22.4.17

Bikin Mashed Potato, Yuk!


Temen-temen, saya dan keluarga senang banget dengan yang namanya perkedel. Hehehe... iya, itu makanan yang terbuat dari kentang itu. Bukan cuma untuk dibuat lauk makan nasi saja, tetapi​ juga untuk digado begitu aja kayak bala-bala, gehu, cireng, dan sebangsanya. Jadi temen minum kopi atau teh hangat saat sarapan juga enak. Lumayan lah buat pengganjal perut hingga waktu makan siang tiba. Wkwkwkw... iyalah, da terbuat dari kentang, ya. Kentang tea atuh karbohidrat. Sama aja kayak nasi. Kalorinya lumayan banyak.

Ngomong-ngomong soal kentang, selain dibikin perkedel, saya juga suka mashed potato. Hihi, gaya ya, kebarat-baratan. Ya gitu deh, walopun sedikit kebarat-baratan, buat saya, mashed potato ini lebih mirip bubur kentang. Ya, walopun lebih kental. Bubur mah encer kan, ya.

Awal pertama kali makan mashed potato, itu saat kuliah. Tepatnya waktu diajak makan seseorang, *baca: calon bapak anak-anak*, di kedai pizza. Nah di situ ternyata ada menu potato crumble. Saya pilih deh menu itu. Dan ternyata, enaaak banget. Jadilah, tiap ke sana, saya selalu pesan potato crumble. Dan potato crumble potato mashed itu sama aja. Bedanya, potato crumble  mah dipanggang lagi.

Resep Mashed Potato
Ada yang belom tahu cara bikin mashed potato, gak? Kalo ada yang belom tahu, nih saya kasih tahu caranya. Hihihi... belagu banget deh. Kayak jago masak aja. Gapapa deh, walopun tahu sedikit, semoga aja bermanfaat.

Bahan-bahannya
  • Kentang 500 gram atau 5 butir kentang ukuran sedang
  • Air putih
  • 150 mL susu cair (saya pake susu uht plain)
  • 5 sendok makan mentega
  • 50-100 gram keju cheddar (sesuai selera)
  • Setengah sendok makan merica bubuk
  • Sejumput garam (sesuai selera)
  • Satu sendok makan seledri yang sudah diiris halus
Cara buatnya
  1. Kupas kentang, potong dadu kecil-kecil, lalu cuci bersih, dan kemudian  rebus di air putih sampai lunak.
  2. Masukkan rebusan kentang lunak di wadah besar. 
  3. Hancurkan kentang sampai halus. Bisa menggunakan sendok atau garpu. Untuk yang punya alatnya, yaitu potato masher, penghancuran kentang ini gampang banget. Tapi kalo gak punya, gapapa deh pakai sendok atau garpu. Walopun lumayan bikin tangan pegel.
  4. Masukkan mentega saat kentang masih panas. Aduk rata.
  5. Tambahan garam dan merica bubuk. Aduk rata.
  6. Masukkan susu cair. Aduk rata.
  7. Masukkan keju cheddar. Panaskan kentang di api keci supaya keju meleleh. Aduk rata hingga kentang mengental. Saya sih masukin keju cheddarnya yang sudah diparut. Jadi pemanasan kentangnya cepet banget.
  8. Angkat kentang, tambahkan irisan seledri. Aduk hingga merata.
  9. Masukkan mashed potato ke dalam mangkuk atau piring. Tata sesuai selera. 
  10. Mashed potato siap disantap.
Nah, itu dia resepnya. Gampang, kan? Gampang banget. Anak kecil aja pasti bisa bikinnya. Oh ya, kalo mau dibikin potato crumble, setelah semua tahapan di atas selesai, kentang dimasukkan ke dalam aluminum foil. Dan kemudian dipanggang. Saya suka keduanya. Potato crumble atau pun mashed potato. Buat sarapan, makan siang, atau makan malam juga bisa.

Ada Cara yang Lebih Mudah​
Ya, membuat potato crumble, mashed potato, atau bahkan perkedel, bisa dibuat dengan cara yang mudah. Kita gak perlu melakukan semua tahapan yang bikin pegel itu. Yaitu dengan menggunakan tepung kentang yang sudah jadi. Alias potato granules. Atau dengan potato flakes.

Potato flakes Markaindo adalah salah satu contoh bahan praktis yang bisa dipakai untuk membuat potato crumble dan mashed potato ini. Tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga, potato crumble dan mashed potato bisa dibuat dalam sekejap. Kita hanya cukup menambahkan air hangat secara perlahan-lahan pada potato flakes tersebut sampai adonan yang dikehendaki (sesuai selera) terbentuk. Barulah, nanti ditambahkan bahan lainnya.

Tak perlu ragu dengan kebersihan dan gizinya. Potato flakes Markaindo yang diproduksi Aviko Rixona BV ini. Keamanan, kebersihan, dan gizinya cukup terjamin. Gak cuma untuk potato crumble dan mashed potato yang kita buat saja, potato flakes Markaindo bahkan sudah banyak digunakan di industri-industri makanan yang berbahan dasar kentang. Semacam snack yang biasa kita cemil tiap hari itu.

Oke deh teman-teman, selamat mencoba resepnya, ya. Hehehehe... lain kali, saya share resep yang lainnya. Semoga bermanfaat! :)

5 komentar:

  1. kayaknya mudah ya... pengen nyoba deh... makasih resepnya :)

    BalasHapus
  2. SAya doyan banget sama mashed potato, tapi males kalau bikin wkwkwkw, pemalasan dasar

    BalasHapus
  3. Wah keliatan enak dan gampang dibikin. Jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  4. Aku suka makan mashed potato tp klo bikin sendiri keras

    BalasHapus
  5. Enak banget ini. Mau nyoba ah di rumah kapan-kapan hehe. Makasih resepnya ya mbak. Suka nulis tentang resep dan kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk mbak. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya lumayan lho, mbak. Cek https://belanga.id/kangenibu/ deh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)