11.1.20

Traveling Menggunakan Kereta Api Bogowonto, Yuk!


Kereta api masih menjadi pilihan untuk banyak orang yang bepergian lewat jalur darat. Terutama untuk perjalanan jarak jauh. Hal ini bukan tanpa alasan. Dengan bepergian menggunakan kereta api, kita akan terbebas dari macet. Selain itu, kereta api sekarang ini juga jadi jauh lebih nyaman dan bersih, sehingga kita tidak perlu khawatir soal kenyamanan. Kereta kelas ekonomi pun juga dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Sama halnya seperti Kereta Api Bogowonto. Kereta api Bogowonto adalah kereta api kelas eksekutif sekaligus ekonomi AC, yang melayani rute stasiun Lempuyangan – Pasar Senen dan sebaliknya. Jadi, kereta api ini cocok untuk kita yang ingin bepergian dari Yogyakarta ke Jakarta, atau sebaliknya.

Kereta api Bogowonto dioperasikan dan dikelola oleh Daerah Operasi VI Yogyakarta. Kereta api ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 3 September 2010. Pada saat pertama kali diluncurkan, kereta api Bogowonto langsung diminati para pecinta kereta api, karena ini adalah kereta api kelas ekonomi pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara atau AC di setiap gerbongnya. Sebelumnya, tidak ada kereta api kelas ekonomi yang dilengkapi dengan fasilitas ini. Awalnya, kereta api Bogowonto hanya diberangkatkan malam hari dari Kutoarjo. Namun, mulai tanggal 1 Maret 2012, kereta api ini dioperasikan pada siang hari dan rutenya pun juga diperpanjang dari stasiun Lempuyangan.

Total tempat duduk yang tersedia dalam satu gerbong kereta api Bogowonto adalah 80. Tarif kereta api ini adalah Rp155.000,-. Dibandingkan kereta api ekonomi biasa, harga tiket kereta api Bogowonto memang lebih mahal. Namun, hal ini sepadan dengan fasilitas yang diberikan untuk menunjang kenyamanan penumpang. Banyak penumpang kereta api ini yang merasa puas. Dengan fasilitas AC yang disediakan, perjalanan mereka menjadi nyaman dan tidak gerah. Selain itu, kereta api Bogowonto ini juga tidak berhenti di setiap stasiun seperti kereta api ekonomi lainnya. Kereta api Bogowonto hanya berhenti di stasiun Cirebon, Bumiayu, Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Kroya, dan Lempuyangan.

Jika kita menggunakan kereta api Bogowonto untuk bepergian dari Yogyakarta ke Jakarta atau sebaliknya, kita akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 9,5 jam. Waktu tempuh perjalanannya tidak akan molor terlalu lama. Biasanya, waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama dikarenakan kereta api Bogowonto harus berhenti agak lama di stasiun tertentu untuk memberi jalan terlebih dahulu bagi kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Saat kita melakukan perjalanan menggunakan kereta api ini dari Yogyakarta menuju Jakarta pada siang hari, kita akan bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan di Bumi Banyumas, Sungai Progo, dan juga Sungai Serayu. Jadi, perjalanan kita tidak akan membosankan sama sekali.

Jika kita berniat melakukan perjalanan dengan kereta api Bogowonto, disarankan untuk cek dulu jadwal dan harga tiket kereta Bogowonto. kita bisa memeriksanya di situs resmi PT. KAI atau aplikasi KAI Access. Kita juga bisa memeriksa jadwal dan harga tiket kereta api ini melalui situs booking online seperti Traveloka, Tiket.com, Pegi Pegi, dan situs booking online lainnya. Perlu kita ketahui, harga tiket di masing-masing situs booking online dan juga situs resmi PT. KAI bisa saja berbeda. Karena setiap situs booking online memiliki tarif administrasi atau promo sendiri.

Untuk membeli tiket kereta api Bogowonto, kita bisa membelinya langsung di stasiun terdekat di lokasi tempat tinggal kita atau lewat aplikasi KAI Access dan situs booking online seperti yang sudah disebutkan di atas. Membeli tiketnya lewat aplikasi atau situs booking online tentu akan jauh lebih mudah dan praktis. Kita hanya perlu mengisi identitas, mencari jadwal yang sesuai, dan membayarnya lewat ATM atau mobile banking. Setelah itu, kita tinggal mencetak tiket yang sudah kita beli di mesin pencetak tiket yang sudah tersedia di stasiun di hari keberangkatan kita. Jika mau, kita bahkan tidak perlu mencetak tiketnya. Tunjukkan saja QR code yang tertera di e-ticket kita. Petugas kereta akan memindai QR code tersebut. Gampang sekali, kan?

Nah, gimana, tertarik untuk traveling menggunakan Kereta Api Bogowonto? Pastinya! Semoga bermanfaat dan selamat traveling!

27 komentar:

  1. Wahh asik nih buat para traveler yg mau ke Jogja, ataupun sebaliknya.
    Start dari pasar Senen yaaa, jangan sampe keliru cuss ke Gambir, haahahah

    BalasHapus
  2. Aku juga pengguna setiap kereta api, tp blm pernah naik KA Bogowonto. Kl ke Jogja pas naik KA ekonomi paling naik KA Progo. Kapan-kapan deh nyoba KA Bogowonto juga.

    BalasHapus
  3. Belum pernah naik kereta Bogowonto. Harga 155 ribu udah bisa bawa dari Jogja ke Jakarta, apalagi ada yang perjalanan siang, menurut saya ini murah.

    BalasHapus
  4. Naik kereta api memang asik, saya pernah dari Lampung ke Palembang..
    Tapi kalau di jawa dah biasa yaaa, kalau sumatra masi jarang hhh

    BalasHapus
  5. Ooh... Bogowonto itu Jogja-Jakarta, to. Baru tahu, namanya. Kebetulan memang belum pernah ke Jogja naik kereta. Apalagi Jogja-Jakarta.
    Kalau kereta eksekutif dan ekonomi jadi satu, kita jadi punya pilihan yang pas dengan kondisi kita. Berangkat bareng, bayarnya beda. Asyik dong,

    BalasHapus
  6. Wah asyik nih...

    Kebetulan lusa mau ke Yogya, pulangnya nyobain KA Bogowonto ah

    BalasHapus
  7. oo dari cirebon ya. bisa nih kalau pas pengen jelajah antar provinsi, coba naik kereta yg satu ini. terjangkau juga tarifnya

    BalasHapus
  8. Wah, bisa nih nyoba naik Bogowonto kalau butuh otw Jogja - Jakarta. Menarik infonya mba, sebab sy kurang familier dg kereta api. Jarang banget bepergian dengan kereta api, karena lokasi stasiun jauh dari rumah. Lebih dekat ke terminal dan bandara. Tp anak-anak suka banget naik kereta api. Pernah sekali perjalanan Surabaya - Pekalongan dan mereka ketagihan.. Heheh..

    BalasHapus
  9. bisa nih aku coba, anak ku lagi heboh minta naik kereta jarak jauh. harganya pun terjangkau ya mom.

    BalasHapus
  10. Dengan jarak tempuh 9,5 jam tentu kita kepengen banget dapet fasilitas yang nyaman ya Mba. Dan kereta api Bogowonto ini adalah pilihan pas buat kenyamanan itu ..

    BalasHapus
  11. Beli tiket menggunakan sistem online, seperti aplikasi via online.
    Semakin memudahkan kita tanpa mengantri ya.
    Tentu hal ini lah yang diinginkan masyarakat kita terkhusus yang sering menggunakan alat transportasi masal yakni kereta api.
    Apalagi kan udah menggunakan AC

    BalasHapus
  12. Inget dulu naik kereta pas dari Semarang ke Bandung. Itu kereta Bogowonto rutenya dari Jakarta ke Jogja aja kah? Dari Bandung ada enggak ya?

    BalasHapus
  13. Aku belom pernah naek kreta jarak jauh. Harganya kok murah ya kak. Kukira diatas 200k, makanya aku kalo ke jawa ya nyetirbuar murah. Kapan² mau coba ah, tks infonya kak

    BalasHapus
  14. Saya sekeluarga juga paling favorit naik keretaaaa, nyaman, dan gak berasa deg-degan seperti naik bus. Apalagi sekarang kebersihan di kereta, juga makin terjaga. Duh, jadi pengen jalan-jalan naik kereta lagi kan ini, hehe

    BalasHapus
  15. Seru banget, aku jadi kangen jalan jalan naik kereta api. Dulu waktu masih mahasiswa sering banget jalan jalan naik kereta

    BalasHapus
  16. Aku klo ke Jogjakarta numpak bus lihat tulisan mbak nya ini aku tertarik naik kereta nih. Nti klo aku ke jogya numpak sepur bogowonto 😊👌

    BalasHapus
  17. Dulu wwaktu kecil sering banget naik kereta untuk ke jakaJak atau pulang ke Cirebon, nyaman...

    Dulu pedagang masih diperbolehkan jualan dikereta jadi bisa jajan Viki, tahu Sumedang, es, sampe pecel gorengan juga ada.

    Sekarang kalau naik kereta bersih banget... Gak ada pedagang. Enak sih gak kotor. Cuma aku seneng aja jajan di kereta.

    BalasHapus
  18. Saya suka naik kereta. Apalagi kondisi kereta zaman sekarang semakin baik. Bahkan kelas ekonomi pun udah nyaman

    BalasHapus
  19. Tahun 2015 terakhir kali naik kereta ke jogja dan kapok karena naiknya pas malam dan gak bisa tidur karena lampunya nyala terang benderang.kereta bogowonto begini juga gak mba ?

    BalasHapus
  20. Kereta api selalu jadi teman favorit saat travelling...
    Apaalagi klo ngajak anak anak

    BalasHapus
  21. Paling seneng aku tuh kalo travelling naik kereta api bkin happy bisa lihat pemandangan trus anti mabuk darat hehheh

    BalasHapus
  22. Boleh nih naik kereta api Bogowonto, soalnya belum pernah sih sampai Yogya dengan kereta, pernah nya pakai bus

    BalasHapus
  23. Boleh nih, rekomendasi buat jadi angkutan pengankut saat ke jogja next time. Saat ini belum ada rencana mau ke jogja sih tapi next time ada. Tapi emang udah jarang naik kereta sih akunya

    BalasHapus
  24. Tertarik banget Mbak. Apalagi saya belum pernah merasakan yang namanya naik kereta api. Maklum di daerah saya belum ada KA, sementara masih dibangun jalurnya sih

    BalasHapus
  25. Dulu pernah naik kereta ini berdua sama suami. Sekarang belum pede ngajak anak naik KA jauh hahaha jaman sekarang naik kereta nyaman juga seperti naik pesawat menurutku

    BalasHapus
  26. Aku pengguna setia transportasi ini kereta api. Klo pulang kampung ataupun ke luar Jawa lebih milih naik kereta api.

    BalasHapus
  27. iya naik kereta sekarang kalo pergi kemana-mana nyaman dan kebanyakan pasti tepat waktu. Udah nggak ada pedagang asongan lagi yang naik ke gerbong

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)