10.12.19

Tetap Sehat dan Fit di Musim Pancaroba


Teman-teman, sekarang-sekarang ini, Bandung gak seperti biasanya. Suhu Bandung yang biasanya berkisar antara 18-20°C, akhir-akhir ini mencapai 33°C. Bahkan malam hari yang biasanya adem cenderung dingin, kini paling rendah 21-22°C. Gak heran, abis mandi pagi jam 8-an pun, begitu ke luar dari kamar mandi, badan langsung gerah lagi.

Perubahan Metabolisme Tubuh

Untuk orang dewasa, perubahan cuaca Bandung mungkin hanya membuat badan yang kepanasan dan banjir keringet. Tak banyak membuat tubuh mengalami penyesuaian yang drastis. Paling-paling panas dalam, bibir pecah-pecah, serta kulit yang jadi lebih kering. Dan ini, sedikit bisa diatasi dengan banyak makan sayuran juga buah-buahan. Plus pake pelembab kulit yang lebih sering. Anak-anak nih yang lumayan terganggu. Termasuk anak-anak saya.

Iya, tubuh mereka mengalami banyak penyesuaian yang cukup drastis. Dari mulai hidung yang pada gampang mimisan, flu dan batuk pilek yang lebih sering serta bandel, hingga gangguan kulit tubuh yang bruntusan karena biang keringet. Ngelihat mereka seperti ini, saya kasihan banget.

Ngasih obat tentu adalah pertama yang saya lakukan supaya anak-anak saya bisa lebih nyaman. Tapi, itu cuma di awal-awal saja. Karena gangguannya terus-menerus terjadi, saya tak bisa begitu. Obat kan zat kimia yang berbahaya. Sekali pun itu obat generik yang aman, kalo dikasih terus menerus, badan anak-anak bisa jadi kebal terhadap zat kimia itu. Gak mustahil jika pada akhirnya, obat ini malah menggangu sistem metabolisme. Jangan sampai deh anak-anak saya seperti itu.

Tetap Sehat dan Fit di Musim Pancaroba

Tapi Alhamdulillah, mimisan, panas dalam, flu dan batuk filek, serta bruntusan di kulit anak-anak saya sudah hilang. Mereka tetap fit dan sehat. Tanpa bantuan obat-obatan kimia. Apa saja yang saya lakukan supaya anak bisa tetap sehat dan beraktivitas sehari-hari tanpa gangguandi musim pancaroba seperti sekarang? Ini dia!

Anak-anak paling rentan kena flu dan batuk pilek di musim pancaroba

1. Makanan yang Bergizi

Ini pasti adalah langkah pertama yang dilakukan semua ibu-ibu untuk keluarganya. Selalu menyediakan makanan yang bergizi. Apalagi di musim seperti sekarang. Dari mulai karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan yang lainnya pasti diperhatikan. Porsi sayur dan buah, jelas menjadi lebih ditingkatkan. Gizi yang seimbang dari dalam akan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

2. Banyak Air Putih

Semua orang tahu bahwa air putih memiliki banyak manfaat. Dua liter merupakan jumlah minimal yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih di musim seperti sekarang yang cenderung panas. Supaya tubuh tidak dehidrasi, air putih dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk anak-anak pun begitu. Dan memberi mereka air putih dalam jumlah yang sedikit namun sering, menjadi cara yang efektif di dalam memenuhinya.

3. Multivitamin dan Madu

Vitamin memang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Tapi di saat seperti sekarang, tubuh membutuhkan vitamin dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk mengantisipasinya, suplemen multivitamin bisa diberikan. Tapi tetap, jumlahnya harus sesuai seperti yang dianjurkan. Dan untuk anak-anak, saya memberinya sesekali saja. Dan sesekali pula, saya memberi anak-anak saya madu.

4. Istirahat yang Banyak

Anak-anak memang sangat aktif. Tak peduli cuaca apa pun. Karenanya, kitalah yang harusnya mengingatkan mereka untuk banyak-banyak beristirahat. Tidur yang cukup, serta menghindari berpanas-panasan di luar rumah adalah cara efektif di dalam menjaga kesehatan tubuh anak.

5. Olahraga

Untuk cara yang satu ini, rasanya tidak susah untuk diterapkan. Mengingat anak-anak memang bawaannya selalu aktif. Tapi sekarang sepertinya tidak selalu demikian. Hadirnya gadget dan internet, membuat anak lebih banyak asyik dengan dua hal tersebut. Mengajak anak berolahraga ringan, bermain di luar (namun di tempat yang teduh), atau mengajak anak ikut belanja sering kali saya lakukan supaya anak terlepas dari gadget, dan tubuhnya bisa aktif bergerak.

6. Essential Oil

Ini dia pengganti obat kimia. Saat flu dan batuk pilek, anak-anak bisa diberi essential oil atau minyak essensial. Banyak riset dan pengalaman yang membuktikan bahwa essential oil ampuh memberantas infeksi virus dan infeksi bakteri, termasuk menahan aktivitas virus influenza alias flu. Meskipun essential oil juga mengandung bahan kimia, tapi dia bahan kimianya alami, karena diekstrak dari tanaman.

Essential Oils Bisa Diandalkan!

Memberi essential oil merupakan cara yang paling ampuh di dalam meredakan flu serta batuk pilek. Caranya bisa dengan dihirup uap aromaterapinya, di mana essential oil dicampurkan dengan air panas, dan uap yang ke luar dihirup secara langsung; bisa dengan menggunakan alat diffuser, di mana essential oil diubah menjadi uap dan disebarkan ke seluruh ruangan; bisa dicampurkan dengan cara dicampurkan ke air hangat untuk mandi; atau juga dengan cara dicampurkan dengan minyak pijat untuk memijat seluruh tubuh.

Cinnamon Essential Oil, salah satu minyak esensial yang berkhasiat meredakan flu dan batuk pilek

Lavender, Tea Tree, Oregano, Eucalyptus, Peppermint, Lemon, dan Cinnamon adalah contoh dari beberapa varian essential oil yang bisa meredakan sakit flu dan batuk pilek untuk anak-anak. Antioksidan di dalam masing-masing essential oil tersebut mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang melemahkan sistem imun, melawan inflamasi dan bakteri, meredakan stres, serta memberi efek hangat yang menenangkan.

Tapi Hati-hati, Tak Semua Essential Oil Berkualitas

Nah ini yang mesti diwaspadai. Keampuhan essential oil dalam mengobati berbagai keluhan, dan penyakit, ditambah dengan harga essential oil yang lumayan pricey namun tetap banyak dicari, membuat banyak pihak berlomba-lomba mengeluarkan produk essential oil.

Tapi tak semua produsen ini mampu mengeluarkan produk yang berkualitas. Tak sedikit yang asal-asalan. Dengan tanpa dibarengi kemampuan memproduksi, tanpa teknologi yang mumpuni, serta tanpa pengetahuan yang luas tentang essential oil, jadinya sekarang banyak sekali essential oil yang ada di pasaran. Untuk menggunakan essential oils bagi keluarga tercinta, kita tentu harus jeli. Kita harus memilih yang berkualitas. Dan tentunya, belinya juga gak sembarangan.

Pilihan Essential Oil yang Berkualitas: Essential Oil dari Healing Solutions

Ya, Healing Solutions adalah solusi pilihan essential oil yang berkualitas itu. Essential Oil dari  Healing Solutions dibuat dengan proses penyulingan dan pengemasan yang higienis. Tak perlu diragukan lagi kualitasnya, sebab essential oil dari Healing Solutions mengantongi sertifikat dari Asosiasi Aromaterapi Terkemuka: Alliance of International Aromatherapists (AIA) serta Dewan Perdagangan Aromaterapi.

Jangan ragu dengan harganya yang lebih murah daripada essential oil merk lain. Essential Oil dari Healing Solutions memiliki harga yang terjangkau karena dijual secara langsung dari produsennya kepada konsumen, tanpa sistem MLM yang membuat harganya menjadi mahal.

Essential Oils dari Healing Solutions

Kenapa demikian, sebab Healing Solutions ingin agar konsumen mampu menerima produk essential oils yang berkualitas, yang biasanya dibuat oleh produsen eksklusif semacam butik-butik kesehatan, tetapi dengan harga yang terjangkau. Dengan tanpa mengesampingkan kualitas bahan, keahli yang membuat, proses pembuatan, alat yang digunakan, serta kemurnian produk. Healing Solution menjamin bahwa essential oil mereka merupakan essential oil yang paling murni yang ada di pasaran. Fyi, essential oil dari Healing Solutions dijaga kualitasnya oleh para ahli (dokter), yang merupakan pegawai tetap di sana, di Arizona. Dan esssential oils yang ada di pasaran, konon terlalu banyak zat campurannya.

Beli Essential Oil dari Healing Solutions di Mana?

Essential Oil dari Healing Solutions bisa dibeli secara langsung di www.healingsolutions.com. Caranya belanja mudah, seperti beli di toko online biasa. Kita memilih produk, dan lalu check out untuk membayar. Jangan lupa juga untuk daftar atau membuat akun terlebih dahulu supaya bisa meng-input alamat kirim.

Tapi, sebelum menulis ini saya sempet googling. Ada juga ternyata Healing Solutions Indonesia yang situsnya http://www.healingsolutions.id/. Di sana produknya juga sama dengan produk yang ada di www.healingsolutions.com. Dan belanja di sana pun kayaknya lebih mudah. Sebab menggunakan mata uang rupiah. Dan pasti, ongkos kirim lebih murah serta sampainya ke tangan kita akan jauh lebih cepat.

Well...

Hmm… ternyata ya, esssential oil ini gak semuanya murni. Dan yang mahal ternyata gak menjamin juga kemurniannya. Kita kudu jeli di dalam memilihnya. Apalagi mengingat kalo esssential oil ini bakal dipake oleh orang-orang tercinta, terlebih anak-anak. Kemurnian, keamanan, dan kenyamanannya buat mereka adalah hal yang penting. Produk-produk Healing Solutions yang bisa dipakai anak bisa dilihat di http://healingsolutions.id/product/best-kids/ dan juga di http://healingsolutions.id/product/healthy-kids/.
Beberapa jenis produk essential oils dari Healing Solutions untuk anak

Oke deh teman-teman, sampai di sini curhat saya. Jaga selalu kesehatan diri dan kesehatan keluarga kita ya. Pastikan, makanan, lingkungan, dan obat-obatan yang kita pilih berkualitas. Apalagi sekarang udah masuk musim penghujan. Gampang banget deh kita dan keluarga kena penyakit. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Semoga bermanfaat!

39 komentar:

  1. Aku baru tahu kalau Essential Oil bisa untuk menyembuhkan flu. Makin lega pas melihat ada yang untuk anak-anak juga.

    BalasHapus
  2. wah, terima kasih tipsnya Kak. lagi musim pancaroba dan banyak banget orang sakit nih. Semoga keluarga kita selalu sehat ya. Amiin
    Kayaknya bisa dicoba nih esensial oilnya. Biasanya aku pakai minyak kayu putih di atas lampu aromatherapi, hehe

    BalasHapus
  3. Aku juga sesekali pakai essential oil. Cuma suka lupa nyalain diffusernya. Kalau pas ga enak badan, baru deh ingat. Duhh....Brand Healing Solution ini aku baru tahu. TFS Mba

    BalasHapus
  4. Cuaca akhir2 ini memang luar biasa ya mak.. panas tapi malam bisa tiba2 hujan. Siang tuh panasnya bangeet. Madu dan air hangat biasanya buat nambah fit anak2. Wah ada oil kayak gini jadi tambah pilihan baru.. biaa dicoba niih :)

    BalasHapus
  5. Salah satu alternatif kalau menghindari penggunaan obat, bisa pakai essential oil ini ya mbak.
    Kemasan produk essential oil dari healing solution yang buat anak-anak ini lucu ya, kemasannya menarik, khasiatnya bagus pula

    BalasHapus
  6. Wahhh sipp banget ini Mbaa
    Aku udah lama pingin bgt cari oil kayak gini. Tapi yg ada kan harganya duilee merongrong dompet

    Moga2 aku cocok sama merek yg ini

    BalasHapus
  7. Madu emang mantapp yah. Khasiatnya banyak dan tanpa efek samping

    BalasHapus
  8. Adem banget di Bandung, mbaaaa. Aku belum pernah nyoba essensial oil mba. Tapi kayaknya ini pas buat anak aku juga

    BalasHapus
  9. Coconut oil ini emang banyak manfaatnya ya.. Salah satu minyak yang aku pake juga bagus buat anakku... Buat pencernaan lancar..

    BalasHapus
  10. Pemakaian essential oil emang lg booming saat ini teh,, Karna memang bnyak bnget manfaatnya selain buat rileks Ada Juga utk obat

    BalasHapus
  11. Mau coba ah
    Soalnya ada anakku yang usia 5th ke atas dan sangat aktif sekali
    Pengen dia punya daya tahan tubuh supaya tetap aktif bergerak

    BalasHapus
  12. Belum pernah nyobain essential oil, mbak
    Beberapa kali tahu juga sih dari teman yg gunain, tapi utk pemakaian pribadi belum pernah nyoba
    Penting banget sedia essential oil di musim yg ga bisa ditebak spt sekarang ini, memang, apalagi kalau anak2 sudah terkena flu atau batuk,

    BalasHapus
  13. Aku punya alatnya Mbak..kutaruh di kamarku dan ruang keluarga. Anak-anakku kan pengidap asma, maka aku pakai essential oil ini diantaranya, buat bantu terapi mereka.

    BalasHapus
  14. Nyesek pastinya jika beli essential oil sudah mahal-mahal eh ternyata gak berkualitas. So, pilih haeling solution aja ya mbak

    BalasHapus
  15. Wah ternyata Essential Oil bisa untuk menyembuhkan flu ya, skrg juga musim pancaroba berarti cocok ini konsumsi Essential Oil.

    BalasHapus
  16. Aku suka pake essential oil buat anakku kak terutama lemongrass dan lavender. Tapi brand ini baru tauu nih aku.

    BalasHapus
  17. iya bener teh kalau malem sekarang gerah banget, kalau gak mandi bisa tambah gerah aku gak bisa tidur :D wah saya belum pernah coba essential oil, ini bagus yaa buat kesehatan. Bisa beli dimana ini teh?

    BalasHapus
  18. Kebalikan medan nih kayaknya bandung ya mba. Di medan dingin terus, sampe clbk alias cucian lama belum kering. Akibat nya tiap pagi kedinginan terus karena suhu dingin, bisa dicoba nih ya essential oil nya buat jaga kesehatan.

    BalasHapus
  19. Musim hujan dan si kecil beberapa kali kena flu mbak, eh saya malah ketularan jadi pengen cobain essensial oil ini mbak.

    BalasHapus
  20. Aku kalau di rumah selalu sedia essential oil, apalagi untuk anakku. Penting banget soalnya si essential oil ini. Melihat perubahan cuaca kayak sekarang ini, anak-anak juga butuh perlindungan extra.

    BalasHapus
  21. Bedanya essensial oil yang asli dan kw apa yaa, teh?
    Sekarang lagi happening yaa, teh..
    Semoga anak-anak sehat selalu, teteh.

    BalasHapus
  22. Cuaca memang lagi nggak jelas ya.
    Panasnya bs panas bgt, sementara pas hujan juga bikin meriang
    Makanya harus sedia essensial oil ini ya

    BalasHapus
  23. Aku di rumah biasanya pakai healing oil yang obat gosok itu mbak, beda ya dengan essential oil, hehee. Tapi Healing Solutions ini kayaknya bagus ya mbak, apalagi tersedia yang khusus anak, kemasannya juga per paket gitu. Mau coba cek ke web nya ah. Makasih sharingnya mbak Nia :)

    BalasHapus
  24. Aku penggemar EO untuk homecare, ini brand lokal kah mbak? aku tertarik sama healthy kids 3 packs nya :)

    BalasHapus
  25. Aku juga pakai essential oil di rumah, musim pancaroba gini essential oil itu perlu banget untuk menambah daya tahan tubuh. Gak perlu minum obat.

    BalasHapus
  26. Nah aku malah udah mulai nggak enak badan karena musim pancaroba. Kurang vitamin juga yang bisa bikin badan tetap sehat

    BalasHapus
  27. Hehe au tau tu yang sistem MLM dan harganya emang mihil bingiit huhuhu.
    Aku di rumah jg sedia essential oil tapi blm pernah nyobain Cinnamon ini mbak, mungkin ntr kalau yg skrng di rumah abis kali ya :D

    BalasHapus
  28. Seriuus Bandung jd panas gitu?? Padahal terakhir kesana, udara Bandung lagi dingin2nya. Syukur klo ada minyak yg bikn anget y mba

    BalasHapus
  29. Suamiku tuh suka beli essensial oil tp yg dibeli aromanya ga jelas, bukannya sedep malah mabok aku, terlalu wangi kan ga enak ya, akhirnya aku isi pewangi baju aja hhhh

    BalasHapus
  30. Wah.. Pas banget nih teh, saya lagi cari essential oil yang bagus buat dedek bayi. Udah lama punya humidi, tapi masih belum beli essential oilnya, hehe. Makasih sharingnya, ya.

    BalasHapus
  31. Ih baru tahu ada essential oil baru ini teh, emang yah hati-hati sekarang banyak bener cem EO jadi pilih hati2

    BalasHapus
  32. Iya nih, lagi musim sakit
    Panas dingn meriang karena hujan
    Tq info essensial oilnya. Bisa di coba nih hehe

    BalasHapus
  33. Bener banget, Teh. Musim pancaroba kayak gini emang bikin kita rentan terkena penyakit. Saya sampai tepar beberapa hari lalu, dimulai dari flu, demam dan batuk. Ampun, deh. Sayangnya belum tau akan essential oil yang satu ini.

    Aromanya pasti enak banget dan bikin hidung lega, hati tenang dan pernapasan jadi lega ya?

    Pengen beli, ah!

    BalasHapus
  34. Waktu kemarin ke RS juga penuh banget kebanyakan batpil gitu. Musim seperti ini memang harus pintar2 ya mbak menjaga kesehatan. Di rumah setiap pagi juga rutin minum jus buah Sayur. Tapi sy belum pernah coba pakai EO nih. Kayaknya mesti nyoba Tapi yang jelas berkualitas seperti Essential Oil dari Healing Solutions ini ya.

    BalasHapus
  35. Betul Teh, saya sudah beberapa hari flu, biasanya cuma sehari atau 2 hari, sekarang agak lamaan. Biasanya saya makan jeruk banyak, Teh... Terus banyak makan juga, hehehe... Karena hujan, magernya kuat jd ya jarang makannya :)

    BalasHapus
  36. Setuju banget nih, pakai essential oil membantu banget saat anak batuk, jadi nggak perlu konsumsi obat kimia.
    Alhamdulillah anak-anak saya sekarang lebih milih pengobatan tanpa obat kimia :)

    BalasHapus
  37. Puingiiin cobaaaa
    soalnya aku juga beberapa kali denger testimoni mamah muda soal produk ini yg sangat sip markosip, Mbaaa

    BalasHapus
  38. Betul juga ya teh Nia, mentang mentang herbal, harus ada sertifikat agar aman bagi penggunanya.
    Jadi pingin nyoba ah, Kayanya menyenangkan kalo kamar beraromaterapi

    BalasHapus
  39. Di Malang juga cuacanya akhir-akhir ini nggak menentu, Mbak. Pagi habis mandi, belum juga beres pakai kerudung, udah keringetan lagi.

    Bagus nih ada essensial oil gini, bisa meminimalisir penggunaan obat kimia

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)