12.10.13

RM Warung Hejo, Tempat Makan Bercita Rasa Unik dengan Tempat yang Antik

Anda yang sedang atau akan berlibur di kota Bandung, tak ada salahnya mencoba suasana baru. Ya, suasana ini jauh sekali dari hingar-bingar kota Bandung yang kini mulai menyerupai kota Jakarta dalam hal macet dan juga panasnya. Liburan yang satu ini tepatnya berada di atas kota Bandung, yakni kota Lembang. Di kota kecil nan asri ini, Anda akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda, terutama dalam hal wisata kuliner.

Lembang merupakan kota sejuk yang masih dipenuhi hutan. Cuacanya yang adem, udaranya yang segar, lingkungannya yang masih bersih, serta penduduknya yang ramah membuat Lembang patut menjadi tujuan utama sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan. Apalagi kini, sarana dan prasarana yang menunjang untuk liburan di sana semakin lengkap. Mulai dari hotel, penginapan, tempat wisata, hingga rumah makan. Semuanya dijamin akan membuat Anda lupa akan kepenatan rutinitas yang dijalani sebelum liburan.

Satu dari sekian banyak tempat makan di Lembang tersebutlah Rumah Makan Warung Hejo – Sambel Hejo. Rumah makan ini tak jauh dari salah satu tempat wisata terkenal di Lembang, yaitu tempat wisata Air Terjun Maribaya. Tepatnya ada di jalan Kayu Ambon nomor 102 Lembang. Sebelah utara dari Pasar Lembang.

Seperti namanya, rumah makan ini menyajikan sambel yang berwarna hijau. Akan tetapi jangan salah, sambel hejo di sini tidak seperti layaknya sambal hijau di rumah makan padang yang biasa Anda konsumsi. Sambel hijau di rumah makan ini bercitarasa masakan sunda. Jika Anda tidak suka dengan sambel hijau, pilihan sambal terasi dadakan bisa menjadi alternatifnya. Selain rasanya yang lebih pedas, sambel merah ini sangat bercitarasa sunda sekali.

Pilihan menu yang ada di Rumah Makan Warung Hejo – Sambel Hejo beraneka ragam. Dari yang harganya cuma seribu lima ratus rupiah hingga enam puluh lima ribu rupiah. Dari tahu dan tempe goreng hingga gurame asam manis dan juga sop buntut. Makanan laut juga ada. Misalnya udang dan cumi-cumi. Bagi penyuka sayuran tak usah takut, lalap mentah seperti daun selada, timun, dan leunca serta tumis-tumisan siap memanjakan lidah Anda. Bermacam-macam pepes disediakan. Pepes ikan mas, pepes ikan teri, pepes tahu, pepes usus ayam, dan pepes ikan peda pasti bisa menggoda selera makan Anda.

Daftar menu

Dari sekian banyak makanan yang ditawarkan, ada sejenis makanan yang cukup khas. Makanan ini harganya sangat murah. Hanya dua ribu rupiah saja. Namanya cimplung. Bentuknya bulat menyerupai baso ukuran besar. Rasanya mirip perkedel kentang namun agak sedikit kenyal. Jika Anda mampir di rumah makan ini, pastikan Anda tidak melewatkannya.

Cara memesan makanan di rumah makan ini bisa dua macam. Anda bisa memesan langsung dari menu dengan memilih apa pun dan berapa pun yang dikehendaki atau juga bisa dengan cara hidangan. Cara hidangan akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk memilih makanan yang diinginkan. Semua tinggal Anda ambil di meja tempat Anda makan. Selain dua cara itu, jika Anda datang bersama rombongan, Anda juga bisa memesan makanan paket. Paket-paket ini bisa untuk dua orang, empat orang, atau kelipatannya. Paket nasi goreng dan nasi box di rumah makan ini juga tersedia.

Salah satu keunikan yang dimiliki Rumah Makan Warung Hejo – Sambel Hejo bisa dilihat dari cara pelayan-pelayannya membawa makanan. Jika di rumah makan lain para pelayan membawa makanan dengan nampan-nampan maka di rumah makan ini, para pelayan membawa makanan dengan alat yang menyerupai rangka rantang susun. Di rangka yang terbuat dari besi tersebut, makanan disusun satu per satu di dalam piring-piring kecil beralaskan daun pisang.

Alat penyaji makanan

Sebagai penambah selera, Anda bisa memesan minuman. Minuman yang tersedia juga banyak macamnya. Sebut saja kopi, susu, aneka jus, teh tawar, teh kemasan, hingga wedang jahe. Harganya berkisar antara dua ribu hingga sepuluh ribu rupiah saja. Jika Anda tak memesan minuman pun, teh tawar hangat, lengkap dengan ceret atau tekonya akan mampir di meja tempat Anda makan.

Di Rumah Makan Warung Hejo – Sambel Hejo, Anda tak hanya dimanjakan dengan aneka makanan yang enak-enak saja, pemandangan yang ada di sekitar rumah makan sangat indah dipandang mata. Pepohonan, dedaunan, aneka bunga, dan pelataran yang bersih membuat rumah makan ini asri dan segar.

Pemandangan dari salah satu sudut

Tak hanya itu saja, peralatan dan perlengkapan rumah makan di sana sangatlah unik. Ya, di sini Anda akan menemukan banyak sekali barang-barang antik yang mungkin baru Anda temui. Lukisan, lemari, guci, kursi, lampu, hiasan dinding, hiasan meja, dan yang lainnya pasti akan membuat Anda berdecak kagum.

Koleksi barang-barang antik

Jika Anda datang bersama keluarga, ada baiknya Anda makan di rumah-rumah kecil atau gubuk-gubuk panggung yang ada di sana. Rumah-rumah kecil atau gubuk-gubuk panggung ini juga termasuk ke dalam benda antik yang dipunyai rumah makan ini. Suasana di dalam gubuk-gubuk panggung tersebut juga tak kalah eksotik. Berbagai aksesories antik bertebaran di sana-sini. Ada lesung, alu, lemari, lukisan, cermin, kursi goyang, bahkan selendang-selendang antik terhias indah di setiap sudut ruangan.

Salah satu gubuk tempat makan

Sebagai saran, jika Anda datang ke rumah makan ini, pastikan Anda membawa uang yang cukup. Mungkin sekitar tiga puluh hingga lima puluh ribuan. Hal ini tentu saja karena Anda pasti akan tertantang untuk mencoba menu-menu yang ada di sana. Atau jika tidak mau rugi, datanglah bersama teman atau keluarga dengan memesan menu yang berbeda. Baru kemudian, Anda bisa saling mencicipi menu masing-masing. Dan ini pasti akan membuat acara makan Anda bertambah seru. 

Saran berikutnya, pilihlah tempat makan di gubuk-gubuk panggung dan jangan di meja-meja luar. Hal ini karena gubuk-gubuk panggung akan membuat suasana makan semakin nyaman. Gubuk panggung yang terkesan pribadi dengan perlengkapannya yang antik menjadikan Anda serasa makan di rumah-rumah kampung zaman dahulu.

Gubuk tempat makan yang lebih kecil

Saran terakhir, pastikan Anda membawa kamera atau telepon seluler yang mempunyai kamera bagus. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa mengabadikan semua hal-hal unik yang ada di sana. Dari mulai makanan, minuman, rumah-rumah gubuk, perlengkapan-perlengkapan antik, pemandangan alam, hingga suasana dan kebersamaan Anda bersama teman-teman atau keluarga selama makan di Rumah Makan Warung Hejo – Sambel Hejo, Lembang, Jawa Barat. Bagi Anda yang menggemari fotografi, datang ke rumah makan ini bisa juga menjadi ajang penyaluran hobi. Selamat mencoba. (^_^)

9 komentar:

  1. unik juga tempatnya ya mak, kalo ke bandung jalan2 ksono ahhh, tapi kursi goyangnya itu agak nyeremin apalagi kalo malam >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu. Barusan aku lihat-lihat langsung tatuuuut... :D

      Hapus
  2. aihhhhh enaaknyaa.. suasananya itu sukaaa.. kalo ke sana kudu mampir dah!

    BalasHapus
  3. sepertinya tempat yang patut dicoba..entah kapan... nia makasih informasinya...

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah ke Bandung, ke Pulau Jawa juga cuma numpang lewat.
    Dan Bandung adalah salah satu kota destinasi impianku :D

    BalasHapus
  5. Sudah lama pengen ke bandung ibuk , tapi sayang terkendala pekerjaan terus

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)