27.5.16

Cara Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang Tepat


Dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi  yang memberikan layanan asuransi kesehatan, sedikit banyak membuat banyak orang merasa bingung bagaimana memilih perusahaan asuransi yang tepat dan pastinya memberikan pelayanan kesehatan seperti yang diinginkan. Sebetulnya tidak sulit untuk memilih perusahaan asuransi yang mempunyai program asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda, asalkan Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.


1. Perusahaan asuransi harus dipercaya
Ketika Anda akan memilih sebuah perusahaan asuransi, sebaiknya pilih perusahaan yang terpercaya. Ada baiknya jika Anda tidak memilih perusaan menggunakan telfon. Mengunjungi perusaahn asuransi secara langsung pastinya jauh lebih baik, hal seperti ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Jika Anda mengikuti atau memilih perusahaan asuransi menggunakan sistem online, memang tidak menjadi masalah. Asalkan perusahaan asuransi tersebut jelas, baik alamat, proses klaim, pembiayaan premi, dll. 

2. Bekerja sama dengan banyak rumah sakit
Berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah sebuah perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya seharusnya telah bekerja sama dengan banyak sekali rumah sakit yang ada di Indonesia atau bahkan di luar negeri. Dengan demikian ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti Anda masuk rumah sakit mendadak, Anda tidak perlu merasa bingung. Langsung masuk salah satu rumah sakit terdekat, maka proses klaim dapat segera dilakukan. Jika Anda memilih perusahaan asuransi dengan fasilitas rumah sakit yang minim, pastinya akan menjadi kendala tersendiri ketika Anda mendapatkan hal-hal yang diluar dugaan tersebut. 

3. Mempunyai program asuransi yang tepat untuk Anda
Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah, pastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut mempunyai program asuransi kesehatan yang menjadi kebutuhan Anda. Tidak hanya program asuransinya saja, tetapi perhatikan juga pembiayaan atau premi yang harus dibayarkan. Sebaiknya usahakan dan pilih perusahaan asuransi yang biaya preminya tidak terlalu mahal dan pastinya dapat Anda bayar secara rutin, tanpa mengganggu budget bulanan Anda.  

4. Proses klaim mudah
Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah proses klaim, Pilih perusahaan asuransi yang memiliki proses klaim mudah, dengan demikian ketika Anda masuk rumah sakit, dan hendak melakukan klaim, Anda tidak akan kerepotan karenanya. 

Salah satu klaim yang sebaiknya Anda gunakan adalah cashless. Dengan menggunakan cashless, maka ketika Anda sakit dan harus masuk ke rumah sakit, Anda tidak perlu membawa sejumlah uang secara cash atau tunai. Yang Anda perlukan adalah menggesek kartu asuransi kesehatan Anda, maka secara otomatis, rumah sakit akan meminta penggantian dana ke pihak asuransi. Sebelum itu pastikan bahwa rumah sakit yang dimasuki tersebut memang bekerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan Anda.  

Dengan memilih perusaan asurani yang terpercaya, juga mengikuti program asuransi yang tepat, ditambah pembiayaan yang sesuai dengan budget yang Anda miliki, maka tidak salah lagi, hidup Anda akan measa tenang. Anda tidak perlu lagi merasa khawatir jika ada atau salah satu anggota keluarga merasa sakit, dan harus dirawat inap di rumah sakit. Anda hanya perlu mengecek apakah rumah sakit yang dituju tersebut termasuk salah satu rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda ikuti atau tidak. Jika memang bekerja sama, maka Anda hanya perlu menggunakan kartu asuransi kesehatan yang dimiliki untuk membayar berbagai macam biaya rumah sakit, termasuk biaya uang muka yang harus dibayarkan. 

5 komentar:

  1. Asuransi emang penting ya teh, apalagi untuk kesehatan dan punya anak kecil, makasih infonya teh Nia

    BalasHapus
  2. Makasih infonya...tp aku dari perusahaan dah didaftarkan bpjs... Salam kenal

    BalasHapus
  3. Bener loh. Masalah kemudahan klaim sangat perlu diperhatikan. Biar gak rugiii

    BalasHapus
  4. memilih asuransi kesehatan ini memang rumit dan tricky. salah salah tidak bisa digunakan sesuai kebutuhan. apalagi ketika dalam keadaan genting :)

    BalasHapus
  5. infonya mantep, pas banget buat tambahan ilmu kita

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)