24.8.20

Makan di Fat Oppa, di Era New Normal

Hola
manteman, apa kabar? Selalu sehat, kan? Alhamdulillah. Gak bosen, kan di rumah terus? Jangan bosen, ini semua demi kebaikan kita dan orang-orang tercinta. Gimana PJJ anak-anak, lancar? Hehehe... ada drama dikit mah, jamak aja, ya. Di sini juga sama. Tiap hari malah drama PJJ-nya. Tapi gapapa, yakin deh, semua pasti akan berlalu.

Ngomong-ngomong soal bosen di rumah terus, beberapa waktu lalu saya sempat refreshing tipis-tipis, lho. Iya, waktu itu, kebetulan saya ada perlu ke rumah mertua. Nah saat perginya, saat melintas jalan Cimahi, saya ngelihat resto makanan Korea Fat Oppa udah buka. Dan banner New Normal yang terpampang di depannya membuat saya penasaran. Jadilah saat pulang dari rumah mertua, saya mampir ke sana. Sekalian, saya bawa serta suami, adik ipar, dan juga kakak ipar.

Fyi ya, sejak suka drama Korea, saya jadi sedikit tergila-gila dengan hal-hal yang berbau Korea. Dari lagu-lagunya, budayanya, bahasanya, hingga makanannya. Dan kebetulan dulu pernah nyicip makanan Korea di Fat Oppa, walaupun di restonya yang di Karapitan, jadinya ketika melihat Fat Oppa, saya kepengen makan makanan Korea lagi.

Baca Juga: Mencicipi Makanan Korea Pertama di Fat Oppa

Khawatir Gak Makan di Luar Saat New Normal Begini?

Tentu saja, saya khawatir. Jujur lho, selama pandemi, saya belom pernah makan di luar rumah. Takut lha ya kalau-kalau makanannya kotor, alat-alat makannya kotor, atau tempatnya yang kotor. Jadinya, kalau pun pengen makanan dari luar, saya biasanya beli dibungkus. Dan di makannya, nanti saat di rumah.

Ya, makan di Fat Oppa beberapa waktu yang lalu adalah kali pertama saya makan di luar rumah lagi. Jangan salah, sebelom makan di sana, saya mempertimbangkan banyak hal. Iyalah, biar saya tetap tenang en gak khawatir selama makan dan setelah makan dari sana. Berikut ini hal-hal yang jadi pertimbangan saya, hingga akhirnya memutuskan untuk makan di Fat Oppa, di era new normal seperti sekarang.

1. Tempatnya bersih

Ini pasti syarat mutlak dalam memilih tempat makan. Jangankan di era new normal yang sangat berisiko membuat kita terpapar virus Corona si penyebab Covid 19. Di masa sebelumnya juga syarat ini mah pilihan utama, ya. 

Nah Fat Oppa, saya tahu tempatnya selalu bersih. Dulu saat makan di Fat Oppa Karapitan, saya melihat setiap sisi dan sudutnya. Bersih-bersih. Dan bener, begitu masuk ke Fat Oppa Cimahi juga demikian. Lantai bersih, tempat duduk dan meja-mejanya bersih, dinding-dindingnya, langit-langitnya, dan semuanya. 

Di era new normal, untuk menjaga kebersihan ini, di Fat Oppa ditambahkan juga tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, di bagian depan. Sebelum pintu masuk. Ini tentu mengingatkan siapa pun para pengunjungnya untuk cuci tangan terlebih dahulu saat masuk ke dalam. Dan saat ke luar ketika pulang.

2. Makanan dan alat-alat makannya bersih-bersih

Ini yang saya ingat ketika makan di Fat Oppa sebelumnya. Makanan di Fat Oppa dibuat langsung saat itu juga. Jadinya kebersihannya terjaga. Begitu pula dengan alat-alat makannya. Bersih-bersih. 

Nah untuk alat makan, jika teman-teman ingin lebih yakin, ada baiknya alat makan bawa sendiri dari rumah. Kayak sendok, garpu, sumpit. Saya sendiri, kemaren lalu waktu makan di Fat Oppa Cimahi ini, lupa bawa. Tapi saya sih percaya, alat-alat makannya memang bersih.

3. Waiter-waiternya memakai masker

Ini yang penting di masa new normal pandemi Covid 19. Beli makanan haruslah di tempat yang waiter atau penjualnya menggunakan masker. Selain untuk membuat makanan dan alat-alat makannya tetap bersih, juga sebagai alat pelindung dari penularan droplet yang mungkin mengandung virus. 

Untuk hal ini, jangankan waiter atau penjual makanan, saat di luar rumah, ketika berkomunikasi dengan siapa pun, saya pasti lebih milih berinteraksi dengan orang yang memakai masker. Teman-teman juga saya yakin pasti begitu.

Dan semoga juga teman-teman ingat selalu. Memakai masker lebih utama dibanding memakai face shield. Sia-sia saja jika pake face shield tapi tak pakai masker. Sebab face shield masih bisa menyebarkan droplet dari bagian bawah yang terbuka.

4. Ingat selalu rumus VDJ

Ini yang jadi pegangan saya saat di luar rumah, di masa new normal pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Termasuk saat makan di Fat Oppa. Rumus VDJ: Ventilasi, Durasi, Jarak.

Ventilasi tentu saja mengacu pada perputaran udara di dalam ruangan yang akan saya masuki. Jelas haruslah bagus. Banyak udara segar dari luar yang bisa masuk. Menghindari banget deh ruangan tertutup yang hanya mengandalkan AC. Pastinya tuh, di ruangan tertutup mah, udara di sana berputar-putar terus tanpa ada pergantian udara segar dari luar. Yang begini pasti BAHAYA!

Nah Fat Oppa, lolos untuk hal ini. Semua resto Fat Oppa, baik yang di Karapitan atau pun yang di Cimahi, tipe restonya, kan terbuka. Seluruh bagian depannya malah tidak ada dinding penutup ke luar. Terbuka langsung. Jelas dong, udara segar bisa masuk dengan leluasa ke dalam ruangan tempat makannya. Dan untuk Fat Oppa Antapani, walaupun saya belum pernah ke sana, saya lihat di Google juga begitu. Udara segarnya begitu leluasa untuk ke luar dan masuk.

Durasi. Nah ini sih kita sendiri yang mengendalikan. Seberapa lama kita ada di sana. Saya sendiri, ke Fat Oppa tujuannya ya memang untuk makan. Lamanya tentu sampai makanan habis. Di masa new normal pandemi begini, gak asyik juga kan rasanya untuk berlama-lama di luar rumah. Sekali pun tempatnya bagus. 

Ya, ke Fat Oppa kemaren memang saya refreshing juga. Sedikit agak lama mungkin boleh, sepanjang di tempat tersebut sepi atau tidak penuh. Tapi ya jangan kelamaan juga. Ingat tujuan awalnya. Kalo memang untuk makan, ya dinikmati saja sepanjang waktu makan tersebut. Siapa yang tahu juga kan, di luar ada pengunjung yang ingin makan, tapi menunggu kita ke luar lebih dulu karena gak mau bikin tempat makannya jadi penuh.

Jarak. Ini pasti lha ya. Gak hanya saat di tempat makan. Di jalan, di pasar, di dalam kendaraan, atau di tempat umum lainnya, kita harus memperhatikan jarak. Social distancing. Saya sendiri kalo ke luar rumah, selalu jaga jarak ke orang lain sekitar 2 meteran.

Nah di Fat Oppa, saya gak khawatir dengan jarak ini. Ada beberapa kursi dan meja yang sengaja tidak diperbolehkan untuk diduduki pengunjung untuk makan. Ini tentu difungsikan sebagai penjaga jarak aman antar-meja pengunjung.

Saya yakin, baik itu Fat Oppa, atau pun pengusaha makanan lain, bahkan siapa pun yang peduli dengan keadaan saat ini, pasti akan memerhatikan masalah Jarak. Jadinya, sekali pun banyak orang di tempat itu menguntungkan mereka, tempat yang penuh pasti akan sangat dihindarkan. 

Mari Makan!

Itu dia pertimbangan-pertimbangan saya, yang akhirnya membuat saya makan di Fat Oppa. Alhamdulillah, dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, saya jadi merasa tenang saat makannya. Dan Alhamdulillah juga, sampai saat ini saya sehat dan baik-baik saja. Semoga bisa tetap begitu seterusnya.

Apa yang saya makan?

Saat melintas di depan Fat Oppa, saya sempat lihat Paket New Normal BBQ +Jjigae untuk 4 orang. Itu sebabnya saya bawa suami, adik ipar, dan kakak ipar. Ini dia menu yang kami makan saat itu.





Iyap, ada 4 porsi nasi, Fat Oppa BBQ Platter,. 1 porsi Wagyu Cube, 1 porsi (wajan) Budae Jjigae, Japchae, Sweet Tea Jug, dan 2 es Strawberry Cheese Bingsu. Suwer, paket untuk 4 orang ini bener-bener bikin kami berempat sangat kenyang. Terhitung murah pula. Dan semuanya enak-enak!

Selain paket Paket New Normal BBQ +Jjigae untuk 4 orang tadi, ada juga paket lainnya. Semuanya dijamin enak-enak. Bisa dilihat di gambar GIF di bawah ini contoh paket-paketnya.


Oke!

Nah teman-teman segitu cerita saya makan di Fat Oppa Cimahi, di era new normal. Untuk teman-teman yang ada di sekitar Bandung dan Cimahi, atau yang sedang melintas ke sana, bisa banget nih makan di Fat Oppa Cimahi. Tapi jangan lupa, utamakan selalu protokol kesehatan. Kalo perlu bawa alat makan sendiri. Kalo tisu, tisu basah, dan hand sanitizer mah sudah pasti selalu bawa, kan ya! Oh ya, jangan lupa juga pake masker. Saat hendak makan dan (mungkin) difoto, baru deh maskernya bisa dibuka. 

Sampai ketemu di tulisan yang lain. Selalu jaga kesehatan, dan selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun kita berada. Bye bye!

42 komentar:

  1. Makan asik bareng keluarga ato temen di New Normal emang beneran kudu pilih2 tempat ya teh, yang memenuhi standar protokol kesehatan. Kek Fat Oppa ini, plus harga new normal pula, ga bikin kantong bolong.

    Aku paling suka soupnyaa, huhuuu nikmat ituu apalagi kalo makannya pas gerimis mengundaang, haduudu..

    BalasHapus
  2. Setuju, tetap utamakan protokol kesehatan saat makan di luar dan dimanapun kita berada...Btw, ini terjangkau sekali..4 porsi nasi, Fat Oppa BBQ Platter,. 1 porsi Wagyu Cube, 1 porsi (wajan) Budae Jjigae, Japchae, Sweet Tea Jug, dan 2 es Strawberry Cheese Bingsu di Fat Oppa harga segitu. Jadi pengin akutuuuu

    BalasHapus
  3. Daun seladanya seger bener itu.. Tenang yaa jadinya mbak kalau waitersnya pakai masker gitu. Duh jadi kangen kulineran di luar gini juga euy~

    BalasHapus
  4. Aku belum perah makan di Fat Oppa hihihihi :) Enak juga ya order yang paket berempat bareng suami dan anak2 hemat jadinya. Melihat semangkok es krim wuiiiih suegerr pisan. Banyak ya bisa berdua sebanyak itu. Ga apa2 kulinernan sebentar di era new normal. Semua pada menerapkan protokol kesehatan kan? In sya allah aman, teh Nia. Mantuuuuul! :D

    BalasHapus
  5. Duuuuh menunya bikin ngiler kak.. haha, tapi syukurnya aman banget ya makan di fat oppa. Rumus vdj nya akan saya ingat nih..

    BalasHapus
  6. Sekarang memang harus semakin memilih kalau mau makan di luar. Dari dulu, saya gak terlalu suka makan di resto yang ramai. Sekarang malah makin serem. Enak kalau Fat Oppa patuh dengan protokol kesehatan

    BalasHapus
  7. Pertimbangan mendalam seperti VDJ dan lain2 yang disebutkan di atas memang harus jadi pertimbangan ya di masa pandemi seperti ini. Alhamdulillah Fat Oppa memperhatikannya.

    BalasHapus
  8. banyak benget ya pilihan menunya, bisa bikin kenyang seluruh anggota keluarga ini, mau makan daging ada, sayur jg ada. Pas jadinya

    BalasHapus
  9. Nah pas ya Fat Oppa untuk tempat makan selama pandemi..KArena tempatnya di area yang sirkulasi udaranya lancar..jadi ngerasa aman..Apalagi menerapkan protokol kesehatan juga, jadi pengunjung tenang makan di sana

    BalasHapus
  10. Itu harga paket kan yaa utk 4 orang teh? Bukan harga per orang?
    Lumayan bgt harganya ada diskon pula.
    Utk paket sebanyak itu.
    Kenyaaang...

    BalasHapus
  11. Duh ini bikin ngiler deh, pas jam segini pula bacanya jadi pengen cari resto Korea disini yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

    BalasHapus
  12. Waduh dari kemarin penasaran sama fat oppa ini mbak, sajiannya maknyess banget. jadi pengen jalan dan makan lagi bareng keluarga.

    BalasHapus
  13. Suamiku suka banget nih pasti, ntar kalau ke Bandung mau nyobain juga ah. Btw salut deh dengan konsep New Normal nya Fat Oppa

    BalasHapus
  14. Saya baru 1x makan di luar, itupun karena tempatnya terbuka... Oh fat oppa juga tempatnya terbuka ya, sip jadi tambahan alternatif tempat makan di era new normal nih...

    BalasHapus
  15. Wah boleh juga nih terlihat cozy dan makanannya mengundang selera banget, ntar klo ada lewat cimahi mau aahh mampir

    BalasHapus
  16. Berasa di Korea enggak sih makan di Fat Oppa 😆. Harganya sesuai buat makan rame-rame ya.

    BalasHapus
  17. Wah, bagus juga ini rumus VDJnya. Belum semlat ke Fat Opoa udah pindah dati Subang. Menunya enak enak banget ya mbk

    BalasHapus
  18. Huaaa udah lama banget nggak makan di resto teh, kangen juga. Aku belum pernah sama sekali nyobain Fat Oppa. Lumayan pisan terjangkau paket new normal untuk 4 orangnya. Cabang terdekat sama rumah yang di Antapani. Hehe.

    BalasHapus
  19. Aku tuh pengin banget makan di fat oppa tapi mau ke Bandung tidak mendapat ijin suami karena kasus di sana masih tinggi. Makan di luar aku pernah Mba, itu pun terpaksa karena lagi dines sama Sacho yang penting tetap jaga protokol kesehatan.

    BalasHapus
  20. Kesalahannya adalah, membaca artikel ini di malam hari. Hahaha.
    Betul betul, saat makan di luar tetap perhatikan VDJ ya. Aku inget terus ini, meskipun sampai skrg belum berani kemana-mana

    BalasHapus
  21. Duuuhhh menggoda banget sih daging-dagingnyaaaa.. Pengen cobain juga deh makan di Fat Oppa, nanti mau googling dl deh ada ngga ya Fat Oppa di jakarta.. huhu. Makasi sharingnya ya maaaak

    BalasHapus
  22. fat oppa restaurant make they fans of Korea is real and can eat korean food too

    BalasHapus
  23. Pengen deh makan disini, enak-enak ya teh makanannya. Tar ah kalau pas ke Bandung.

    BalasHapus
  24. Wah, udah buka ya, persiapannya oke juga untuk era new normal. Kapan hari sy datang ke tempat makan yakiniku begini. Masih sepi sih, jadi ya lumayan lega. Perlengkapan kebersihan, sarung tangan plastik dan jarak antar pengunjung juga benar2 diatur. Sayangnya ruangan masih full AC. Jadi gak berani lama juga.

    BalasHapus
  25. Enak banget ini teh fat oppa masih rencana pengen ajak bocah ke Bandung dan cicipin ini eh keburu pandemi semoga nanti bisa piknik ke Bandung dan icipin iniii

    BalasHapus
  26. Aku pengen beli panci yang bisa buat masak di meja itu apa namanya hotpot apa? Karena setiap lihat drama Korea pasti ada sesi makan hotpot heh

    BalasHapus
  27. Uuhh...enaakk~
    Aku ketagihan makan di Fat Oppa. Dan beberapa kali bujuk anak-anak buat ikutan nge-date sama Mama makan di sini. Soalnya pernah nge-date berdua sama suami doaank...makan di Fat Oppa.
    Sekali-kali, sama anak-anak doaank... Girls Day~

    BalasHapus
  28. Salah apa dung aku buka artikel ini tengah malam nan lapar ini. Auto ngences liat foto2nya. Haha. Mana disini gak ada fat oppa mba. :(

    BalasHapus
  29. Widiwww.. menunya maknyusss... Aku sampe ngiler nih liat menunya..komplit..

    BalasHapus
  30. Penasaran ih, pengen nyobain budae jjigae sama japchaenya fat oppa...

    BalasHapus
  31. Menu favorit Mbak Nia dari Fat Oppa Resto apa Mbak? Hihi aku berharap di Kudus ada juga, pengen makan bibimpap 🙈

    BalasHapus
  32. Wah enak ya mbak fat opa ini. ..
    Sayangnya di surabaya blm ada

    BalasHapus
  33. Aku setuju mba. Pastinya banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk makan di luar. Aku pun sama seperti mba, pertimbangan ku untuk makan di luar juga seperti itu. Upayakan tempatnya sepi dan gak terlalu lama juga disana

    BalasHapus
  34. Aih bikin ngiler deh. Aku gara-gara nonton reality show Korea juga jadi mupeng makan Korean BBQ di tempat lain. Fat Oppa ini bisa jadi alternative

    BalasHapus
  35. Waduh ngiler banget itu liat makan nya banyak banget Mba hehe. Alhmdulillah yah skrg semua org lebih menjaga kebersihan

    BalasHapus
  36. wuah ini menunya banyak banget yaa emang untuk makan bersama keluarga. btw, aku juga pernah beberapa kali ke cafe saat corona, tapi ya datangnya awal dan cari cafe yang sepi :D

    BalasHapus
  37. Tempatnya asyik ya, dan memenuhi syarat untuk ventilasi dan jaga jarak. Kalau durasi emang kita sendiri sebagai konsumen yang menentukan

    BalasHapus
  38. Wah lengkap ya mbak? Dan tempatnya juga udah dibuat sesuai protokol kesehatan. Nanti kalau mampir Bandung mau deh melipir ke sini hehe

    BalasHapus
  39. Aku termasuk yg paling seneng makan diluar apalagi kalau weekend, biarpun pasti rame. Tapi dimasa pandemic gini harus pinter pilih2 resto mana yg mejalankan protokol kesehatan ya mba, untuk keamanan semua.

    BalasHapus
  40. Wuaduh ngiler aku nih. Semenjak pandemi aku baru sekali dine in abis belanja, itupun cuma makan es krim krn haus haha.
    Duh pengen deh makan makanan Korea apalagi bisa barengan sama teman2 gitu.

    BalasHapus
  41. aduuhh asyik banget nih teh. aku kayaknya belum pernah coba makan di fat oppa nih. kayaknya nanti harus coba

    BalasHapus
  42. Duh, jadi laper lihat makanannya. Aku pengen banget tuh nyobain makanan Korea di Fat Oppa. Di masa pandemi gini memang kita perlu ekstra hati2 mau makan di luar jg ya, kudu beneran ngikutin protokol kesehatan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)