23.4.17

Tentang Asuransi Perjalanan


Tahun lalu, saat iseng-iseng buka-buka sebuah media online, sebuah berita mengejutkan saya. Iya, sebuah berita duka yang menurut saya cukup tragis. Di luar negeri, sih. Meski saya gak tahu banyak tentang mereka, tetep, saat baca berita itu, saya merasa sedih. Kebayang deh kalo itu terjadi pada kita, tetangga kita, atau saudara-saudara kita. Nauzubillah, ya, jangan sampai kejadian.

Begini, di berita itu disebutkan, satu keluarga besar kehilangan rumahnya saat mereka sedang liburan di luar negeri. Rumahnya kebakaran. Meski saat itu baru dicurigai kebakaran terjadi karena arus pendek listrik, namun beberapa orang curiga, hal itu terjadi karena ada unsur kesengajaan. Atau mungkin sabotase. Entahlah, apa pun itu penyebab kebakarannya, saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Dan saya pun tidak mencari tahu lebih lanjut kabarnya. Yang menjadi fokus saya adalah ketragisannya itu. Kehilangan harta benda, yaitu rumah tempat berlindung seluruh anggota keluarga ketika berlibur.

Bisa dibayangkan bagaimana sedihnya keluarga itu. Sepulang berlibur, bukannya refreshing yang didapat, mereka malah bersedih. Sangat bersedih. Iyalah, kehilangan rumah kan sangat menyedihkan. Bukan waktu yang singkat bukan bagaimana perjuangan keluarga itu untuk bisa memiliki rumah. Bekerja keras, menabung, mengirit, dan lain-lainnya. Belum lagi kenangan bersama rumah itu. Semuanya jelas membuat musibah tersebut sangat menyayat hati mereka.

Bukan hal yang mustahil kejadian itu menimpa siapa pun di tanah air. Bukankah hal serupa juga sering kita dengar. Rumah kebakaran ketika pemiliknya mudik lebaran, misalnya. Dan itu, sungguh memilukan. Musibah terjadi saat kita dalam keadaan bahagia. Setelah tersenyum, lalu menangis. Sediiiiih… pastinya.

Munculnya Asuransi Baru
Sepertinya hal ini yang menjadi dasar bermunculan jenis asuransi baru. Misalnya saja asurasi perjalanan yang bisa menjadi solusi dari kejadian yang saya ceritakan di atas. Iya, asuransi yang mampu meng-cover musibah yang tidak diinginkan ketika kita sedang dalam perjalanan.

Asuransi perjalanan ini banyak macamnya. Ada Asuransi Perjalanan Ke Luar Negeri, Asuransi Perjalanan Harian, dan Asuransi Perjalanan Tahunan. Dari namanya, jelas ya seperti apa gambaran dari jenis-jenis asuransi ini. Perlindungan saat kita ke luar negeri, perlindungan perjalanan kita pergi ke suatu tempat dalam hitungan harian, serta perlindungan perjalanan dalam hitungan harian.

Eh tapi, untuk kasus yang disebutkan di atas, bagaimana bisa asuransi perjalanan memberikan perlindungan terhadap rumah yang ditinggalkan? Bukankah asuransi hanya memberikan perlindungan terhadap fisik kita? Ini yang baru saya tahu. Asuransi perjalanan ternyata memberikan manfaat lain. Selain memberikan perlindungan diri dari risiko kecelakaan, perlindungan ganda untuk kecelakaan pesawat terbang komersil terjadwal, penggantian biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah jika terjadi risiko kematian, perawatan anak dan kunjungan duka pada kerabat atau keluarga, evakuasi medis, perlindungan bagasi dan barang pribadi, perlindungan terkait perjalanan, juga ada manfaat perlindungan rumah yang ditinggalkan selama perjalanan.

Tapi, di Mana Mencari Asuransi yang Seperti Itu
Ini yang kemudian menjadi pertanyaan. Di mana kita bisa memperoleh asuransi jenis itu? Apa kita mesti ngecek satu-satu perusahaan asuransi supaya bisa tahu? Untuk perjalanan tahunan, mungkin hal ini bisa dilakukan. Perjalanan tahunan kan biasanya direncanakan jauh-jauh hari. Kita bisa ngecek semua perusahaan asuransi yang mungkin menyediakan jenis asuransi ini. Tapi kalau untuk perjalanan harian? Kadang kala perjalanan seperti ini sifatnya dadakan. Gak mungkin kan kita ngecek satu-satu? Gak ada waktu!

Sekarang zaman sudah canggih. Semua bisa kita cari secara online. Lewat internet. Termasuk asuransi perjalanan. Dalam satu klik di Google, kita bisa tahu mana saja perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan. Tapi, muncul pertanyaan lain. Setelah tahu mana perusahaan penyedia asuransi perjalanan, mana yang paling tepat buat kita? Haruskah kita bandingkan satu per satu perusahaan tersebut? Pasti bakal rumit dan bikin pusing!

Bandingkan asuransi perjalanan online terbaik Pasarpolis. Betul, di situs tersebut kita bisa langsung membandingkannya tanpa ribet dan tanpa bikin pusing. Tanpa harus buka semua situs perusahaan penyedia asuransinya pula. Tinggal klik ini itu, makan hasil perbandingan akan muncul. Jelas, jika sudah begitu, di sana kita bisa memilih asuransi perjalanan yang mana yang kiranya cocok, tepat, dan nyaman buat kita. Jika sudah mantap, kita bisa membelinya. Atau kalau ada yang belum jelas, kita bisa bertanya banyak hal ke bagian costumer service Pasarpolis.

Membandingkan asuransi perjalanan melalui ponsel di Pasarpolis 

Oke,
Hidup memang banyak risiko. Tak cuma buat kita yang aktif ke sana ke mari. Tetapi juga pada rumah yang kita tinggalkan. Musibah bisa terjadi kapan saja. Dan yang bisa kita lakukan hanyalah mengantisipasi dan meminimalkan risiko yang kita tanggung akan musibah tersebut. Salah satunya melalui asuransi. Yuk teman-teman, kita minimalkan risiko dari musibah yang mungkin terjadi pada kita. Jangan nunggu kejadian dulu baru nyesel. Mencegah akan selalu lebih baik. Setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)