14.12.19

Memasak Nasi Sehat dengan Rice Cooker Cosmos Harmond


Teman-teman, saya mau nanya, makanan apa sih yang setiap hari di rumah ada tapi sering luput dari perhatian? Pasti jawabannya nasi. Iya nasi, saking selalu adanya di meja makan setiap hari, di seumur hidup, kita kayaknya banyak yang abai. Baik dari kualitasnya, hingga proses masaknya.

Saya begitu. Untuk makanan keluarga, saya seringnya fokus ke lauk pauk. Supaya seluruh anggota keluarga mendapatkan gizi seimbang. Akan tetapi nasinya, karena dianggap sudah biasa, sering terlupakan. Padahal ya, karena selalu kita makan terus menerus itulah, sekecil apa pun zat asing di dalamnya, itu akan menumpuk di dalam tubuh. Dan boleh jadi, ketika jumlahnya sudah banyak, ini bisa membuat efek besar di dalam tubuh kita.

Salah satu zat asing yang baru saya ketahui, yang bisa ada menempel di dalam nasi, yang kemudian bisa berefek bahaya bagi tubuh adalah Perfluorooctanoic (PFOA). Zat ini banyak terkandung di dalam zat antilengket di penanak nasi (rice cooker). Nah, saking terus dipakai, dalam kondisi panas; yang kemudian tergores saat proses pemasakan, pengambilan dengan cukil, dan juga pencucian dengan sabut (sponge) pencuci; perfluorooctanoic ini bisa lepas. Dan kalau lepas, bisa dipastikan zat ini akan menempel pada nasi, dan lalu masuk ke dalam tubuh kita. Karena setiap hari kita makan nasi yang memiliki kondisi seperti itu, maka si zat tersebut akan menumpuk di dalam tubuh kita. Padahal perfluorooctanoic ini sendiri itu sifatnya karsinogenik, bisa memicu timbulnya kanker.

Jangankan perfluorooctanoic yang jelas-jelas merupakan zat asing bagi tubuh; mikronutrien saja, seperti zat besi, zinc, kalsium, fosfor, magnesium, dan lain-lain; jika jumlahnya sangat banyak, dan menumpuk di dalam tubuh, itu bisa bahaya. Sirosis, diabetes, gagal jantung kongestif, serta aritmia merupakan contoh dari penyakit yang bisa terjadi akibat tubuh kelebihan zat besi. Gimana dengan perfluorooctanoic, kan? Uh, ngeri!

Memilih Rice Cooker Antigores daripada Rice Cooker Antilengket

Beruntung, sejak 9 tahun yang lalu saya berhenti menggunakan penanak nasi yang berlapis zat antilengket. Meskipun dulu saya memilihnya karena modelnya yang simpel, sistem penguapannya yang gak bikin nasi benyek dan gak bikin nasi cepet basi (berdasarkan pengalaman kakak saya), saya bersyukur telah memilihnya. Zat antigores yang ada di dalam penanak nasi pilihan saya, membuat saya tenang. Dan benar, walau pun sudah 9 tahun, bagian panci penanak nasinya, tak sedikit pun ada yang tergores. Coba saja lihat fotonya di bawah ini.

Rice Cooker Cosmos Harmond yang setia menemani selama 9 tahun

Inner pan Rice Cooker Cosmos Harmond yang tidak tergores walau pun sudah dipakai selama 9 tahun 

Gimana, tak ada bagian yang tergores bukan? Duh, bisa dibayangkan, selama 9 tahun, akan segimana bagian yang mengelupas kalo saya pilihnya penanak nasi berzat antilengket. Pasti sudah sangat parah. Dan saya, pasti merasa sangat bersalah.

Cosmos Harmond Pilihan Saya!

Iyes, penanak nasi a.k.a. rice cooker pilihan saya sejak 9 tahun yang lalu itu adalah Rice Cooker Cosmos, Rice Cooker Cosmos HARMOND. Zat antigoresnya sungguh membuat saya tenang. Nasi enak didapat, kualitas nasi yang baik, tetap bisa saya sajikan.

Apa itu sebenarnya Rice Cooker Cosmos HARMOND? Itu lho, rice cooker yang menggunakan teknologi HARMOND. Sebuah teknologi antigores yang terdapat pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Panci ini diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke suhu yang  mendekati 0°C, sehingga innerpan-nya tersebut menjadi antigores. Dia tidak mengelupas, lebih sehat, dan tahan lama.

Kenapa Rice Cooker Cosmos HARMOND itu bagus? Ya itu tadi, innerpan-nya antigores dan tidak mengelupas. Walau pun disikat dengan sikat kawat baja. Saya sudah membuktikannya sendiri. Coba saja lihat video saya di bawah ini.


Kini, saya beralih pada Rice Cooker Cosmos HARMOND tipe Cosmos CRJ-6288. Selain karena merupakan tipe rice cooker Cosmos terbaru, keunggulan-keunggulan berikut sangat memikat saya.
  • Menggunakan teknologi HARMOND. Ini jelas merupakan keunggulan utama yang menjadikannya pilihan saya. Antigores yang tidak mengelupas dan lebih sehat. Sehingga menjadikan Rice Cooker Cosmos Harmond sebagai Rice Cooker Sehat.
  • Inner Pan Handle. Yupp, Cosmos CRJ-6288 memiliki pegangan panci. Dia tidak panas walau pun setelah proses pemasakan. So, bikin kita aman saat memindahkan.
  • Tongolan. Ini nih yang membuat saya, 9 tahun lalu memilih Cosmos Harmond. Tongolannya, yaitu pengatur sirkulasi panas yang membuat nasi lebih pulen. Penguapan udara lebih efektif sehingga nasi gak mudah benyek dan gak gampang basi. Dulu, saya direkomendasikan ini oleh kakak saya.
  • Dew Collector, yaitu sistem yang menjaga rice cooker tetap bersih.
  • Comfortable Handle, yaitu bagian pegangan yang nyaman.
  • Terdiri dari 3 varian warna, yaitu merah, biru, dan hijau. Punya saya sendiri adalah yang warna hijau.
  • Kapasitas 2 liter. Pas untuk saya yang punya anak banyak. Dalam sekali masak, saya biasanya masak nasi 1 liter. Jumlah ini bisa untuk 2 kali makan (siang dan malam).
  • Dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus, dan juga sendok nasi.
  • Daya masukan sebesar 400 watt.
Rice Cooker Cosmos HARMOND CRJ-6288

Tongolan dan handle Rice Cooker Cosmos HARMOND CRJ-6288

Rice Cooker Cosmos HARMOND CRJ-6288

Jaga Nasi Sehat Sejak Proses penyimpanan

Menyajikan nasi sehat tidak hanya saat proses pemasakan saja. Tetapi lebih dari itu. Sejak kita memilih beras berkualitas baik, kita berkewajiban untuk menjaga kualitasnya. Sebab jika salah-salah kita memperlakukannya, beras berkualitas baik yang sudah kita pilih, itu bisa menjadi jelek. Bisa busuk, berkutu, berubah warna dan rasa, hingga berbau. Ya, di sinilah proses penyimpanan beras itu juga tak kalah penting.

Saya sendiri dulu menyimpan beras di ember yang ada tutupnya. Masalah yang timbul, terutama jika jumlah berasnya banyak, itu sirkulasi beras menjadi tidak sehat. Sebab beras yang ada di paling bawah akan sulit diambil. Jadinya, makin lama makin ketumpuk beras yang baru. Dan ini bisa
bikin munculnya kutu beras dan  serangga lain. Beras pun mudah apek dan gak higienis lagi.

Sekarang saya pake sarana penyimpan beras Cosmos 007 - Pundi. Dengannya, beras saya jadi terjaga kualitasnya. Hal-hal berikut inilah yang membuat saya memilih sarana penyimpan beras Cosmos 007 - Pundi.
  • FIFO Technology (First In First Out). Yaitu teknologi yang membuat beras yang masuk pertama akan ke luar terlebih dahulu.
  • Ukurannya yang compact, di mana kapasitasnya hingga 7 kg saja. Jadinya gak makan tempat.
  • Pull N Dispense. Dengan sekali tarik, satu takaran 130 gr tersedia secara otomatis.
  • Antislip, yaitu lekat dan tidak bergeser.
  • Membuat beras bebas kutu.
  • Bebas karat.
  • Kualitas beras tetap terjaga
Sarana penyimpan beras Cosmos 007-Pundi

Sarana penyimpan beras Cosmos 007-Pundi

Tips Penting Memasak Nasi

Ada yang bilang kalo memasak nasi dengan rice cooker itu hanya untuk sekali makan. Sebab nasi tidak tahan lama dan akan basi jika bersisa. Hal itu salah banget. Nasi hasil masak di rice cooker juga bisa awet, asalkan kita tahu triknya.

Saya sih, setelah nasi matang, sekitar 5 menit setelah lampu indikator berubah dari Cook ke Warm, itu nasi biasanya diaduk. Kalo orang Sunda nyebutnya diakeul dulu. Biar uapnya ke luar, dan nasi tidak padat menyatu. Dan proses pengadukan ini akan membuat nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama. Secara ilmiahnya, proses ini akan mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi.

Satu lagi tips dari saya, jangan mencolok rice cooker terus-menerus sepanjang hari. Hal ini bisa membuat nasi cepat kering dan basi. Dan nutrisi pada nasi pun akan jadi hilang. Ngangetin nasi 30 menit sebelum makan akan lebih baik.

Membuat Nasi Liwet Teri Medan dengan Menggunakan Rice Cooker Cosmos HARMOND

Beberapa waktu yang lalu, anak-anak kepengen makan nasi liwet. Karena males ribet pake panci di kompor, saya pun bikin nasi liwet ini di rice cooker yang saya punya, Rice Cooker Cosmos HARMOND. Dan ya, seperti masak nasi biasa, bikin nasi liwet di Rice Cooker Cosmos HARMOND pun sangat mudah. Mau tahu semudah apa? Yuk disimak terus!

Nasi Liwet Teri Medan

Bahan-bahannya

  • Beras 1 kg (1,25 liter)
  • Air secukupnya
  • 5 butir bawang merah
  • 3 batang serai
  • 5 lembar daun salam
  • 1 ons teri Medan
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci bersih beras.
  2. Cuci bersih teri Medan, daun salam, dan serai.
  3. Iris bawang merah.
  4. Masukkan beras ke rice cooker, tambahkan air secukupnya (saya sih, hingga air di atas beras. tingginya sebuku jari telunjuk).
  5. Masukkan teri Medan, irisan bawang merah, batang serai, daun salam, kaldu bubuk, dan garam. Aduk rata.
  6. Nyalakan rice cooker dan cetekin sehingga lampu indikator Cook menyala.
  7. Ketika uap air yang ke luar dari tongolan rice cooker terlihat banyak, buka rice cooker dan aduk nasinya. Tujuannya supaya garam tercampur rata. Tutup lagi rice cooker-nya.
  8. Tunggu sampai lampu indikator berpindah ke Warm.
  9. Setelah 10-15 menit dari nasi matang, aduk nasinya. Nasi liwet teri Medan pun siap disantap.
Nasi Liwet Teri Medan

Okey!

Nah teman-teman, gimana rice cooker di rumah? Masih pakai yang antilengket? Mulai sekarang hati-hati, ya. Zat antilengket yang ada di panci rice cooker bisa bahaya kalo nempel di nasi dan termakan.

Sekali dua kali mungkin gak berasa, tapi kalo lama-lama bisa bahaya. Nasi kan, kita makan hampir seumur hidup. Jangan sampai deh, kita kenapa-kenapa karena kurang tidak tahu dan waspada. Saran saya sih, yuk beralih pada produk aman yang bikin tenang, Rice Cooker Sehat. Kesehatan tubuh kan investasi untuk seumur hidup.

Oh ya, produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, dan juga secara online di marketplace, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, serta Blibli (Cosmos Official Store).

Untuk informasi lebih jauh tentang produk Cosmos, bisa cus aja langsung ke website-nya di www.cosmos.id. Ada banyak juga lho resep dan tips bermanfaat di sana. Ngepoin akun sosial media Cosmos juga nambah wawasan. Kita bisa ke akun Instagramnya di @cosmosonline, Facebook Fans page-nya di @mycosmos, serta Youtube Channel-nya di https://www.youtube.com/BelanjaCosmos.

Oke deh teman-teman, segitu tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

62 komentar:

  1. ngiler liat nasi liwetnya teh, aku pakai cosmos juga rice cookernya tapi belum punya wadah berasnya :(

    BalasHapus
  2. Wah, saya juga seringkali loh mengabaikan makanan pokok, fokusnya malah ke lauk pauknya. Padahal, yang masuk ke sistem pencernaan kan, nggak hanya lauk pauknya aja. Tips yang bermanfaat ini untuk setiap rumah tangga tentunya.

    BalasHapus
  3. Rice cooker dan penyimpan beras yg higienis.setiap dapur rumah tangga harus punya nih .

    BalasHapus
  4. aku punya cosmos yang angry bird teh, paling sering buat bikin nasi liwet, porsinya pas buat sekali makan barengan, nasinya enak dan awet ga cepet kering/basi

    BalasHapus
  5. Saya pakai cosmos juga dan baru tau kalau kualitas cosmos ternyata bikin nasi sehat untuk keluarga. Alhamdulillah selama ini berarti saya sudah memberikan yg terbaik nih buat keluarga...

    BalasHapus
  6. Wah lebih enak ya Bu kalo ada pegangannya, apakah ada ukuran ciliknya untuk edisi ini, yang ramah anak kos. Hehe

    BalasHapus
  7. Warnanya hijau jreeeng ya mbaa.. aku di rumah juga pakai Cosmos. No complaints so far

    BalasHapus
  8. Kapasitas dua liter mah memang cukup buat keluarga ya Teh. Ini penanak nasi di rumah saya kan cuma seliteran aja, kalau mau makna rame-rame jadinya harus dua kali masak nih hehehe...

    BalasHapus
  9. Cosmos harmond nya anti gores dan aman dr bahan kmia berbahaya ya mba. Btw pngn cobain resep nasi liwet nya jg hehe

    BalasHapus
  10. Beneran, teh...selama ini suka lupa kalau nasi mesti diperhatikan juga dalam memasak. Aku sebelum pakai Cosmos, pakainya merk lain.
    Wah...uda pada ngelupas tuh...innerpan nya.
    Pakai Cosmos semoga awet kaya punya teteh yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ikut resepnya teteh masak nasi.
      Khas Sundanese banget yaa, teh...gurih dan wangi.

      Hapus
  11. Modelnya cakep ya , inovatif , dan yang pasti ini aman dan sehat. Keluargaku juga pakai cosmos sih mbak . Tapi aku sendiri walaupun belum nikah jiwa mak mak ku kuat banget . Lihat rice cooker semacam ini saja juga ku pengen beli

    BalasHapus
  12. Ngeri yaa kandungan perfluorooctanoic di rice cooker itu mbak.

    Emang gak boleh deh asal asalan pilih merek rice cooker inj. Resikonya ke kesehatan soalnya

    BalasHapus
  13. Memasak nasi menggunakan rice cooker Cosmos buat kita tenang ya, Teh. Gak khawatir nasi tercampur pelapis panci yang mengelupas. Soalnya Cosmos anti gores, jadi aman buat nasi.

    BalasHapus
  14. Makasih ya mba infonya, super informatif banget untuk aku yang masih awam. Terus dikasih resep pula, makin pengen segera masak deh pake rice cooker ini!

    BalasHapus
  15. Teteeeeh,
    Atuhlaaah aku juga naro beras di semacam ember yang ada tutupnya gitu, kayaknya harus ikutan ganti pake Cosmos juga nih hahaha.

    Dan Rice Cooker Harmond ini meuni bikin ngiler pisan teh, membuatku jadi ingin memilikinya hehe

    BalasHapus
  16. Produk cosmos udah lama dan terkenal banget emang kayaknya. Rice cookernya bisa aku jadiin kado nikahan temen kayaknya. Bermanfast buat pengantin baru. Maklum aja kak, temen udah pada nikah semua :'D

    BalasHapus
  17. Wow Mak Nia ternyata pemakai setia Cosmos ya. cosmos yang barunya kembaran nih denganku. Kece banget emang pancinya antigores.

    BalasHapus
  18. Mbaaaakk liat videonya kok aku ngilu2 gitu ya, sikatnya tajem amat kayaknya yang digosok2in ke rice cooker-nya :D Tapi kok keceeee dalemnya nggak tergores :o Oke berarti ya si Cosmos Harmond ini :))

    BalasHapus
  19. ternyata lebih penting antigores yaa dibanding antilengket. emang bahaya banget sih apalagi kita pakai rice cooker ini dlm jangka waktu yang cukup lama. kalau tiap hari kena zat kimia yang gak bagus buat tubuh bisa bahayayaa

    BalasHapus
  20. Cosmos ini andalan aku banget mba. Masak nasi jadi lebih sehat dan makanan juga jadi enak mba. Ga lengket pula

    BalasHapus
  21. Wah kayaknya enak juga tu mbak nasi liwetnya biar gak bosan makan nasi yang itu2 aja hehe :D
    Bagus ya rice cookernya punya teknologi anti gores sehingga makanan kita engak terkontantaminasi lapisan yang mungkin mengelupas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serem juga ya mbak kalau sampai lapisannya mengkontaminasi makanan yang kita makan.
      Btw aku suka penyimpan berasnya mbak, cakep. Minimalis juga dan kualitasnya bagus ya buat penyimpanan beras, ketimbang ditaruh dalam karung aja hehe

      Hapus
  22. Nasi liwet teri Medannya endolitaaa ya Maak.
    Mupeng buat coba jugaaak
    Pake Cosmos emang paling sip markosiipp

    BalasHapus
  23. Yang aku suka dari cosmos memang karena anti lengket dan anti gores sih ya, jadi gak khawatir partikelnya akan masuk ke nasi

    BalasHapus
  24. Wah sekarang ada Rice Cooker Cosmos yg anti lecet dalam nya. Cosmos selain harga nya terjangkau juga memang awet,

    BalasHapus
  25. Baru nyadar mba, ternyata bener loh rice cooker kalau yang anti lengket gitu nantinya lama-kelamaan lapisannya tuh ada yang rontok. Malah bahaya yaaa.. mendingan yang anti gores gini kayak Cosmos Harmond.

    BalasHapus
  26. Ritual 5 menit diaduk sesaat setelah nasi matang sudah lama aku lakukan.

    ... dan memang terbukti, nasi jadi jarang basi

    BalasHapus
  27. wow 9 tahun! Aku jadi memperhatikan, dalam kurun waktu 10 tahun ini saja aku sudah ganti rice cooker 3 kali!

    bener, faktor lengket dan tidak lengket itu juga pengaruh, dan jadinya illfeel kalo lengket karena kan sayang nasinya kebuang buang

    next harus diperhatikan jenis rice cookernya ya Nia

    BalasHapus
  28. Waaah, jadi lebih tenang ya Mbak perasaan, kalau rice cookernya anti gores. Thanks juga resep nasi liwetnya Mbak Niaaaaa....

    BalasHapus
  29. Ternyata dari bahan penanak nasi itu bisa membuat nasi menjadi tidak sehat ya teh.. wah jadi harus lebih aware lagi nih memperhatikan bahan pembuatan penanak nasi.. ngga mau dong kena penyakit gegara salah pilih rice cookeer

    BalasHapus
  30. Iklan Cosmos paling diinget dari dulu. Ingat beras Ingat Cosmos. Cosmos memang andalan para ibu rumah tangga ya

    BalasHapus
  31. Wah bener2 pecinta RC cosmos nih mbak Nia. Aku punya RC cosmos tapi yang kecil buat traveling itu lho. Itu jg bagus :D
    Emang RC tu krusial yaa, soalnya kalau nasi di rumah gak enak jd males makan hehe

    BalasHapus
  32. Akhirnya aku juga pakai Cosmos setelah penanak nasi sebelumnya udah pada terkelupas anti lengketnya. Kan jadi racun ya itu kalau lepas-lepas begitu, apalagi sampai termakan. Selain itu, Cosmos ini juga hemat listrik

    BalasHapus
  33. Salam kunjugan dan salam kenal dari Malaysia :) Follow disini ya!

    BalasHapus
  34. Udah lama banget aku make produk-produk cosmos. Memang awet dan tahan lama, sih. Tapi cosmos keluaran sekarang modelnya lucu-lucu. Jadi pengen beli juga deh.

    BalasHapus
  35. belum sarapan baca ini jadi pengen nasi liwet yang pulen uhuhuhu
    asik banget ya teh pake rice cooker cosmos. anti goresnya kuat banget. jadi bikin nasi lebih sehat :)

    BalasHapus
  36. Jadi nemu kutipan bagus nih dari artikel teh Nia yang ini. "Akan tetapi nasinya, karena dianggap sudah biasa, sering terlupakan." Masyaallah itu inner plan ricecooker udah 9 tahun masih mulus begitu teh Nia. Jadi pengen ganti juga ini ke cosmos harmond yang antigores udah gosok pake sikat baja juga. Makasih infonya teh Nia

    BalasHapus
  37. Wah ak termaoan hoax ya, nggak semua RC itu bahaya ya mba. Yang paling suka hemat listriknya hihihi

    BalasHapus
  38. Cosmos emang merek yang bagus ya, udahlah anti lengket anti gores pula

    BalasHapus
  39. Wah awet banget mba. Cosmos emang jagoan deh. Mbanya jg apik banget pake rice cookernya. Aku jg pake Cosmos tp beda tipe hihihi. Yg hijau gini lucu jg ya.

    BalasHapus
  40. Bener ga salah pilih akutu beliin rice cooker Cosmos Harmond yang ini. Dan suka pisan sama yang warna ijonya teh hehe.

    BalasHapus
  41. Ngwri juga ya efek lapisan panci yang mengwlupas. Alhamdulillah Cosmos punya produk baru yang lebih sehat. Rice cooker anti gores.. Bener bener anti gores ya pas habis disikat

    BalasHapus
  42. Nggak salah memang untuk menggunakan rice cookee cosmos ini. Masaknya jadi lebih sehat loh mba dan nasi makin enak. harganya juga terjangkau dengan berbagai pilihan

    BalasHapus
  43. Waduh, jadi pengen langsung ngecek nih, rice cooker cosmos saya udah antigores juga enggak ya? Harusnya udah lah ya... Tapi pengen juga punya yang tipe barunya nih...

    BalasHapus
  44. Waah.. sudah 9 thn pakai rice cooker cosmos, dan pancinya gak lecet. Keren nih.

    Dan produk lama belum rusak, sekarang udah ada yang lebih keren lagi ya dari Cosmos. Rice cooker Cosmos Harmond yang lebih bagus lagi.

    Itu sadis bener nyikat pakai sikat kawat. Kalau rice cooker biasa mah udah borat baret enggak karuan itu..

    BalasHapus
  45. Udah 9 tahun dan masih bagus aja ya, Mbak. Beneran awet nih Cosmos. Kalau aku naksir tempat berasnya juga. Aman dari tikus dan kutu ini

    BalasHapus
  46. Aku dah pake ini enak bener ga gores yaaaa nasinya jadi sehat. Aku juga senang nasinya awet ya mb

    BalasHapus
  47. 9 tahun masih awet???
    Alamak.. punyaku baru 1,5 tahun udah lem biru alias lempar beli baru..

    BalasHapus
  48. Wah, ngeri ya mbak,,akibat lapisan anti lengket yang ga sengaja kemakan..saya kebetulan juga lagi cari rice cooker nih, rice cooker lama sudah rusak. Maklum dah 10 tahunan juga. Mau ah nyoba rice cooker cosmos yang dengan teknologi anti gores ini. Biar aman kalau dipakai buat masak-masak. Mksh sharingnya ya.

    BalasHapus
  49. Bener teh rice cooker cosmos ini bikin Nasi enak pulen dah gitu krn lapisan harmond nya yg bikin aman, Dan bikin awet rice cooker nya

    BalasHapus
  50. Saya juga pakai cosmos harmond, udah dua tahunan ini. Emang bener, mau digosok sekuat apapun pakai permukaan penggosok yang kasar, tetap aja permukaannya kayak masih baru.

    Kalau untuk penyimpan beras, belum ada wadah khusus, tetap dibiarkan aja dalam karungnya

    BalasHapus
  51. Hehe saya kesentil. Saya simpan beras di ember yg ada tutupnya loh. Jd pengen nabung buat beli kedua produk cosmos ini deh biar bs sajikan nasi yg baik dan kaya kandungan baik

    BalasHapus
  52. Ternyata yang anti lengket itu malah bahaya ya kalau lapisannya rontok dan mengenai nasi yang kita konsumsi sehari-hari. Lebih aman pilih yang anti gores gini aja ya.

    BalasHapus
  53. Sama banget aku pakai cosmos juga..soalnya emang nyaman banget ini Cosmos dan aku pakai warna hitam

    BalasHapus
  54. aku juga beralih ke cosmos makk. memang ya kita harus pinter2 pilih rice cooker. apalagi soal kesehatan.

    BalasHapus
  55. Wah aku perlu banget itu tempat simpan berasnya :)

    BalasHapus
  56. Aku juga punya mba dirumah hehe, emang bener banget bermanfaat. Apalagi tempat simpan berasnya, awet dan bersih. Rice Cooker nya juga modelnya bagus. sukak banget

    BalasHapus
  57. Aku pas banget lagi mikir beli penanak nasi dan lihat ini, punyaku di rumahsekarang juga Cosmos tapi yangmodel lama, iya udah dipake 6 tahun yang ini, kabelnya dah tambal-tambalan dimakan tikus
    Next beli type ini aja

    BalasHapus
  58. Ku pakai cosmos juga Mak, tapi bukan yg harmond. Memang beneran awet beli pas nikah dan masih kepake sampai hari ini. Nah ku pengin ganti ukuran, karena di rumah bakal nambah penghuni baru.

    BalasHapus
  59. waahhh aku pengen nasi liwetnyaa.. juga pengen cosmos harmond nya.. kern ya bisa gak kegres sedikitpun padha; pake sikat kawat

    BalasHapus
  60. Saya juga pakai cosmos mini. Enak, takarannya pas buat makan seharian. Secara kita sekeluarga makannya udah dikit banget.. xixi.. tapi mau juga sih punya rice cooker harmond yang antigoreanya ga mudah lecet dan mengelupas.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)