27.5.16

#TropicaPeduli, Berdonasi Tanpa Menunggu Nanti


Manusia diciptakan Tuhan dalam keadaan yang berbeda-beda. Ada yang kaya, ada yang miskin. Ada yang mampu, ada yang tidak mampu. Ada yang sehat, dan ada pula yang sakit. Selalu, keadaan yang lebih baik dipasangkan dengan keadaan yang kurang baik. Sejak dunia diciptakan hingga mungkin sampai kehidupan berakhir. Tujuannya tentu bukan untuk membuat kehidupan tidak adil bagi mereka yang kurang beruntung. Tetapi justru untuk membuat si orang-orang beruntung, peduli dan mengasihi mereka yang kurang beruntung. Sehingga terciptalah hidup yang harmonis di antara perbedaan-perbedaan itu.

Iya, kita mungkin sering beranggapan bahwa kita bukanlah orang kaya. Sehingga banyak dari kita merasa belum 'terpanggil' untuk menolong sesama. Padahal jika dilihat, sekurang-kurangnya kita, pasti ada orang lain yang lebih kurang dari kita. Jika demikian adanya, timbullah pertanyaan, “pernahkah kita membantu orang lain yang kurang beruntung tersebut?” Tak perlu menjawabnya. Saya yakin, semua dari kita, bahkan yang merasa masih sangat kurang pun pasti pernah menolong orang yang membutuhkan. Sekecil apa pun itu. Baik secara moril maupun materil. Dan kita pasti tahu rasanya, membantu orang yang membutuhkan itu sangat melegakan. 

Ragu Membantu Karena Bantuan Dirasa Kecil?
Pernahkah Anda merasa sangat ingin membantu orang lain tapi tidak tahu caranya? Atau pernahkan Anda berniat membantu orang lain tapi ragu karena bantuan yang kita berikan jumlahnya kecil dan takut malah tidak berguna untuk orang yang akan kita bantu? Saya sering. Akibatnya, karena dua hal tadi, jadinya saya tak kunjung juga membantu. Akhirnya, “nanti saja saat saya punya bantuan yang lebih besar,” menjadi excuse setiap kali dorongan untuk membantu timbul. Dan itu jelas tidak berguna. Padahal hal kecil yang nyata bisa berarti besar daripada hanya sekadar niat besar tapi tak kunjung terlaksana. 

"The smallest act of kindness is worth more than the grandest intention." ~Oscar Wilde
Seperti itulah kiranya prinsip yang diusung Kedai Martabak Tropica. Lebih melakukan tindakan kecil yang nyata daripada merencanakan sesuatu yang besar tapi baru sekadar niat saja. Iya, program #TropicaPeduli yang dimulai sejak bulan Maret 2016 lalu, dilakukan dengan cara menyisihkan uang sebesar Rp1000,- dari setiap loyang martabak yang terjual. Dan hasil yang terkumpul kemudian diserahkan kepada mereka yang membutuhkan. Yaitu anak-anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) di Bandung. 

Program #TropicaPeduli

Betul, nominal dari uang yang disisihkan dari tiap loyang yang terjual mungkin sedikit. Tetapi jika dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu, hasilnya bisa lumayan. Terbukti, selama periode Maret – April 2016 lalu saja, jumlah uang yang terkumpul mencapai Rp10.000.000,-. Meski belum bisa dibilang WOW, jumlah ini juga bukan nilai yang sedikit, bukan? Dan yang terpenting, program #TropicaPeduli ini tidak hanya sekali saja dibuatnya. Insya Allah, program ini akan menjadi program yang rutin. Sehingga bulan-bulan ke depannya, uang donasi yang terkumpul akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Seperti anak-anak penderita kanker.

Anak-anak penderita kanker yang membutuhkan bantuan kita semua

Anda ingin turut membantu orang-orang yang kurang beruntung di sekitar kita tapi ragu karena jumlahnya ‘dirasa’ kecil? Yuk ikut berdonasi bersama program #TropicaPeduli. Caranya yaitu dengan membeli Martabak Tropica varian apa saja yang Anda sukai. Dari setiap Loyang Martabak Tropica yang Anda beli akan disisihkan Rp1000,-. Semakin banyak dan semakin sering Anda membeli Martabak Tropica, semakin besar pula nominal donasi yang disisihkan olah Anda untuk saudara-saudara kita yang belum beruntung. Jika Anda ragu dengan program ini, Anda bisa memantau dan menanyakan program #TropicaPeduli ini langsung di kedainya. Semua penjualan Martabak Tropica kan tercatat di mesin kasirnya. Jadi di sini jelas sekali jumlah donasi yang sudah terkumpul.

Mulai dari Diri Sendiri, Mulai Dari Hal-hal yang Kecil, dan Mulai dari Sekarang!
Kata-kata di atas sangatlah popular. Dan ini bisa diterapkan dalam aksi kepedulian kita tehadap orang-orang di sekitar kita. Iya, untuk berdonasi tidak mesti dilakukan dengan menunggu jumlah uang yang besar. Memulainya dari diri sendiri, dimulai dari hal-hal yang kecil, dan mulai dari sekarang akan jauh lebih berarti. Seperti program #TropicaPeduli, berdonasi tanpa menunggu nanti.

Baca juga:

13 komentar:

  1. Programnya bagus sekali ya Mba.. Memberi donasi tanpa menunggu adalah solusi yang pas ..sambil belanja sambil nitip donasi kepada yang membutuhkan..

    BalasHapus
  2. Mulai dari Diri Sendiri, Mulai Dari Hal-hal yang Kecil, dan Mulai dari Sekarang!

    Suka banget sama kata2 itu :)

    BalasHapus
  3. ini amal yang sangat mulia, semoga ada di kota-kota besar di Indonesia

    BalasHapus
  4. ow, jadi kalau beli saya nyumbang 1000 ya, keren dah, barangnya dapat sedekahnya juga dapat pula : )

    BalasHapus
  5. Waah.. Subhanallah.. Saluy dengan programnya.. Sukses terus yaa martabak tropica.. Btw, aku belum pernah nyicip nih teh.. Kapan2 main ke sana ah :)

    BalasHapus
  6. Mbak, aq pingin. Bs ga ya dikirim? #seriusnanya

    BalasHapus
  7. wah keren banget apa yang dilakuin martabak tropica ini, bukan cuman cari keuntungan semata nih

    btw, hape saya yang foto martabak tropica rusak,jadi ga sempet nulis

    BalasHapus
  8. Wah ini bermanfaat banget, kasian apra penderita kanker. Dia pasti selalu berangan angan "kapan aku bisa sehat seperti dia ya ?" seandainya saya di Bandung pasti saya ikut juga berpartisipasi. Btw koment back nya ya Mbak, terimakasih :-)

    BalasHapus
  9. di atas langit masih ada langit yah Mba Nia, sebaik-baiknya atau seburuk-buruknya keadaan kita pasti ada orang lain yang keadaannya melebihi keadaan kita :)

    waahh, ternyata berbuat baik tak harus menjadi orang kaya, hanya dengan membeli martabak tropica saja kita sudah bisa membantu sesama :)

    BalasHapus
  10. Iya kadang kita suka menyepelekan hal yg kecil...padahal dari yg kecil bs besar. Semoga akan banyak lagi bantuan utk para penderita kanker :)

    BalasHapus
  11. yang namanya bantuan, sekecil apapun pasti berarti, salut dengan programnya :)

    BalasHapus
  12. Ini bisa menjadi awal yang baik untuk mencapai suatu tujuan yang akan dicapai sungguh kegiatan yang positif sekali.

    BalasHapus
  13. This is so good, i like this.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)