12.5.16

4 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi


Pernahkah Anda mendengar ungkapan, “Bandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum?” Jika pernah, Anda tentu mengerti dengan apa yang dimaksudkan pada ungkapan tersebut. Iya betul! Ungkapan tersebut mengacu kepada keadaan alam Bandung yang indah, asri, dan segar. Jika tak percaya, coba saja tengok alam Bandung dan sekelilingnya. Mulai dari Bandung Utara, Bandung Barat, Bandung Timur, Bandung Selatan, hingga pusat kotanya. Semuanya pasti akan membuat Anda berdecak kagum dan akhirnya setuju dengan ungkapan tersebut.

Jika ingin semakin yakin dengan indahnya alam Bandung, Anda harus main ke 4 tempat ini. Tempat-tempat yang tersebar di wilayah Bandung ini terkenal karena keindahannya. Siapa pun yang datang ke sini tidak akan tidak setuju jika ditanya mengenai kecantikan kota Bandung. Mana saja 4 tempat indah yang mencerminkan keindahan alam Bandung tersebut? Yuk langsung saja kita jelajahi bersama-sama.

1. Bukit Moko
Dulu, Bandung merupakan sebuah cekungan. Dalam prosesnya, Bandung kemudian naik ke atas dan membentuk dataran tinggi. Bukti nyata dari Bandung yang dulunya merupakan cekungan adalah dikelilingi Bandung oleh banyak gunung. Dari mulai gunung-gunung di sekitar Garut hingga gunung-gunung di daerah Padalarang. 

Meskipun Bandung termasuk dataran tinggi, tidak semua tempat di Bandung ketinggiannya sama. Ada satu daerah di Bandung yang tingginya paling maksimal. Tempat itu tak lain dan tak bukan adalah Bukit Moko. Tempat dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut ini merupakan lokasi wisata yang sangat digandrungi banyak orang. Dari Bukit Moko, kita bisa melihat pemandangan kota Bandung secara jelas. Terutama di malam hari. Dan ini sangat indah.

Bukit Moko terletak di Desa Cimenyan, Bandung. Daerah yang di kelilingi hutan pinus ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu sepeda motor atau pun mobil. Namun yang paling mengesankan tentu adalah dengan cara berjalan kaki. 

2. Tebing Keraton
Tempat yang satu ini juga menjadi bukti dari Bandung yang dulunya merupakan sebuah cekungan. Ya, Tebing Keraton, atau dalam Bahasa Sunda Tebing Karaton (yang berarti alam yang megah) ini merupakan sebuah tebing yang ujungnya menjorok. Dan dari tepi tebing dapat terlihat hamparan pemandangan yang sangat luar biasa. Dari mulai hutan, sungai, dan berbagai panorama alam yang hijau dan sangat asri. 

Tebing Keraton terletak di di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial. Kawasan ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Untuk mencapai ke sana, kita bisa menggunakan ojek. Akan tetapi karena ada di kawasan trekking Tahura Juanda, pergi ke sana dengan berjalan kaki akan lebih menyenangkan.

Pemandangan yang paling indah di Tebing Keraton didapat ketika pagi hari. Sunrise atau Matahari Terbit di kawasan Tebing Keraton sangat luar biasa indahnya. Anda penasaran? Coba saja cari di Google atau Instagram. Kepopuleran dan keindahan tempat ini sudah banyak diunggah orang di berbagai media sosial. Dan jelas, jika sudah begitu, Anda pasti ingin datang langsung melihatnya. 

3. The Lodge Earthbound Adventure Park Bandung
Anda ingin bermain outbound sekaligus menikmati pemandangan alam yang luar biasa dan kemudian menyantap makanan di tempat yang antimainstream? Cobalah datang ke The Lodge Earthbound Adventure Park. Tempat wisata alam di daerah Cibodas, Bandung Utara ini menawarkan banyak keseruan dan sensasi yang luar biasa.

Betul, di The Lodge Earthbound Adventure Park, Anda bisa bermain flying fox, shooting target, refling, wall climbing, spider web, slide, paint ball, berkemah, berkuda, menikmati pemandangan hutan pinus dari atas, hingga makan dengan suasana alam yang indah. Bahkan karena keindahan tempat ini, tak jarang tempat ini dijadikan destinasi untuk pemotretan prewedding. Untuk berbulan madu juga bisa. Penginapan-penginapan mungil yang unik pasti akan memberi kesan yang sangat berbeda.

Tempat wisata Kawah Putih

4. Kawah Putih
Belum sah ke Bandung jika Anda belum mengunjungi Kawah Putih. Yupp, tempat wisata yang banyak digunakan sebagai tempat shooting film romantis ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat ke Bandung. Bagaimana tidak, sebab alam yang ‘tersaji’ di sana begitu indah dan tidak ada duanya. Danau yang berwarna putih kehijauan sangat kontras dengan bebatuan putih yang mengitari danau tersebut. Tak hanya itu saja, tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut beserta tumbuhan lainnya di sebelah utara danau, menambah pemandangan Kawah Putih menjadi semakin luar biasa.

Kawah Putih terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Tempat yang memiliki ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Jangan terlalu lama berada di sana, ya. Uap belerang yang terisap bisa saja membuat Anda mual. Tapi jangan takut, 15 menit hingga 30 menit berada dekat dengan Kawah sudah cukup untuk berfoto-foto. Jangan lupa juga untuk membawa jaket saat ke sana. Suhu di Kawah Putih lumayan dingin, lho!

Tempat Menginap Murah di Bandung
Nah, itulah 4 tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi saat sedang berada di Bandung. Kurang afdal jika Anda belum menjejaknya. Jangan khawatir untuk urusan penginapan. Banyak sekali hotel murah di Bandung yang ada di sekitar tempat wisata alam tersebut. Bahkan cara bookingnya juga sangat mudah. Misalnya saja dengan booking hotel murah di AiryRooms. Hah, apa sih AiryRooms itu? AiryRooms adalah perusahaan teknologi yang mengelola kamar-kamar berkualitas dengan harga terjangkau. 

Nih kamar-kamar AiryRooms. Wow, harganya murah-murah banget,kan?

AiryRooms bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia, termasuk di Bandung. Didukung dengan teknologi terkini, AiryRooms memberikan pengalaman menginap terbaik dengan harga terjangkau dan fasilitas yang tak kalah dari hotel berbintang. Mau liburan seru dengan budget hemat tapi bisa menginap di kamar hotel yang nyaman, bersih, dan berfasilitas lengkap? Bisa banget. Yuk berlibur dan berwisata alam di Bandung, yuk….

12 komentar:

  1. Pengen ke tebing keraton euy :D keren buat foto2 yah, tapi sieun haha

    BalasHapus
  2. Kudet nih. Baru dengar ungkapan diatas. Btw, foto tempat wisata kawah putihnya cantik bgt.

    BalasHapus
  3. Baru ke kawah putihnya, yang lainnya beluummm.. huhu

    BalasHapus
  4. Kalo pas jalan2 tuh memang yang paling penting nyari penginapan murah.. Soalnya penginapan cuma dipakai untuk tidur melepas lelah malam hari.. Lepas subuh dan sarapan pagi biasnya langsung pergi jalan2 ..rugi waktunya kalo gak dimanfaatkan untuk meng-eksplore tempat2 wisata yang kita kunjungi..

    BalasHapus
  5. mantep bgt, bookmark ah next pengen liburan ke sana:)makasi ya teh

    BalasHapus
  6. Baru berkunjung ke Kawah Putihnya aja, Teh Nia. Yang lain belum pernah.

    Kemaren sempat ada rencana mau ke Bukit Moko, tapi gak jadi gara-gara hujan.
    Semoga lain waktu , bisa ke Bukit Moko dan sekalian ke Tebing Keratonnya.

    BalasHapus
  7. aku penasaran dengan kawah putih ini... bagus deh.. kayak di film2 india (*eh)

    BalasHapus
  8. sering ke bandung tapi baru kawah putih saja yang pernah, bukit moko, tebing keraton belum pernah

    BalasHapus
  9. Kok keren bener foto kawah putihnya itu, duh jadi penasaran. Pingin ke Bandung belum kesampaian.

    BalasHapus
  10. Cuma pernah ke kawah putih doang...xixi.
    Belum eung ke yg lainnya.

    BalasHapus
  11. Aku pernah 1 kali ke Kawah Putih mungkin sekitar 6 tahun lalu. Dingiiin ya ternyata, kirain suhu udaranya biasa aja hihii... kapan2 mau ajak anak2ku ah ke sana sekarang kan udah pada gede, pasti beda lagi ceritanya.

    BalasHapus
  12. waduh jadi urang bandung tapi baru mengunjungi kawah putih doang? #tutupmuka deh saya nyah ...... harus kesana nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)