18.1.17

Kenali Alergi dan Faktor yang Dapat Memperparah


Alergi bisa muncul kapan saja bahkan terkadang tanpa Anda ketahui apa penyebab pastinya. Seperti bersih-bersih, hal sepele namun bisa jadi sebenarnya ini adalah bentuk alergi, karena tubuh berusaha melawan benda asing yang akan masuk dalam saluran pernapasan. Akan lebih parah lagi jika ternyata bahan penyebab alergi tersebut masuk dalam tubuh setelah dimakan. Bisa jadi akan menyebabkan diare bahkan mual hingga muntah. Inilah mengapa wajib bagi setiap orang kenali alergi sedini mungkin, khususnya bahan yang menjadi penyebabnya.

Selama ini masalah kesehatan tersebut memang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang rentan usia, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Namun beberapa kondisi kenyataannya juga bisa semakin memperparah dampak dari alergi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Stress karena pekerjaan. Terlalu banyak pekerjaan membuat Anda kurang istirahat. Daya tahan tubuh juga akan semakin menurun. Hal ini bisa merangsang keluarnya hormon pemicu alergi lebih banyak lagi, sehingga gejalanya juga akan bertambah kian parah.
  2. Konsumsi alcohol. Minuman yang satu ini diperoleh dengan cara fermentasi, yaitu menggunakan beberapa jenis bakteri untuk melepaskan histamin. Senyawa tersebut secara aktif akan bekerja untuk meningkatkan hormon penyebab alergi. Di antaranya adalah gejala hidung tersumbat hingga mata yang terasa gatal pada sebagian orang.
  3. Keberadaan tanaman hias atau bunga yang ada di rumah. Memang benar dengan menanam tumbuhan hijau di rumah bagus untuk membuat udara tetap segar. Hanya saja sebagian orang memiliki masalah alergi pada serbuk sari yang bisa menimbulkan bersin-bersin ketika menciumnya.
  4. Jarang mandi setelah melakukan perjalanan. Masuknya seluruh partikel asing dari luar rumah ke badan Anda jika tak segera dibersihkan dampaknya juga kurang bagus, karena sering kali menyebabkan tubuh menjadi gatal-gatal.
  5. Menjadi perokok pasif. Sering berada di lingkungan orang-orang yang meroko itu sangat berbahaya. Sebab risiko perokok pasif itu 6 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan perokok aktif.

Nah itulah beberapa faktor yang bisa memperparah alergi. Sebaiknya Anda mulai menghindari beberapa hal tersebut agar alergi tak semakin parah. Mengenal alergi pada buah hati juga sangat penting, karena yang paling rentan terjangkiti sebenarnya adalah anak-anak. Tetap selalu jaga kesehatan kita dan keluarga kita. Semoga bermanfaat!

4 komentar:

  1. Saya kadang alergi debu yang ditandai bersin2 terus.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    BalasHapus
  2. Untung aku gada alergi. Tapi anakku bener2 alergi makanan pabrikan dan berpengawet Mbak. Kalau nggak batuk parah, ya diare..

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah ga punya Alergi berat hehehe

    BalasHapus
  4. Dulu punya alergi dingin, pasti langsung pilek..sekarang alhamdulillah hilang he..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)