29.5.16

Bisnis Busana Muslim Online, Bisnis yang Penuh Kreasi dan Inovasi


Tanggal 10 Januari tahun 2000 merupakan hari yang bersejarah di hidup saya. Setelah mengalami pergulatan batin yang panjang serta berbagai pemikiran mengenai ini dan itu, akhirnya, di hari itu, untuk pertama kalinya saya ‘mendeklarasikan’ diri untuk menggunakan jilbab. Sebenarnya bukan kali pertama. Sebelumnya, di hari-hari tertentu, saya juga menutup seluruh aurat tubuh saya di luar rumah. Tapi karena di hari itu saya mantap untuk menggunakan jilbab seterusnya, jadilah hari itu milestone di dalam tahap kehidupan saya.

Salah satu hal yang menjadi halangan saya dalam menunda memakai jilbab adalah busana. Benar, saya yang saat itu tomboy banget merasa sangat tidak cocok menggunakan jilbab. Iyalah, semua teman-teman saya yang berjilbab saat itu sangat anggun-anggun. Jelas, jika saya harus memakai pakaian seperti mereka, saya pasti akan sangat tersiksa. Biasa sehari-hari pakai celana jins, mana mungkin betah kalau tiba-tiba harus memakai rok. Biasa pakai t-shirt, mana mungkin nyaman kalau tiba-tiba juga harus pakai blouse manis. Akan sangat terasa menderita, bukan? Beruntung, kakak laki-laki saya yang hanya terpaut 2 tahun umurnya dari saya memiliki koleksi kemeja berlengan panjang. Jadilah, kemeja lengan panjang, celana jins yang biasa saya pakai, ditambah kerudung pinjaman dari kakak perempuan saya, akhirnya memantapkan saya untuk berjilbab.

Kebingungan saya dalam berjilbab karena keterbatasan busana sepertinya dirasakan banyak muslimah di Indonesia. Dan hal ini jelas ‘mengusik’ para perancang busana muslim untuk berkreasi. Menciptakan pakaian yang menutup aurat, yang sesuai dengan berbagai macam kepribadian, namun tetap memiliki nilai estetis. Tak hanya bisa dijangkau oleh muslimah-muslimah di kota-kota besar saja, tetapi juga seluruh penjuru nusantara. Bahkan mungkin hingga ke luar negeri.

Toko Busana Muslim Online, Jawaban dari Semua Kebingungan
Toko busana muslim online adalah jawaban dari kebingungan para muslimah ini. Jika saya dulu hanya bisa mix and match atasan dan bawahan yang saya punya agar pakaian bisa menutup aurat namun pas dengan kepribadian, serta nyaman dikenakan, maka para muslimah sekarang, bisa langsung memilih di toko busana muslim online tersebut. Tak cuma soal selera yang terpenuhi, toko busana muslim online ini juga memudahkan dalam hal penyesuaian budget alias kondisi dompet. Tampil gaya, sesuai selera, tetapi tetap menutup aurat dengan pakaian-pakaian yang ada di toko busana muslim online? Bisa banget!

Belanja Busana Muslim Online, Belanja Praktis dan Menyenangkan
Saya sering berandai-andai. Coba kalau toko busana muslim online itu sudah ada sejak dulu. Kayaknya, kebingungan saya dalam mencari busana yang sesuai, mungkin tak akan pernah terjadi. Tapi, better late than never, ya. Meski saya baru mengenalnya sekarang, dan baru menjadi pelanggannya sekarang-sekarang ini, saya tidak menyesal. Toh berkat toko busana muslim online ini, pengetahuan dan selera saya dalam berpakaian menjadi lebih meningkat. Coba saja bandingkan. Dulu saya hanya menggunakan kemeja lengan panjang dan celana jins dalam menutup aurat. Sekarang, saya bisa memilih tunik, atasan, bawahan, dan juga dress, bahkan hingga gamis. Pakaian-pakaian yang selama ini saya anggap tak sesuai dengan saya, ternyata bisa cocok dengan kepribadian saya. Nyaman pula dipakainya. Tentu saja asal modelnya disesuaikan. Ada yang anggun, ada yang sportif, ada yang formal, dan juga ada yang casual yang biasanya paling cocok dengan kepribadian saya.

Busana casual favorit saya

Kebiasaan berbelanja busana-busana muslim di toko busana muslim online juga kini saya tularkan ke anak gadis saya. Berbelanja busana di toko-toko atau mall untuk dia yang biasanya membuat saya capek karena sering kali bolak-balik akibat model yang tidak cocok, menjadi sangat simple. Tinggal suruh dia mantengin aja toko online-nya. Dia pilih-pilih sendiri pakaian yang cocok model dan ukurannya. Dan lalu, saya order deh. Praktis!

Bisnis Busana Muslim Online, Bisnis yang Penuh Kreasi dan Inovasi
Dulu, jujur saya sangat ketinggalan zaman. Saya tak pernah tahu dengan perkembangan mode, khususnya tren busana muslim dari tahun ke tahun. Tapi, semenjak ada toko online, pengetahuan saya meningkat. Iya, dengan seringnya belanja online, saya jadi tahu baju muslim terbaru dan baju muslim modern. Apalagi dengan adanya festival-festival busana muslim. Apdetan-apdetan yang dilakukan toko-toko busana muslim online membuat saya mengenal banyak sekali perancang-perancang busana muslim yang keren, beserta hasil rancangannya. Meski tak semua rancangan tersebut cocok untuk saya, saya sangat antusias mengikutinya. Apalagi jika menyimak munculnya perancang-perancang baru atau rancangan-rancangan yang mutakhir. Jika saja tempat berlangsungnya festival-festival itu dekat, saya pasti akan menghadirinya.


Ya, busana muslim memang harus berkreasi dan berinovasi setiap saat. Muslimah-muslimah muda yang selalu ingin mengikuti zaman, harus bisa terpenuhi kebutuhannya dengan kreasi dan inovasi tersebut. Sebab jika tidak, lambat laun busana muslimah bisa ditinggalkan. Dan ini tentu akan sangat disayangkan.

Semoga saja, dengan semakin seringnya festival busana muslim, kreasi dan inovasi pada busana muslim ini semakin meningkat. Sehingga busana-busana yang diciptakan mampu membuat para muslimah bangga memakainya. Tapi tentu, yang terpenting, busana muslimah tidak meninggalkan esensi dari fungsinya yang menutup aurat tubuh.

11 komentar:

  1. Aku dah lama tertarik pengen bisnis baju2 secara online.. Tetapi sampe kini gak mulai2 karena takut gagal..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin, Mbak. Sekarang bisnis busana muslim ini sangat menjanjikan. Pasarnya banyaaak...

      Hapus
  2. Bisnis busana muslim online memang asyik ya. Saya dulu pernah kepikiran ingin menggeluti bidang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Jangan cuma dipikirin, yuk langsung terjun. Menjanjikan, lho...

      Hapus
  3. Busana muslim memang lagi in apalagi sekarang mau ramadhan dan lebaran ya mbak. Modelnya juga bikin orang pengen pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Bikin emak-emak pengen borooooong. Cakep-cakep...

      Hapus
  4. Semakin meningkatnya kesadaran kaum muslim untuk berbusana sesuai syariat sungguh sangat menggembirakan. Terlebih lagi busana muslim bentuk, model, warna, dan harganya sudah beraneka ragam. Ini sangat membantu bagi kaum muslim yang domosilinya jauh dari kota sehingga bisa membeli aneka keperluan secara online.
    Terima kasih penjelasannya.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, PakDe. Kayak saya ini. Jauh dari kota. Jadi enaknya memang belanja online...

      Hapus
  5. saya juga lebih sering menggunakan pakaian kasual mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama atuh ya. Soalnya nyaman dan bikin pede, ya. Hehehhe

      Hapus
  6. Busananya bagus dan cantik, teh ^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)