badge

13.4.17

Aksi Cegah Depresi dari Polusi Udara dengan Penggunaan Masker


Temen-temen, ada yang tahu gak, tanggal 7 April 2017 kemaren itu hari apa? Tolong, jangan jawab hari Jumat. Hehehe… iyalah, tanggal 7 April 2017 kemaren itu memang hari Jumat. Tapi ini tentang hari yang lain. Betul, tanggal 7 April 2017 itu adalah Hari Kesehatan Dunia. Temanya apa? “Depression: Let’s Talk”.

Menurut situs WHO, hal yang mendasari dijadikannya “Depression: Let’s Talk” sebagai tema hari kesehatan dunia tahun ini adalah karena depresi sudah menjadi penyebab banyak penyakit dan berbagai gangguan kesehatan. Lebih dari 300 juta jiwa, atau setara 4,4% dari populasi manusia di dunia, sekarang ini menderita depresi. Peningkatannya sendiri lebih dari 18% dari tahun 2005 hingga tahun 2015. Sungguh sebuah angka yang sangat memprihatinkan. Nah, dengan dijadikannya depresi sebagai tema hari kesehatan dunia, diharapkan semua orang menjadi concern dan melakukan aksi untuk mencegah semakin meningkatnya jumlah korban, serta ikut mengobatinya.

Aksi Mobil123 untuk “Depression: Let’s Talk”
Sebagai bentuk kepedulian masyarakat dunia terhadap program yang dibuat WHO, banyak kalangan melakukan aksi nyata. Tak terkecuali dengan Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com. Kedua media online ini mengadakan kegiatan sosial "mask for bikers". Sebanyak 1.000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepeda motor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.


Kegiatan mask for bikers ini melibatkan 15 bikers dari 5 komunitas sepeda motor, yaitu komunitas Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, dan Vario Owner Medias. Pembagian masker-nya sendiri dilakukan di persimpangan Buaran, Jakarta Timur. Mulai dari pukul 16.00 – 17.00 WIB.  Para bikers ini turut membagikan seribu masker kepada pengguna jalan yang lewat.

Regia Glamouria, selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk aksi dalam menyambut Hari Kesehatan Dunia yang setiap tanggal 7 April diperingati oleh seluruh penduduk bumi.

“Kami merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama. Kami telah memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepeda motor," kata Regia Glamouria di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Pembagian masker oleh Mobil123
(Foto: Dok. Mobil123)

Menurut Regia, kegiatan ini dilakukan untuk menghindari pengguna sepeda motor terpapar polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Sebagaimana diketahui, dampak terpapar polusi udara akan sangat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan di kemudian hari. 

"Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkat ke sekolah, kampus, atau tempat kerja," ucap Regia.

Well…
Masuk akal juga ya, pembagian masker untuk para pengguna jalan sebagai aksi dukungan, terhadap program WHO yang temanya depresi ini. Iya dong, polusi udara kan sangat mengganggu. Paparan polusi udara dalam jangka panjang bahkan bisa sangat membahayakan kesehatan kita. Sebagai efek awal, paparan polusi udara bisa bikin pusing, sesak napas, hingga menimbulkan depresi. Dan yang membuat mata terbelalak, 3 juta kematian per tahun itu terjadi akibat terpapar polusi udara. Sembilan puluh persennnya banyak terjadi di negara berkembang. Termasuk Indonesia dong, ya. So, pembagian masker setidaknya bisa mencegahnya.

Semoga saja, apa yang dilakukan Mobil123.com dan Otospirit.com ini memberi dampak positif. Tak hanya bagi para pengguna jalan. Tetapi juga kalangan masyarakat lain untuk ikut peduli pada program yang sudah dibuat WHO. Yakni menurunkan angka depresi dan mengobati para pasien depresi. Apa pun wujud aksinya. Ya, semoga saja.

(Foto: Dok. Mobill123)

13 komentar:

  1. Aku gak pernah pakai masker lagi. Ternyata penting ya.

    BalasHapus
  2. Kalo depresi ketika melihat mantan menggandeng pacar baru apa bisa pake masker juga ya nyegahnya, Teh?
    #kemudiandilemparbakiakdariSoreang :))

    BalasHapus
  3. Setuju, Mbak. Kalau berkendera terutama roda 2, wajib deh pakai masker. Biar paru-paru kita sehat terhindar polusi yg sudah mengerikan.

    BalasHapus
  4. polusi bikin depresi ya mbak?iya memang apalagi kalau tinggal di tempat2 yg banyak polutan kayak jakarta gitu ya.

    BalasHapus
  5. Aku sejak dulu kalo naik motor pake masker plus sarung tangan.tp waktu tinggal di Siak nggak pernah pake masker hehe....terlalu sejuk kota kecilnya

    BalasHapus
  6. Akuu padahal jarang banget pake masker kalau naik motor 😢 makasih sharingnyaa mbaak nia. .

    BalasHapus
  7. Ah iyaa...ternyata emang kemana mana lebih aman pakai masker. Lebih jarang kena flu klo berkendara malam pakai masker. Gak tau deh korelasinya dimana

    BalasHapus
  8. Aku udah mulai membiasakan memakai masker, meski kadang masih suka lupa

    BalasHapus
  9. Wajib banget pakai masker mba :)
    Aku dukung itu

    BalasHapus
  10. Kegiatan positif yang dilakukan mobil 123, saluut.

    BalasHapus
  11. makasih diingetin, suka lupa euy...buru2

    BalasHapus
  12. Ternyata sepenting itu yah pake masker saat perjalanan, sering mengabaikan mbak...

    BalasHapus
  13. Mantap banget mbak, para bikers yang baik. Saling memberi kebaikan demi kesehatan dan keselamatan saudara NKRI.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)