25.4.24

Business Strategy Untuk Membangun Brand Image

Freepik

Sama seperti orang pada umumnya yang dikenal lewat citra yang dimiliki, perusahaan juga mempunyai citranya masing-masing. Dan sama seperti ketika setiap orang ingin dikenal dengan mempunyai citra yang baik, begitu juga perusahaan yang berusaha untuk membangun agar citra yang dipunyai di publik tersebut baik sehingga akan berpengaruh pada keuntungan perusahaan. 

Setiap brand perlu untuk membangun dan menjaga brand image yang dipunyai karena akan sangat berpengaruh pada bisnis yang dipunyai. Untuk business strategy yang bisa dijalankan untuk membangun brand image yang baik adalah dengan cara berikut ini.

1. Menentukan visi dengan tepat

Brand image merupakan salah satu cara komunikasi ke konsumen mengenai nilai yang dipunyai oleh perusahaan. Nilai yang dipunyai tersebut bisa didapatkan dari visi perusahaan, sehingga penting untuk perusahaan dan brand mempunyai visi yang jelas. Karena apabila tidak mempunyai visi yang jelas akan membuat kebingungan termasuk juga membangun brand image yang dibutuhkan. 

Agar bisa membangun brand image, maka pastikan mempunyai visi yang clear dan hal tersebut yang akan bisa menjadi dasar untuk mengkomunikasikan visi tersebut pada konsumen. Setelah visi tersebut dipunyai maka selanjutnya bisa menentukan target pasar yang menjadi sasaran komunikasi brand image yang akan dibangun.

2. Menentukan karakter

Hal selanjutnya dalam business strategy untuk membangun brand image yang dibutuhkan adalah dengan menentukan karakter dari brand yang dipunyai. Karakter ini akan bisa menjadi hal yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Sehingga hal tersebut akan membuat brand image ini akan bisa dikenali dengan mudah karena menonjolkan hal yang berbeda dan mudah dikenali dari perusahaan lainnya. 

Maka untuk mendapatkan karakter dalam membangun brand image tersebut bisa dengan mempunyai karakter yang unik. Selanjutnya setelah karakter tersebut dapat dikenali bisa untuk secara konsisten untuk mengenalkan hal tersebut di masyarakat secara luas. Brand image dengan memilih karakter ini pastikan yang bisa memberikan nilai positif pada perusahaan.

3. Penyampaian brand image

Hal selanjutnya yang bisa digunakan dan diperhatikan untuk membangun brand image adalah mengenai delivery yang perlu dilakukan. Setelah mendapatkan karakter yang unik, maka proses delivery juga merupakan hal yang penting dan akan berpengaruh. 

Cara untuk delivery tersebut bisa dengan membuat logo, content yang digunakan untuk promosi, menciptakan maskot, slogan, dan juga lainnya. Berbagai hal tersebut perlu dilakukan dalam membangun brand image sehingga akan bisa dikenali dengan lebih mudah karena delivery yang dilakukan. 

Contohnya saja logo dari sebuah brand yang akan langsung dapat dikenali dan tertuju pada satu brand saja berkat logo ikonik yang dipunyai dan menjadi brand image yang sangat berhasil bagi perusahaan.

4. Pemberian promosi

Membangun brand image ini juga dapat dilakukan dengan pemberian promosi. Hal penting dalam membangun image di masyarakat adalah dengan menarik perhatiannya terlebih dahulu. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan perhatian dari konsumen adalah dengan memberikan promosi yang menarik. 

Tujuan dari brand yang melakukan promosi tersebut dapat untuk menyebarluaskan nama perusahaan sehingga akan lebih diketahui oleh banyak orang. Promosi ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan content marketing seperti menjadi sponsor, promosi di sosial media, dan juga banyak cara lainnya.

5. Konsisten dalam menjaga brand image

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam membangun brand image adalah dari konsistensi yang perlu dilakukan. Apabila sudah mempunyai brand yang sudah dikenal secara luas, maka penting untuk menjaga konsistensi yang perlu dilakukan. 

Konsistensi tersebut dilakukan dengan menjaga kualitas produk, mempertahankan karakter brand, tetap memberikan layanan yang terbaik, menjaga hubungan baik dengan konsumen, dan juga hal lainnya yang bisa menjaga citra brand tetap baik.

Beberapa langkah di atas merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam business strategy untuk membangun brand image yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pelajari mengenai bisnis strategi lainnya yang bisa dilakukan sehingga membuat keuntungan bagi perusahaan dengan mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI

Lembaga ini menawarkan pelatihan bisnis dengan program lengkap sehingga bisa membantu untuk melakukan strategi bisnis yang terbaik bisa dilakukan. Daftar pelatihan program yang diinginkan di Prasmul-ELI pada email information@prasmul-eli.co atau nomor ke +62 811 1991 1168.


19 komentar:

  1. Betul mbak business strategy penting banget untuk membangun brand image. Karena image brand klo udh bagus pasti banyak peminatnya

    BalasHapus
  2. Kalau sudah memiliki image baik akan lebih mudah menjalankan bisnis selanjutnya ya teh, makanya oenting banget membangun brand image. Tapi kalau sudah punya image baik tinggal konsisten mempertahankannya jangan sampai menurun karena sudah dikenal banyak orang

    BalasHapus
  3. Bikin citra positif perusahaan emang harus pake strategi yaa dan jangan sampai salah langkah sampai semuanya berantakan. BTW Prasmul = Parsetia Mulia?

    BalasHapus
  4. keknya apapun yang kita lakuin emang ya konsistensi itu poin yang nggak bisa lepas ya teh. Thanks for the tips

    BalasHapus
  5. Ini maksudnya Prasetia Mulya kan? Dulu tuh Prasmul terkenal dengan S2nya. Sekarang sepertinya semakin berkembang. Bisa ikut pelatihan juga. Keren!

    BalasHapus
  6. Brand image ini penting banget, karena memang yang akan masyarakat ingat juga. Kayak fashion dan beberapa produk lain yang memang memiliki brand image kuat berkat strategi bisnisnya ya.

    BalasHapus
  7. Melangkah masuk dunia bisnis banyak hal yg harus dipertimbangkan salah satunya bisnis strategi
    Setelah punya branding, kemungkinan mudah diingat kliennya, bisnis prospeknya insyaallah lebih baik ya

    BalasHapus
  8. Poin terkahir paling sulit kak, konsisten. Kadang kalau udah coba lalu hasilnya masih jauh dari harapan langsung down dan kekonsisten ini sangat diuji ketika itu

    BalasHapus
  9. Setuju sih point konsisten itu penting apalagi kalo udah masuk dunia bisnis ya mak. Kalo kita konsisten memaksimalkan kualitas insyaallah customer juga akan loyal dan image akan terbangun dgn senririnya

    BalasHapus
  10. Dalam dunia bisnis memang banyak yg harus dipelajari. Strategi yg kuat dan matang harus diupayakan. Biar bisnis kian manteng dan gsk goyah. Untuk itu perlu banget nih belajar strategi bisnis di Pramsul.

    BalasHapus
  11. Tak mudah membangun brand image. Butuh waktu dan prosesnya memang tak mudah. Tapi menurutku kuncinya konsisten. Satu sisi juga harus tau visi dan misi sebelum membangun brand image

    BalasHapus
  12. Setiap perusahaan perlu ya strategi bisnis seperti ini
    Setidaknya bangun brand awareness ke khalayak ramai
    Jadi makin mudah kalau masuk promosi

    BalasHapus
  13. Di zaman apa2 serba medsos pencitraan sebuah brand emang mudah sekali terbentuk ya. Makanya kalau mau sukses di era sekarang butuh strategi bisnis yang bisa mendongkrak supaya citra brand senantiasa positif. Selain promosi, kyknya juga bisa melalui CSR atau membentuk promo yang sekiranya menyentuh hati masyarakat gitu ya.

    BalasHapus
  14. Anonim23.08

    Citra positif harus selalu dijaga dan perlu strategi agar tepat sasaran dengan konsisten berkarya dengan menjaga kualitas

    BalasHapus
  15. Konsistensi, itu yang berat ya mbak. Udah menentukan visi, sudah disosialisasikan dan ditanamkan ke semua karyawan, tapi kalau tak pernah di pantau, bisa melemah juga. Jadi memang mesti terus dijaga tuh konsistensinya

    BalasHapus
  16. Ternyata memasuki dunia bisnis itu semakin banyak hal yang kudu dipelajari dan diperhatikan saat sudah menjalaninya. Jadi aplikasi ilmu bermanfaat ketika belajar sekaligus mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI.

    BalasHapus
  17. Cara meningkatkan brand image bisa melalui mengenali target audiens, membangun identitas visual, dan menjaga citra yang ada. T

    BalasHapus
  18. Persaingan bisnis makin ketat ya di jaman digital gini, makanya penting banget utk punya strategi bisnis yang spesifik sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

    BalasHapus
  19. Membangun brand image itu emang pe ting banget yaaa mak.. karena kadang sebelum melakukan konversi atau pembelian, konsumen memang mempertimbangkan brand image suatu brand yaaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)