5.4.17

5 Camilan Manis Favorit Saya


Teman-teman, saya itu suka banget nyemil. Lagi apa pun, rasanya gak lengkap tanpa nyemil. Nonton tv, ngasuh anak, nulis di laptop, main hape, hingga ngelamun, pasti aja selalu ditemani camilan. Gak heran, seketat apa pun diet, saya gak bisa kurus-kurus. :D

Teman-teman pada punya camilan favorit, gak? Saya punya. Dari camilan manis, asin, pedas, hingga asem. Buat saya, camilan-camilan favorit ini enaaak banget. Udah deh, beraktivitas ditemani camilan-camilan favorit ini, rasanya me time buat saya. Seberat apa pun ujian hidup, kayak saat dompet tipis misalnya, dengan camilan, saya tetep ngerasa setrong. Hehehehe… Mau tahu apa camilan-camilan favorit saya? Saya kasih tahu camilan-camilan yang manis dulu, ya. Ini dia!

Martabak
Karena lagi ngomongin makanan manis, maka martabak yang saya maksud adalah martabak manis atau martabak terang bulan. Dan bukan martabak telor. Saya suka martabak ini sejak kecil. Orang tua yang ngajak beli martabak ini malam-malam waktu saya kecil, bikin martabak menjadi makanan manis yang punya kesan sendiri setiap kali memakannya. Martabak manis kesukaan saya sih sebenernya yang klasik. Martabak cokelat kacang. Tapi seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya inovasi yang dibuat para tukang martabak, saya akhirnya suka jenis martabak manis yang lain. Misalnya saja martabak keju-susu, martabak keju-jagung, martabak pandan, martabak red velvet oreo cheese cream, atau yang lain-lainnya.

Pisang Bolen
Pisang bolen juga punya kesan sendiri di hati dan pikiran saya. Almarhum bapak yang dulu sering banget ikut seminar atau workshop, hampir setiap pulangnya selalu bawa pisang bolen. Bukan dari beli sendiri. Tetapi dari isi dus snack yang diterimanya ketika seminar atau workshop itu. Bagi kami anak-anaknya, pisang bolen tak hanya sekadar oleh-oleh bapak. Lebih jauh dari itu. Bentuk cinta dan perhatian seorang bapak terhadap anak-anaknya. Iyalah, bapak rela tak memakan makanan di dus snacknya. Dan lebih memilih menyimpannya untuk anak-anaknya di rumah. Sekarang, tiap makan pisang bolen, saya pasti teringat almarhum bapak. Alfatihah buat bapak.

Brownies
Siapa pun pasti tahu brownies. Makanan manis berwarna cokelat tua dengan rasa legit ini kesukaan keluarga saya. Terutama mama. Saya yang tinggal di Bandung coret, manakala ke kota, pasti tak pernah lupa untuk membeli brownies. Mau itu brownies panggang atau pun brownies kukus. Sarapan brownies plus kopi atau teh panas, buat saya bisa menjadi mood booster untuk beraktivitas seharian.

Bika Ambon
Kami di rumah menyebut kue bika sebagai bibika. Iya, sebab nenek saya di Subang, dulu sering banget bikin bibika. Enak banget. Dan saya paling suka dengan bibika yang ada gosong-gosongnya. Wangi deh. Nah, sekitar tahun 2000-an, baru deh saya kenal dan makan bika ambon yang asli. Saya kira, bika ambon itu asalnya dari Ambon. Hehehehe… ternyata dari Medan toh?!

Pie Susu
Sama kayak bika ambon, saya juga kenal dan makan pie susu itu sejak dari kecil. Tapi nyebutnya enggak pie susu, tetapi kue aja gitu. Baru deh, saat seorang temen yang abis liburan dari Ubud Bali ngasih oleh-oleh, saya jadi itu kue namanya pie susu. Pie susu asli Bali enak juga, ya. Dan saya juga suka pie susu yang udah dimodifikasinya. Ada yang sedang di Bali? Jangan lupa oleh-oleh pie susu buat saya, ya. Hehehe… gurau, je! *teripin-upin*

Nah, itu dia 5 camilan manis yang saya suka. Barangkali ada yang mau main ke rumah saya dan bingung ngirim buah tangan apa? Sok pilih aja salah satu yang ada di atas. Saya pasti gakkan nolak. Kalo temen-temen, pada punya camilan manis favorit, gak? Sama gak kayak saya?

4 komentar:

  1. saya juga termasuk penggemar cemilan manis dibanding asin. Dan martabak adalah cemilan favorit :)

    BalasHapus
  2. Kalaaau sayaa paling sukaa martabak mbaak. Pastii ludess dalam sekejaap. Nagihh sih soalnya. Hehehe

    BalasHapus
  3. Aku suka roti bakar mb..
    Martabak manis juga suka.
    Toss..lidah jawa diriku mb. Suka serba manis😀

    BalasHapus
  4. Team Pie susu! Hehe
    Semuanya yg diatas saya suka, tapi entah kenapa kalo pie susu rasanya saya ga akan pernah bisa nolak haha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)