26.11.20

Tips Memilih Nama Bayi yang Tepat


Setiap orang tua tentunya sangat menanti-nantikan kehadiran seorang anak. Baik itu yang sudah lama menikah maupun yang baru menikah. Dan salah satu kewajiban yang harus dipersiapkan oleh orang tua dalam menyambut kedatangan sang bayi adalah memilih nama bagi bayi tersebut. 

Mencari nama bayi itu memang tidaklah mudah dan tidak bisa sembarangan. Karena nama ini akan terus melekat pada anak seumur hidupnya. Sehingga pemberian nama itu harus dipikir secara matang-matang. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memberikan nama bagi bayi Anda. Apa saja hal-hal tersebut? 

Berikut ini tips memilih nama bayi yang tepat yang bisa dipakai sebagai acuan.

1. Mengandung Kata Doa dan Harapan 

Dalam memberikan sebuah nama pada bayi, sepatutnya Anda memberikan nama yang mengadung doa dan harapan. Karena dengan doa dan harapan inilah yang akan selalu menyemangati anak untuk selalu mencerminkan doa dan harapan Anda sebagai orang tuanya. Karena bagaimana pun nama itu merupakan sebuah doa harapan orang tua terhadap anaknya, supaya anak tersebut menjadi anak yang memang diharapkan oleh orang tuanya. Oleh karena itu pilhlah arti nama bayi yang baik sebagai doa.

2. Mudah Diucapkan dan Diingat

Selain memiliki arti yang baik, nama bagi bayi juga harus mudah diucapkan sehingga tidak menimbulkan kesulitan bagi orang lain dalam menyebutkan atau mengejarnya. Jangan sampai juga nama bayi Anda itu menjadi bahan ejekan atau pun yang mengandung makna yang ambigu bila salah dalam mengucapkannya. Selain itu, nama tersebut juga harus mudah diingat oleh orang lain. 

3. Harus Mudah Ditulis

Nama bayi ini selain mudah diucapkan dan diingat, sebaiknya juga harus mudah ditulis. Karena hal ini nantinya akan sangat membantu sang anak kedepan. Sering ejaan nama yang salah menjadi sebuah masalah, karena kesalahan pada satu huruf saja akan berdampak sangat fatal jika berkaitan dengan hal ada hubungannya dengan birokrasi atau hukum. Maka dari itu, pada saat Anda sedang memilih nama bagi bayi, maka usahakan sebisa mungkin namanya bisa dieja dengan mudah dan bisa diucapkan dengan mudah pula.

4. Berikan Nama Sesuai Hari, Tanggal, dan Bulan Lahir

Banyak orangtua yang memberikan nama sesuai hari, tanggal, bulan dan tahun lahir bayinya. Misalnya, bayi  lahir pada bulan Juni, maka banyak orang tua yang memberikan nama Yuni bagi anak perempuan atau Yudi bagi anak laki-laki. 

5. Memberi Nama Terinspirasi dari Sosok Idola

Setiap orang tentunya memiliki sosok yang sangat diidolakan selama ini. Baik itu seorang tokoh dunia, artis, pejabat, atlit, tokoh keagamaan, dan lain sebagainya. Sehingga nama idola Anda ini bisa menjadi inspirasi untuk dijadikan nama bagi bayi Anda. Dengan pemberian nama idola tersebut diharapkan kelak anaknya akan menjadi seseorang yang diidolakan oleh orang tuanya. Bagi Anda yang ingin memilih nama bayi laki-laki bernuansa Islami, bisa menggunakan nama para nabi, sahabat, dan tokoh-toko Islam lainnya. Misalnya, seperti Nabi Muhammad, Abu Bakar As Sidiq, Salman Alfarizi, Khalid, Salahuddin Al Ayubi, Al Muhammad Al Fatih, Ghozali, dan lain sebagainya. 

Itu dia beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan di dalam memilih nama bayi yang tepat. Semoga bermanfaat, khususnya bagi para orang tua yang akan memilih nama untuk bayinya. 

24 komentar:

  1. Bener banget, karena sih pernah dengar bahwa akan menjadi do'a tersendiri dari nama si anak tersebut

    BalasHapus
  2. Ini Kakak Iparku lagi nyari nama belakang buat bayinya. Aku pun nanti pasti milih yang mudah diingat dan mudah ditulis. Kalau pakai huruf vokal dobel biasanya agak repot

    BalasHapus
  3. Cari nama anak itu memang susah susah gampang. Tapi yang paling penting adalah cari nama yang bagus yang bermakna baik.

    BalasHapus
  4. Al Fatih...
    Aku dulu juga nyari nama dari tokoh Islam dan kombinasi sama bahasa Jawa. Seru banget ya milih-milih nama buat anak tuh. Jadi kangen, haha

    BalasHapus
  5. Hahhaaa,iyaa bener banget ya teh, aku dulu gitu juga pas punya anak, pengennyanama yang simple, mudah diingat plus mengandung doa dan harapan.

    BalasHapus
  6. Selain syarat di atas, suami saya selalu meminta kalau kasih nama anak gak usah kepanjangan. Karena nama saya lumayan panjang. Jadinya suka disingkat. Makanya sekarang anak-anak saya namanya 2 kata aja :D

    BalasHapus
  7. Mudah diucapkan itu yg aku pikirin banget juga, sampe aku mikirin kalo pas dia belum sampe ngucapin namanya, dia akan menyebut namanya seperti apa? Itu juga aku pikirin jangan sampe di tuturkan jadi jelek karena lidahnya belum sampe ngucapin

    BalasHapus
  8. jadi inget pengalaman pilih nama buat anak semata wayang itu risetnya dari usia kehamilan 5bulan bahkan beberapa jam setelah melahirkan

    BalasHapus
  9. ada tambahan catatan dari aku mBa, pengalaman sendiri, jadi beri nama anak minimla tiga kata jadi lebih mudah untuk proses pasportnya, apalagi jika mau ke arab

    BalasHapus
  10. benar banget ya mbak, milih nama bayi g bisa sembarang..
    boleh sih pake nama apa saja, yg penting ada doa didalam nya ya mbak

    BalasHapus
  11. Pertimbanganku cari nama artinya harus bagus. Aku sendiri lebih suka nama nuansa islami.

    Ehiya, nama mudah ditulis ini memudahkan pengisian dokumen data diri dan penyebutan. Rawan salah kalo susah biasanya.

    BalasHapus
  12. Aku jadi inget namaku sendiri dan bersyukur mamah papahku ngasih nama yg begitu bermakna. Memang pemilihan nama itu harus yg baik dan terinspirasi dari sosok yg mulia ya teh

    BalasHapus
  13. Setuju banget, Mbak. Apalagi yang nomor 1. Pas anak lahir, memilih nama tentu yang mengandung doa dan harapan yang baik. Selanjutnya penulisannya yang simple, biar kagak susah diucapkan. Hihihi

    BalasHapus
  14. Yup, setuju bahwa nama adalah doa. Nama yang bermakna baik tentu akan menjadi semacam pegangan untuk berperilaku sesuai dengan naamanya. Jangan sampai istilahnya keberatan nama gitu ya..

    BalasHapus
  15. Iya mbak aku pun pas kasi nama juga yang mengandung arti bagus sehingga seperti doa buat anak gtu, gak mau sembarangan.
    Oh ya sama satu lagi dulu sengaja pilih 3 suku kata biar kalau mau hajian gak nambah nama di paspor wkwkw, sampek kepikiran gtu soalnya namaku hanya 2 suku kata, gk tau kalau skrng ya msh kek gtu ada penambahan nama gak ya buat hajian?

    BalasHapus
  16. Relate banget ini sama aku yang dikasih rejeki ponakan baru, teh. Namanya udah disiapin dan terselip doa di dalamnya, minggu depan anaknya aqiqah. Hehe.

    BalasHapus
  17. Aku dulu sampai beli buku nama bayi di toko buku Gramedia. Dan pilihan kami selain namanya islami juga harus terdiri dari dua kata agar anak mudah mengingatnya saat awal sekolah. Kasihan kan kalo namanya kepanjangan, nulisnya susah

    BalasHapus
  18. Jadi penginshare salah satu poin pertimbangan utk anak2 saya. Berhubung tinggal berpindah-pindah kota (mutasi suami), nama anak jadi mengandung nama kota tempat kelahiran. Anak pertama ada nama Ladika (lahir di Karo), anak kedua ada nama Ladiant (Lahir di Siantar). Saat ini tinggal di Gowa, jadi mikir kalau mau punya anak lagi karna ntar namanya lucu : ladigo wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Tipsnya cocok banget..pilih nama buat anak emang urusan sederhana tapi gak bisa sembarangan ya.Makanya cari referensi terpercaya ..

    BalasHapus
  20. Karena nama adalah doa. Dan nama itu bakal jadi sapaan si anak yang bakal terus diucap/disebut saat siapapun memanggilnya, jadi ya doa tersebut akan terus diucapkan. Itulah mengapa penting banget memilih nama yang baik bagi anak yaa..

    BalasHapus
  21. kalo nama anakku pake poin 5, mbak, tapi poin kedua dan ketiga yang rada susah. Hahah ... PR buat emaknya waktu mengenalkan ke orang-orang trus waktu anakku belajar menulis namanya jadi lebih lama.

    BalasHapus
  22. Adriana Dian01.29

    Wah setuju banget nih sama tips.tips diatas.. Akupun cari nama bayi yang memiliki makna dan doa dulu buat anak anak aku.. dan iyes bgt, terselip nama idolanya jugaaa.. hehe

    BalasHapus
  23. Aku setuju sama poin-poin di atas. Tambahan lagi sebagai anak yang namanya panjang (4 kata, 22 huruf), meski artinya bagus dan mudah diucapkan dan diingat tapi bikin payah waktu menuliskan/mengetiknya. Trus karena nama depan yang ambigu, kalau kenalan tanpa liat wajah selalu dikira laki-laki dan sering jadi bahan olok-olok waktu masih sekolah dulu. Jadi waktu pilih nama anak-anakku, tambah 2 syarat yaitu jelas peruntukannya laki-laki atau perempuan dan tidak lebih dari 2 kata hehehe.

    BalasHapus
  24. Setuju! Nama adalah doa, tapi nama anak-anak zaman now susah-susah diingatnya, hahahaha. Aku aja sama nama keponakanku ga hafal, selain panjang juga susah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)