghargaan Brand Pemberdaya UKM yang diraih, sukses selalu dan terus dukung kemajuan UMKM

    BalasHapus
  39. Anak saya jg bisa baca dr yutub mbak. Saya donlotkan video2 edukasi, murattal dan proses kreatif bebikinan sesuatu. Kayak bikin rumah dari kardus. Alhamdulillah hasilnya positif banget. Penggunaan hp jg saya batasi.

    BalasHapus
  40. JNE ini terbukti salah satu ekspedisi terpercaya dan sudah lamaa berdiri di Indonesia.Mereka memang lebih perhatian juga dengan karyawannya dan kesejahteraannya. Kini semakin berkembang dan maju ya ternyata.

    BalasHapus
  41. Bener deh, penghargaan sekecil apapun akan sangat berarti buat kita, apalagi perusahaan sebesar JNE memperhatikan karyawannya, bikin makin betah deh..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)